Zaman Mesozoikum

Diposting pada

Zaman Mesozoikum

Mesozoikum adalah salah satu dari tiga era geologi pada eon Fanerozoikum. Pembagian waktu menjadi era ini diawali oleh Giovanni Arduino pada abad ke-18, walaupun nama asli yang diberikannya untuk Mesozoikum adalah Sekunder (menjadikan era modern menjadi Tersier). Era yang berlangsung antara Paleozoikum dan Kenozoikum ini sering pula disebut Zaman Kehidupan Pertengahan atau Zaman Dinosaurus, mengikuti nama fauna yang dominan pada masa itu.


Mesozoikum ditandai dengan aktivitas tektonik, iklim, dan evolusi. Benua-benua secara perlahan mengalami pergeseran dari saling menyatu satu sama lain menjadi seperti keadaannya saat ini. Pergeseran ini menimbulkan spesiasi dan berbagai perkembangan evolusi penting lainnya. Iklim hangat yang terjadi sepanjang periode juga memegang peranan penting bagi evolusi dan diversifikasi spesies hewan baru. Pada akhir zaman ini, dasar-dasar kehidupan modern terbentuk.


Mesozoikum berlangsung kurang lebih selama 180 juta tahun, antara 251 hingga 65 juta tahun yang lalu. Era ini dibagi menjadi tiga periode: Trias, Jura, dan Kapur.

zaman-mesozoikum


Skala Waktu Geologi

Mesozoikum adalah waktu selama dunia fauna berubah drastis dari yang telah terlihat di Paleozoic. Dinosaurus , yang mungkin adalah organisme popular, sebagian besar Mesozoikum, berkembang di trias, tetapi tidak terlalu beragam sampai Jurassic. Kecuali burung , dinosaurus punah pada akhir Cretaceous. Beberapa dinosaurus terakhir yang hidup ditemukan dalam deposito Cretaceous akhir Montana di Amerika Serikat.


Pada Mesozoic juga terjadi masa perubahan besar di vegetasi terestrial. Mesozoic awal didominasi oleh pakis, sikas , ginkgophytes, bennettitaleans, dan tanaman yang tidak biasa lainnya. gymnosperma modern, seperti tumbuhan runjung, pertama kali muncul dalam bentuk mereka saat ini dikenal dalam Trias awal. Pada pertengahan Cretaceous, yang paling awal angiosperma telah muncul dan mulai melakukan diversifikasi, sebagian besar mengambil alih dari kelompok tanaman lain.


Baca Juga : Zaman Neolitikum


Kehidupan Era Mesozoikum

Dinosaurus dan archosaurs lainnya, seperti pterosaurus , mendominasi biota tanah. Beberapa contoh flora dan fauna yang hidup pada masa Mesozoikum :

Dinosaurus-Cretaceous-dari-Mongolia

Dinosaurus Cretaceous dari Mongolia.

Sikas dan Bennettitaleans berada di antara vegetasi darat Sikas dan Bennettitaleans berada di antara vegetasi darat.

Mamalia pertama juga tiba di lokasi di Mesozoic, turun dari garis keturunan yang disebut “reptil mamalia seperti,” atau synapsids. Ini adalah Thrinaxodon, sebuah mamalia relatif punah dari periode Trias.


Distribusi fosil berumur Mesozoikum

  1. Nil Biru Gorge, Ethiopia – fosil dinosaurus pertama dari Ethiopia.
  2. Clayton Lake, New Mexico – Salah satu dan terbaik jejak kaki dinosaurus diawetkan yang paling luas di Amerika Serikat adalah situs ini, berumur Kapur.
  3. Ischigualasto, Argentina – terdapat di Amerika Selatan, lokasi tersebut dikenal dan paling awal diawetkan, berumur Trias.
  4. Karoo Basin, Afrika Selatan
  5. Pt. Formasi Loma, California – lokasi berumur Kapur ini telah menghasilkan fosil penting untuk memahami dinosaurus yang terdapat di Amerika Utara.
  6. Saurian Ekspedisi tahun 1905 – ekspedisi ke Barat ini di Nevada dikenal Humboldt Range untuk menemukan ichthyosaurus Jurassic yang luar biasa, dan situs ini telah menjadi bagian dari Berlin-Ichthyosaurus State Park.
  7. Kapur Solnhofen, Jerman – rincian fosil datang dari deposito Jura di Jerman selatan.

Baca Juga : Kerajaan Pajang


Periode Kapur

Periode-Kapur

144-65 Juta Tahun Lalu

Cretaceous biasanya dicatat untuk menjadi bagian terakhir dari “Age of Dinosaurs”, tapi itu tidak berarti bahwa jenis baru dinosaurus tidak muncul kemudian. Hal ini selama periode Kapur yang pertama ceratopsian dan dinosaurus pachycepalosaurid muncul. Juga selama waktu ini, kita menemukan fosil pertama dari banyak kelompok serangga, mamalia modern dan kelompok burung, dan tanaman berbunga pertama.


