Bank Sentral – Peran, Fungsi, Tujuan, Wewenang, Tugas Dan Manfaatnya

Diposting pada

Bank Sentral – Peran, Fungsi, Tujuan, Wewenang, Tugas Dan Manfaatnya – DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan memberikan ulasan mengenai Bank Sentral yang dimana dalam hal ini meliputi Pengertian Bank Sentral, Sejarah Bank Sentral, Tujuan Bank Sentral, Fungsi Bank Sentral, Tugas Bank Sentral dan wewenang Bank Sentral. Nah agar lebih dapat memahami dan mengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.


Pengertian Bank Sentral

Bank Sentral adalah lembaga keuangan perbankan yang berbentuk badan hukum. Bank sentral merupakan lembaga keuangan formal.


Lantas apa yang dimaksud dengan Bank Sentral ?? Pengertian Bank Sentral ialah suatu lembaga keuangan atau instansi yang bertanggung jawab atas kebijakan moneter dan menciptakan tingkat kegiatan perekonomian yang stabil di suatu negara.


Bank sentral ialah suatu institusi yang umumnya dimiliki oleh pemerintah suatu negara yang bertanggung jawab atas stabilitas nilai mata uang, menjaga tingkat inflasi, stabilitas sektor perbankan dan keseluruhan sistem finansial di suatu negara. Untuk di Indonesia peran Bank Sentral diberikan kepada Bank Indonesia “BI”, dengan begitu maka Bank Indonesia memiliki kewenangan penuh terhadap pengaturan dan pengawasan kegiatan lembaga-lembaga keuangan Bank di Indonesia.

Baca Juga : “Kartu Kredit” Pengertian – Jenis – Fungsi & ( Keuntungan – Kerugian )


Sejarah Bank Sentral Di Indonesia

Konferensi Meja Bundar (KMB) yang berlangsung di Den Haag, Belanda tahun 1949, boleh dikatakan tonggak sejarah berdirinya Bank Sentral di Indonesia. Salah satu keputusan penting KMB adalah menunjuk De Javasche Bank sebagai Bank sentral. De Javache Bank adalah bank komersial dan sirkulasi milik pemerintah Kolonial Hindia Belanda yang sudah berdiri sejak tahun 1828.


Dalam UUDS Republik Indonesia disebutkan :

  • Ada satu Bank Sentral untuk Indonesia.
  • Penunjukan Bank Sentral dan mengenai susunan serta wewenangnya diatur dalam UU.

Pada tanggal 11 Oktober 1827 De Javasche Bank didirikan dengan modal pertama satu juta Gulden. Unag ini disetor oleh Pemerintah Hindia Belanda bersama “De Nedherlandsche Handel Maatschaappi” (NHM). Dengan berdirinya De Javasche Bank maka uang yang semula diedarkan oleh pemerintah dialihkan ke tangan De Javasche Bank. Bank ini memperoleh monopoli mengedarkan uang kertas.

Baca Juga : “E-Banking” Pengertian & ( Contoh – Manfaat – Hambatan – Penerapan)


Tugas-Tugas yang dilekukan oleh De Javasche Bank

  • Mengeluarkan dan mengedarkan uang kertas.
  • Mendiskonto wesel, surat utang jangka pendek, obligasi negara, dsb.
  • Menjadi kasir dari pemeritah.
  • Menyimpan dan menguasai dana – dana devisa.
  • Bertindak sebagai pusat kliring sejak tahun 1909.

Tujuan Bank Sentral

Bank Indonesia “BI” memiliki tujuan dan fungsi utama dalam menjalankan perannya sebagai Bank Sentral Republik Indonesia. Adapun beberapa fungsi dan tujuan Bank Ini ialah sebagai berikut:


  • Menciptakan dan menjaga kestabilan nilai mata uang Republik Indonesia “Rupiah” dimana hal tersebut tercermin dalam nilai tukar Rupiah terhadap mata uang asing.
  • Menciptakan dan menjaga stabilitas harga-harga barang dan jasa yang tercermin dalam kestabilan laju inflasi di Indonesia.

Baca Juga :“Akuntansi Syariah” Pengertian Menurut Para Ahli & ( Konsep Dasar – Prinsip – Contoh )


Fungsi Dan Peran Bank Sentral

Bank Sentral adalah bank yang merupakan pusat struktur moneter dan perbankan di negara yang bersangkutan dan yang melaksanakan (sejauh dapat dilaksanakan dan untuk kepentingan ekonomi nasional) fungsi-fungsi sebagai berikut:


  • Memperlancar lalu lintas pembayaran
  1. menciptakan uang kartal
  2. menyelenggarakan kliring antar bank umum.
  • Sebagai bankir, agen dan penasehat pemerintah. Bank Sentral sebagai bankir :
  1. memelihara rekening pemerintah
  2. memberikan pinjaman sementara
  3. memberikan pinjaman khusus
  4. melaksanakan transaksi yang menyangkut jual beli valuta asing (valas)
  5. menerima pembayaran pajak
  6. membantu pembayaran pemerintah dari pusat ke daerah,
  7. membantu pengedaran surat berharga pemerintah
  8. mengumpulkan dan menganalisis data ekonomi

Tugas Bank Sentral

Dalam upaya untuk mencapai tujuannya, Bank Indonesia memiliki tugas dan tanggungjawab yang harus dilaksanakan, adapun tugas Bank Sentral ialah sebagai berikut:


Tugas Bank Sentral

Menjaga stabilitas sistem keuangan pada tingkat nasional dan internasional merupakan masalah penting bagi bank sentral dan pemerintah karena biaya ekonomi makro berpotensi utama dari gangguan pada sistem keuangan.
kepentingan Bank Sentral dalam berfungsi penuh sistem keuangan berasal dari peran penting bahwa sistem keuangan, terutama bank, bermain dalam kebijakan moneter.


