Contoh Pidato

Diposting pada

Pidato adalah suatu bentuk perbuatan berbicara di depan umum  dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak yang berupa komunikasi satu arah dan digunakan dalam forum resmi.

Contoh-Pidato

Tujuan Pidato

Berikut ini ada beberapa tujuan pidato, terdiri atas:


  1. Informatif

Yaitu pidato dengan tujuan agar para pendengar melakukan atau mendapat keterangan sesuatu hal yang dianggap penting. Beberapa Topik yang cocok untuk jenis pidato Informatif ini, antara lain: Cara Belajar Efektif,Cara Beternak puyuh.


  1. Argumentasi

Yaitu pidato dengan tujuan meyakinkan pendengar mengenai kebenaran suatu pendapat. Topik yang cocok untuk jenis pidato Argumentasi ini, antara lain: Pupuk Buatan Meningkatkan Pendapatan Petani,Petani Ekspor Nonmigas.


  1. Persuasif

yaitu pidato dengan tujuan untuk mempengaruhi emosi pendengar agar berbuat sesuatu. Contoh topik yang sesuai dengan jenis pidato persuasif antara lain: Toleransi Beragama Kunci Persatuan Nasional, Menanam Apotek Hidup.


  1. Deskriptif

yaitu pidato yang bertujuan melukiskan keadaan. Topik yang cocok untuk jenis pidato deskriptif ini, antara lain: Suasana Tamam Mini di Jakarta, Kesenian merupakan Budaya Bangsa.


  1. Rekreatif

Yaitu Pidato yang bertujuan menghibur orang banyak agar si pendengar merasa senang mendengarkan ucapan-ucapan yang dikemukakan si pembicara. Contohnya: Keberhasilan Anak Kunci Masa Depan, Merealisasikan Cita-cita Masa Kecil.


Contoh Pidato

Berikut ini ada beberapa contoh pidato, terdiri atas:


  • 1. Contoh Pidato Persuasif

Contoh-Pidato-Persuasif

Assalamualaikum wr.wb

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah SMA Negeri 5 Surakarta, yang saya hormati Bapak Ibu guru dan karyawan SMA Negeri  5 Surakarta,  dan teman-teman semua yang saya cintai. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat limpahan rahmat dan karunia-Nya kita dapat berkumpul pada siang hari ini dalam rangka memperingati Hari Lingkungan.

Maka dari itu, perkenankanlah saya menyampaikan sedikit ulasan mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

Kebersihan lingkungan merupakan hal yang sangat penting guna menjaga kesehatan diri sendiri dan lingkungan sekitar. Lingkungan yang sehat akan meminimalisir penyebaran penyakit dan akan memberikan kenyamanan saat berada di lingkungan tersebut.

Oleh karena itu lingkungan juga merupakan faktor pendorong keberhasilan proses belajar mengajar di kelas. Siswa dan guru akan melaksanakan kegiatan pembelajaran secara efektif karena didukung oleh keadaan lingkungan yang nyaman. Maka dari itu, marilah kita sebagai warga sekolah dapat menjaga kebersihan lingkungan sekolah dimulai dari diri sendiri, seperti membuang sampah pada tempatnya dan tidak meninggalkan barang-barang di laci karena dapat menjadi sarang nyamuk.  Dengan demikian, menjaga kebersihan lingkungan menjadi sangat penting guna menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman.

Saya rasa cukup sekian pidato yang dapat saya sampaikan, semoga kita semua dapat menjadi partisipan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan. Terimakasih atas perhatian yang hadirin berikan, apabila ada salah kata ataupun hal-hal kurang berkenan saya mohon maaf.

Wassalamualaikum wr.wb.


  • 2. Contoh Pidato Perpisahan

Contoh-Pidato-Perpisahan

Assalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Selamat pagi untuk semuanya…….

Bapak Kepala Sekolah yang saya hormati,

Bapak dan Ibu Guru yang saya hormati,

Para orang tua murid-murid kelas 6 yang saya hormati,

Teman-teman yang saya cintai dan saya sayangi.

Pertama-tama marilah kita panjatkan Puji dan Syukur kehadirat Allah SWT karena dengan Rahmat dan Hidayah-Nya kita diberikan kesehatan untuk berkumpul bersama pada hari ini. Hari ini kita berkumpul dalam rangka hari perpisahan sekaligus hari perayaan kelulusan siswa dan siswi kelas 6, Guru-guru dan teman-teman sungguh tidak terasa waktu begitu cepat. Sudah enam tahun kami belajar dan menimba ilmu di sekolah ini, begitu banyak pelajaran dan pengetahuan yang kami dapatkan. Semuanya ini sangat berguna bagi kami semua. Kini, akhirnya hari kelulusan itu tiba setalah enam tahun kami banyak belajar dari Bapak dan Ibu Guru.

 Saya selaku perwakilan teman-teman kelas 6 mangucapkan terima kasih untuk guru-guru kami tercinta. Semua pelajaran dan nasihat yang kami dapatkan akan selalu kami ingat. Kami juga menyampaikan permintaan maaf atas semua kesalahan dan kenakalan yang pernah kami perbuat selama bersekolah disini, kenanglah kami semua sebagai siswa dan siswi yang pernah Bapak dan Ibu ajar.

Untuk teman-teman, semua peristiwa yang kita alami di sekolah ini senang, sedih dan bahagia akan selalu mengingatkan kita pada sekolah tercinta ini.

Akhir kata saya sebagai perwakilan teman-teman kelas 6 ingin mengucapkan selamat tinggal pada sekolah tercinta ini, sekian dari saya. Terima kasih.

Wassalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


  • 3. Contoh Pidato Lingkungan

Contoh-Pidato-Lingkungan

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang terhormat, Bapak/Ibu Guru

Dan Rekan-Rekan yang saya cintai.

Dalam kesempatan ini saya akan berbicara mengenai lingkungan hidup. Mungkin ini  erat berkaitan dengan pelestarian lingkungan.

Rekna-rekan semuanya !

Sudah kita ketahui bahwa di era sekarang ini sudah tidak bisa disanggah lagi bahwa segala aktivitas yang dilakukan masyarakat modern sangat ketergantungan kepada ketersediaan energi. Hampir di semua sector kegiatan, energi menjadi kebutuhan pokok yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Oleh karena itu, kemajuan suatu negara akan sangat terkait dengan kecukupan ketersediaan energi di negara tersebut.

Sebut saja negara-negara maju seperti Amerika, Jepang, dan negara-negara Eropa lainnya, bahkan Korea. Ketersediaan energi di negara-negara tersebut sangat memadai untuk melakukan kegiatan di berbagai bidang yang bisa diandalkan untuk pembangunan bangsa dan negaranya. Namun dalam pengadaan energi tentu saja harus memperhatikan factor kelestarian lingkungan hidup. Karena lingkungan tempat mahluk hidup ini bernaung tidak kalah pentingnya dari kebutuhan-kebutuhan hidup lainnya. Merusak lingkungan hidup, sama saja dengan mencelakakan diri sendiri. Lingkungan hidup suatu negara akan sangat berkaitan dengan negara lain, karena kita tinggal di bumi yang sama. Sebab itu pula setiap negara sangat berkewajiban untuk sungguh-sungguh memperhatikan dan mencegah hal-hal yang bisa menjadi penyebab kerusakan lingkungan hidup.

Dampak kerusakan lingkungan hidup seperti pemanasan global, saat kini sudah mulai dirasakan di berbagai belahan bumi ini. Seperti terjadinya peningkatan suhu udara, permukaan air laut naik, yang bisa menenggelamkan pulau-pulau kecil, dan daratan di sekitar pantai, terjadinya perubahan iklim, yang kini sudah terjadi di beberapa tempat termasuk di negeri ini. Kesemua itu karena lingkungan tempat manusia dan mahluk hidup lainnya sudah tercemar. Bahkan menurut sumber-sumber yang bisa dipercaya, keganasan topan yang akhir-akhir ini suka melanda salah satu bagian di daratan Amerika, diprediksi oleh para ahli sebagai efek dari pemanasan global. Ancaman lain yang tidak kalah bahayanya bagi kehidupan manusia, adalah terjadinya hujan asam.

Di Indonesia sendiri, memasuki tahun 2006 telah terjadi angin badai di beberapa perairan yang mengakibatkan banjir di daerah sekitar pantai hingga berhari-hari. Akibatnya para nelayan tidak bisa turun ke laut untuk mencari ikan, sehingga mereka mengalami masa-masa paceklik. Belum lagi lebatnya curah hujan mengakibatkan banjir dan tanah longsor di beberapa daerah. Kejadian-kejadian ini tentu masih punya kaitan dengan pemanasan global akibat kerusakan lingkungan. Kalau penyebab-penyebab kerusakan global ini tidak ditanggulangi untuk ditekan sekecil mungkin, tentu kerusakan lingkungan yang sudah terjadi ini akan semakin parah yang akibatnya juga akan merugikan semua mahluk hidup termasuk kita.

Penyumbang terbesar kerusakan lingkungan hidup secara menyeluruh, adalah polusi yang ditimbulkan oleh pembakaran bahan bakar fosil, seperti batubara, bahan bakar minyak, dan gas alam secara besar-besaran. Dari pembakaran itu berakibat terjadinya emisi rumah kaca sebagai penyebab pemanasan global.

Masalah lingkungan hidup memang bukan persoalan salah satu negara saja, tetapi sudah menjadi tanggung jawab seluruh bangsa dan negara. Oleh karena itulah berbagai upaya dilakukan orang untuk mencegah tambah rusaknya lingkungan hidup. Seperti dengan diselenggarakannya KTT Bumi, Protocol Kiyoto, dsb. Bahkan beberapa negara yang masih memanfaatkan bahan bakar fosil, berusaha mengurangi efek rumah kaca dengan menggunakan bahan bakar gas alam yang secara ekonomis sangat kompetitif bila dibandingkan dengan penggunaan minyak bumi atau batubara. Hanya sebenarnya gas alam juga tetap menimbulkan CO2, tetapi lebih sedikit bila dibandingkan dengan penggunaan minyak bumi dan batubara.

Di samping itu pun gas alam juga menimbulkan methan selama proses penyediaannya, yang kesemua itu dapat mengakibatkan kerusakan lingkungan. Meski akhir-akhir ini muncul teori lain tentang efek rumah kaca, seperti menurut periset Amerika mengatakan bahwa variable aktivitas Mataharilah yang bepengaruh pada naik turunya suhub global. Namun mengurangi pembakaran bahan bakar fosil bagi pemenuhan kebutuhan energi tentu mempunyai manfaat yang besar, paling tidak sebagai langkah penghematan cadangan sumber daya alam yang ada untuk dipergunakan oleh anak cucu kita nanti.

