Pada dasarnya mungkin bagi sebagian orang masih bingung dalam menentukan isi visi dan misi dan tidak jarang juga masih banyak yang terbalik dalam menuliskan isi visi dan misi terutama banyak terjadi pada karya ilmiah pendidikan. Secara logika memang tidak mudah untuk menentukan visi dan misi yang akan di capai dalam sebuah perusahaan.
Untuk itu perlu pemahaman khusus dan harus di pelajari secara detail supaya tidak tertukar antara visi dan misi ini. Di bawah ini di ulas secara lengkap dan jelas mudah di pahami apa itu perbedaan, pengertian dan maksud serta pemahaman tetang visi dan misi.
Pengertian Visi
Visi adalah pandangan yang jauh dari perusahaan, tujuan – tujuan perusahaan dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan di masa depan. Visi itu tidak dapat dituliskan secara lebih jelas menerangkan penjelasan rinci tentang sistem target, karena perubahan ilmu pengetahuan dan situasi yang sulit untuk memprediksi dalam jangka panjang. Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh sebuah pernyataan visi :
- Berorientasi ke depan.
- Jangan dibuat berdasarkan kondisi saat ini.
- Mengekspresikan kreativitas.
- Berdasarkan prinsip yang berisi nilai menghormati orang-orang.
Pengertian Visi Menurut Para Ahli
Berikut ini terdapat beberapa pengertian visi menurut para ahli, terdiri atas:
- Menurut Wibisono (2006, p. 43)
Visi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan cita-cita atau impian sebuah organisasi atau perusahaan yang ingin dicapai di masa depan. Atau dapat dikatakan bahwa visi merupakan pernyataan want to be dari organisasi atau perusahaan. Visi juga merupakan hal yang sangat krusial bagi perusahaan untuk menjamin kelestarian dan kesuksesan jangka panjang.
- Menurut Kotler yang dikutip oleh Nawawi (2000:122)
Visi adalah pernyataan tentang tujuan organisasi yang diekspresikan dalam produk dan pelayanan yang ditawarkan, kebutuhan yang dapat ditanggulangi, kelompok masyarakat yang dilayani, nilai-nilai yang diperoleh serta aspirasi dan cita-cita masa depan.
Kriteria Pembuatan Visi
Kriteria-kriteria pembuatan visi meliputi:
- Visi bukanlah fakta, tetapi gambaran pandangan ideal masa depan yang ingin diwujudkan.
- Visi dapat memberikan arahan mendorong anggota organisasi untuk menunjukkan kinerja yang baik.
- Dapat menimbulkan inspirasi dan siap menghadapi tantangan.
- Gambaran yang realistik dan kredibel dengan masa depan yang menarik.
- Sifatnya tidak statis dan tidak untuk selamanya.
Suatu visi akan menjadi realistik, dapat dipercaya, menyakinkan, serta mengandung daya tarik, maka dalam proses pembuatannya perlu melibatkan semua stakeholders. Selain keterlibatan semua pihak, visi perlu secara intensif dikomunikasikan kesemua anggota sekolah sehingga mereka merasa sebagai pemilik visi tersebut. Selain itu visi dibuat dalam kalimat yang singkat agar mudah diingat dan dijadikan komitmen.
Hakikat Visi
Hakikat Visi yaitu :
- Searti dengan tujuan,sasaran dan hasil
- Wujudnya lebih baik dari sekarang
- Masa depan :mungkin 25, 10, 5 ….atau 3 tahun yang akan datang
- Bersifat logis dan realistis (mungkin tercapai)
- Menggambarkan : pertumbuhan, perkembangan dan inovasi
- Berkenaan dengan kepentingan bersama
Karakteristik Visi
- Harus sesuai dengan semangat zaman dan spirit sekolah/ madrasah
- Harus menggambarkan sosok sekolah/madrasah idaman
- Harus mampu menjelaskan arah dan tujuan sekolah/madrasah
- Harus mampu membangkitkan antusias dan komitmen dalam merealisasikan visi sekolah atau madrasah
- Harus mampu jadi panduan strategis sekolah/madrasah, dan menjadi sosok sekolah/madrasah idaman masa depan
Menurut Edwin A. Locke, dalam “ Esensi Kepemimpinan”, karakteristik kata/kalimat yang digunakan dalam menyusun visi adalah ringkas, jelas,sederhana, gampang dipahami, menantang, stabil, berorientasi masa depan, dan disukai/diinginkan orang banyak.
