20 Contoh Teks Eksposisi Beserta Strukturnya [LENGKAP]

20 Contoh Teks Eksposisi Beserta Strukturnya [LENGKAP]

20 Contoh Teks Eksposisi Beserta Strukturnya [LENGKAP] – Untuk pembahasan kali ini kami akan memberikan ulasan mengenai Contoh Teks Eksposisi yang dimana dalam hal ini meliputi contoh beserta strukturnya [lengkap], nah agar lebih dapat memahami dan mengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

20 Contoh Teks Eksposisi Beserta Strukturnya [LENGKAP]

Contoh Teks Eksposisi

Berikut ini terdapat beberapa contoh teks eksposisi, antara lain:


1. Contoh Teks Eksposisi Tentang Umum

Kemacetan dan Masa Depan Kota

Tesis :

Transportasi didefinisikan oleh para ahli sebagai kebutuhan turunan dari berbagai kegiatan ekonomi maupun sosial (lihat misalnya Morlock, 1985). Tipe kegiatan sosial ekonomi yang berbeda akan memiliki dampak kegiatan transportasi yang berbeda pula.


Argumentasi :

Kegiatan transportasi harian relatif menimbulkan pergerakan yang bersifat berulang, misalnya yang terjadi pada para pekerja dan mereka yang menempuh pendidikan di sekolah. Di Yogyakarta, kota kita tercinta ini, kemacetan terjadi setiap hari pada titik-titik yang menjadi jalur pergerakan para pekerja dan siswa dari tempat tinggal menuju lokasi kerja dan sekolah.

Baca Juga Artikel Terkait Tentang Materi: Pengertian Teks Eksposisi Beserta Jenis, Ciri, Struktur Beserta Contohnya Lengkap


Kemacetan yang berulang pada jangka lebih panjang cenderung terjadi pada musim liburan maupun lebaran. Pada tahap kedatangan dan kepulangan, kemacetan parah akan terjadi pada jalan-jalan arah luar kota (misalnya Jalan Magelang, Jalan Solo, Jalan Palagan dan Jalan Wates). Pada rentang di antara masa tersebut, kemacetan dapat dirasakan di pusat kota sebagai lokasi menginap dan tujuan wisata (seperti Malioboro, Prawirotaman), serta jalan-jalan menuju objek wisata, seperti Jalan Parangtritis.


Pengegasan Ulang :

Kemacetan harian yang dominan ditimbulkan oleh aktivitas masyarakat dalam lingkup internal. Kemacetan yang berulang setiap hari merupakan ekses dari pola tempat tinggal, bekerja dan bersekolah.Upaya mendekatkan lokasi tempat tinggal dengan lokasi kegiatan merupakan salah satu solusi yang dapat dilakukan.Bentuknya dapat berupa pemberian insentif tempat tinggal berupa rumah susun sewa maupun milik yang cukup nyaman untuk beraktivitas.Selama ini sepertinya belum ada upaya pengaturan pola berkegiatan yang sistematis.


WTO Globalisasi

Tesis :

Peran dan Manfaat WTO Globalisasi memberikan dampak berupa perubahan pada pasar internasional, salah satunya adalah liberalisasi perdagangan, yang dipandang sebagai suatu upaya untuk meningkatkan daya saing ekonomi.


Argumentasi :

Indonesia yang menganut perekonomian terbuka sangat sulit untuk mengelak dari dinamika ekonomi internasional yang semakin mengglobal ini. Konsekuensinya, pasar domestik Indonesia tidak terlepas dari gejolak pasar dunia yang semakin liberal, karena kebijakan unilateral dan ratifikasi kerjasama perdagangan internasional (regional dan global) yang harus dilakukan Indonesia.World Trade Organization (WTO) atau Organisasi Perdagangan Dunia merupakan satu-satunya badan internasional yang secara khusus mengatur masalah perdagangan antar negara.

Pengegasan Ulang :

Sistem perdagangan multilateral WTO diatur melalui suatu persetujuan yang berisi aturan-aturan dasar perdagangan internasional sebagai hasil perundingan yang telah ditandatangani oleh negara-negara anggota.