Pembakaran bahan bakar fosil seperti minyak bumi dan batubara secara besar-besaran, dilakukan orang untuk keperluan pembangkit tenaga listrik, industrialisasi, dan transportasi. Khusus untuk bahan bakar pembangkit tenaga listrik, sebenarnya penggunaan bahan bakar fosil sudah bisa ditekan sekecil mungkin, karena ada teknologi modern yang menggunakan bahan bakar lain non fosil yang lebih irit produktif, aman dan tidak menimbulkan polusi. Disamping itu pun bahan bakar fosil seperti bahan bakar minyak harganya cenderung terus meningkat, persediaannya juga sangat terbatas.

Orang tidak mungkin harus ketergantungan terus menerus kepada bahan bakar minyak, karena suatu saat cadangannya akan habis. Oleh karena itu bagi Indonesia kini saatnya kita memanfaatkan bahan bakar non fosil untuk berbagai keperluan seperti untuk pembangkit listrik. Dengan demikian selain turut melakukan upaya pelestarian lingkungan hidup secara global, juga sebagai langkah penghematan cadangan sumber daya alam yang sudah semakin menipis di negeri ini.

Rekan-rekan semuanya !

Oleh karena itu, marilah kita sama-sama menjaga lingkungan, menjaga kelestariannya, jangan sekali-kali merusak dan mencemari lingkungan, lingkungan sekolah kita, rumah kita, pokoknya lingkungan di sekeliling kita. Karena di sekeliling kita mungkin tersimpan banyak energi yang bisa dimanfaatkan oleh kita dalam berbagai aspek kehidupan ini, apakah itu air bersih, udara bersih, tanaman obat-obatan, dsb. Kalau sampai lingkungan kita rusak, maka sedikit demi sedikit energi itu akan hilang bahkan punah.

Sekali lagi, mari kita jaga kelestarian lingkungan kita.

Rupanya pidato ringkas ini saya cukupkan sekian, mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi kita semua.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


  • 4. Contoh Pidato Kebersihan

Contoh-Pidato-Kebersihan

Salam sejahtera

Yth. Bapak dan Ibu guru, serta teman-teman dan Selamat Pagi,

Marilah kita bersama-sama memanjatkan syukur kepada Tuhan, karena pada pagi hari yang cerah ini kita bisa berkumpul bersama di tempat ini.

Teman-teman yang saya kasihi, kita ketahui bahwa lingkungan merupakan tempat hidup bagi semua makhluk hidup. Oleh karena itu kita harus menjaga kelestarian lingkungan kita agar kita dapat hidup dengan nyaman. Salah satu cara menjaga kelestarian lingkungan adalah menjaga kebersihannya. Menjaga kebersihan lingkungan dapat dimulai dari hal-hal yang kecil, tetapi terkadang sangat sulit dilakukan oleh kita. Contohnya adalah membuang sampah pada tempatnya. agar kita bisa menjaga kebersihan lingkungan kita, terlebih dahulu kita harus mengetahui definisi dari kebersihan lingkungan. Kebersihan lingkungan adalah suatu keadaan dimana lingkungan tersebut layak untuk ditinggali manusia, dimana keadaan kesehatan manusia secara fisik dapat terjaga.

Saat ini kesadaran untuk menjaga kebersihan di kalangan kita sebagai seorang murid sangatlah kurang. Dilihat dari lingkungan sekolah kita yang masih terdapat sampah yang berserakan, entah sampah plastik makanan-minuman, atau kertas. Padahal tempat sampah yang disediakan sekolah sudah memadai. Di setiap sudut sekolah terdapat tempat sampah, di dalam kelas pun terdapat tempat sampah. Namun tidak adanya kesadaran dari kita untuk membuang sampah pada tempatnya sebagai wujud menjaga kebersiahan lingkungan sekolah kita. Selain membuang sampah pada tempatnya, kita juga dapat menjalankan piket kelas sebagai aksi menjaga kebersihan lingkungan di lingkup sekolahan. Dan biasakan memilah sampah sesuai dengan kelompoknya sebelum dimasukkan ke tempat sampah.

Jenis sampah dibedakan menjadi 3, yaitu:

  1. Sampah Basah yaitu sampah yang mudah terurai dan membusuk,

contoh; sisa makanan, sayur dan buah2an, sampah kebuh dan sampah dapur.

  1. Sampah Kering yaitu sampah yang tidak bisa membusuk dan terurai secara alamiah,
    contoh: kertas, kardus, plastik, tekstil, karet, kaca, kaleng, dll
  2. Sampah B3 (Bahan Berbahaya & Beracun) yaitu sampah beracun dan reaktif yang sangat membahayakan kesehatan dan kehidupan organisme antara lain, baterai, cat, pestisida, sampah rumah sakit, dll. Tetapi tempat sampah yang biasa disediakan hanya 2 jenis, yaitu sampah basah dan sampah kering.

Saat ini kita harus disadarkan untuk menjaga kebersihan lingkungan kita, karena akibat dari kurangnya menjaga kebersihan lingkungan dapat membuat bencana bagi kita, seperti banjir dan wabah penyakit. Dan masalah utama kita saat ini adalah Global Warming atau pemanasan global. Oleh karena itu harus timbul kesadaran dari setiap pribadi kita untuk menjaga kebersihan lingkungan kita. Agar kelak, tidak ada bencana yang menimpa kehidupan kita akibat dari kurangnya kesadaran menjaga kebersihan lingkungan.

Sebagai penutup, saya hanya ingin menyampaikan pesan dari pidato saya dengan menyampaikan sebuah pepatah. Kebersihan adalah sebagian dari iman. Dengan ini saya berharap teman-teman peduli dan sadar dengan pentingnya menjaga kebersiahan

Sekian pidato dari saya, mohon maaf jika ada salah kata.

Terimakasih dan selamat pagi.


  • 5. Contoh Pidato Disiplin

Contoh-Pidato-Disiplin

Pembukaan Pidato Kedisiplinan :

Hadirin yang saya hormati,

Pertama-tama, kita patut bersyukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Dengan izin-Nya lah kita dapat hadir di hari yang cerah ini dan di tempat yang indah ini.

Isi Pidato Kedisiplinan :

Pendidikan kedisiplinan merupakan suatu proses bimbingan yang bertujuan menanamkan pola perilaku tertentu, kebiasaan kebiasaan tertentu, atau membentuk manusia dengan ciri ciri tertentu, terutama untuk meningkatkan kualitas mental dan moral. Di dalam keluarga, pendidikan kedisiplinan dapat diartikan sebagai metode bimbingan orang tua agar anaknya mematuhi bimbingan tersebut.

Setiap orang tua pasti berusaha untuk mengajarkan disiplin kepada anak-anaknya dengan menanamkan perilaku yang dianggap baik dan menhindari perilaku yang dianggap tidak baik. Hal ini memang akan lebih mudah dilakukan jika anak sebagai seorang individu mematuhi kemauan orang tuanya. Namun demikian, tujuan utama dari disiplin bukanlah hanya sekedar menuruti perintah atau aturan saja. Patuh terhadap perintah dan aturan merupakan bentuk disiplin jangka pendek semata.

Sedangkan tujuan pendidikan kedisiplinan adalah agar setiap individu memiliki disiplin jangak panjan, yaitu disiplin yang tidak hanya didasarkan pada kepatuhan terhadap aturan atau otoritas semata, tetapi lebih kepada pengembangan kemampuan untuk mendisiplinkan diri sendiri sebagai salah satu ciri kedewasaan individu.

Kemampuan untuk mendisiplinkan diri sendiri terwujud alam bentuk pengakuan terhadap hak dan keinginan orang lain, dan mau mengambil bagian dalam memikul tanggung jawab sosial secara manusiawi. Hali ninilah yang sesungguhnya menjadi hakikat dari kedisiplinan.

Penutup Pidato Kedisiplinan :

Demikianlah pidato singkat tentang kedisiplinan yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini, semoga saja kita bisa selalu disiplin dalam segala hal sehingga kita bisa menjadi manusia yang lebih baik bagi nusa, bangsa, negara dan agama.

Wassalamualaikum Wr. Wb.


  • 6. Contoh Pidato Islami

Contoh-Pidato-Islami

Salam Sejahtera wahai para ahli bersyukur

Marilah kita panjatkan segala puji dan puji syukur atas semua anugrah yang di berikan tuhan kepada kita. karna dengan kita bersyukur kita akan mengetahui betapa besar anugrah yang harus kita syukuri.

Solawat dan salam kita haturkan pada Nabi Muhammad SAW sebagai ungkapan rasa syukur atas semua yang nabi ajakan kepada kita.

Para pelopor, bersyukurlah

 لِيُوَفِّيَهُمْ أُجُورَهُمْ وَيَزِيدَهُم مِّن فَضْلِهِ إِنَّهُ غَفُورٌ شَكُورٌ

“Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.”(Qur’an Surat. Fathir:30).

“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah nikmat kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku),maka pasti azab-Ku sangat berat.”(Qur’an Surat. ibrahim [14]:)

Para Pelopor, Pada kesmpatan ini, melalui contoh pidato agama isalam ini Qvae akan sedikit menjelaskan tentang bentuk dari perwujudan rasa syukur kita.

Syukur itu diwujudkan dalam tiga aspek :

  1. Syukur dengan hati, yaitu menyadari dan menyakini bahwa semua nikmat dan karunia yang diperoleh merupakan anugerah Allah dan berasal dari-Nya.
  2. Syukur dengan lisan, yaitu dengan memuji Allah sebanyak-banyaknya.
  3. Syukur dengan perbuatan, yaitu taat beribada kepada-Nya dan menggunakan karunia itu untuk kebaikan.

Mari kita renungkan, tentang semua yang kita miliki tentang semua yang kita imikan, tentang semua kekurangan yang kita miliki, dan bersyukurlah. Bersyukur itu adalah bagaimana kita merasa bersyukur atas semua anugrah yang di anugrahkan kepada kita. Bersyukur itu mengungkapkan rasa terima kasih atas semua yang yang di miliki.

Para pelopor, Bersyukurlah atas semua kelebihan, bersyukurlah atas semua kekurangan yang kita miliki, dan bersyukurlah atas semua penderitaan yang tersa, dan bersyukurlah atas semua airmata yang membuat kita berduka. Dan bersyukurlah Karena ada rahasia di balik rahasia, Maha sempurna tuhan beserta rencananya. Bersyukurlah.

Wassalam.


  • 7. Contoh Pidato Kesehatan

Contoh-Pidato-Kesehatan

Assalamu’alaikum Wr Wb

Yang terhormati Bapak/Ibu

Dan teman-teman yang saya cinta.

Sebelumnya marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan nikmat-Nya dan memberikan kesehatan bagi diri kita semua sehingga kita semua dapat hadir disini menghadiri acara Hari Kesehatan Nasional ini

Ibu/Bapak serta rekan semuanya, kesehatan memang sangatlah penting bagi diri kita semuanya, tanpa terkecuali. baik untuk kalangan muda maupun orang-orang telah dewasa sekalipun sangatlah penting untuk menjaga kesehatannya.