Gangguan dalam sistem keuangan dapat menunda atau menghambat impuls transmisi kebijakan moneter ke ekonomi riil. harga gelembung Aset atau ledakan kredit dapat merusak dasar bagi stabilitas harga pada pertengahan untuk jangka panjang. Keyakinan dalam mata uang dan di viabilitas fungsional dari sistem keuangan itu pergi tangan-di-tangan dan saling bergantung.


Akhirnya, bank sentral juga tertarik dalam pengembangan sistem keuangan karena kebutuhan individu pelaku pasar keuangan untuk likuiditas dapat naik tiba-tiba dan tajam dalam menghadapi guncangan dan ketidakseimbangan. Di pasar keuangan terintegrasi, seperti kekurangan likuiditas dapat menular dengan cepat dan, terutama jika mereka mencapai pelaku pasar secara sistemik penting, memiliki pengaruh negatif terhadap sistem keuangan secara keseluruhan. Sebagai satu-satunya sumber uang bank sentral, bank sentral mungkin telah memainkan peran penting dalam menyelesaikan krisis keuangan, namun, sampai saat ini Bundesbank tidak harus langkah sebagai lender of last resort.


Menjaga stabilitas sistem keuangan karena itu tugas utama bank sentral. Perjanjian EC (Pasal 105, ayat 5) jelas memberikan bagian dalam tanggung jawab atas stabilitas keuangan dengan Sistem Bank Sentral Eropa dan juga beserta Bundesbank.

Baca Juga :“Akuntansi Perbankan” Pengertian & ( Sistem – Dasar – Metode – Penerapan )


Wewenang Bank Sentral

Dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya, Bank Sentral memiliki kewenangan khusus yang telah diatur di dalam undang-undang Republik Indonesia yaitu:


Kewenangan Membuat Kebijakan Moneter

  • Menentukan dan menetapkan tingkat diskonto, cadangan minimum bank umum, serta mengatur pembiayaan atau kredit.
  • Menentukan dan menetapkan target moneter dengan memperhitungkan tingkat inflasi di Indonesia.
  • Mengendalikan moneter dengan tidak terbatas pada operasi pasar terbuka di pasar uang baik mata uang Rupiah maupun valuta asing.

Kewenangan Mengatur Sistem Pembayaran

  • Menentukan dan menetapkan pemakaian instrumen pembayaran.
  • Membuat dan memberikan persetujuan dan izin atas penyelenggaraan suatu sistem pembayaran.
  • Melakukan pengawasan terhadap penyelenggara jasa sistem pembayaran.

Kewenangan Mengatur Dan Mengawasi Perbankan

  • Membuat dan menetapkan peraturan mengenai tata laksana perbankan di Indonesia.
  • Memberikan sanksi kepada Bank yang melanggar peraturan yang telah ditetapkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
  • Dapat memberikan atau mencabut izin terhadap kelembagaan dan aktivitas usaha dari Bank tertentu.
  • Melakukan pengawasan terhadap Bank, baik sebagai sistem perbankan maupun secara individual.

Manfaat Bank Sentral Bagi Indonesia

Manfaat Jangka Pendek

Biaya penyelenggaraan IMF-WB AM 2018 sepadan dengan potensi penerimaan devisa dari kehadiran dan aktifitas tambahan dari seluruh peserta sebelum, selama dan setelah IMF-WB AM 2018. Potensi penerimaan devisa berasal dari:

  1. Pertemuan (Private Sector)
  2. Transportasi & Akomodasi
  3. Makanan & Minuman
  4. Belanja & Hiburan
  5. Wisata (Alam & Budaya)

Manfaat Jangka Panjang

Manfaat ekonomi jangka panjang yang dapat dihasilkan melalui penyelenggaraan IMF-WB AM 2018, berupa:


  1. Knowledge-transfer
  2. Pembelajaran mengenai penyelenggaraan international event
  3. Investasi dan Perdagangan
  4. Makin dikenalnya produk dan peluang investasi serta transaksi perdagangan
  5. Pariwisata
  6. Peningkatan kunjungan wisatawan ke 10 destinasi utama Indonesia
  7. Leadership
  8. Kepemimpinan Indonesia untuk penyelenggaraan international event dan pembahasan isu-isu global

Demikianlah pembahasan mengenai Bank Sentral – Peran, Fungsi, Tujuan, Wewenang, Tugas Dan Manfaatnya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.