2. Contoh Teks Eksposisi Tentang Ekonomi

2.1 Ekonomi Indonesia

Tesis :

Ekonomi rakyat adalah “kegiatan ekonomi rakyat banyak” . Jika dikaitkan dengan kegiatan pertanian, maka yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi rakyat adalah kegiatan ekonomi petani atau peternak atau nelayan kecil, petani gurem, petani tanpa tanah, nelayan tanpa perahu, dan sejenisnya; dan bukan perkebunan atau peternak besar atau MNC pertanian, dan sejenisnya.


Argumentasi

Perspektif lain dari ekonomi rakyat dapat pula dilihat dengan menggunakan perspektif jargon: “ekonomi dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat”.


“Dari rakyat”, berarti kegiatan ekonomi itu berkaitan dengan penguasaan rakyat dan aksesibilitas rakyat terhadap sumberdaya ekonomi. Rakyat menguasai dan memiliki hak atas sumberdaya untuk mendukung kegiatan produktif dan konsumtifnya.

Baca Juga Artikel Terkait Tentang Materi: Teks Editorial : Pengertian, 14 Contohnya, Isi Dan Strukturnya


“Oleh rakyat”, berarti proses produksi dan konsumsi dilakukan dan diputuskan oleh rakyat. Rakyat memiliki hak atas pengelolaan proses produktif dan konsumtif tersebut. Berkaitan dengan sumberdaya (produktif dan konsumtif), rakyat memiliki alternatif untuk memilih dan menentukan sistem pemanfaatan, seperti berapa banyak jumlah yang harus dimanfaatkan, siapa yang memanfaatkan, bagaimana proses pemanfaatannya, bagaimana menjaga kelestarian bagi proses pemanfaatan berikutnya, dan sebagainya.


“Untuk rakyat”, berarti rakyat banyak merupakan ‘beneficiaries utama dari setiap kegiatan produksi dan konsumsi. Rakyat menerima manfaat, dan indikator kemantaatan paling utama adalah kepentingan rakyat.


Penegasan Ulang :

Dalam hal ini perlu pula dikemukakan bahwa ekonomi rakyat dapat berkaitan “dengan siapa saja”, dalam arti kegiatan transaksi dapat dilakukan juga dengan “non-ekonomi-rakyat”. Juga tidak ada pembatasan mengenai besaran, jenis produk, sifat usaha, permodalan, dan sebagainya.Ekonomi rakyat tidak eksklusif tetapi inklusif dan terbuka. Walaupun demikian, sifat fundamental diatas telah pula menciptakan suatu sistem ekonomi yang terdiri dari pelaku ekonomi, mekanisme transaksi, norma dan kesepakatan (“rule of the game”) yang khas, yang umumnya telah memfasilitasi ekonomi rakyat untuk survive dan berkembang sejalan dengan perkembangan sosial ekonomi masyarakatnya.


2.2 Manfaat Bursa Efek

Pada umumnya terdapat peranan besar atas pasar modal yang meliputi dua hal yaitu pertama, menjadi tempat pertemuan untuk dapat memperoleh informasi mengenai keadaan pasar efek. Kedua, menjadi tempat pertemuan dan alat untuk dapat mengetahui seperti apa situasi pinjaman jangka panjang seperti Obligasi dan saham.


Dengan adanya peningkatan pada volume transaksi dan semakin banyaknya perusahaan yang aktif pada lantai bursa telah mengindikasikan bahwa akan semakin membaiknya perekonomian nasional, yang berarti bahwa keadaan ini bisa terjadi disebabkan perusahaan mempunyai kesempatan yang lebih luas lagi dalam mengembangkan investasi yang akhirnya akan dapat menggugah adanya peningkatan produksi.


Semakin meningkatnya kemampuan beli masyarakat, berarti terdapat peningkatan produksi yang pada gilirannya akan dapat menciptakan sebuah lapangan kerja dan secara sekaligus terjadi pemerataan ekonomi kerakyatan, serta dapat meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi, keadaan ini adalah sebuah konsekuensi logis dari sehatnya aktivitas ekonomi yang ada didalam masyarakat.


2.3 Liberalisasi Migas

Sesudah sektor hulu migas telah berhasil di liberalisasi maka pada sumber migas sebagian besar akan dikuasai oleh pihak Asing, sekarang pada sektor hilir pun akan dibuka untuk pihak asing.


Ini dengan jelas diungkapkan oleh Menteri ESDM Kabinet Indonesia Bersatu jilid I yaitu purnomo Yusgiantoro, yang dimana pada tahun 2010 harga BBM yang murni akan dikembalikan pada mekanisme persaingan usaha yang wajar dan sehat.