Pecahnya benua Pangaea dunia, yang mulai terpisahkan selama Jurassic , dan terus berlanjut. Hal ini menyebabkan perbedaan regional meningkat pada flora dan fauna antara benua utara dan selatan. Akhir Kapur membawa akhir kelompok sebelumnya sukses dan beragam organisme, seperti dinosaurus non-unggas dan ammonita. Hal ini diungkapkan panggung untuk kelompok-kelompok yang sebelumnya mengambil peran sekunder untuk datang ke permukaan. Cretaceous demikian waktu di mana kehidupan seperti yang sekarang ada di Bumi datang bersama-sama.


Kehidupan Periode Cretaceous

Tidak ada kepunahan besar atau ledakan keanekaragaman dipisahkan Cretaceous dari Periode Jurassic yang telah mendahuluinya. Dalam beberapa hal, hal-hal berlangsung seperti yang mereka lakukan. Dinosaurus , baik besar dan kecil yang bergerak melalui hutan pakis, sikas, dan tumbuhan runjung. Amon, belemnites, moluska lain, dan ikan yang diburu oleh besar “reptil laut,” dan pterosaurus dan burung mengepakkan dan meluncur di udara di atas. Namun Cretaceous melihat penampilan pertama dari lifeforms banyak yang akan pergi ke memainkan peran kunci dalam kedatangan Kenozoikum dunia.


Baca Juga : Perang Dingin


Mungkin yang paling penting dari kejadian ini, setidaknya untuk kehidupan di darat, adalah penampilan pertama dari tanaman berbunga , juga disebut angiosperma atau Anthophyta. Pertama muncul di Bawah Kapur sekitar 125 juta tahun yang lalu, tanaman berbunga pertama terpancar di Kapur tengah, sekitar 100 juta tahun yang lalu. Dengan penutupan Kapur, sejumlah bentuk telah berkembang bahwa setiap ahli botani modern akan mengenali.


Pada waktu yang sama, kelompok modern banyak serangga mulai diversifikasi, dan kita menemukan semut tertua dan kupu-kupu. Kutu daun, belalang, dan tawon empedu muncul dalam Kapur, serta rayap dan semut di bagian akhir dari periode ini. Serangga lain yang penting untuk berkembang adalah lebah eusocial, yang integral dari ekologi dan evolusi tanaman berbunga.

Cretaceous juga melihat radiasi pertama dari diatom di laut (diatom air tawar tidak muncul sampai Miosen ).


Kepunahan Kapur

Yang paling terkenal, jika tidak yang terbesar, dari semua kepunahan massal menandai berakhirnya Periode Kapur, 65 juta tahun yang lalu. Seperti semua orang tahu, ini adalah kepunahan besar di mana dinosaurus mati. (. Kecuali untuk burung, tentu saja) Garis keturunan lain dari “reptil laut”, seperti ichthyosaurus, plesiosaurus, dan mosasaurs, juga telah punah pada akhir periode Kapur, begitu pula pterosaurus terbang – meskipun beberapa, seperti ichthyosaurus, itu mungkin punah sedikit sebelum akhir periode Kapur.


Banyak jenis foraminiferans pergi punah pada akhir periode Kapur, seperti yang dilakukan bani Amon. Tetapi banyak kelompok organisme, seperti tanaman berbunga gastropoda, dan pelecypods (siput dan kerang), amfibi , kadal dan ular, buaya, dan mamalia “berlayar melalui” batas Kapur-Tersier, dengan sedikit atau tidak ada kepunahan jelas sama sekali.


Distribusi fosil berumur Kapur

  • Clayton Lake, New Mexico – Salah satu dan jejak kaki dinosaurus yang diawetkan terbaik yang paling luas di Amerika Serikat, berumur Kapur.
  • Hell Creek, Montana
  • Pt. Formasi Loma California – lokasi ini telah menghasilkan fosil penting untuk memahami dinosaurus di Amerika Utara.

Hell Creek, Montana Hell Creek, Montana


Periode Jura

  • 206-144 Juta tahun yang lalu

Dinosaurus besar pemakan tumbuhan pakis dan sawit seperti sikas dan bennettitaleans, kecil tapi merupakan karnivora yang mengintai herbivora besar. Laut penuh ikan, cumi, dan ammonita melingkar, ditambah ichthyosaurus besar dan plesiosaurus berleher panjang. Vertebrata, seperti pterosaurus dan burung yang pertama. Ini adalah Periode Jurassic, yang dimulai sekitar 210 juta tahun yang lalu dan berlangsung selama 70 juta tahun dari Era Mesozoic .


Dinamakan untuk Pegunungan Jura di perbatasan antara Perancis dan Swiss, dimana batuan usia ini adalah pertama kali dipelajari, Jurassic telah menjadi sebuah kata rumah tangga dengan keberhasilan film Jurassic Park. Di luar Hollywood, Jurassic masih penting bagi kita sekarang, baik karena kekayaan fosil dan karena pentingnya ekonomi, sebagai contoh, ladang minyak Laut Utara, misalnya, berumur Jura.


