Dial-Up adalah

Diposting pada

Dial-Up – Pengertian, Fungsi, Perangkat, Cara, Kelebihan & Kekurangan – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Dial-Up yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, fungsi, perangkat, cara, kelebihan dan kekurangan, nah agar lebih dapat memahami dan dimengerti simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Dial-Up

Pengertian Dial-up

Dial-up adalah suatu jenis koneksi antara komputer dengan menggunakan saluran telepon tetap ataupun bergerak. Atau definisi dial-up yang lainnya yakni merupakan sebuah istilah untuk menghubungkan komputer ke internet dengan menggunakan slauran telepon.


Sedangkan syarat yang utama untuk melakukan koneksi dial-up harus ada modem. Modem merupakan perangkat keras yang dapat mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog atau dapat juga sebaliknya.


Sedangkan yang dimaksud dengan dial-up networking ialah suatu perangkat protokol dan juga perangkat lunak “software” yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke ISP “Internet Service Provider”. Apakah itu ISP? singkatan ISP merupakan penyedia layanan supaya kita dapat mengakses atau terhubung ke jaringan internet.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : ISP adalah


Dial-up networking merupakan salah satu jenis koneksi antara komputer dengan jaringan internet yang sering digunakan. Sekitar akhir tahun 2000-an lebih dari satu per empat milyar pengguna komputer melakukan koneksi dial-up ke jaringan internet. Dapat disimpulkan ini merupakan 4 kali lebih banyak, jika dibandingkan dengan metode lainnya, misalnya seperti modem kabel, IDSN dsb.


Adapun beberapa hal yang perlu diketahui mengenai dial-up networking, yang diantaranya sebagai berikut ini:

  1. Pada dial-up networking menggunakan modem sebagai interfacenya untuk menghubungkan komputer dengan jaringan internet.
  2. Dengan cara melakukan dial-up modem pada saat ini termasuk salah satu cara yang murah dalam mengakses jaringan internet dan yang paling banyak digunakan, tapi kelemahannya yakni kecepatan yang rata-rata lambat jadi jika mengakses website yang mempunyai konten yang besar membutuhkan waktu yang lumayan lama.
  3. Bisanya dial-up networking melakukan komunikasi dengan ISP menggunakan standar point-to-poit protokol saat mengakses jaringan internet.
  4. Dan kecepatan maksimal saat men-download file ataupun data dalam dial-up networking ini sangat terbatas, hal ini terletak pada badwith sistem telepon dan kualias salurannya.

Fungsi Dial-Up pada Jaringan

Fungsi Dial-up adalah untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet dengan menggunakan saluran telepon. Dial-up sangat sangat mudah untuk digunakan dan lebih praktis, kita bisa menggunakannya dimana saja asalkan telepon yang digunakan dapat terkoneksi dengan internet.


Perangkat Yang Digunakan Pada Koneksi Dial-Up

Tentunya dalam melakukan koneksi Dial-up membutuhkan berbagai macam perangkat, baik itu hardware dan software yang diantaranya seperti dibawah ini:

  • Dari segi hardware dianteranya seperti PC atau komputer, saluran telepon dan modem.
  • Sedangkan dari segi software biasanya pada bagian perangkat ini sudah disediakan oleh ISP.
  • Dan username dan kata sandi untuk melakukan login “jika memang ada” biasanya sudah disediakan oleh pihak ISP tempat berlangganan serta hanya kata sandi saja yang dapat diganti, tujuannya untuk masalah keamanan.

Dalam melakukan koneksi Dial-up komputer melalui perangkat modem akan melakukan pemanggilan telepon ke penyedia jasa internet atau ISP lalu akan terhubung dan komputer-pun dapat mengakses jaringan internet. Selanjutnya jika ingin mengakhiri koneksi dapat dilakukan dengan cara memutuskan hubungan telepon atau disconnect.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Modem adalah


Kelebihan dan Kekurangan Dial-Up

Berikut ini terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan dial-up, terdiri atas:


1. Kelebihan Dial-Up

  1. Koneksi Internet lebih mudah digunakan.
  2. Hampir smua PC dan Laptop sudah terpasang modem Dial-Up.
  3. Penggunaan koneksi dengan modem Dial-Up lebih murah karena koneksinya hanya bersifat sesaat.

