Alat Peraga adalah

Diposting pada

Contoh Alat Peraga – Pengertian Menurut Para Ahli, Tujuan, Manfaat, Jenis, Kelebihan & Kekurangan – Untuk pembahasan kali ini kami akan memberikan ulasan mengenai Alat Peraga yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian menurut para ahli, tujuan, manfaat, jenis, kelebihan, kekurangan dan contoh, nah agar lebih dapat memahami dan mengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Contoh-Alat-Peraga

Pengertian Alat Peraga

Alat peraga adalah semua atau segala sesuatu yang dapat digunakan dan dapat dimanfaatkan untuk menjelaskan konsep-konsep pembelajaran dari materi yang bersifat abstrak atau kurang jelas menjadi nyata dan jelas sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian serta minat para siswa yang menjurus kearah terjadinya proses belajar mengajar.


Alat peraga merupakan suatu alat yang dipakai untuk dapat membantu dalam proses belajar-mengajar yang berperan besar sebagai pendukung kegiatan belajar-mengajar yang dilakukan oleh pengajar atau guru. Penggunaan alat peraga ini mempunyai bertujuan untuk memberikan wujud yang riil terhadap bahan yang dibicarakan dalam materi pembelajaran.

Baca Artikel Terkait Tentang Materi“Realistic Mathematics Education ( RME )” Pengertian – Prinsip – Karakteristik & ( Kelebihan – Kekurangan )


Alat peraga yang dipakai dalam proses belajar-mengajar dalam garis biasanya memiliki manfaat menambahkan kegiatan belajar para siswa, menghemat waktu belajar, memberikan alasan yang wajar untuk belajar, sebab dapat membangkitkan minat perhatian dan aktivitas para siswa.


Pengertian Alat Peraga Menurut Para Ahli

Adapun pengertian alat peraga menurut para ahli yang diantaranya yaitu:

  1. Menurut Wijaya Dan Rusyan “1994”

    Yang dimaksud alat peraga pendidikan adalah media pendidikan berperan sebagai perangsang belajar dan dapat menumbuhkan motivasi belajar sehingga siswa tidak menjadi bosan dalam meraih tujuan-tujuan belajar.


  2. Menurut Nasution “1985”

    Alat peraga pendidikan adalah alat pembantu dalam mengajar agar efektif.


  3. Menurut Sudiana “2009”

    Alat peraga pendidikan adalah suatu alat yang dapat diserap oleh mata dan telinga dengan tujuan membantu guru agar proses belajar mengajar siswa lebih efektif dan efisien.


  4. Menurut Faizal “2010”

    Alat peraga pendidikan sebagai instrument audio maupun visual yang digunakan untuk membantu proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan membangkitkan minat siswa dalam mendalami suatu materi.


Tujuan Dari Alat Peraga

Nah berikut ini beberapa tujuan alat peraga disebutkan selain diatas tadi ialah sebagai berikut:

  • Alat peraga dalam pendidikan memiliki tujuan supaya proses pendidikan lebih efektif dengan jalan meningkatkan semangat belajar para siswa.
  • Alat peraga pendidikan dapat memungkinkan lebih sesuai dengan perorangan, dimana siswa belajar dengan banyak sekali kemungkinan sehingga belajar dapat berlangsung sangat menyenangkan bagi masing-masing individu.
  • Alat peraga pendidikan mempunyai manfaat supaya belajar lebih cepat segera bersesuaian antara kelas dan diluar kelas, alat peraga dapat memungkinkan mengajar lebih sistematis dan juga teratur.

Baca Artikel Terkait Tentang Materi“Kecerdasan Naturalis ( Naturalist Intelligence ) Pengertian & ( Ciri – Indikator – Strategi – Cara Mengembangkan )


Manfaat Dari Alat Peraga

Untuk lebih jelas dan terperinci berikut ini manfaat dari penggunaan alat peraga pendidikan yaitu antara lain sebagai berikut:

  1. Menimbulkan minat sasaran pendidikan.
  2. Mencapai sasaran yang lebih banyak.
  3. Dapat membantu dalam mengatasi berbagai macam hambatan dalam proses pendidikan.
  4. Dapat merangsang sasaran dari pendidikan untuk mengimplementasikan ataupun melaksanakan pesan-pesan kesehatan atau pesan pendidikan yang akan disampaikan.
  5. Dapat membantu sasaran pendidikan untuk belajar dengan cepat serta belajar lebih banyak materi atau bahan yang disampaikan.
  6. Merangsang sasaran pendidikan untuk dapat meneruskan berbagai pesan yang disampaikan yang memberi materi kepada orang lain.
  7. Dapat mempermudah saat penyampaian materi pendidikan atau informasi oleh para pendidik.
  8. Dapat mendorong keinginan orang-orang maupun individu untuk dapat mengetahui lalu kemudian lebih mendalami, lalu pada akhirnya mendapatkan pengertian yang lebih baik. Individu yang melihat sesuatu yang memang ia diperlukan tentu akan menarik perhatiannya, dan juga apa yang dilihat dengan penuh perhatian akan dapat memberikan pengertian baru untuknya yang merupakan pendorong untuk melakukan ataupun memakai sesuatu yang baru tersebut.
  9. Membantu menegakkan pengertian atau informasi yang diperoleh, sasaran pendidikan di dalam menerima sesuatu yang baru, manusia memiliki kecenderungan untuk melupakan/lupa. Oleh karena itu untuk mengatasi hal tersebut, AVA “Audio Visual Aido – alat bantu atau peraga audio visual” dapat membantu menegakkan pengetahuan-pengetahuan yang sudah diterima oleh sasaran pendidikan sehingga apa yang diterima akan lebih lama tersimpan di dalam ingatan si penerima.