Sebelumnya marilah kita meninjau dulu kebelakang tentang sejarah hari kesehatan nasional ini.
Ibi/bapak sekalian, Pada sekitar tahun 1960-an malaria merupakan salah satu penyakit rakyat yang berkembang dengan subur. Ratusan ribu jiwa mati akibat malaria. Berdasarkan penyelidikan dan pengalaman, sebenarnya penyakit malaria di Indonesia dapat dilenyapkan. Untuk itu cara kerja harus dirubah dan diperbarui. Maka pada September 1959 dibentuk Dinas Pembasmian Malaria (DPM) yang kemudian pada Januari 1963 dirubah menjadi Komando Operasi Pembasmian Malaria (KOPEM). Pembasmian malaria tersebut ditangani secara serius oleh pemerintah dengan dibantu oleh USAID dan WHO. Direncanakan bahwa pada tahun 1970 malaria hilang dari bumi Indonesia.

Pada akhir tahun 1963, dalam rangka pembasmian malaria dengan racun serangga DDT, telah dijalankan penyemprotan rumah-rumah di seluruh Jawa, Bali dan Lampung, sehingga l.k. 64,5 juta penduduk telah mendapat perlindungan dari kemungkinan serangan malaria. Usaha itu juga dilanjutkan dengan nusaha surveilans yang berhasil menurunkan ”parasite index” dengan cepat, yaitu dari 15 % menjadi hanya 2%.

Pada saat itulah, tepatnya pada tanggal 12 November 1964, peristiwa penyemprotan nyamuk malaria secara simbolis dilakukan oleh Bung Karno selaku Presiden RI di desa Kalasan, sekitar 10 km di sebelah timur kota Yogyakarta. Meskipun peristiwanya sendiri merupakan upacara simbolis penyemprotan nyamuk, tetapi kegiatan tersebut harus dibarengi dengan kegiatan pendidikan atau penyuluhan kepada masyarakat. Peristiwa itu kemudian dikenal sebagai Hari Kesehatan Nasional (HKN), yang setiap tahun terus menerus diperingati sampai sekarang. Sejak itu, HKN dijadikan momentum untuk melakukan pendidikan/penyuluhan kesehatan kepada masyarakat.

Ibu/bapak serta rekan sekalian, dengan semakin berkembangnya tekhnologi di era sekarang ini. kita haruslah lebih berhati-hati dalam menjaring segala sesuatu yang masuk ke sekitar lingkungan kita. dengan semakin berkembangnya teknologi tersebt, jelaslah sangat berpengaruh dan erat sekali hubungannya dengan kesehatan kita semua. sebagai salah satu contoh. dalam hal berolah raga. dewasa ini orang-orang seolah melupakan olahraga, itu disebabkan karena mereka semakin sebuk dengan kegiatan-kegiatannya masing-masing, mereka apalagi anak-anak muda sekarang ini cenderung lebih memilih main game berjam-jam didepan komputernya daripada memilih berolahraga.

Tidak sedikit pula kalangan muda sekarang menyalahgunaan Narkotika dan zat aditif lainnya sebagai salah satu pelarian, itu tentu saja membawa dampak yang luas dan kompleks. Sebagai salah satu contoh dari dampaknya antara lain perubahan perilaku, gangguan kesehatan, menurunnya produktivitas kerja secara drastis.

Penyalahgunaan narkoba dapat dicegah melalui program-program diantaranya mengikuti kegiatan-kegiatan sosial, tidak bergaul dengan pengguna atau pengedar narkoba, tidak mudah terpengaruh ajakan atau rayuan untuk menggunakan narkoba. Pengguna narkoba biasanya lebih didominasi oleh para remaja dan anak sekolah.

Biasanya pengedar maupun pemakai di sekolah telah paham betul program-program disekolah untuk pencegahan pengguna atau pemakai disekolah, mereke tentu saja mengantisipasinya dengan sebaik yang mereka bisa. Sepintar apapun kiat mereka, ibarat sepandai-pandai tupai melompat, akhirnya jatuh juga. Jurus-jurus jitu menghindari deteksi sekolah memang mereka kuasai, tapi mengingat sifat narkoba yang adiktif dan menutut dosis yang lebih tinggi maka disiplin cara aman akan terkuak juga

Untuk itu marilah kita memulainya dari sekarang dengan pola hidup sehat untuk diri kita sendiri dulu. Merubah pola hidup memanglah tidak gampang. tetapi sehat itu sebih murah daripada sakit yang mungkin rekan-rekan ketahui kalau biaya pengobatan dewasa ini tidaklah murah, meskipun pemerintah telah memberikan program bagi warga tidak mampu. Namun sekali lagi saya tekankan kalau sehat itu lebih baik dari segalanya. Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan apabila ada kesalahan dalam bertutur kata, saya mohon maaf. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih dan saya akhiri.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


  • 8. Contoh Pidato Pendidikan

Contoh-Pidato-Pendidikan

Pembukaan Pidato Pendidikan :

Assalamualaikum Wr. Wb.

Hadirin yang saya hormati.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini marilah kita bersyukur kepada Allah SWT. Atas segala nikmat serta hidayah-Nya yang telah dicurahkan kepada kita semua sehingga pada kesempatan kali ini kita bisa hadir dalam acara peringatan hari pendidikan nasional.

Isi Pidato Pendidikan :

Hadirin yang berbahagia.

Dalam mencari ilmu, Allah sendiri pernah menguji para Malaikat-malaikat-Nya. Bahwa ternyata tidak ada seseorangpun di dunia ini yang mempunyai ilmu pengetahuan, kecuali hanya Allah. Dan sebagian ilmu yang kita miliki ini adalah titipan Allah. Bahkan Malaikat pun tidak akan memiliki ilmu pengetahuan, selain apa yang telah diajarkan kepadanya. Oleh karena itu kita tidak boleh sombong dengan pengetahuan yang kita miliki. Bahkan dengan apapun yang kita miliki tidak boleh sombong.

Hadirin yang saya hormati.

Sebagian dari keutamaan orang mencari ilmu adalah dimudahkan serta dibimbing melalui jalan menuju kebenaran. Betapa pentingnya orang yang menuntut ilmu, sehingga diberikan pengetahuan yang luar biasa. Peranan para tenaga pengajar juga sangatlah penting. Sehingga orang yang bersamanya dukuk untuk menimba ilmu pengetahuan darinya walaupun hanya satu jam saja itu lebih disukai oleh Allah dari pada pahalanya dalam beribadah seribu tahun.

Penutup Pidato Pendidikan :

Hanya itu yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan ada manfaatnya serta diberikan ilmu yang bermanfaat dan di ridha’i Allah. Amiin

Wassalamualaikum Wr. Wb.


  • 9. Contoh Pidato Lingkungan Sekolah

Contoh-Pidato-Lingkungan-Sekolah

Pembukaan Pidato Kebersihan Lingkungan Sekolah :

Assalamu’alaikum Wr. Wb,

Puji Syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat berupa kesehatan jasmani dan rohani sehingga kita dapat berkumpul pada acara hari ini. Ucapan terima kasih tak lupa saya sampaikan kepada rekan rekan guru dan anak-anak ku tercinta siswa siswi di lingkungan sekolah tercinta kita ini.

Isi Pidato Kebersihan Lingkungan Sekolah :

Hadirin yang saya cintai, lingkungan di sekitar kita seharusnya bisa mencerminkan budaya kita yang selalu mengedepankan kenyamanan. Alangkah tidak bijaknya jika lingkungan di sekitar kita terlihat tidak enak dipandang dan terasa tidak lagi nyaman.  Apalagi sekolah ini yang menjadi tempat setiap hari kita singgahi untuk menuntut ilmu.Lingkungan sekolah seharusnya selalu terlihat bersih, sejuk, dan menentramkan sehingga ketika kita belajar, kita tidak lagi terganggu dengan ketidaknyamanan akan adanya sampah. Oleh karena itu, saya sebagai bagian dari sekolah ini sangat menginginkan akan terus dijaganya kebersihan lingkungan sekolah yang kita cintai. Setiap kelas seharusnya sudah memiliki kedisiplinan tersendiri akan pentingnya kebersihan. Setiap siswa yang memiliki jadwal piket, sudah sepatutnya mereka selalu datang lebih awal sehingga ketika pelajaran pertama sudah dimulai, lingkungan kelas kita sudah mulai bersih dan nyaman untuk ditempati.

Dan tidak lupa pula, kita semua sebagai siswa seharusnya selalu sadar bahwa adanya tong sampah bukanlah tanpa tujuan. Disediakannya tong sampah pasti selalu beralasan yaitu agar kita selalu membuang sampah pada tempatnya sehingga sekolah kita tidak seperti lapangan sepakbola yang habis digunakan sebagai konser, ada banyak sampah yang tak sedap dipandang mata.Akhirnya, seperti halnya diajarkan oleh agama bahwa kebersihan adalah bagian dari Iman, meski kontek ajaran tersebut tidak hanya mencerminkan kebersihan jasmani, tapi juga mencerminkan kebersihan rohani, setidaknya dengan adanya kesadaran kita semua akan kebersihan lingkungan sekolah, semoga saja kita menjadi salah satu bagian yang menjadikan sekolah kita sebagai tempat yang membawa kita terus menjaga keimanan kita kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Penutup Pidato Kebersihan Lingkungan Sekolah :

Akhir kata, terima kasih atas kesempatan diberikannya waktu untuk menyampaikan sepatah dua patah pidato singkat ini, jika ada salah kata semoga bisa dimaafkan.

Wassalamualaikum Wr. Wb.


  • 10. Contoh Pidato Persuasi

Contoh-Pidato-Persuasi

Assalamualaikum Wr. Wb

Yang terhormat Bpk. kepala sekolah sma negeri 5 surakarta, yang saya hormati Bpk. ibu guru serta karyawan sma negeri 5 surakarta, serta rekan rekan seluruh yang saya cintai. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur pada tuhan yang maha esa, dikarenakan berkat limpahan rahmat serta karunia-nya kita bisa berkumpul pada siang hari ini dalam rencana memperingati hari lingkungan.

Maka dari itu, perkenankanlah saya mengemukakan sedikit penjelasan mengenai pentingnya melindungi kebersihan lingkungan sekolah.

Kebersihan lingkungan adalah perihal yang amat mutlak manfaat melindungi kesehatan diri sendiri serta lingkungan lebih kurang. Lingkungan yang sehat dapat meminimalisir penyebaran penyakit serta dapat berikan kenyamanan waktu ada di lingkungan tersebut.