Pada proses kenaikan harga BBM sekarang ini bahkan telah melebihi harga internasional. Dengan demikian, liberalisasi sudah terjadi dan SPBU asing akhirnya mulai dalam meraup untung karena mereka senang bersaing dengan SPBU pertamina.


3. Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

Pendidikan adalah senjata paling ampuh, karena dengann pendidikan mampu mengubah dunia. Sebenarnya, apa itu pendidikan? Pendidikan adalah sebuah sarana dimana kita dapat mempelajari banyak hal yang bermanfaat.Pendidikan yang ada di negara kita sendiri, Indonesia, tergolong lumayan baik. Pemerintah telah mengeluarkan dana untuk merenovasi dan membangun gedung sekolah, dan menggratiskan untuk biaya pendidikan. Apa yang mesti disadari oleh pelajar adalah adanya keinginan belajar dan berprestasi.


Dengan tekad bisa membangun semangat yang ada dalam diri pelajar, haruslah para pelajar segera menyadari bahwa pemerintah sudah membantu mereka secara tak langsung dengan membantuu pendidikan Indonesia.Pelajar mesti memberikann yang terbaik untuk bangsa dan negara karena pendidikann yang sudah ditopangg oleh pemerintah. Dengan begitu, pasti derajat Indonesia akan lebih diakui dikancah dunia.


Selain itu, Indonesia jugaa akan banyakk didatangi oleh investor asing, sehingga mampu meningkatkan perekonomiann dalam negeri. Namun, pendidikann kadang dicemari karena ulah para oknum yang tidak bertanggungjawab, mencoreng dunia pendidikan Indonesiaa. Itu juga mesti diberantas. Bagaimana caranya? Dengan mendatanggkan guru yangg berkualitas dan sosialisasi kepada para murid, diharapkann dapat menekan angkaa ulah oknum tidak bertanggung jawab ini.


Sering kita lihat di koran atau televisi, adanya tingkat kekerasan disekolah dan bullying (penganiayaan) terhadap sesama teman sejawat. Itu juaa perlu dihindari demi kemajuan pendidikan Indonesia.


4. Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

Siri Merah merupakan salah satu jenis tanaman yang sering dijadikan obat tradisional oleh masyarakat. Tanaman ini juga dapat dibudidayakan oleh masyarakat, guna sebagai persediaan tanaman obat-obatan (Tesis).


Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa tanaman sering dijadikan obat Diabetes, Maag, Kanker, dan juga obat untuk mengatas ketombe. Selain itu ada pula yang memanfaatkan tanaman ini sebagai obat menyembuhkan keputihan pada area kewanitaan.

Baca Juga Artikel Terkait Tentang Materi: “Teks Deskripsi” Pengertian & ( Tujuan – Ciri – Struktur – Jenis – Contoh )


Masyarakat menggunakan Sirih Merah dengan cara mengambil daunnya, kemudian diolah melalui perebusan. Kemampuan Sirih Merah ini sebagai tanaman obat, dikarenakan senyawa aktif yang ada di dalamnya.


Seperti Polivenol, Minyak Atsiri, Euganol, dan sebagainya (Argumentasi). Dengan demikian dapat dipahami bahwa Sirih Merah mampu digunakan untuk menyembuhkan beberapa penyakit secara tradisional (Penegasan Kembali).


5. Contoh Teks Eksposisi Tentang Pengetahuan Alam

Sedna, Planet yang kesepuluh ditata Surya?

Benda langit yang telah ditemukan pada beberapa waktu lalu mungkin merupakan planet yang kesepuluh dalam tata surya kita. Para ilmuwan tengah mempertimbangkan untuk memberikan nama benda langit tersebut dengan nama yaitu Sedna. Ukuran batu yang berlapis es ini tetap belum diketahui secara pasti akan tetapi terdapat dugaan ia sedikit lebih besar dibanding pluto.


Pada perhitungan awal telah diduga pada benda langit tersebut memiliki jarak sekitar 7,5 milliar sampai 10 milliar kilometer dari Bumi, pada wilayah antraksi juga telah dikenal sebagai Sabu Kuiper atau Kuiper Belt (read: KB).


