Teks Iklan

Teks Iklan

Teks Iklan – Pengertian, Ciri, Jenis, Struktur Dan Contohnya – DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai teks iklan yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, struktur, fungsi, ciri dan contoh, nah untuk lebih memahami dan mengerti simak ulasan berikut ini.


Pengertian Iklan

Iklan atau pariwara merupakan bagian penting dalam mempromosikan atau menawarkan suatu barang ataupun jasa, kita dapat melihat iklan diberbagai media seperti koran, majalah, radio, televisi, dan internet .

Iklan adalah suatu pesan tentang barang atau jasa yang dibuat oleh pembuat barang yang di sampaikan lewat media (cetak, audio, elektronik) yang ditujukan kepada masyarakat umum.

Dari pandangan sipemuat barang atau si penyedia jasa iklan memiliki tujuan sebagai berikut :


  • Memberi tahu masyarakat

Iklan tersebut memberikan informasi mengenai kelebihan produk tersebut dibandingkan dengan produk sejenis ynag lainnya.

  • Mengajak masyarakat supaya membeli produk tersebut

Iklan yang efektif atau mampu membujuk pelanggan untuk mencoba produk dan jasa yang diiklankan.

  • Mendukung terjadinya penjualan

Iklan yang diharapkan memberikan rangsangan dan mendorong masyarakat untuk membeli produk yang ditawarkan.

Loading...

Hal – hal yang perlu diperhatikan dalam membuat sebuah iklan antara lain sebagai berikut:

  • Kalimat singkat dan jelas

Headline atau kepala pesan iklan ini berfungsi untuk menarik perhatian awal pembaca. headline yang menarik daoat menahan mata untuk berhenti sejenak melihat produk yang di tawarkan.

  • Bahasanya mudah dipahami dan menarik

Sajikan iklan dengan bahasa yang mudah dipahami, karena kemampuan masing – masing dalam memahami arti bahas berbeda – beda.

  • Tulisan dan gambarnya menarik

Penggunaan warna pada tulisan dan gambar harus diperhatikan, contohnya warna merah memberi kesan berani. Warna diyakini mempunyai dampak psikologis terhadap manusia.


Pengertian Teks Iklan

Teks iklan merupakan salah satu media promosi yang efektif dalam memasarkan berbagai produk kepada konsumen karena daya jangkuannya yang luas dan masif. tujuannya untuk memperkenalkan suatu produk, baik barang maupun jasa kepada masyarakat, guna menarik perhatian masyarakat untuk mengenali, membeli, hingga mengomsumsi atau menggunakan produk yang diiklankan. persaingan di bidang iklan memang semakin tajam sejak adanya televisi. namun, media cetak tetap memiliki pangsa pasar tersendiri dan tetap menjadi target produsen dalam mengiklankan produknya.


Mengenal Jenis dan Struktur Isi Teks Iklan

Dalam sebuah iklan terdapat unsur – unsur pembangunan sehingga iklan menjadi menarik perhatian dan memengaruhi para pembacanya .

Unsur – unsur iklan:

  1. Attention (perhatian). Iklan yang baik harus dapat menarik perhatian masyarakat umum.
  2. Interest (minat). Setelah mendapat perhatian, maka harus ditingkatkan menjadi minat sehinga timbul rasa ingin tahu secara terperinci dalam diri konsumen.
  3. Desire (keinginan). Suatu cara mengerakan keinginan suatu konsumen.
  4. Conviction (rasa percaya). Untuk mendapat rasa percaya dalam diri konsumen, maka sebuah iklan harus ditunjang berbagai kegiatan peragaan seperti pembuktian atau sebuah kata – kata.
  5. Action (tindakan). Tindakan merupakan suatu tujuan akhir dari produsen untuk menarik konsumen agar membeli atau menggunakan produk dan jasanya.

Iklan dapat berupa reklame, poster, slogan, dan sebagainya. Iklan bisa ditemukan di media, baik cetak, elektronik, maupun sosial. Bahasa yang digunakan dalam iklan mengandung fakta dan opini. Fakta merupakan peristiwa nyata, sedangkan opini adalah pernyataan untuk menarik minat pembeli .

Bentuk retoris adalah penggunaan kata – kata dalam bicara dan menulis untuk menyakinkan atau mempengaruhi penyimak atau pambaca. Gaya retoris sangat menentukan keberhasilan suatu iklan .

Struktur isi teks iklan ada 3, yaitu orientasi, tubuh iklan, dan justifikasi.


