Faktor Penyebab Terjadinya Globalisasi

Diposting pada

18 Faktor Pendorong dan Penghambat Globalisasi & Penjelasan – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Globalisasi yang dimana dalam hal ini meliputi faktor pendorong dan penghambat, untuk lebih memahami dan mengerti simak ulasan dibawah ini.

Faktor-Pendorong-dan-Penghambat-Globalisasi

Globalisasi adalah suatu fenomena khusus dalam peradaban manusia yang bergerak terus  dalam masyarakat global dan merupakan bagian dari proses manusia global itu. Kehadiran teknologi informasi dan teknologi komunikasi mempercepat akselerasi proses globalisasi ini.


Globalisasi menyentuh seluruh aspek penting kehidupan. Globalisasi menciptakan berbagai tantangan dan permasalahan baru yang harus dijawab, dipecahkan dalam upaya memanfaatkan globalisasi untuk kepentingan kehidupan.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Globalisasi Adalah


Faktor Pendorong Globalisasi

Berikut ini terdapat beberapa faktor pendorong terjadinya globalisasi, terdiri atas:


1. Faktor Eksternal


  1. Kemajuan Dalam Bidang Pengetahuan Dan Teknologi

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak bisa dipungkiri lagi yang merupakan salah satu faktor yang dapat mendorong terjadinya globalisasi. Kita tahu bahwasanya dalam beberapa dekade belakangan ini terjadi perkembangan pesat dalam hal berkomunikasi sehingga seseorang akan dengan mudahnya berkomunikasi atau berhubungan dengan orang lain walaupun dengan jaraknya terbilang cukup jauh.


  1. Kemajuan Dalam Bidang Transportasi

Dengan seiringnya perkembangan dalam sistem transportasi dunia ini yang hal ini yang membuat terjadinya globalisasi yang semakain terasa. Dahulu dari satu tempat ke tempata yang lainnya membutuhkan waktu yang cukup lama dalam perjalanan hal ini karena dahulu hanya menggunakan kendaraan yang berupa hewan sebagai alat transportasinya seperti kuda, onta, keleadi dan sebagainya. Namun pada sekarang ini sudah banyak jenis kendaraan yang cukup cepat dalam perjalanan seperti pesawat terbang dan kereta api super cepat.


  1. Sistem Perekonomian Negara-Negara Yang Terbuka

Hal ini tentunya kita semua sudah mengetahui bahwa sistem ekonomi yang dianut negara-negara saat ini mayoritas ialah sisteem ekonomi terbuka sehingga negara yang satu mengadakan kerja sama dengan negara yang lain dalam berbagai bidang seperti saja ekonomi. Kerja sama seperti ekspor-impor dan perdagangan bebas merupakan salah satu dari sekian banyak hal yang dapat mendorong globalisasi.


  1. Hadirnya Perdagangan Bebas

Hadirnya perdagangan bebas merupakan hal yang dapat meenguatkan terjadinya globalisasi didunia ini. Tentunya fenomena yang demikian bisa terjadi karena mayoritas negara-negara yang ada saat ini menerapkan sisteem ekonomi yang terbuka dimana setipa negara dapat bekerja sama dengan negara yang lainnya. Dan tentunya indonesia pun melakukan hal ini dengan negara lainnya.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli


  1. Sistem Keuangan Internasional Yang Liberal

Bahwa salah satu dari sekian banyak faktor yang dapat mendorong terjadinya globalisasi didunia ini ialah liberalisasi sistem keuangan global. Hampir setiap negara bahkan mungkin setiap negara memiliki ketergantungan dengan sistem keuangan global yang ada yang salah satunya indonesia yang membutuhkan dana atau modal investasi dari lembaga keuangan dunia atau negara lain.


  1. Kemudahan Dalam Migrasi

Pada saat ini semakin banyak orang yang bermigarasi atau berpindah dari satu negara ke negara yang lain dengan memiliki berbagai macam alasan atau tujuan misalnya seperti untuk bekerja, menuntut ilmu, wisata dan masih banyak macam keperluan lainnya. Dengan demikian ini yang membuat orang-orang yang ada dalam satu daerah sudah terbiasa dengan orang-orang pendatang yang adatang dari daerah lainnya misalnya ke Bali dengan turis-turis internasionalnya.


  1. Kerjasama Atau Hubungan Antar Negara

Salah satu faktor yang terbilang tidak kalah pentingnya yang membuat terjadinya globalisasi ialah kerja sama atau hubungan antar negara yang satu dengan negara yang lainnya. Contohnya saja indonesia yang bekerjasama dengan negara-negara lain baik itu hubungan bilateral, multilateral maupun internasiona. Tentunya globalisasi semakin memudahkan suatu negara bekerjasama dengan negara lain.


2. Faktor Internal


  • Ketergantungan sebuah negara terhadap negara lain

Negara yang berkembang sangat membutuhkan barang-barang dan jasa dari negara negara maju untuk membangun negerinya. Demikian pula negara-negara maju perlu menjalin hubungan komunikasi dengan negara-negara lain guna mengekspor produk atau barang-barangnya.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : “Globalisasi Terhadap Nasionalisme” Pengaruh & ( Membuka Peluang )


  • Kebebasan pers atau media

Pers merupakan penghubung antara sebuah negara dengan masyarakatnya ataupun antara negara dengan negara lain.


  • Berkembangnya cara berpikir dan semakin majunya pendidikan masyarakat

Mayarakat yang semakin haus informasi akan menjadikannya semakin berpikir kritis terhadap berbagai informasi dan perkembangan dunia.