Kuiper Belt atau KB memiliki ratusan objek dan kebanyakan anggota KB merupakan terdiri atas beberapa batu yang berlapis es yang berukuran kecil, akan tetapi ada beberapa diantaranya sama dengan Sedna bisa berukuran sebesar atau bahkan lebih besar dibandingkan dengan Pluto.


Pentingnya Sedna sehingga mulai diusulkan menjadi sebuah Planet disebabkan ia merupakan benda langit yang mempunyai orbit yang normal. Objek yang sejenis dengannya yaitu seperti Varuna dan Quaoar yang juga termasuk pada jajaran KB, tapi telah diketahui bahwa keduanya tidak mempunyai orbit norma dan seringkali berpindah.


Nah, untuk dapat menentukan apakah orbit Sedna itu benar-benar stabis, maka para astronom yang ada di observatorium Tenagra yang ada di Arizona sudah dimintai untuk dapat meneliti jalur Sedna. Alhasil nantinya akan dapat digunakan dalam menentukan apakah benda langit tersebut dapat digolongkan menjadi sebuah planet.


6. Contoh Teks Eksposisi Tentang Politik

Media Massa Jadi Setan Bisu

Hampir disetiap media massa tak ada yang bisa mengkritisi argumentasi terhadap kenaikan harga BBM yang dilakukan oleh pemerintah. Entah, memang karena para media massa tidak memahami atau sudah terkooptasi oleh kehadiran kepentingan penguasa, mereka akhirnya mengikut saja atas kemauan pemerintah.


Malahan terdapat beberapa media yang justru menjadi corong kebohongan dari pemerintah. Media-media ini telah menampilkan para pakar yang selama ini berada di belakang para penguasa. Juga para pakar ekonomi yang telah dikenal dalam berhaluan liberal dan sudah menjadi bagian dari para mafia Berkeley.


Bahka mereka tak sedikitpun memberikan ruang kepada orang-orang yang telah mengkritisi setiap kebijakan pemerintah yang dapat memberatkan rakyat. Kwik Kian Gie sebagai salah satu contoh bahwa dia telah mengaku sudah di blacklis oleh para media besar karena telah berani mengkritik pemerintah dari setiap kebijakan dalam perekonomiannya.


Untunglah masih ada satu saluran televisi yang masih ingin menerima saya. Mungkin saja karena televisi tersebut punyanya KMP ” katanya berseloroh.


7. Contoh Teks Eksposisi Lingkungan

Pencemaran

Pernyataan Pendapat (Tesis):

Lingkungan yang bersih adalah satu diantara prasyarat untuk mendukung kehidupan yang sehat, baik sehat dengan rohani ataupun jasmani. Kebersihan lingkungan harusnya adalah hal yang serius serta mesti diaplikasikan dengan benar-benar, tetapi sayangnya banyak yang belum juga punya kebiasaan untuk hidup bersih serta sehat dengan melindungi kebersihan lingkungan hingga pencemaran lingkungan masih tetap berlangsung di mana-mana.


Argumentasi:

Paling tidak ada empat type pencemaran lingkungan yang begitu mengganggu kenyamanan, yaitu pencemaran tanah, pencemaran air, pencemaran udara, serta pencemaran nada.


  1. Pencemaran Tanah

Pencemaran tanah biasanya berlangsung karna banyak yang buang sampah serta limbah asal-asalan.


Akan tetapi, ada hal-hal lain yang mengakibatkan terjadinya pencemaran tanah, yaitu pemakaian pupuk kimia dengan terus-terusan yang beresiko pada ketidakstabilan susunan tanah. Imbasnya, tanah tidak cuma juga akan jadi tandus serta gersang, tetapi juga riskan erosi dan longsor.


Disamping itu, pada masalah pembuangan sampah yg tidak harusnya juga akan buat lingkungan jadi kotor serta tidak enak untuk diliat. Bukan sekedar itu, sampah yang menumpuk atau berantakan dimana-mana akan mengundang beragam type binatang pembawa penyakit misalnya tikus, kecoa serta lalat.


Satu diantara type sampah yang begitu beresiko untuk tanah yaitu sampah plastik karna plastik begitu susah terurai serta dapat tersimpan sepanjang bertahun-tahun di tanah berbentuk utuh, walau sebenarnya dalam sehari di semua dunia lebih dari 1 ton plastik selesai jadi sampah.