  • Orientasi, berisi perkenalan dari iklan itu sendiri yang di dalamnya terdapat teks atau kata – kata yang merupakan perkenalan dari iklan itu sendiri.
  • Tubuh iklan, berisi inti dari iklan itu sendiri yang di dalamnya berisi iklan atau topik yang disampaikan kepada permirsa .
  • Justifikasi, berisi penjelasan atau keterangn lebih lanjut tentang sebuah iklan seperti alamat, alamat web, nomor telepon, email, media sosial resminya, dan sebagainya.

Baca Juga : “Teks Eksemplum” Pengertian & ( Ciri – Struktur – Unsur – Contoh )


Unsur kebahasaan teks iklan /fitur bahasa

Fitur bahasa teks iklan: kalimat persuasif, kalimat imperatif, kalimat interogatif, kalimat berita, dan kalimat seru, dan gambar – gambar.

Kalimat persuasif

Kalimat persuasif merupakan kalimat yang berisi ajakan atau anjuran dengan tujuan membujuk pembaca agar  mau menjalankan atau menerima sesuatu atau hal yang peulis katakan.

Kalimat imperatif

Kalimat imperatif atau perintah adalah kalimat yang maknanya memberikan perintah atau larangan kepada orang lain untuk melakukan sesuatu.Subjek[ orang kedua] pada kalimat ini ditiadakan.

Kalimat interogatif

Kalimat interogatif adalah adalah kalimat yang mengandung  pertanyaan , baik pertanyaan langsung maupaun pertanyaan retoris.

Kalimat berita

Beberapa iklan menggunakan kalimat berita untuk memberikan informasi tentang barang atau jasa yang di iklankan.

Kalimat seru

Kalimat seru dipakai untuk menyatakan  kekaguman atau kehebatan suatu produk.


Penyusunan Teks Iklan

Dalam kaitanya dengan memahami teks iklan kamu sudah mengetahui pelajaran sebelumnya tenteng struktur teks iklan. Di harapkan mampu menyusun teks iklan dengan mengikuti langkah – langkah yang akan kamu pelajari berikut .

Mengidentifikasi kekurangan teks iklan

  1. membaca teks secara kesuluruhan
  2. menentukan keterkaitan setiap kata yang mewakili struktur teks
  3. menentukan struktur isi teks
  4. menentukan struktur kalimat dan ciri bahasa yang digunakan.

Baca Juga : “Teks Editorial” Pengertian & ( Tujuan – Manfaat – Fungsi – Ciri – Struktur – Kaidah – Contoh )


Aspek penelaahan (cara mempelajari) teks iklan

  • Menelaah judul teks iklan
  • Menelaah setiap kata , kalimat , dan gambar pada teks iklan
  • Menelaah fitur bahas teks iklan
  • Menelaah fungsi atau manfaat teks iklan.

Proses penyampaian pesan oleh pengirim pesan disebut komunikasi. Komunikasi merupakan bagian penting dalam iklan. pesan komunikasi terdiri atas ini dan lambang. adanya komunikasi antara penulis pesan dengan masyarakat pembaca.

Tanda secara jelas mempengaruhi bagaimana proses komunikasi tercipta Tanda yang di isyaratkan oleh produsen kepada konsumen untuk dijadikan bahan pertimbangan membuat suatu keputusan untuk membeli atau tidak produk yang merupakan inti dari iklan.


 Merevisi teks iklan

  1. membaca teks secara keseluruhan
  2. menentukan struktur isi teks
  3. menilai kesesuaian antara warna, gambar, dan tulisan
  4. membetulkan pilihan kata atau diksi teks
  5. membetulkan teks dari segi ejaan

Ciri kebahasan teks iklan adalah adanya kaidah pernyataan berisi bujukan untuk menganjurkan hal yang tertera dalam iklan tersebut. Selain kalimat yang berupa bujukan iklan yang bias berupa kalimat berita, kalimat tanya, kalimat perintah, kalimat seruan, kalimat persilaan, kalimat ajakan, dan kalimat larangan.


Berbicara tentang pengunaan bahasa, tidak akan terlepas dari bahasa pemakai dan pemakainya . bahasa apa yang akan dipilih tentu akan berkaitan dengan siapa yang berbicara, kepada siapa berbicara, apa yang dibicarakan , dimana bicara. Dalam situasi formal tentulah ragam formal yang di pilih , sedangkan dalam situasi nonformal tentu pula ragam nonformal yang digunakan.


Meringkas teks iklan

Meringkas merupakan kegiatan membuat ringkasan, intisari, atau garis ,besar suatu teks iklan. Meringkas teks iklan adalah kegiatan mengi khtisarkan teks iklan dengan menuliskan garis besar teks tersebut harus memerhatikan bagian – bagian penting dari suatu.