Oleh dikarenakan itu lingkungan juga adalah factor pendorong kesuksesan sistem belajar mengajar di kelas. Siswa serta guru dapat melaksanakan aktivitas evaluasi dengan efisien dikarenakan di dukung oleh situasi lingkungan yang nyaman. Maka dari itu, marilah kita sebagai warga sekolah bisa melindungi kebersihan lingkungan sekolah diawali dari diri sendiri, layaknya buang sampah pada tempatnya serta tidak meninggalkan barang-barang di laci dikarenakan bisa jadi sarang nyamuk. Karena, melindungi kebersihan lingkungan jadi amat mutlak manfaat menciptakan lingkungan yang sehat serta nyaman.

Saya rasa cukup sekian pidato yang bisa saya berikan, semoga kita seluruh bisa jadi partisipan aktif saat menjaga kebersihan lingkungan. Terimakasih atas perhatian yang hadirin berikanlah, jika ada salah kata maupun perihal kurang sudi saya mohon maaf.

Wassalamualaikum Wr. Wb.


  • 11. Contoh Pidato Pergaulan Bebas

Contoh-Pidato-Pergaulan-Bebas

Assalamualaikum Wr Wb

Yang terhormat ibu Endang selaku guru bahasa Indonesia serta teman-teman yang saya banggakan, terima kasih saya ucapkan atas waktu dan kesempatan yang telah diberikan kepada saya. Pada kesempatan ini, saya ingin menyampaikan pidato mengenai pergaulan remaja saat ini.

Pergaulan remaja saat ini sangat didukung oleh fasilitas dunia maya atau internet. Hampir semua remaja di seluruh Indonesia bahkan didunia  menggunakan facebook, twitter ataupun black berry messanger sebagai sarana untuk berkomunikasi. Memiliki black berry dianggap sebagai sesuatu keharusan dalam pergaulan mereka. Memang diakui penggunaan alat komunikasi yang satu ini sangat cepat dan efektif untuk berbagi informasi . Terkadang gadget yang satu ini menjadi penghalang bagi remaja untuk belajar dengan serius. Dan Pergaulan remaja saat ini juga di warnai dengan permainan-permainan ala dunia virtual

Pergaulan remaja saat ini lebih bebas dibandingkan dengan remaja-remaja jaman dahulu. Jam malam sudah tidak berlaku efektif bagi remaja. Hal ini dapat dilihat dengan menjamurnya remaja-remaja yang menonton bioskop midnight atau hang out di café hingga larut malam. Hal inilah yang memicu kepada pergaulan bebas yang marak di siarkan dimana-mana. Pergaulan mereka tidak lagi hanya sebatas teman namun mulai mengarah kepada percintaan yang serius. Dimana percintan yang serius ini juga memicu prilaku seks bebas yang marak di saat-saat ini.

Pergaulan bebas adalah wabah dalam pergaulan remaja. Wabah ini memberikan berbagai dampak negatif bagi masa depan bangsa Indonesia. Pergaulan bebas dapat dilakukan dengan sadar oleh para kaum muda atau hanya mengikuti trend saja.

Konsekuensi dari pergaulan bebas, beberapa point penting yang menjadi pertimbangan untuk tidak melakukan pergaulan bebas. Hal pertama yang mengenai pergaulan bebas adalah pihak perempuan adalah mahluk yang paling di rugikan dan dikorbankan. Jadi kamu sebagai perempuan, pandai-pandailah menjaga diri.

Konsekuensi kedua dari pergaulan bebas adalah kamu tidak mungkin terbebas dari penyakit. Penyakit yang diderita dari pergaulan bebas sangatlah variatif dari yang bisa di sembuhkan sampai dengan yang sulit bahkan sampai tidak dapat disembuhkan seperti AIDS. . Pikirkanlah masa depan kamu sebelum kamu memutuskan untuk terjerumus dalam pergaulan bebas.

Banyak orang menilai, salah satu sebab munculnya pergaulan bebas ini dikarenakan efek industri televisi dan film.  Melalui media tersebut nilai-nilai ketimuran sudah hilang, tergantikan dengan kiblat kebudayaanbarat yang terus menerus dijadikan patokan untuk diikuti oleh remaja kita. Hal ini tentu sangat mengkhawatirkan, bagaimana nasib bangsa ke depan kalau budaya ketimuran sudah hilang.

Ada banyak cara mengatasi pergaulan bebas:

Menanamkan Nilai Ketimuran

Nilai yang bersumberkan pada ajaran spiritualitas agama ini perlu dipegang. Termasuk meningkatkan derajat keimanan dan moralitas pemeluknya. Dengan dipegangnya nilai-nilai ini, harapannya mereka khususnya kalangan muda akan berpikir seribu kali untuk terjun kedunia pergaulan bebas

Banyak Beraktivitas Secara Positif

Cara ini menurut berbagai penelitian sangat efektif dijalankan. Pergaulan bebas, biasanya dilakukan oleh kalangan muda yang banyak waktu longgar, banyak waktu bermain, bermalam minggu. Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut, mengalihkan waktu untuk kegiatan lewat hal-hal positif perlu terus dikembangkan.

Dengan demikian, waktu mudanya akan tercurahkan untuk hal-hal positif dan sedikit waktu untuk memikirkan hal-hal negatif seperti pergaulan bebas tersebut

Sosialisasi Bahaya Pergaulan Bebas

Informasi-informasi mengenai bahaya yang ditimbulkan akibat pergaulan bebas ini perlu terus disebarkan di kalangan muda.

Harapannya, mereka punya informasi sebagai bahan pertimbangan akal sehatnya. Jika informasi tersebut belum didapatkan ada kemungkinan mereka akan terus melakukan pergaulan bebas semau mereka.

Usaha-usaha untuk pencegahan sudah semestinya terus dilakukan untuk menyelamatkan generasi muda kita

Sekian dari saya terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamualaikum Wr Wb


  • 12. Contoh Pidato Tentang Narkoba

Contoh-Pidato-Tentang-Narkoba

Assalamu’alaikum Wr Wb

Yang terhormat kepala sekolah

Yang saya hormati Bapak/Ibu Guru serta staf Tata Usaha Dan teman-teman yang saya cintai

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan nikmat-Nya sehingga kita dapat berkumpul disini dan pada hari ini saya akan menyampaikan pidato tentang Narkoba.

Di Indonesia jumlah pengguna narkoba begitu besar, karena lemahnya penegakan hukum di Indonesia para pengedar internasional dapat bekerja sama dengan warga negara Indonesia dan memperoleh keuntungan yang besar. Penyalahgunaan Narkotika dan zat aditif lainnya itu tentu membawa dampak yang luas dan kompleks. Sebagai dampaknya antara lain perubahan perilaku, gangguan kesehatan, menurunnya produktivitas kerja secara drastis, kriminalitas dan tindak kekerasan lainnya.

Penyalahgunaan narkoba dapat dicegah melalui program-program diantaranya mengikuti kegiatan-kegiatan sosial, tidak bergaul dengan pengguna atau pengedar narkoba, tidak mudah terpengaruh ajakan atau rayuan untuk menggunakan narkoba. Pengguna narkoba biasanya lebih didominasi oleh para remaja dan anak sekolah.

Sekolah juga memberikan penyuluhan kepada para siswa tentang bahaya dan akibat dari penyalahgunaan narkoba melalui Guru BP, diskusi yang melibatkan para siswa dalam perencanaan untuk intervensi dan pencegahan penyalahgunaan narkoba di sekolah. Program lain yang cukup penting adalah program waspada Narkotika dengan cara mengenali ciri-ciri siswa yang menggunakan narkoba, mewaspadai adanya tamu yang tak dikenal atau pengedar, melakukan razia dadakan.

Biasanya pengedar maupun pemakai di sekolahh telah paham betul program-program disekolah untuk pencegahan pengguna atau pemakai disekolah, mereke tentu saja mengantisipasinya dengan sebaik yang mereka bisa. Sepintar apapun kiat mereka, ibarat sepandai-pandai tupai melompat, akhirnya jatuh juga. Jurus-jurus jitu menghindari deteksi sekolah memang mereka kuasai, tapi mengingat sifat narkoba yang adiktif dan menutut dosis yang lebih tinggi maka disiplin cara aman akan terkuak juga

Untuk itu marilah kita hindari dan jauhi serta ikut memberantas penggunaan narkoba. Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan apabila ada kesalahan dalam bertutur kata, saya mohon maaf. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih dan saya akhiri.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


  • 13. Contoh Pidato Tentang Merokok

Contoh-Pidato-Tentang-Merokok

Ass. Wr. Wb

Yang Terhormat…

Juga para hadirin yang saya…

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada panitia acara … dalam rangka menyambut hari tanpa tembakau sedunia yang jatuh pada tanggal 31 mei setiap tahunya, yang telah memberikan kepercayaan kepada saya untuk menyampaikan pidato singkat ini dalam rangka mewujudkan hari bebas rokok ini menjadi benar-benar bisa menjadi hari yang terbebas dari asap rokok selamanya.

Rekan-rekan sekalian yang saya hormati,

Bukan menjadi rahasia umum lagi dan tidak harus dupungkiri lagi kalau dikalangan para perokok sebetulnya udah mengetahui ataupu merasakan dampaknya dari bahaya merokok tersebut, namun mereka seolah menutup mata dengan bermacam alasan, Padahal, asap rokok secara ilmiah sudah terbukti menyebabkan setidaknya 25 jenis penyakit. Artinya, saat berbagai negara — termasuk negara berkembang — memperketat peraturan soal rokok untuk melindungi kesehatan rakyatnya, namun Indonesia justru menjadi surga bagi industri rokok.

Rekan-rekan sekalian yang saya hormati,

Meskipun udah banyak perda-perda yang dikeluarkan dan udah banyak peraturan dan larangan yang telah diberlakukan, misalnya “Larangan Merokok Ditempat Umum”, tapi tidak sedikit pula atau banyak para perokok tidak mentaati peraturan yang telah berlaku tersebut, oleh karena itu, kita sebagai warga negara yang baik dan juga peduli akan kesehatan, marilah kita wujudkan hidup sehat tanpa asap rokok diawali dari diri kita sendiri.

Rekan-rekan sekalian yang saya Hormati,

Berbicara soal dampak yang diakibatkan dari asap rokok yang terhirup oleh orang-orang disekitar kita, marilah kita lihat hasil penelitian yang dilakukan oleh EPA… Nasib kaum ibu bersuamikan perokok agaknya tak berbeda jauh dengan anak-anak yang memiliki keluarga perokok. Penelitian yang dilakukan EPA menghasilkan kesimpulan bahwa dari 30 wanita, 24 di antaranya berisiko tinggi terserang kanker paru-paru bila suaminya perokok. Oleh karena itu, bila kita sayang dengan orang-orang yang ada disekitar kita, dengan kesadaran sendiri, marilah kita buat peraturan-peraturan yang kita buat sendiri untuk diri kita sendiri dan untuk orang-orang yang berada disekitar kita agar terbebas dari dampak yang diakibatkan oleh diri kita sendiri.