Harusnya sampah plastik ini tidak dibuang demikian saja, tetapi dibuat kembali supaya jadi product daur ulang atau jadi sumber daya alternatif. Walau sampah plastik ini dibuang ditempat sampah pada tiap-tiap tempat tinggal, tetapi sampah-sampah plastik ini selanjutnya juga akan menumpuk ditempat pembuangan sampah.


Telah dapat di pastikan tanah yang jadikan tempat pembuangan sampah sesaat atau akhir juga akan jadi tanah dengan kwalitas yang jelek. Dalam kurun saat yang lama, jumlah sampah ini akan tidak menyusut tetapi malah juga akan makin bertambah hingga diperlukan lahan pembuangan sampah yang lebih luas sekali lagi. Hal semacam ini sudah pasti mengerikan karna sampah plastik ini nanti juga akan jadi ancaman untuk kehidupan di masa depan.


  1. Pencemaran Air

Seperti pencemaran tanah, pencemaran air disebabkan dari kebiasaa jelek manusia buang sampah asal-asalan ; sungai adalah satu diantara ruang untuk buang sampah. Sampah-sampah yang dibuang di sungai beberapa besar juga akan terbawa arus serta juga akan menumpuk di hulu sungai atau ruang penyaringan serta bendungan, sesaat beberapa yang lain juga akan mengendap di basic sungai atau terdampar di pingir sungai.


Type sampah yang begitu beresiko untuk sungai yaitu sampah plastik serta limbah dari pabrik-pabrik yang mengalirkan limbahnya ke sungai. Diluar itu ada juga yang namanya limbah kimia yang dibuat oleh pabrik spesifik.


Apabila limbah kimia ini tidak dibuat terlebih dulu sampai netral, jadi bila limbah ini dibuang di sungai atau di sumur limbah, bahan kimia itu juga akan mencemari air di selama sungai atau daerah dekat sumur-sumur limbah itu.


Di kota besar yang padat masyarakat seperti Jakarta umpamanya, tumpukan sampah di sungai adalah ancaman serius yang senantiasa menyebabkan problem setiap saat musim hujan datang.


Sampah yang menumpuk di sungai juga akan menyumbat aliran sungai serta mengakibatkan air meluap sampai ke pemukiman serta menggenang dalam kurun saat spesifik. Di daerah beda di Jawa Barat umpamanya, beberapa waktu terakhir di gemparkan dengan terjadinya sekian kali banjir bandang di banyak wilayah yang mengakibatkan beberapa rusaknya serius. Pastinya banjir ini dikarenakan oleh sampah yang menyumbat aliran sungai.


  1. Pencemaran Udara

Pencemaran udara paling banyak dikarenakan oleh asap kendaraan bermotor serta asap industri pabrik. Sekarang ini jumlah kendaraan bermotor makin bertambah serta terus-terusan bertambah bersamaan dengan perkembangan jumlah masyarakat. Pasti jumlah polusi dari sisa pembakaran di mesin juga akan bertambah di udara.


Pencemaran udara ini saat ini sudah jadi ancaman global yang mengakibatkan penambahan suhu bumi atau pemanasan global. Pastinya pemanasan global ini juga akan meneror semua kehidupan makhluk hidup di bumi karna pemanasan global tidak cuma juga akan mencairkan semua susunan es di kutub utara serta kutub selatan tetapi akan mengakibatkan terjadinya perubahan iklim.


Perubahan iklim ini pasti akan begitu punya pengaruh di beberapa bagian terlebih di bagian pertanian serta peternakan. Diluar itu, pencemaran udara ini telah terang juga akan mengganggu kesehatan.


Tentunya radikal bebas yang mencemari udara juga akan turut terhirup masuk dalam badan. Pada batas spesifik, tumpukan radikal bebas didalam badan ini juga akan menyebabkan penyakit serius misalnya kanker.


  1. Pencemaran Suara

Pencemaran nada walau dapat disebut jadi pencemaran kelompok enteng tetapi begitu mengganggu ketenangan. Pencemaran nada adalah timbulnya beragam nada bising dari beragam sumber seperti nada mesin, klakson, serta beda sebagainya yang hasilkan nada bising serta tidak menentramkan.