2. Kekurangan Dial-Up

  • Kecepatan aksesnya hanya berkisar 12 sampai 20 Kbps.
  • Apabila modem Dial-Up digunakan bersamaan dengan telepon rumah sedangkan modem dial up terkoneksi dengan telepon rumah dalam keadaan sibuk, maka internet akan terputus secara otomatis.

Cara Menyambungkan Internet Menggunakan Dial-Up

Jika anda ingin melakukan dial up connection, anda membutuhkan perangkat-perangkat sebagai berikut :
  1. Perangkat keras atau hardware (Laptop/komputer, modem dan saluran telepon).
  2. Perangkat Lunak (Software), pada umumnya dial up sudah disediakan oleh ISP yang kita gunakan.
  3. Username (login) dan Password, juga disediakan oleh isp yang kita gunakan, login tidak dapat diganti sedangkan password dapat kita ganti secara berkala untuk menjaga keamanan.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : VPN adalah


Setelah kita menyediakan hardware yang kita butuhkan, maka hal yang harus kita lakukan adalah :
  • Berlangganan ke salah satu ISP (Speedy, Indosat, Telkomsel)
  • Memasang modem ke komputer atau laptop kita
  • Menginstall software internet yang disediakan oleh ISP
  • Menghubungkan diri (dial-up) ke ISP

Adapun langkah-langkah untuk membuat dial up secara manual menggunakan windows 7, dan cara ini pernah saya coba dan work. Berikut langkah-langkahnya :
  • Pertama buka Control Panel, lalu pilihNetwork and Internet lalu pilih View Network Status and Task.
  • Setelah itu pilih set up a new connection or network.

set up a new connection or network

  • Lalu sobat pilih set up a dial-up connection.Setelah itu sobat akan masuk ke halaman Informasi Internet Service Provider (ISP).

set up a dial-up connection

  • Lalu masukan dial-up phone number, username, password dan connection name-nya. Jika ingin koneksi internet sobat dapat digunakan oleh pengguna lain centang allow other people to use this connection. Dikarenakan saya menggunakan provider dari indosat, maka isi dial-up phone numberdengan *99# user dan passwordnyaindosatgprs. Jika koneksi sobat ingin dapat digunakan oleh yang lain, centang Allow other people to use this connection.

dial-up phone number

  • Setelah semuanya diisi, Lalu klik connect. Tunggu hingga selesai untuk register komputer ke jaringan ISP.

register komputer ke jaringan ISP

  • Setelah register selesai maka akan muncul tulisan You are connected to the Internet dan sobat sudah bisa menjelajah dunia internet dengan klik Browse the internet now, atau klik close untuk keluar.

You are connected to the Internet

  • Nah langkah-langkah untuk membuat dial-up connection sudah selesai, sekarang bisa sobat lihat dial up yang sudah dibuat dengan cara klik network pada ujung bawah kanan komputer, maka akan terlihat seperti gambar dibawah. Jika sobat melakukan langkah tadi dengan benar, maka dial-up connection yang tadi dibuat, sudah terlihat dan tertulis Connected.
Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : HUB adalah

  • Jika ingin memutuskan koneksi internet, cukup sobat klik dial-up yang sudah dibuat tadi setelah itu klik disconnect, Maka secara otomatis koneksi jaringan akan terputus. Dan sebaliknya jika sobat ingin menghubungkan lagi koneksinya, cukup klik dial-up yang sudah dibuat tadi dan klik Connect. Nah perlu sobat ketahui juga, biasanya cara ini juga digunakan para peselancar dunia maya yang biasa menggunakan SSH agar koneksinya berjalan dengan baik.

koneksi dial-up

  • Selesai

Demikianlah pembahasan mengenai Dial-Up – Pengertian, Fungsi, Perangkat, Cara, Kelebihan & Kekurangan semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