Rekan-rekan sekalian yang saya hormati.

Salah satu proses yang memang belum berdampak pada penampilan fisik perokok adalah gangguan pada sistem sirkulasi darah, yang akhirnya memicu penyakit jantung. hal ini disebabkan karena di dala rokok terdapat beberapa bahan kimia yang ada dalam rokok. Di antaranya, acrolein, merupakan zat cair yang tidak berwarna, seperti aldehyde. Zat ini sedikit banyaknya mengandung kadar alkohol. Artinya, acrolein ini adalah alkohol yang cairannya telah diambil. Cairan ini sangat mengganggu kesehatan.

Rekan-rekan sekalian yang saya hormati

Karena waktu yang sangat terbatas, saya ucapkan terima kasih kepada panita yang telah memberikan waktu kepada saya untuk menyampaikan pidato singkat ini. Mudah-mudahan dihari bebas tembakau sedunia ini, kita akan lebih menyayangi diri kita sendiri dengan dimulai dari menyehatkan diri sendiri.

Semoga uraian ini bermanfaat. Mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan.

Wassalamu alaikum wr. wb.


  • 14. Contoh Pidato Tentang Pengaruh Internet Terhadap Remaja

Contoh-Pidato-Tentang-Pengaruh-Internet-Terhadap-Remaja

Assalamualaikum wr wb

Bapak/ ibu guru beserta rekan-rekan yang saya hormati, pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada tuhan yang maha esa yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul ditempat ini, saya ucapkan banyak terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan sebuah pidato yang berjudul “Pengaruh Internet Terhadap Remaja”.

Sebelum saya memulai berpidato saya ingin menyampaikan batasan masalah yang akan saya sampaikan didalam pidato hari ini, yakni diantaranya ; pengaruh internet terhadap remaja dilihat dari segi positif dan dari segi negative.

Internet, kata yang tidak asing di telinga setiap orang, terutama para remaja yang senantiasa bergaul dengan mewahnya dunia yang bertekhnologi, mewah, dan praktis, Internet bisa didapatkan dimanapun kita berada, dengan bermodalkan telepon selular yang memiliki koneksi internet, internet dapat diakses dengan mudahnya melalui HP dimanapun kita berada, atau jika tidak, disetiap sudut kota pasti terdapat sebuah Warung yang menjual jasa internet atau yang biasa disebut dengan “Warnet”, Dunia Informasi Tanpa Batas, begitulah orang-orang menyebutnya, saya sendiri tidak begitu yakin tapi apa boleh dikata memang begitu keadaannya, dengan adanya Internet, Akses atau jalan terhadap penyampaian Informasi-informasi yang ada didunia ini dapat diambil dengan mudahnya seraya membalikkan tangan atau mengejapkan mata.

Banyak Ilmu pengetahuan yang begitu melimpah disana, informasi mengenai apapun dapat kita temukan di jagat internet ini, lalu apa hubungannya dengan Siswa? Tentu saja sangat erat hubungannya dengan siswa karena siswa tidak luput dengan yang namanya informasi dan ilmu pengetahuan, internet ini adalah media yang paling efektif dan mudah untuk didapatkan dan diakses oleh siapa saja dimanapun, walaupun tak dapat dipungkiri bahwa karena adanya kebebasan ini dapat terjadi pula penyalah gunaan fasilitas internet sebagai sarana untuk Kriminalitas atau Asusila, siswa yang baru mengenal internet biasanya menggunakan fasilitas ini untuk mencari hal yang aneh-aneh? Seperti gambar-gambar yang tidak senonoh, atau video-video aneh yang bersifat “asusila” lainnya yang dapat mempengaruhi jiwa dan kepribadian dari siswa itu sendiri, sehingga siswa terpengaruh dan mengganggu konsentrasinya terhadap proses pembelajaran disekolah.

Namun demikian tidak semua siswa melakukan hal yang demikian, hanya segelintir siswa-siswa yang usil saja yang dapat melakukannya karena kurang memiliki rasa tanggungjawab terhadap diri pribadi dan sekitarnya, namun pada umumnya internet digunakan oleh setiap siswa untuk mencari atau mendapatkan informasi yang berhubungan dengan materi pelajaran yang ia terima disekolah, hal tersebut memungkinkan siswa menjadi lebih kreatif dan lebih aktif dalam mencari sumber informasi dan ilmu pengetahuan dibandingkan dengan siswa-siswa yang hanya duduk diam didepan meja dan mendengarkan gurunya berbicara.

Hal ini dapat menjadi sebuah motivator terhadap siswa untuk terus berkembang dan juga dapat berfungsi sebagai penghancur (generasi muda), remaja adalah makhluk yang rentan terhadap perubahan disekitarnya, dia akan mengikuti hal yang paling dominant yang berada didekatnya jadi kemungkinan terjadinya perubahan yang drastis dalam masa-masa remaja akan mendorong kearah mana remaja itu akan berjalan, kearah positif atau negative tergantung dari mana di memulai.

Remaja yang kesehariannya bergaul dengan internet akan lebih tanggap terhadap perubahan informasi disekitarnya karena ia terbiasa dan lebih mengetahui tentang informasi-informasi tersebut sehingga dia lebih daripada yang lainnya. Tetapi selain itu, remaja yang memiliki kecenderungan pada hal yang negative justru sebaliknya, dia akan nampak pasif karena hanya diperbudak oleh kemudahan dan kayaan informasi dari internet tersebut.

Maka dari itu alangkah baiknya jika kita bisa dengan bijak menggunakan fasilitas ini dengan sebaik-baiknya dalam hal yang positif demi kemajuan diri dan pribadi kita, dan selaku remaja kita semua harus dapat menguasai teknologi yang sedang berlari kencang pada era ini, karena dengan demikian kita pun akan ikut berlari menyongsong masa depan.

Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih, akhirul kata, wassalamualaikum wr wb.


  • 15. Contoh Pidato Bahasa Inggris

Contoh-Pidato-Bahasa-Inggris

I am honoured to be invited to address you today on a matter that so deeply affects South Africa, Africa and indeed the whole world.

HIV/AIDS has been with us for about two decades, but it remains a problem whose solution continues to elude us all. We are making some progress in understanding this challenge, but we still have a long way to go in containing its spread.

Although people from all walks of life are affected, AIDS is hitting hard at the most vulnerable sections of our society. It is the poor, the illiterate, the marginalised, the women and the children who bear most of the burden of the HIV epidemic.

The face of HIV/AIDS in South Africa has become more complex over the past 10 years. We are no longer only dealing with information and awareness, but with people that are faced with the reality of living with the disease. The vast majority of them are undiagnosed. Sebagian besar dari mereka adalah undiagnosed. They do not know their HIV status. Some of them are already falling ill but they do not know that their illnesses are related to HIV/AIDS. And even if they do know or suspect, they are reluctant to come out and talk about their condition.

I stand before you today to further consolidate our partnership in responding to this major challenge particularly the stigma that continue to be associated with it. We seek your partnership because we know that every South African citizen, every leader, bishop or priest has a special and unique role to play in combating HIV infection and caring for those living with HIV/AIDS.

The church has always played a role of caring for those who are weak and in need of support. But you have been able to initiate programmes that really make a difference in the lives of those in need of care particularly the children. The care that you have given has ot been limited only to the message of hope and spiritual well-being. I am convinced that the church can play a major role in fighting the stigma that is associated with HIV/AIDS and encourage openness and positive living amongst those who are infected and affected.

To ensure a common direction in the call for partnerships, we initiated the development of the Five Year Strategic Plan for South Africa, in 2000 in collaboration with all the key stakeholders, including the faith-based sector. It is a broad national strategic plan designed to guide the country’s response to HIV/AIDS. The plan outline four priority areas, which are: (1) Prevention, (2) Treatment, Care and Support, (3) Research, Monitoring and Surveillance and (4) Human Rights.

There can be no doubt that the faith based community has a central role to play in the implementation of this plan.

There are numerous examples of how the faith sector is responding or can respond to this challenge. I will like to raise for discussion at least four key roles that Faith-based organisations and individual members of those organisations can play in responding to HIV/AIDS.

With regard to Education, we can:

  1. Identify resources and models for prevention education
  2. Strengthen HIV/AIDS prevention through family enrichment
  3. Enhance HIV/AIDS prevention through youth programmes – building a solid foundation concerning sexuality, responsible adulthood and marriage, appreciating the youth and breaking the silence about sex.

On Advocacy, we can:

Campaign against discrimination

Work together with government in achieving appropriate levels of cost-effective health care, especially home based care

Seek means to protect interests of particularly women and children

On Worship, we can

Establish an annual National Day of Prayer and Healing for all persons affected by the epidemic
Establish an interfaith Day of Prayer and Healing Service, we can
Provide care which involves encouraging and supporting those who are infected and affected
Promote ‘Family fostering’ for those who have lost their parents or guardians
Take part in providing home care which may include:
Home visits for prayer and scripture reading
Meeting physical needs for food, clothing, medical attention
Assistance in planning for the future of the family particularly children
Support for orphaned children
Assisting with basic household activities such as shopping, cleaning the house or washing clothes

At the All Africa Church and AIDS Consultation which was held in Kampala in April 1994 a “Call to Action” was developed and signed. Similarly, “A commitment on HIV/AIDS by people of faith”, was signed in Washington that same year. I will like to quote at least one section of this statement of commitment, and I quote:

“We are called by God to affirm a life of hope and healing in the midst of HIV/AIDS. Our traditions call us to embody and proclaim hope, and to celebrate life and healing in the midst of suffering.”

We therefore need to send a positive message about HIV/AIDS. We need to tell people that just because you are HIV positive today, it does not mean you will get AIDS tomorrow and die. Co-factors such as poverty, high levels of mainly childhood malnutrition, vitamin A and iodine deficiency as well as lack of other micronutrients have a major impact on how one progress to full-blown AIDS.

We have to advise those infected and affected by HIV that by eating nutritious food, managing their stress, treating any infection promptly including sexually transmitted infections and using condoms, they can live longer and lead a healthy and productive life for many years.

We need to use this opportunity to declare our response to AIDS:

  • We are called to love
  • We are called to be compassionate and care
  • We should commit ourselves to speaking publicly and promote HIV/AIDS prevention and ABC messages
  • We should promote and provide care for those who are infected and affected
  • We should fight the sins of discrimination and stigma
  • We should work together with other sectors of society to seek ways of eliminating poverty

I strongly believe that if we can leave this conference with a strong re-affirmation as the faith based leaders of this country, we will be able to provide hope for the faith community and for society as a whole: That in the spirit of love, compassion and care, through collective efforts to confront and to challenge discrimination and to empower our respective believers, we can overcome many of the challenges posed to us by HIV/AIDS.