Baca Juga Artikel Terkait Tentang Materi: “Alenia” Pengertian & ( Unsur – Struktur – Syarat – Macam )


Pernyataan Ulang Pendapat:

Bertambahnya jumlah masyarakat mempunyai konsekwensi menambahnya jumlah pencemaran lingkungan apabila hal semacam ini tidak jadi kesadaran kita bersama. Lingkungan adalah masa depan dengan yang sama perlunya dengan kebutuhan pribadi. Lingkungan yang rusak kronis juga akan mengakibatkan sulitnya bertahan hidup, demikian sebaliknya, lingkungan bersih memudahkan kehidupan manusia.


8. Contoh Teks Eksposisi Hukum

Hukum Di Indonesia

Tesis :

Semestinya hukum di Indonesia seperti yang telah diputuskan pada Undang-undang sudah dengan tegas mengambil keputusan hukuman untuk tiap-tiap aktor tindak kriminil. Walau demikian, kenyataannya seringkali seringkali terealisasikan ketidakadilan hukum yang dapat merugikan banyak pihak. Hukum bisa saja mungkin tegas, namun beralih sekejab jadi tumpul ketika dikerjakan pada beberapa koruptor, tersebut yang berlangsung waktu saat ini.


Argumentasi :

Tidak termasuk juga rahasia umum sekali lagi saat beberapa koruptor di Indonesia memperoleh vonis hukuman yang levelnya termasuk tidak berat, serta nyatanya ada juga koruptor yang terima beragam tunjangan sarana mewah walau telah dinilai mengakibatkan kerugian pada negara.


Seringkali kita melihat berita mengenai seseorang pencopet, maling serta penjambret dikeroyok massa hingga wafat. namun, belum juga sempat kita merasakan berita beberapa koruptor di Indonesia dihajar masa sampai betul-betul tewas.


Penegasan Ulang :

Dapat disebutkan kalau hukum di Indonesia jadi tegas saat ditempatkan rakyat kecil. umpamanya problem masalah yang terlebih dulu dihadapi Nenek Asyani. Kasusnya walau sebenarnya sebatas dikarenakan dituduh mengambil kayu, pada akhirnya ia jadi terdakwa dengan masa hukuman dalam kurun 5 th. Penjara. Selalu jelas betul-betul ironi serta tidak bijak, ditambah sekali lagi disamakan dengan hukuman yang juga akan diperoleh oleh beberapa koruptor.


9. Contoh Teks Eksposisi Tentang Internet

Kelebihan dan Kerugian Internet

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Internet adalah sistem komunikasi yang seluruh jaringannya saling terhubung, dimana saat ini menjadi viral komunikasi yang digunakan dalam bidang pendidikan, ekonomi, dan sosial.

Argumentasi:

Dari segi pendidikan seorang pelajar dapat dengan mudah mencari informasi atau bahan untuk mengembangkan ilmu mereka. Tetapi, banyak di antara para pelajar yang menjiplak hasil karya orang lain, lalu mengatakan bahwa itu adalah hasil karyanya.

Dari segi ekonomi seorang pebisnis rumahan akan berjualan secara online tanpa harus mengambil sebuah tempat/kios untuk berjualan. Hanya saja penjualan lewat online biasanya marak dengan penipuan toko online palsu dan kejahatan pada transaksi kartu kredit.

Dari segi sosial seseorang akan mudah berkomunikasi dengan keluarga, teman, atau bahkan orang yang tidak dikenal sekalipun dengan jarak yang jauh melalui media sosial seperti facebook. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa seseorang akan kehilangan sifat sosialnya karena terus berkomunikasi di media sosial dan melupakan orang-orang yang nyata.

Penegasan Ulang Pendapat:

Jelaslah bahwa disamping internet itu bermanfaat dibidang pendidikan, ekonomi, dan sosial. Internet juga sangat merugikan. Bahkan kerugian yang disebabkab internet lebih dominan dibanding dengan kelebihannya. Disini, kita sebagai netizen harus lebih bijak dalam menggunakan internet.

10. Contoh Teks Eksposisi Tentang Definisi

Definisi “Teks Eskposis”

Secara terminologi, teks eksposisi adalah merupakan sebuah teks yang bersifat mengajak dan berisi sejumlah informasi yang ditulis secara ringkas dan jelas. Biasanya teks ini membahas sebuah topik yang menarik untuk dibaca.


Sehingga apa bila membaca teks tersebut, maka seseorang mampu memperoleh sebuah informasi berharga. Misalnya contoh paragraf eksposisi tentang keadaan pendidikan di Indonesia saat ini.