  • Munculnya berbagai lembaga politik

Untuk memudahkan jalannya kelembagaan di bidang politik.


Faktor Penghambat Globalisasi

Berikut ini terdapat beberapa faktor penghambat terjadinya globalisasi, terdiri atas:


  1. Ketergantungan pada pemerintah

Masyarakat harus memiliki sikap yang percaya diri dalam memecahkan masalah sehari-hari. Sikap tergantung pada pemerintah  merupakan cerminan sikap yang pesimis. Kondisi ini sangat menghambat bagi kemajuan masyarakat atau suatu bangsa.


  1. Perkembangan ilmu pengetahuan yang lambat

Terlambatnya ilmu pengetahuan dapat diakibatkan karena suatu masyarakat tersebut hidup dalam keterasingan dan dapat pula karena ditindas oleh masyarakat lain.


  1. Sikap masyarakat yang tradisional

Adanya suatu sikap yang membanggakan dan memperthankan tradisi-tradisi lama dari suatu masyarakat akan berpengaruh pada terjadinya proses perubahan.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Globalisasi Dalam Bidang Budaya Beserta Contohnya


  1. Kurangnya hubungan dengan masyarakat lain

Hal ini biasanya terjadi dalam suatu masyarakat yang kehidupannya terasing, yang membawa akibat suatu masyarakat tidak akan mengetahui terjadinya perkembangan-perkembangan yang ada pada masyarakat yang lainnya.


  1. Adanya prasangka buruk terhadap hal-hal baru

Anggapan seperti inibiasanya terjadi pada masyarakat yang pernah mengalami hal yang pahit dari suatu masyarakat yang lain.


  1. Adat atau kebiasaan

Biasanya pola perilaku yang sudah menjadi adat bagi suatu masyarakat akan selalu dipatuhi dan dijalankan dengan baik. Dan apabila pola perilaku yang sudah menjadi adat tersebut sudah tidak dapat digunakan lagi, maka akan sulit untuk merubahnya karena masyarakat tersebut akan mempertahankan adat yang dianggapnya telah membawa sesuatu yang baik bagi pendahulu-pendahulunya.


  1. Sikap apatis dan tertutup

Sikap apatis atau tidak peduli pada sesuatu tidak akan membawa kita pada kemajuan, tetapi hanya menjauhkan bangsa dari kemajuan yang terjadi di dunia.


Pentingnya Globalisasi Bagi Indonesia

Dalam bidang ekonomi, era globalisasi ini memberikan dampak yang begitu luar biasa bagi Indonesia. Indonesia bisa mengekspor produk-produk ke luar negeri untuk dijadikan devisa negara dan mengimpor produk-produk luar negeri untuk keperluan didalam negeri. Globalisasi juga bisa memperlancar arus modal investasi yang masuk kedalam negeri yang digunakan untuk pembangunan negara.


Pada sisi lainnya globalisasi memungkinkan perusahaa-perusahaan Indonesia menjalin kerjasama dengan perusahaan-perusahaan asing guna memperluas pasar dan tentunya ini berita baik terutama untuk peningkata PDB Indonesia. Selain itu globalisasi juga diharapkan bisa meningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia agar semakin cerdas, terampil, dan memiliki daya saing ditingkat global.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Globalisasi Di Bidang Politik – Pengertian, Dampak, Pengaruh Dan Contohnya


Selain itu globalisasi juga memiliki peranan yang sangat penting bagi Indonesia misalnya saja dalam bidang sosial. Kita seringkali mendengar atau melihat didalam media berita bahwa bantuan-bantuan sosial seringkali datang ke Indonesia dari luar negeri baik yang bentuknya hibau maupun tidak. Keadaan-keadaan ini umumnya terjadi pada saat Indonesia tertimpa bencana seperti Tsunami 2014.


juga melibatkan bidang lainnya seperti budaya. Globalisasi memudahkan para pelajar Indonesia untuk mendapatkan ilmu pengetahuan melalui teknologi. Selain itu banyak juga pelajar Indonesia yang menuntut ilmu diluar negeri seperti di Amerika Serikat, Eropa, dan Timur Tengah. Dan Indonesia juga sering menggelar pementasan budaya diluar negeri.


Dalam bidang teknologi juga globalisasi memberikan dampak yang besar bagi Indonesia. Saat ini banyak sekali perusahaan-perusahaan di Indonesia yang menggunakan teknologi tinggi dari transfer knowledge perusahaan-perusahaan terkemuka luar negeri. Ketahuilah bahwa teknologi yang digunakan diberbagai bidang di Indonesia tidak kalah hebat dengan teknologi yang ada di luar sana.


Teknologi semakin lama semakin memudahkan manusia termasuk orang-orang Indonesia. Saat ini sangat mudah sekali orang-orang untuk berkomunikasi walaupun dipisahkan dengan jarak yang jauh. Saat ini kita mengenai smartphone, tablet, internet, video calling, dan lain  sebagainya. Begitu juga dengan teknologi transportasi yang semakin lama semakin mempermudah manusia dalam mobilitas.


Demikianlah pembahasan mengenai 18 Faktor Pendorong dan Penghambat Globalisasi & Penjelasan yang sudah seharusnya kamu tahu, tentunya globalisasi tidak mungkin dapat terjadi dengan secara tiba-tiba pastinya ada hal-hal yang membuat globalisasi itu ( bergerak ) dari waktu ke waktunya dan terlihat semakin cepat. Semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atau kunjungannya. 🙂

Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Butuhkan