Alat Musik Ritmis Adalah

Diposting pada

Alat Musik Ritmis

Alat Musik Ritmis Adalah – Pengertian, Fungsi, Contoh Dan Gambar – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai alat musik ritmis yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, contoh dan gambar, nah agar lebih memahami dan di mengerti simak ulasannya dibawah ini.


Pengertian Alat Musik Ritmis

Alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak dapat membunyikan nada-nada tertentu, melainkan hanya dimainkan sebagai pengiring irama dan pengatur tempo lagu. Beberapa contoh alat musik ini misalnya drum, marakas, simbol, tamborin, timpani, triangle, konga, timpani, kastanyet, rebana, tifa dan kendang.


Yang secara umum alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul, namun ada pula beberapa alat musik ritmis yang dimainkan dengan cara digesek dan dikocok “digoyangkan”.


Baca Juga: Model Pembelajaran Kooperatif


Alat Musik Ritmis


Drum

Drum

Drum merupakan alat musik yang dipukul. Drum awalnya terdiri atas kulit yang direntangkan pada sebuah penyangga. Memainkannya dengan cara dipukul menggunakan tangan atau alat yang biasa disebut stick drum. Di era modern ini, sudah banya pabrik yang memproduksi drum. Di pasaran, drum yang beredar tidak terdiri atas kulit, melainkan plastik. Sebenarnya drum di dunia ini banyak jenisnya, seperti kendang, timpani, dan lain sebagainya. Namun, jika ada orang yang menyebut nama drum, maka yang terlintas di pikiran adalah drum buatan pabrik yang terdiri atas plastik yang direnggangkan. Dalam dunia musik pop pemain drum set disebut drummer.


Kastanyet

Kastanyet

Kastanyet merupakan alat musik ritmis untuk mengiringi irama tari-tarian Spanyol. Alat musik ritmis ini terdiri dari sepasang kepingan kayu keras berbentuk cekung atau gading gajah. Cara memainkan alat musik ritmis ini yaitu dengan cara menepuk-nepuk tangan kiri yang diletakkan kastanyet dengan menggunakan tangan kanan.


Baca Juga: 101 Pengertian Dan Macam-Macam Seni Menurut Para Ahli


Kendang

Kendang

Kendang ada juga yang menyebut gendang merupakan instrumen dalam gamelan jawa (termasuk sunda). Salah satu fungsi utama dari kendang yaitu mengatur irama. Kendang dimainkan dengan memukulkan tangan ke kulit yang direnggangkan. Beberapa jenis kendang yaitu ketipung atau kendang kecil, kendang ciblon/kebar atau kendang menengah, kendang kalih atau kendang gede yang merupakan pasangan dari ketipung.


Konga

Konga

Konga hampir sama dengan kendang, namun bentuknya lebih panjang dan ada keunikan tersendiri dari bentuknya. Kongan terbuat dari kayu. Kulit hewan yang digunakan untuk permukaanya menghasikan bunyi khas. Untuk gantungannya, konga diletakan di penyangga besi agar posisinya tetap seimbang saat dimainkan. Teknik memainkan alat musik konga yaitu dengan cara dipukul menggunakan kedua tangan tanpa alat bantu.


Baca Juga: 101 Pengertian Dan Macam-Macam Seni Menurut Para Ahli


Marakas

Marakas

Marakas adalah alat musik ritmis tradisional. Suara rincik dan semarak yang dihasilkan alat musik marakas identik dengan suasana angin laut yang segar di daerah pantai. Marakas ketika digoyangkan akan menghasilkan bunyi. Ini terjadi karena di dalamnya diisi dengan butiran kecil. Alat musik ritmis ini termasuk jenis perkusi autophones atau idiophones dan juga salah satu bagian penting dari musik Salsa, Cuba, Charanga, Rumba, dan Trova Ensemble.


Rebana

Rebana

Rebana merupakan kendang kecil yang memiliki bentuk bundar dan pipih. Terdapat bingkai yang berbentuk lingkaran terbuat dari kayu yang dibubut. Salah satu sisi yang berlapis kulit kambing untuk ditepuk saat dimainkan. Kesenian di negara melayu seperti Malaysia, Brunei, Singapura termasuk Indonesia yang memakai rebana yaitu musik irama dari padang pasir, contohnya kasidah, gambus, dan hadroh. Cara memainkannya cukup dipukul-pukul menggunakan telapak tangan.


Baca Juga: Pengertian Dan Macam – Macam Relief Seni Pahat Pada Zaman Kuno


Simbal tangan

Simbal tangan

Salah satu alat musik yang dimainkan sejak zaman kuno yaitu simbal. Simbal terdiri atas dua buah lempengan logam yang berbentuk lingkaran. Menonjol di bagian tengahnya. Cara memainkan simbal yaitu dengan membenturkan atau menggesekkan kedua lempengan tersebut. Contoh simbal tangan yaitu yang digunakan pada marching band.


Tamborin

Tamborin

Tamborin biasa digunakan untuk mengiringi lagu yang berirama riang. Alat musik ritmis ini berbentuk lingkaran dari logam. Pada setiap sisinya terdapat logam bulat tipis dipasang rangkap. Ada pula tamborin yang terbuat dari kulit. Di sekeliling bingkai tamborin terdapat beberapa kerincingan logam yang mengeluarkan bunyi bergemerincing ketika alat musik ini digoyangkan.


Baca Juga: Penjelasan Aliran Seni Lukis Beserta Jenis, Ciri Dan Tokohnya


Tifa

Tifa

Tifa merupakan salah satu alat musik asal Papua. Sebenarnya alat musik ini hampir mirip dengan Gendang, baik cara memukul, bentuk maupun bahan yang yang digunakannya yaitu kayu dan kulit hewan. Hanya saja bentuk dari tifa memanjang dan sedikit ramping di bagian tengahnya. Berbeda dengan gendang cenderung membesar di bagian tegahnya. Memainkan tifa harus dengan berdiri dan dipukul seperti gendang.


Timpani

Timpani

Timpani merupakan alat musik ritmis yang cara memainkannya dipukul dengan mallet timpani. Mallet timpani terbuat dari kayu berdiameter sekitar 2 cm. Ujungnya dibalut bola kapas yang terbuat dari bulu biri-biri dari Eropa yang sangat lembut. Tabung timpani terbuat dari kuningan atau fiber dan berbentuk seperti mangkuk.


Baca Juga: 34 Nama Tarian Tradisional Di Indonesia Menurut Asal Daerahnya


Triangle

Triangle

Seperti namanya, triangle merupakan alat musik yang berbentuk segitiga. Alat musik ritmis ini masuk dalam kategori perkusi idiofoni. Karena triangle dapat menghasilkan suara dari getaran seluruh badannya. Alat musik terbuat dari bahan besi logam. Cara memainkannya yaitu memukulnya dengan batang pemukul dari besi.


Demikianlah pembahasan mengenai Alat Musik Ritmis Adalah – Pengertian, Fungsi, Contoh Dan Gambar semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