Menulis Teks Iklan Niaga

Iklan niaga adalah iklan yang memperkenalkan, menawarkan, mempromosikan produk – produk dari perusahaan kepada masyarakat umum. iklan pengumuman merupakan bentu iklan yang berusaha untuk mengumumkan, menyampaikan ,atau memberi pesan kepada khalayak ramai.


Baca Juga : “Teks Deskripsi” Pengertian & ( Tujuan – Ciri – Struktur – Jenis – Contoh )


Pengertian Teks Iklan

Teks iklan ialah salah satu media promosi yang sangat efektif untuk mempromosikan barang atau jasa kepada masyarakat. Yang dibuat se-menarik mungkin dengan tujuan agar masyarakat tertarik mengenali, membeli atau menikmati barang atau jasan tersebut.


Syarat Iklan

Adapun untuk syarat iklan yaitu:

  • Sesuai fakta “jujur” dan objektif
  • Singkat, jelas, padat, mudah dipahami
  • Tidak menyinggung pihak lain
  • Tepat sasaran
  • Kata-kata sopan, menarik, logis

Struktur Teks Iklan

Untuk membuat suatu iklan yang baik dan benar perlu diperhatikan 3 struktur teks iklan berikut ini:

  • Judul yaitu bagian yang diletakkan dibagian paling atas dan dilihat pertama kali oleh orang, tetapi tidak semua iklan mencantumkan judul.
  • Nam produk/jasa yakni bagian yang berisi tentang nama produk atau jasa yang akan ditawarkan.
  • Deskripsi yakni bagian yang menjelaskan produk atau jasa yang ditawarkan kepada masyarakat, ditulis dengan menarik dan cara mendapat produk tersebut, alamat atau nomor yang bisa dihubungi.

Baca Juga : “Slogan” Pengertian & ( Ciri – Tujuan – Macam – Contoh )


Fungsi Teks Iklan

Secara sederhana, pengertian teks iklan ialah sebagai pesan yang menawarkan suatu produk yang ditujukan oleh suatu masyarakat lewat suatu media.

Namun untuk menbedakannya dengan pengumuman biasa, iklan lebih diarahkan untuk membujuk orang agar membeli. Iklan memiliki beberapa fungsi yakni sebagai berikut:

  • Sebagai informasi “menyampaikan info produk baru, ciri-ciri dan lain-lain”.
  • Sebagai persuasi ” mengarahkan konsumen untuk membeli”.
  • Sebagai remider “iklan mengingatkan konsumen tentang produk tertentu agar selalu menggunakan produk tersebut”.

Ciri-ciri Kebahasan Teks Iklan

Adapun ciri-ciri kebahasaan teks iklan yang diantaranya yaitu:

  • Menggunakan kalimat persuasif.
  • Menggunakan kalimat slogan.
  • Menggunakan subjek orang pertama.
  • Menggunakan gambar yang menarik.

Contoh Teks Iklan

Teks Iklan Tentang Makanan

Crispy crackers ialah makanan yang tidak kenal usia, cracker yang terbuat dari mentega, telur, garam dan keju ini sangat kress ketika dimasukkan kemulut, belilah cryspy cracker di supermarket terdekat.


BERNIAGA HARTONO

Online Shop – Kediri, Jawa Timur

Ready Stock – Earset Sennheiser seri MX-500!

Earset Branded, Efek suara BASS nya di jamin PUAS, Jedub jedub
bisa di coba dulu waktu COD gan, ane jamin puas ente
BARU & Close Pack dalam segel

-Sudah Gold Plated gan konektornya
-Konektor 3,5mm jack
-Sepasang Earbud, nyaman ditelinga

Harga 1 pcs = 35rb
DISKON! = pengambilan min 5pcs

#melayani COD :

Kediri = Area Kota ( Hari Sabtu & Minggu )
Nganjuk = Area Kota ( Hari Senin – Jumat )

#melayani kirim Paket via :

– POS
– JNE
– Pandu Logistic

Bukti no.resi Pengiriman via JNE ( silahkan dicek, no tipu ) :

Fajar Nur Indrawan, Surabaya = 2166455960004
Afrin Oksonda H , Sumedang = SUBT300247852113
Utami ( Ibu Mistari) , Malang = 2161031360001…dll

——————–
Fast Response 24 Jam
——————–

Berniaga Hartono, Online Shop


Demikianlah pembahasan mengenai Teks Iklan – Pengertian, Ciri, Jenis, Struktur Dan Contohnya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Send this to a friend