Jenis-Jenis Alat Peraga

Adapun beberapa contoh alat peraga yang dapat digunakan dalam mengajar yaitu:


  • Gambar

Gambar adalah suatu bentuk alat peraga yang nampaknya saling dikenal dan saling dipakai, karena gambar disenangi oleh anak berbagai unur, diperoleh dalam keadaan siap pakai, dan tidak mengita waktu persiapan.


  • Peta

Peta bisa menolong mereka mempelajari bentuk dan letak negara-negara serta kota-kota yang disebut Al-kitab. Salah satu yang harus diperhatikan, penggunaan peta sebagai alat peraga hanya cocok bagi anak besar/kelas besar.


  • Papan Tulis

Peranan papan tulis tidak kalah pentingnya sebagai sarana mengajar. Papan tulis dapat dirima dimana-mana sebagai alat peraga yang efektif. Tidak perlu menjadi seorang seniman untuk memakai papan tulis. Kalimat yang pendek, beberapa gambaran orang yang sederhana sekali, sebuah diagram, atau empat persegi panjang dapat menggambarkan orang, kota atau kejadian.


  • Boks Pasir

Anak kelas kecil dan kelas tengah sangat menggemari peragaan yang menggunakan  boks pasir. Boks pasir dapat diciptakan “peta” bagi mereka khususnya bagi kelas tengah karena pada umur tersebut mereka sudah mengetahui jarak dari desa ke desa.

Baca Artikel Terkait Tentang Materi24 Pengertian Media Menurut Para Ahli


Selain alat peraga yang disebutkan di atas, media mengajar yang paling dikenal di dalam pelayanan anak sering disebut dengan istilah singkat, alat peraga berbentuk fleschard, wayang, boneka jari, rumah palestina dan sebagainya.


Adapun alat peraga yang dipakai dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan alat peraga gambar karena disenangi anak berbagai umur, diperoleh dalam keadaan siap pakai, dan tidak mengita waktu persiapan selain itu untuk menarik perhatian siswa dalam melakukanya yang akan diujikan pada siswa kelas IV SD Negeri 14 Mataram tahun ajaran 2007/2008.


Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Alat Peraga

Berikut ini terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan penggunaan alat peraga, terdiri atas:


1. Kelebihan Penggunaan Alat Peraga

Terdiri atas:

  1. Menumbuhkan minat belajar siswa karena pelajaran menjadi lebih menarik
  2. Memperjelas makna bahan pelajaran sehingga siswa lebih mudah memahaminya
  3. Metode mengajar akan lebih bervariasi sehingga siswa tidak akan mudah bosan
  4. Membuat lebih aktif melakukan kegiatan belajar seperti :mengamati, melakukan dan mendemonstrasikan dan sebagainya.

2. Kekurangan Penggunaan Alat Peraga

Terdiri atas:

  • Mengajar dengan memakai alat peraga lebih banyak menuntuk guru.
  • Banyak waktu yang diperlukan untuk persiapan
  • Perlu kesediaan berkorban secara materiil

Baca Artikel Terkait Tentang MateriHak Cipta adalah


Contoh Alat Peraga

Adapun contoh alat peraga pendidikan atau pembelajaran seperti:

Contoh Alat Peraga


Daftar Pustaka:

  1. Anitah, Sri dan Noorhadi. 2001. Strategi Belajar-Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka
  2. Arifin, Saiful. 2008. Prosedur dan Efektifitas Pengembangan Media Pembelajaran Kitab Matnul Ghoyah Wat Taqrib Bab Haji Menggunakan Macromedia Flash 8 Di Pesantren Luhur Alhusna Surabaya. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: IAIN Suna Ampel Surabaya  (online), (http:// digilib.sunan-ampel.ac.id, diakses 17 Maret 2011).
  3. Latuheru, John D. 2002. Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini. Makassar: Makassar State University Press.
  4. Listyo, Sugeng dan Faridah.2010.Perencanaan Pembelajaran.Malang:UIN Maliki Press
  5. Pusat Bahasa Dinas Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Online (online), (http://pusatbahasa.diknas.go.id, diakses 17 Maret 2011).
  6. Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
  7. Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana
  8. Wawan, I Gde dan I Made Tegeh. 2009. Desain Multimedia Pembelajaran E-Book  (online), (http:// www.google.com, diakses 17 Maret 2011).
  9. Widada. 2010. Mudah Membuat Media Pembelajaran Multimedia Interaktif. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.
  10. Wena , Made.2010.Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer.Jakarta:Bumi Aksara.

Demikianlah pembahasan mengenai Contoh Alat Peraga – Pengertian Menurut Para Ahli, Tujuan, Manfaat, Jenis, Kelebihan & Kekurangan dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Butuhkan