Thank you.


  • 16. Contoh Pidato Tentang UKS

Contoh-Pidato-Tentang-UKS

Pembukaan Pidato :

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Salam sehat dan selamat pagi untuk para guru-guru dan juga para sahabat-sahabat satu perjuangan. Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan kepada kita berupa kesehatan pada hari ini sehingga pada pagi ini kita dapat berkumpul bersama-sama di sini.

Isi Pidato :

Hadiri yang saya hormati,

Dilihat dari tujuannya, UKS sendiri bertujuan sangat mulia yaitu meningkatkan derajat kesehatan dan membentuk pola hidup sehat dikalangan peserta didik maupun para guru-guru.
Dan salah satu program yang sering kita lakukan adalah dengan penjaringan kesehatan dalam bentuk pemerikasaan kesehatan perorangan (rambut, kulit dan kuku) yang sering kita lupakan dan terkadang kita enggan untuk menuruti nasihat guru-guru kita, selain itu juga ada penjaringan kesehatan panca indera dan kesehatan gigi dan gizi dimana setiap siswa harus bisa mandiri dengan menjaga kesehatannya masing-masing.

Untuk itu pada kesempatan kali ini saya ingin mengajak para sahabat-sahabat dan para guru-guru untuk lebih meningkatkan penjaringan kesehatan disekolah, dengan terlaksananya penjaringan kesehatan yang teratur dan disiplin maka siswa-siswi dan para guru pun ikut merasakan perbedaan kegiatan belajar mengajar yang sesuai dengan keinginan bersama, sehingga tidak ada lagi siswa-siswi di sekolah ini yang gampang terkena penyakit.

Penutup Pidato :

Mungkin cukup sekian pidato yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga pidato saya bermanfaat dan mohon maaf jika ada salah kata. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


  • 17. Contoh Pidato Tentang Dampak Facebook

Contoh-Pidato-Tentang-Dampak-Facebook

Assalamualaikum wr wb

Bapak-bapak/ibu-ibu beserta rekan-rekan yang saya hormati, pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada tuhan yang maha esa yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul ditempat ini, saya ucapkan banyak terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan untuk menyampaikan sebuah pidato tentang dampak atau pengaruh Facebook terhadap anak anak remaja, lingkungan, orang tua, maupun terhadap diri kita sendiri.

Sebelumnya saya akan menyampaikan tentang batasan batasan permasalahan yang akan saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Baik dari sisi negatif maupun positifnya. Kalau ditilik dari sisi fositifnya. Facebook memang sangat berguna, debagai contoh, tidak sedikit banyak orang yang sedang kesusahan dan perlu bantuan terbantu dengan penggalangan dana dari para facebooker, tidak sedikit pula orang-orang yang telah kehilangan jejak akhirnya bisa bertemu kembali karena keberadaan jejaringan pertemanan ini.

Namun sangat disayangkan, pengertian akan kegunaan facebook itu sendirii masih belum begitu bisa dipahami oleh sebagian dari kita ini, banyak orang yang terjerumus karena tipu muslihat dari orang-orang yang dengan sengaja menarik keuntungan dari kelemahan orang-orang disekitar kita yang kurang berhati-hati dalam menggunakan jejaring pertemanan ini. tidak sedikit juga dari mereka yang bangga akan banyaknya teman yang mereka punyai, tanpa mereka sadari kalau dari sekian banyaknya teman tersebut terselip segelintir orang yang memang sengaja akan memanfaatkan kelemahan kita.

Maka daripada itu saya sarankan agar lebih berhati-hati dalam memilih teman, batasi orang-orang yang akan kita ADD/tambahkan. pilihlah orang-orang yang memang betul-betul mengenal kita. jangan sembarangan menambahkan atau menerima orang-orang belum benar-benar kita kenal, apalagi mereka-mereka yang menggunakan nama samaran.

Para hadirin yang berbahagia, alangkah bijaknya kalau kita lebih memperioritaskan diri kita kedalam hal-hal yang lebih fositif dalam menggunakan jejaring pertemanan itu. Kita harus lebih bijak dalam menggunakannya. Kita juga harus lebih memahami arti atau manfaat dari facebook tersebut. Janganlah kita sampai lupa akan segala sesuatu dikarenakan facebook tersebut. Kita lupa akan waktu, lupa akan saudara, teman yang udah pasti keberadaannya sejak dulu dan selalu menemani kita disaat kita belum mengenal facebook.

Para hadirin yang dimuliakan, sebetulnya masih banyak hal ingin saya sampaikan dikesempatan yang berbahagia ini, namun mudah-mudahan dengan sedikit pidato yang telah saya sampaikan tadi, bisa menjadi satu pelajaran berhaga, apalagi telah banyaknya korban yang mungkin bisa kita jadikan contoh agar kita lebih berhati-hati dalam menggunakan jejaring pertemanan tersebut.

Terimakasih atas waktu dan kesempatan yang telah diberikan kepada saya dikesempatan yang berbahagia ini, akhirul kata, wassalamualaikum wr wb.


  • 18. Contoh Pidato untuk Siswa SD

Contoh-Pidato-untuk-Siswa-SD

Kami Ingin Menjadi Generasi Yang Jujur

Assalaamu alaikum wr.wb

Yang saya hormati para dewan juri dan teman-teman peserta lomba yang saya banggakan.

Marilah kita bersyukur kepada Allah swt. yang telah memberikan rahmat, kesempatan, dan kesehatan kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul di ruangan ini dalam rangka mengikuti lomba pidato ini. Semoga acara ini nantinya memberikan manfaat dan dapat menambah khaanah pengetahuan kita semua. Amin.

Shalawat beriring salam, marilah kita haturkan kepada nabi kita tercinta, Muhammad SAW. yang telah membimbing semua umatnya dan membawa kita dari zaman onta ke zaman honda, yakni dari zaman tradisional dan penuh kejahiliyahan menuju zaman yang serba canggih dan modern serta kaya akan pengetahuan. Semoga beliau senantiasa menjadi tauladan bagi kita semua.

Para hadirin yang berbahagia,

Dalam kesempatan ini, saya akan menyampaikan sebuah pidato yang berjudul “Kami Ingin Menjadi Generasi Yang Jujur”.

Kata “jujur” memang tidaklah asing bagi kita semua. Sebuah kata yang gampang diucapkan namun sulit diterapkan bagi mereka yang tak berniat. Kata yang sangat berarti dan memberikan dampak yang luar biasa jika diterapkan.

Lihatlah generasi saat ini! Sudah jujurkah? Slogan kejujuran bertebaran di setiap ruang tapi sayang banyak hati yang belum mendengar. Perlu kita ketahui, bahwa Kejujuran dan karakter yang baik berlaku untuk semua kalangan. Kejujuran bukan hanya untuk pelajar, mahasiswa, dan sebagainya melainkan untuk setiap orang. Kejujuran ditanamkan sejak dini itu memang benar. Tapi yang juga tidak kalah penting yaitu kejujuran harus ditanamkan kepada kaum tua, pejabat negara, guru, pengusaha, dan semuanya karena mereka adalah guru bagi generasi penerus bangsa ini. Mereka adalah model yang akan dicontoh. Jika mereka hanya berkoar-koar  menanamkan karakter anak bangsa melalui berbagai aturan tertentu tanpa membenahi diri mereka, akankah kejujuran itu melekat dihati anak bangsa? Bayangkan teman-teman! Tentunya “TIDAK”.

Oleh karena itu, kami selaku anak bangsa ingin menjadi generasi penerus  yang berkarakter mulia, penuh integritas dan kejujuran. Tanamkanlah kejujuran kepada kami sejak dini tanpa menghilangkan ketauladanan yang akan kami contoh. Kami akan menerapkan perilaku jujur itu, kami akan melakukannya dari hal kecil baik dilingkungan sekolah, keluarga, maupun masyarakat karena kami tahu kejujuran adalah model kesuksesan. Kejujuran adalah modal besar untuk memiliki banyak teman, kejujuran juga akan menjadikan kami manusia yang budiman dan disayang Allah.

Oleh karena itu, untuk teman-temanku disini, marilah kita selalu berbuat jujur dalam kondisi apapun karena yakinlah hal itu akan menciptakan kita menjadi pribadi yang menawan, disukai, dan manusia yang bermartabat. Ayo kita tinggalkan bisikan syetan yang mengarahkan untuk berbuat tidak jujur. Mari kita pertahankan sikap jujur yang telah kita semai. Lakukan secara berkelanjutan, sertakan ia disetiap langkahmu!

Hadirin yang berbahagia,

Cukup sampai disini pidato dari saya. Saya mohon maaf  jika banyak kekurangannya karena sungguh diri ini hanyalah insan yang mempunyai banyak kelemahan. Terima kasih atas perhatian bapak, ibu, dan teman-teman semua.

Wassalamualaikum wr.wb.

Cukup sampai disini pidato dari saya. Saya mohon maaf  jika banyak kekurangannya karena sungguh diri ini hanyalah insan yang mempunyai banyak kelemahan. Terima kasih atas perhatian bapak, ibu, dan teman-teman semua.

Wassalamualaikum wr.wb.


  • 19. Contoh Pidato Tentang Hari Pahlawan

Contoh-Pidato-Tentang-Hari-Pahlawan

Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh

Alhamdulillahirobbil Alamin. Wabihi Nastainu Alaa Umuu Riddunya Waddin, Waala Alihi Wa Ashabihi Ajma’in. Amma Ba’du

Bapak guru para Romo Yai  yang saya Mulyakan, Para staff dan seluruh karyaman Madrasah TBS yang saya hormati pula dan Teman Teman  kelas 12 yang saya cintai dan saya banggakan.

Pertama-tama marilah kita memanjatkan puji Syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Berkat dan rahmat-Nya kita dapat memperingati hari pahlawanHari pahlawan adalah hari bersejarah bagi bangsa Indonesia. Oleh karena itu, pada kesempatan ini marilah kita bersama-sama menengok kembali sejarah perjuangan bangsa kita.

Hari ini kita memperingati hari pahlawan, tepatnya tanggal 10 novemberHari pahlawan ini diperingati dari peristiwa perjuangan arek-arek Surabaya di bawah pimpinan pahlawan kita Bung Tomo. Saat itu kota Surabaya didatangi oleh tentara belanda yang membonceng pasukan Inggris. Karena kesewenangan tentara belanda akhirnya terjadi pertempuran di hotel yamato yang ditandai dengan penurunan bendera belanda oleh arek-arek Surabaya dan digantikan dengan Sang Saka Merah Putih. Di bawah kepemimpinan Bung Tomo bangsa Indonesia tidak gentar menghadapi perlawanan tentara belanda. Bahkan terus memekikkan  kata  “MERDEKA, MAJU, SERBU, SERANG…”  dengan semangat kepahlawanan, bangsa Indonesia mampu melawan dan mencapai kemenangan. Akhirnya kota Surabaya berhasil dikuasai kembali oleh bangsa Indonesia.