11. Contoh Teks Eksposisi Tentang Ilustrasi

“Kebijakan pemerintah seringkali menyusahkan rakyat di kalangan menengah kebawah. seperti, kenaikan harga BBM sangat membuat rakyat merasa gelisah.


Kenaikan harga BBm akan membuat harga jasa dan barang menjadi naik, keadaan seperti ini akan menuntut rakyat untuk memutar otak agar dapat memenuhi kebutuhan”.


12. Contoh Teks Eksposisi Tentang Berita

Kelangkaan gas elpiji ukuran 3 kilogram di Sukoharjo sejak beberapa hari terakhir meresahkan masyarakat. Pantauan di sejumlah pedagang di Sukoharjo didapati tumpukan gas elpiji 3 kilogram dalam keadaan kosong. Mereka mengaku belum mendapatkan kiriman sejak dua hingga tiga hari yang lalu.


“Stok kosong, semua ada 15 tabung belum dapat kiriman dari pangkalan. Akibatnya tidak bisa memenuhi kebutuhan pelanggan,” ujar Agus Gunawan salah satu pedagang gas elpiji asal Sukoharjo Kota, Kamis (18/09/2014).


13. Contoh Teks Eksposisi Tentang Proses

Manfaat wortel untuk wajah di antaranya bisa digunakan sebagai masker yang berfungsi untuk mencerahkan kulit wajah, tidak banyak yang tahu. Cara membuat masker ini dengan memblender atau memarut sampai lembut.


Tuangkan parutan wortel dalam cawan dan tambahkan madu 1 sendok makan dan aduk hingga merata. Sebelum mengoleskan pada wajah, sebaiknya bilas wajah terlebih dahulu dan oleskan merata ke seluruh permukaan wajah 15 hingga 30 menit.


Setelah itu, bilas wajah dengan air yang hangat, lalu bilas dengan air dingin. Lakukan perawatan wajah ini rutin agar mendapatkan manfaat wortel secara optimal yakni mencerahkan wajah sekaligus mengurangi flek dan kerutan.


14. Contoh Teks Eksposisi Tentang Analisis

Berbagai teori dikemukakan untuk mencari latar belakang kematian Merilyn Monroe. Ada yang berpendapat dia diancam oleh mafia. Seorang detektif memperkirakan, Merilyn pernah berhubungan dengan J.F. Kennedy. Dia dibunuh untuk menutupi kejadian yang dapat merusak nama baik tokoh penting AS tersebut. …


15. Contoh Teks Eksposisi Tentang Klasifikasi

Sistem penamaan jenis-jenis kritik sastra bervariasi, bergantung pada pendekatan yang digunakan. Pendekatan moral menekankan pertalian karya sastra dengan wawasan moral dan agama.


Pendekatan historis, bekerja atas dasar lingkungan karya sastra berkaitan dengan fakta-fakta dari zaman dan hidup pengarang.


Pendekatan impresionistik, yang menjadi ciri khas aliran sastra romantik, menekankan efek personil karya sastra pada kritikusnya.


16. Contoh Teks Eksposisi Tentang Perbandingan

Olahraga Jogging merupakan salah satu jenis olahraga murah, aman, dan bisa dilakukan di mana saja. Jogging dapat dilakukan di lingkungan sekitar rumah, taman, pantai ataupun pegunungan dan memiliki banyak manfaat.


Berbeda dengan olahraga diving, tak hanya mahal tetapi olahraga ini hanya dapat dilakukan  di laut. Selain membutuhkan peralatan yang cukup lengkap, diving juga olahraga yang cukup berisiko.


17. Contoh Teks Eksposisi Tentang Pertentangan

Masyarakat di daerah perkotaan terbiasa dengan kehidupan yang serba modern. Alat komunikasi, transportasi, dan teknologi informasi yang canggih menyebabkan mereka cenderung malas dan kurang bersosialisasi.


Sebaliknya, masyarakat pedesaan terpencil terbiasa dengan kehidupan yang sederhana. Mereka menggunakan peralatan, transportasi, dan teknologi yang masih tradisional. Namun, keterbatasan tersebut tidak menghalangi mereka untuk bersosialisasi antarmasyarakat.


Demikianlah pembahasan mengenai 20 Contoh Teks Eksposisi Beserta Strukturnya [LENGKAP] semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Send this to a friend