Baca Juga : Diakronik adalah


Kehidupan Periode Jurassic

Hari ini, nama “Jurassic” menciptakan bayangan buku fenomenal sukses dan film, “Jurassic Park”. Memang benar bahwa dinosaurus mendominasi fauna tanah – meskipun banyak dinosaurus ditampilkan di “Jurassic Park”, seperti Triceratops dan Tyrannosaurus rex, tidak berevolusi sampai setelah Jurassic selesai. Dinosaurus terbesar saat itu – pada kenyataannya, hewan darat terbesar sepanjang masa – adalah sauropoda raksasa, seperti Diplodocus terkenal (gambar di kiri bawah), Brachiosaurus dan Apatosaurus. dinosaurus herbivora lain dari Jurassic termasuk stegosaurs berlapis. Predator dinosaurus dari Jurassic termasuk carnosaurs menakutkan seperti Allosaurus, kecil, coelurosaurs cepat, dan ceratosaurs seperti Dilophosaurus. Jurassic juga melihat asal usul burung pertama, termasuk Archaeopteryx terkenal, mungkin dari nenek moyang coelurosaurian.


Tapi ada banyak hal dalam hidup dari dinosaurus! Di laut, yang ichthyosaurus fishlike berada di tinggi badan mereka, berbagi lautan dengan plesiosaurus, dengan buaya laut raksasa, dan dengan hiu modern mencari dan sinar. Juga menonjol di laut adalah cumi – kerabat dari cumi-cumi, Nautilus, dan octopi hari ini. cephalopoda Jurassic termasuk ammonita, dengan kerang digulung mereka eksternal (kiri atas), dan belemnites, kerabat dekat cumi modern tapi dengan berat, kaku, berbentuk peluru, sebagian kerang internal. Di antara plankton di lautan, yang dinoflagellata menjadi banyak dan beragam, seperti yang dilakukan oleh coccolithophorids (ganggang mikroskopis bersel tunggal dengan penutup luar pelat berkapur).


Lahan tanaman berlimpah di Jurassic, tapi flora yang berbeda dari apa yang kita lihat sekarang ini. Meskipun dinosaurus Jurassic kadang-kadang digambar dengan pohon-pohon palem, tidak ada pohon, atau tanaman berbunga lainnya, setidaknya seperti yang kita kenal mereka hari ini, di Jurassic. Sebaliknya, pakis, ginkgoes, bennettitaleans atau “cycadeoids”, dan sikas benar – seperti hidup cycad digambarkan di bagian kanan atas – berkembang di Jurassic. Runjung juga hadir, termasuk keluarga dekat redwood hidup, pohon cemara, pinus, dan yews. Merayap tentang di dedaunan ini, tidak lebih besar dari tikus, adalah sejumlah mamalia awal.


Distribusi fosil berumur Jura

Deposit berumur Jura dapat ditemukan secara luas di Pegunungan Rocky Amerika Serikat, Inggris dan Eropa barat, Rusia tengah, dan di banyak bagian lain dunia.

  • Nil Biru Gorge – fosil dinosaurus pertama dari Ethiopia.
  • Saurian Ekspedisi tahun 1905 – ini ekspedisi ke Barat Humboldt Range di Nevada dikenal untuk menemukan yang luar biasa ichthyosaurus Jurassic, dan situs telah menjadi bagian dari Berlin-Ichthyosaurus State Park.
  • fosil Solnhofen Kapur – deposito Jura di Jerman selatan.

Baca Juga : Penjelasan Asal-Usul Masyarakat Indonesia Menurut Para Ahli


Periode Trias

  • 206 hingga 248 Juta Tahun Lalu

Dalam banyak hal, Trias adalah masa transisi. Ini adalah saat ini bahwa dunia-benua Pangaea ada, mengubah iklim global dan sirkulasi laut. Trias juga mengikuti peristiwa kepunahan terbesar dalam sejarah kehidupan, dan begitu juga saat para korban yang tersebar acara dan recolonized.


Organisme dari Trias dapat dianggap milik salah satu dari tiga kelompok: holdovers dari kepunahan Permo-Trias, kelompok-kelompok baru yang berkembang secara singkat, dan kelompok baru yang terus mendominasi dunia Mesozoikum. Para holdovers termasuk lycophytes, glossopterids, dan dicynodonts. Sementara mereka yang terus mendominasi dunia Mesozoikum termasuk tumbuhan runjung modern, cycadeoids, dan dinosaurus.


Distribusi fosil berumur Trias

Distribusi-fosil-berumur-Trias


Lokalitas untuk fosil Trias jarang untuk bagian Awal dan Tengah pada Periode, tetapi lebih umum untuk Trias Akhir. Lokalitas jatuh ke salah satu dari dua daerah yang luas, sesuai kasar dengan belahan utara dan selatan, dengan India milik kedua.

  • Chinle Formasi, Arizona
  • Ischigualasto, Argentina – The dinosaurus awal paling terkenal dan terbaik-diawetkan berasal dari lokasi di Amerika Selatan.
  • Karoo Basin, Afrika Selatan

 Formasi-Chinle,-Arizona Formasi Chinle, Arizona


Baca Juga : Zaman Paleolitikum


Demikian penjelasan artikel diatas tentang Zaman Mesozoikum semoga dapat bermanfaat bagi pembaca setia DosenPendidikan.Co.Id