Kemerdekaan bangsa ini tercapai karena rakyat Indonesia mempunyai semangat perjuangan yang tinggi. Tanpa semangat perjuangan yang tinggi, kita yakin kemerdekaan bangsa ini tidak akan tercapai. Selamanya rakyat Indonesia akan hidup dibawah penindasan penjajah. Para penjajah negeri kita bermaksud menguasai pemerintahan dan mengeruk kekayaan bangsa ini. Berbagai cara mereka lakukan. Para penjajah itu memaksa rakyat Indonesia bekerja lewat kerja rodi dan romusa. Tanpa upah mereka harus bekerja keras. Bahkan, tanpa makan yang cukup. Oleh karena itu, banyak rakyat Indonesia yang meninggal pada saat kerja rodi dan romusa.

Para hadirin Rohimakumullah! Semangat rela berkorban para pejuang kita yang begitu besar itu patut kita teladani. Kita harus bersyukur kepada Tuhan. Kita dapat menghirup udara kemerdekaan. Berkat para pejuanglah, negara ini terbebas dari penjajahan. Oleh karena itu, marilah kita senantiasa berdoa agar arwah mereka diterima di sisi Tuhan.

Para hadirin Rohimakumullah  Marilah kita pekikkan ‘SEKALI MERDEKA TETAP MERDEKA”. Semoga bangsa ini tetap dikaruniai kemerdekaan dan persatuan. dan Kita semua selalu di bawah lindungan-nya. Amin amin yaa robbal alamin.

Sekian pidato dari saya, apabila ada kesalahan ucapan atau apapun baik disengaja maupun tidak sengaja mohon maaf sebesar besarnya.

Wassalamualaikum wr.wb.


  • 20. Contoh Pidato Tentang Kejujuran

Contoh-Pidato-Tentang-Kejujuran

Assalamu Alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah alhamdulillahi rabbil alamin. Assalatu wassalam ala asrafil ambia i wal mursalim. Wa ala alihi wa ashabihi ajemain amma ba’adu.

Pertama-tama dan paling utama mari kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT. Yang mana pada hari ini Allah masih memberikan kita nikmat kesehatan serta kesempatan hingga kita dapat hadir di sekolah yang kita cintai ini, guna untuk melaksanakan aktivitas kita sebagai pelajar.

Ya rahman ya rahim, mari kita kirimkan sholawat serta salam kepada junjungan Nabi kita Muhammad saw, yang telah menyelamatkan ummatnya dari alam gelap sesak tak bercahaya menuju alam yang terang menderang seperti yang kita rasakan pada saat ini, dengan kata lain minassulumati ilannur. Izinkan Saya Membawakan Sebuah Ceramah Yang Bertema “ KEJUJURAN “

Teman-teman sekalian.

KEJUJURAN merupakan sebuah kata yang dikenal oleh hampir semua orang. Bagi yang telah mengenal kata JUJUR mungkin sudah tahu apa itu makna dari kata “JUJUR” tersebut. Namun masih banyak yang tidak tahu sama sekali dan ada juga yang tahu maknanya secara samar-samar. Berikut saya akan mencoba memberikan pemahaman sebatas kemampuan saya tentang makna dari kata JUJUR.

Kata jujur adalah kata yang digunakan untuk menyatakan sikap   seseorang. Bila seseorang berhadapan dengan suatu atau fenomena maka seseorang itu akan memperoleh  gambaran tentang  sesuatu  atau fenomena tersebut. Bila seseorang  itu  menceritakan informasi tentang  gambaran  tersebut kepada orang lain tanpa ada “perubahan” (sesuai dengan realitasnya ) maka sikap yang seperti itulah yang disebut dengan jujur.

Sesuatu atau fenomena yang dihadapi  tentu  saja apa yang ada pada diri sendiri atau di luar diri sendri. Misalnya keadaan atau kondisi tubuh, pekerjaan yang telah atau sedang  serta  yang akan dilakukan. Sesuatu yang teramati juga dapat   mengenai benda, sifat dari benda tersebut atau bentuk  maupun model. Fenomena yang teramati boleh saja yang berupa suatu peristiwa, tata hubungan sesuatu dengan lainnya. Secara sederhana dapat dikatakan apa saja yang ada dan apa saja yang terjadi.Kejujuran juga bersangkutan dengan  pengakuan. Dalam hal ini kita ambil contoh , orang Eropa membuat pernyataan atau menyampaikan informasi, bahwa ….orang pertama sekali yang sampai ke Benua Amerika adalah  Cristofer Colombus…Padahal menurut sejarah yang berkembang, sebelum Colombus mendarat di Benua Amerika telah sampai kesana armada Laksmana Cheng ho. Artinya apa,  tidak ada pengakuan. Dalam hal ini kita juga melihat persoalan kesesuaian antara fenomena (realitas) dengan informasi yang disampaikan.

Jadi , apa yang disebut dengan jujur adalah sebuahsikap yang selalu berupaya menyesuaikan atau mencocokan  antara  Informasi dengan fenomena. Makanya JUJUR itu bernilai tak terhingga. Dan berani JUJUR itu HEBAT!!! Dan saya rasa sekian ,, Terimakasih atas kesempatan yang diberikan , mohon maaf jika ada salah kata. Selamat Siang dan sampai jumpa dilain waktu.


  • 21. Contoh Pidato Tentang Hari Guru

Contoh-Pidato-Tentang-Hari-Guru

Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semua.

Kepada ibu kepala sekolah yang saya hormati, ibu guru yang saya hormati, tak lupa juga kepada teman-teman kelas VI yang saya cintai.

Pertama, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita kepada kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Yang telah memberikan nikmatnya berupa kesehatan sehingga pada kesempatan kali ini kita bisa berkumpul disini dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional.

Bapak/Ibu Guru juga teman-teman yang saya cintai.

Entah kata apa yang harus saya ungkapkan untuk memberikan penghargaan bagi guru-guru saya yang telah membuat diri ini menjadi orang yang seperti ini, perjuangan ibu/bapak guru yang penuh dengan kesederhanaan dan pengorbanan. Perjuangan yang tanpa disadari sesungguhnya memberikan inspirasi bagi kami sebagai anak didiknya. Memberikan contoh teladan sebagai seorang pahlawan bagi bangsa dan negara ini, pahlawan tanpa tanda jasa. Andai saja seluruh anak negeri menyadari ini semua, mencontoh sifat kepahlawanan dari seorang guru maka niscaya dapat dibayangkan betapa indahnya masa depan Indonesia.

Bapak/Ibu Guru juga teman-teman yang saya cintai.

Guru adalah pahlawan yang selalu dinaungi kesabaran dan ketabahan. Sabar dan tabah dalam membina anak didiknya. Guru adalah pahlawan yang selalu dinaungi keikhlasan dan pengorbanan. Sehingga ia pun rela mempertaruhkan hidupnya hingga pelosok negeri. Karena keikhlasannya, hingga tak terpikirkan oleh nya untuk menghitung berapa ilmu yang telah ia bagikan. Guru adalah pahlawan yang tak pernah lepas dari rasa cinta dan kasih sayang. Menyemangati anak didiknya untuk berani mengukir mimpi dalam jejak perjalanannya.

Bapak/Ibu Guru juga teman-teman yang saya cintai.

Berkat pengabdian Bapak dan Ibu guru yang telah dicurahkan kepada kami, kami dapat mencapai hasil yang baik.  Dengan bimbingan Bapak dan Ibu guru seolah-olah kami merasa berada di bawah pengawasan dan asuhan orang tua kandung sendiri.  Hal ini tidak lain karena antara kami dan Bapak, Ibu guru telah menjalin ikatan yang erat.  Saya mewakili dari teman-teman mengucapkan “Selamat Hari Guru”.

Kami hanya dapat berdoa, semoga Bapak dan Ibu guru yang kami cintai selalu berada dalam lindungan dan rahmat-Nya dan di limpahi Kesehatan, kesejahteraan, kebahagian, dan kesabaran dalam mendidik kami.

Mungkin cukup sekian yang dapat saya sampaikan, semoga lain kali kita bisa berjumpa lagi. Mohon maaf jika ada salah kata atau kata-kata yang kurang berkenan. Saya ucapkan terima kasih dan selamat pagi.


  • 22. Contoh Pidato Tentang Motivasi Diri

Contoh-Pidato-Tentang-Motivasi-Diri

Kita Harus Mandiri

Assalamualaikum wr.wb

Yang terhormat Ibu Lilis Sumirat dan teman-teman yang saya banggakan.

Puja dan puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan ridho-Nya sehingga kita semua diberi kesempatan untuk berkumpul disini, dan pada hari ini saya akan menyampaikan pidato mengenai motivasi diri.

Teman-teman yang saya cintai. Kita tahu bahwa masa muda adalah masa yang sangat labil. Mudah dipengaruhi oleh banyak factor baik positif maupun negative. Biasanya factor negativelah yang lebih cepat diserap dan tentunya akan berakibat buruk terhadap kehidupan dimasa yang akan datang. Untuk itu sudah seharusnya kita sebagai generasi penerus bisa memilah mana yang terbaik untuk hidup kita.

Bisa kita lihat diberbagai media, baik media cetak maupun elektronik, juga didalam kehidupan sehari-hari. Tingkah laku mereka sangat tidak terpuji. Mereka ada yang hamil diluar nikah, ikut geng motor, bolos sekolah, ada yang jadi pecandu narkoba dan lain sebagainya. Sehingga generasi kita tercoreng oleh tingkah generasi muda yang tidak bertanggung jawab.

Teman-teman yang saya banggakan. Kita sebagai generasi muda yang masih diberi kesadaran sudah seharusnya saling mengingatkan akan bahaya-bahaya pergaulan bebas diatas. Jangan sampai kita jadi korban namun kita sendiri tidak merasa bahwa kita jadi korban.

Bukan saatnya lagi kita tidak punya pendirian. Kita harus punya prinsip dalam hidup, kita harus mandiri dan mampu membawa diri sehingga bukan kita yang menjadi korban jaman ataupun lingkungan melainkan kita mampu membawa perubahan bagi masyarakat. Sudah saatnya kita bangkit dan tunjukan bahwa kita mampu. Kita pastikan bahwa kita bukan generasi muda yang hanya bisa menjadi beban orangtua saja. Kita harus menyadari hidup yang hanya sekali ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya jangan sampai kita menyesal dimasa tua.

Ada beberapa langkah sederhana yang bisa lakukan mulai dari sekarang, diantaranya :

  1. Pertama, kita harus rajin belajar dan tunjukan kepada orangtua bahwa kita mampu meraih nilai yang terbaik.
  2. Kedua,  usahakan agar kita tidak terpengaruh oleh teman-teman yang senangnya membolos karena suatu saat mereka akan merasakan sendiri akibatnya.
  3. Ketiga, cari teman dan tempat bergaul yang positif baik disekolah maupun diluar sekolah. Pergaulan kita akan membentuk karakter kita secara perlahan.