Contoh Visi:
MENJADIKAN SMA DARUNNAJAH WONOSOBO SEBAGAI SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN TAHUN 2011
Indikator:
- Unggul dalam disiplin
- Unggul dalam keagamaan/berakhlak mulia
- Unggul dalam KBM (Kegiatan Belajar Mengajar)
- Unggul dalam perolehan Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah (US) (output)
- Unggul dalam memenangkan persaingan UMPT (Outcome)
- Unggul dalam Lomba Karya Ilmiah Remaja
- Unggul dalam lomba Olimpiade Sains
- Unggul dalam Lomba Kreatifitas Siswa
- Unggul dalam Penguasaan Bahasa Inggris
Pengertian Misi
Misi adalah pernyataan tentang apa yang harus dilakukan oleh badan dalam upaya untuk mewujudkan visi tersebut. Misi perusahaan adalah tujuan dan alasan mengapa perusahaan itu ada. Misi ini juga akan memberikan arah sekaligus membatasi proses mencapai tujuan.
Pernyataan misi memperlihatkan tugas utama yang harus dilakukan sekolah dalam mencapai tujuan sekolah. Dalam pernyataan misi terkandung definisi yang jelas tentang pekerjaan atau tugas pokok yang diemban suatu sekolah dan yang diinginkan dalam kurun waktu tertentu. Pernyataan misi menunjukkan dengan jelas arti penting eksistensi sekolah, karena misi mewakili alasan dasar untuk berdirinya sekolah.
Banyak sekolah gagal karena pernyataan misi yang dirumuskan hanya memperhatikan kepentingan dirinya sendiri dan mengabaikan kepentingan masyarakat pelanggan maupun stakeholder. Oleh karena itu, misi harus jelas menyatakan kepedulian organisasi terhadap kepentingan pelanggan.
Pernyataan misi harus
- Menunjukkan secara jelas mengenai apa yang hendak dicapai oleh organisasi dan bidang kegiatan utama dari organisasi yang bersangkutan.
- Secara eksplisit mengandung apa yang harus dilakukan untuk mencapainya.
- Mengandung partisipasi masyarakat luas terhadap perkembangan bidang utama yang digeluti organisasi tersebut.
Pernyataan misi yang jelas akan memberi arahan jangka panjang sehingga memberikan stabilitas manajemen sekolah. Misi berubah apabila kehendak sekolah berubah atau karena adanya validasi langkah/komponen manajemen strategik yang lain. Pernyataan misi mencerminkan tentang segala sesuatu untuk mencapai visi.
Kriteria Pembuatan Misi
Kriteria pembuatan misi meliputi:
- Penjelasan tentang layanan yang ditawarkan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.
- Harus jelas memiliki sasaran publik yang akan dilayani.
- Kualitas pelayanan yang ditawarkan memiliki daya saing yang meyakinkan masyarakat.
- Penjelasan aspirasi layanan yang diinginkan pada masa datang juga manfaat dan keuntungan bagi masyarakat dengan pelayanan yang tersedia.
Hakikat Misi
- Semakna dengan usaha, kegiatan dan tindakan yang strategis
- Merupakan tugas satuan/bagian organisasi yang mendukung tugas organisasi
Karakteristik Misi
- Menggambarkan upaya mewujudkan misi
- Menunjukkan arah dan tujuan organisasi
- Menunjukkan output organisasi, bai pelayanan,jasa maupun produk
- Menunjukkan sifat tugas : kordinasi, pengaturan, pembinaan atau pengawasan
Perumusan Misi
- Meyakini kebenaran dan ketetapan misi
- Mengkaji dan menganaisis dengan teliti kelengkapan tugas organisasi
- Melibatkan semua satuan kerja/bagian organisasi
- Menerjemahkan visi organisasi pada kurun waktu tertentu
- Merumuskan dengan pernyataan spesifik dan tegas
- Menyatakannya secara tertulis
- Memuat hal-hal yang bersifat pokok-pokok
Contoh Misi
- Menerapkan disiplin tinggi dalam segala kegiatan
- Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut dan budaya bangsa
- Menerapkan pelaksanaan evaluasi atau penilaian hasil belajar secara konsisten dan berkesinambungan
- Mengoptimalkan pembinaan dalam pembuatan karya tulis ilmiah
- Mengoptimalkan pembinaan secara insentif guna menghadapi persaingan dalam era globalisasi
- Menerapkan penggunaan bahasa Inggris dalam komunikasi antar warga sekolah
- Mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi
- Memanfaatkan lingkungan hidup sebagai media pembelajaran
Daftar Pustaka:
- Mulyono.2010. Manajemen administrasi dan organisasi pendidikan. Jogjakarta: Ar-ruz Media.
- Ismail. Visi dan Misi Depag . makalah. (Surabaya: Balai Diklat Pegawai Teknis Keagamaan Surabaya).
Demikianlah pembahasan mengenai Contoh Visi dan Misi – Pengertian, Kriteria, Hakikat, Karakteristik dan Perumusansemoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.
Baca Juga :