Sebagai pelajar barangkali ketiga langkah sederhana ini bisa kita praktekan mulai dari sekarang. Kita yang menentukan sendiri nasib kita dimasa depan. Olehkarena itu saya berpesan kepada teman-teman semua marilah kita memanfaatkan masa muda ini sebaik-baiknya agar masa depan kita cerah.

Demikian yang bisa saya sampaikan. Kurang lebihnya saya mohon maaf jika ada salah kata.

Wassalamuaikum wr.wb.


  • 23. Contoh Pidato Tentang Pengaruh Kemajuan Teknologi Bagi Remaja

Contoh-Pidato-Tentang-Pengaruh-Kemajuan-Teknologi-Bagi-Remaja

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Bapak/Ibu guru yang saya hormati, serta teman-teman yang saya banggakan. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang senantiasa memberikan rahmatnya kepada kita semua, sehingga kita dapat berkumpul dengan keadaan sehat pada pagi hari ini.

Hadirin yang saya banggakan. Kita ketahui bahwa dewasa ini perkembangan teknologi sangatlah pesat. Apalagi perkembangan teknologi di bidang informasi dan komunikasi. Sebagai contoh, internet, internet telah menjadi sumber informasi yang banyak diminati oleh masyarakat umum. Bahkan kini internet telah merambah hingga ke pelosok negeri. Internet juga dapat menjadi media pendukung pembelajaran apabila dimanfaatkan dengan baik.

Selain itu mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya gadget. Dan bahkan gadget telah digunakan oleh hampir semua kalangan di dunia ini. Dari yang tua hingga yang muda, dari pejabat hingga pelajar, dari plosok hingga kota, mereka sudah tidak asing lagi dengan gadget,bahkan mungkin sebagian besar dari mereka memilikinya.

Untuk kali ini saya akan membahas pengaruh kemajuan teknologi bagi remaja. Remaja yang dalam hal ini pelajar, pasti merasa sangat memerlukan informasi dari berbagai sumber. Salah satunya internet. Apalagi dengan adanya kemajuan teknologi informasi, kini guru mulai memberikan tugas-tugas yang dapat dikerjakan  dengan bantuan internet, atau guru juga dapat memberikan tugas yang harus dikumpulkan dalam ketikan rapi. Terkadang ada juga guru yang menyuruh anak didiknya untuk mengumpulkan tugasnya melalui email. Ini termasuk dampak positif dari adanya kemajuan teknologi. Selain itu ada juga dampak positif lainnya. Misalnya menurut artikel yang saya baca, dampak positif lainnya yaitu;. Remaja dapat belajar beradaptasi, bersosialisasi dengan publik dan memperluas pertemanan berkat situs jejaring social meskipun sebagian besar diantara mereka tidak pernah bertemu secara langsung dengan orang yang mereka kenal di situs jejaring sosial tersebut. Gadget juga mempermudah kita untuk menyelesaikan tugas-tugas secara cepat, dan dapat digunakan sebagai media berbisnis secara online. Dan kita bisa mengikuti perkembangan zaman dalam era globalisasi ini, sehigga kita tidak menjadi gaptek ( gagap teknologi). Dan masih banyak lagi.

Namun dibalik dampak positif pasti ada dampak negatifnya. Maka dari itu menurut informasi yang saya dapatkan dari berbagai sumber beberapa dampak negatif dari kemajuan teknologi ini, yaitu, gadget dapat menyebabkan unsocial condition, dimana seorang remaja tidak mau bermain bersama teman maupun lingkungan sekitarnya. Remaja dapat mengurung diri karena asik dengan segala aplikasi permainan di dalamnya, remaja juga susah untuk berkreatif serta menjadi malas belajar dan berkomunikasi di dunia nyata. Serta masih ada banyak dampak negatif lainnya.

Jadi kesimpulannya walaupun kemajuan teknologi sangat bermanfaat bagi kita, namun apabila disalah gunakan, atau penggunaannya berlebihan juga dapat menimbulkan hal negatif. Jadi gunakan dan manfaatkanlah kemajuan teknologi ini dengan bijak dan sebaik-baiknya.

Demikian pidato dari saya,semoga bermanfaat bagi kita semua,dan apabila ada kesalahan dan kekurangan saya mohon maaf. Terima kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


  • 24. Contoh Pidato Tentang Pemanasan Global

Contoh-Pidato-Tentang-Pemanasan-Global

Bismillahirrahmanirrahim,
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Salam sejahtera bagi kita semua,

Yang saya hormati, Kepala Sekolah SMUN 70
Yang saya muliakan, Guru-guru dan Pengurus SMUN 70
Yang saya sayangi, teman-teman semua.

Pada kesempatan yang membahagiakan dan insya Allah penuh berkah ini, marilah kita bersama-sama memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah SWT, atas perkenan rahmat dan rido-Nya, kita masih diberi semangat, kekuatan dan kesehatan untuk menghadiri pertemuan kita hari ini.

Teman-teman dan guru-guru yang saya sayangi,

Saya mendapat kehormatan pada hari ini, untuk ikut menyumbangkan pikiran, pendapat dan gagasan saya sebagai bagian dari dialog global warming smun 70.

Pada kesempatan yang baik ini, saya mengajak seluruh teman-teman dan guru untuk sejenak memikirkan dan mempedulikan keadaan bumi pertiwi kita yang saat ini sedang dilanda masalah.

Teman-teman dan guru-guru yang saya sayangi,

Global warming bukanlah hal yang baru lagi. Hal tersebut sudah menjadi topik-topik pembicaraan dan konflik di khalayak umum. Namun hanya segelintir manusia yang benar-benar sadar dan peduli akan akibat pemanasan global ini. Pemanasan global dapat menyebabkan tenggelamnya pulau-pulau, perubahan iklim secara ekstrim, perubahan sikulasi populasi laut dan perubahan pola penyakit.

Namun hal tersebut bisa kita hindari. Penyebab utama pemanasan global adalah manusia, maka manusia pasti bisa menghentikannya. Dengan cara menghemat energi dan melestarikan pohon adalah salah satu caranya. Kita bisa memulai hal ini dengan menghemat penggunaan kertas dan plastik.

Oleh karena itu, demi keselamatan kita bersama marilah kita mulai turut berpartisipasi dalam gerakan-gerakan global warming ataupun mulai dari diri kita sendiri.

Teman-teman dan guru-guru yang saya sayangi,

Saya sangat mengharapkan pidato ini daat menggugah teman-teman untuk selalu menjaga alam yang kita gunakan bersama-sama ini.Semoga keturunan-keturunan kita di masa depan masih dapat menikmati bumi kita ini.

Atas segala pengertian dan dukungan teman-teman dan guru-guru saya ucapkan terima kasih. Semoga Allah SWT melimpahkan rahmat-Nya kepada kita semua. Mari kita jaga dan rawat bumi ini sebaik-baiknya.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.


  • 25. Contoh Pidato Melestarikan Kebudayaan

Contoh-Pidato-Melestarikan-Kebudayaan

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Selamat Pagi Bapak Ibu dan teman-teman sekalian. Puji dan syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas terselenggaranya acara pada hari ini dengan baik. saya juga megucapkan terima kasih atas waktu dan kesempatan yang telah di persilahkan Dalam pidato ini saya hendak menyampaikan mengenai pentingnya kreativitas dalam melestarikan kebudayaan kita.

Sebagaimana kita ketahui, kebudayaan Indonesia terbentang dari Sabang sampai Marauke. Memiliki puluhan warisan kebudayaan yang kaya akan seni. Banyak bangsa yang kagum dan ingin mengklaim budaya Indonesia sebagai budaya bangsa mereka.

Oleh karena hal itu maka kita sebagai generasi muda sangatlah baik jika kita menyadari bahwa kebudayaan adalah harta yang tidak tergantikan. Kebudayaan tidak dapat diciptakan dengan mudah , apalagi dengan waktu yang singkat. Memang telah banyak upaya untuk melestarikan kebudayaan kita, namun upaya tersebut belum maksimum.

Salah satu kebudayaan Maluku Utara yaitu yaitu tarian cakalele merupakan salah satu hasil budaya yang telah masuk dalam rekor Muri, Tarian soya-soya mulai mendapat sorotan dari generasi muda. dimana semua pihak di ajak untuk melestarikan tarian tersebut. Hal ini sangatlah baik bagi generasi muda dan kelangsungan budaya tarian itu sendiri. Kreativitas tarian akan berkembang dengan sendirinya dengan banyaknya peminat.

Selain tarian soya-soya masih terdapat juga tarian tradisional  lain yang tidak kalah indah seperti cakalele, dana-dana, togal dan tarian legu. Sudah saatnya kita sebagai generasi muda mengolah hasil budaya tersebut tanpa menghilangkan orisinalitasnya. Jadikanlah ta serian soya-soya bagai salah satu ikon tarian yang keren dan menarik bagi generasi muda.

Menurut pendapat saya seni tari daerah harus diperkenalkan di kalangan pelajar dan mahasiswa sehingga menjadi ajang kontes yang tidak kalah menarik dengan kompetisi pemandu sorak. Padukanlah tarian daerah dengan tarian modern, seperti salah satu konsep tarian dalam salah satu acara terpopuler di Indonesia. Hilangkanlah konotasi bahwa tarian daerah tidak gaul. Berkreasilah, jadikanlah tarian daerah asli Maluku utara sebagai salah satu subjek tarian yang di minati.

Selain kreativitas, faktor promosi juga berperan penting. Promosikanlah Seni BudayaMaluku utara dengan ide-ide yang menarik dan unik. Dengan demikian Seni Budaya Maluku utara mendapat pengakuan internasional dan tidak mudah untuk di duplikasi. Janganlah pernah bosan dalam berkreasi, lestarikanlah kebudayaan Indonesia hususnya Maluku utara, hidupkanlah jati diri anda sebagai generasi muda Maluku Utara.

Sekian pidato dari saya.Leih dan kurangnya saya ucapka Terima kasih atas perhatiannya.

Wabillahi taufik walhidayah Wassalamualaikum wr, wb.


Demikianlah pembahasan mengenai 25 Contoh Pidato Persuasif, Perpisahan, Lingkungan, Kebersihan, Disiplin, Islami, Kesehatan dan Pendidikan semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂


Baca Juga Artikel Lainnya:

  1. 14 Contoh Karangan Narasi
  2. Teks Cerita Inspirasi
  3. 22 Contoh Paragraf Narasi
  4. Contoh Teks Deskripsi
  5. Presentasi Adalah
  6. Pengertian Wacana
Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Butuhkan