Hewan Herbivora

Diposting pada

Herbivora

Hewan Herbivora – Pengertian, Ciri, Contoh, Gambar & PenjelasanDosenPendidikan.Com – Herbivora adalah jenis hewan pemakan tumbuhan, hewan ini tentunya bukanlah hewan yang berbahaya. Umumnya hewan ini hidup di daerah tropis yang terdapat tumbuh–tumbuhan hijau, dan dari tumbuhan – tumbuhan itulah yang menjadi sumber makanan kehidupan mereka. Hewan Herbivora ini biasanya merupakan hewan yang akrab ditelinga kita yang dagingnya dapat kita makan, seperti ; Sapi, Kambing, Kerbau,Kuda dan lain‐lain.

Herbivora


Tumbuhan dapat ditemukan di setiap habitat, dan sering datang dalam berbagai bentuk, ukuran, dan warna. Karena kelimpahan mereka, tumbuhan adalah sumber pangan yang paling mudah tersedia di bumi. Mungkin saja tumbahan hanya salah satu bagian dari menu makan harian Anda sebagai manusia, tumbuhan adalah satu-satunya makanan yang dikonsumsi sebagian hewan. Hewan yang memiliki pola makan yang seluruhnya terdiri dari tumbuhan dikenal sebagai herbivora.


Meskipun semua herbivora hanya memakan tumbuhan, pola makan spesies herbivora sangat berbeda berbeda antara satu dengan yang lainnya. Beberapa herbivora yang selektif hanya mengkonsumsi bagian dari tumbuhan seperti buah, daun, nektar, biji, getah, akar, atau kulit. Herbivora lainnya kurang selektif dan mengkonsumsi beberapa komponen tanaman. Herbivora secara umum dikenal meliputi: rusa, kelinci, sapi, domba, kambing, gajah, jerapah, kuda, dan panda.


Baca Juga : Hewan Melata


Hewan Herbivora

Hewan herbivora adalah jenis hewan yang memakan tumbuh-tumbuhan. Mereka selalu mencari makan di sekitar lingkungan yang mereka tinggali. Bisa kalian ketahui hewan ini berbeda dengan hewan karnivora. Hewan herbivora ini tidak memiliki gigi taring atau gigi yang runcing. Sedangkan hewan karnivora memilikinya gunanya untuk merobek dan mengoyak daging mangsanya. Hewan jenis ini tersebar di seluruh penjuru dunia.

Hewan ini memiliki habitat kebanyakan di daerah daratan karena sumber makananya berada di daratan. Jenis hewan ini sering di pelihara manusia untuk di pelihara dan tidak buas seperti hewan karnivora.


Ciri-Ciri Hewan Herbivora

Ciri-ciri dari hewan jenis ini adalah pemakan tumbuhan. Adapun ciri-cirinya hewan yang memakan daging dan juga tumbuhan. Tetapi tunggu dulu kita akan membahasnya di artikel yang akan datang ya. Cara mengetahui hewan itu jenis pemakan tumbuhan atau bukan berikut ciri-cirinya :


  1. Hewan jenis ini melahirkan anaknya dengan cara beranak.
  2. Hewan ini berdarah panas.
  3. Hewan herbivora berkaki 4.
  4. Hewan pemakan tumbuhan tergolong hewan mamalia.
  5. Kebanyakan hewan ini hidup didaratan.
  6. Memiliki gigi geraham yang lebar

Jenis Hewan Herbivora

Jenis Hewan Herbivora

Jenis hewan yang berada pada kelompok “Herbivora” yaitu jenis hewan yang memiliki ciri-ciri sebagai pemakan tumbuh-tumbuhan (kayu/batang, daun, biji, kulit, akar, serabut, ampas). Termasuk dalam jenis ini diantaranya :


Baca Juga : Mitosis Adalah


  1. Kambing
  2. Sapi
  3. Kuda
  4. Domba
  5. Kerbau
  6. Banteng
  7. Keledai
  8. Gajah
  9. Jerapah
  10. Zebra
  11. Rusa
  12. Kijang
  13. Gazel
  14. Karibu
  15. Badak
  16. Wildebeest
  17. Unta
  18. Kelinci
  19. Tapir
  20. Koala
  21. Anoa
  22. Kangguru
  23. Babi Hutan
  24. Kuda Nil
  25. Moose
  26. Bison
  27. Llama
  28. Alpaka
  29. Baboon
  30. Terwelu
  31. Kambing Gunung
  32. Beaver
  33. Pika
  34. Iguana
  35. Kadal Ekor Berduri
  36. Salamander
  37. Bengkarung
  38. Platipus
  39. Burung Kakak Tua
  40. Berudu
  41. Ulat
  42. Kupu-Kupu
  43. Belalang
  44. Wereng
  45. Ngengat
  46. Jangkrik Semak
  47. Kura-Kura Darat
  48. Siput
  49. Duyung
  50. Lembu Laut

Adaptasi Fisik Herbivora

Herbivora telah mengembangkan beberapa adaptasi fisik yang lebih baik sehingga memungkinkan mereka untuk bertahan hidup dan berkembang sebagai pemakan tumbuhan. Salah satu adaptasi fisik utama adalah desain yang unik dari kepala herbivora, termasuk mata, telinga, dan gigi.


Sebagian besar herbivora memiliki mata yang terletak di sisi kepala mereka. Adaptasi ini memungkinkan herbivora memiliki bidang yang lebih luas dalam melihat. Karena penempatan mata mereka, hewan ini dapat melihat hampir semua jalan di sekitar tubuh mereka tanpa menggerakkan kepalanya. Mengapa hewan-hewan ini ingin memiliki sebuah bidang luas disekelilingnya? Banyak herbivora adalah mangsa untuk karnivora (hewan pemakan daging) dan adaptasi visual mereka memungkinkan mereka untuk melihat predator sebelum diserang, dan mudah-mudahan lolos tanpa cedera.


Karena peran mereka dalam rantai makanan (urutan siapa yang makan dan dimakan dalam lingkungan), herbivora juga telah mengembangkan telinga yang dirancang dengan baik untuk menghindari predasi. Banyak telinga herbivora berukuran besar, yang akan meningkatkan volume suara yang mereka dengar dan memungkinkan herbivora untuk mendengar volume suara volume yang rendah dari predator saat mendekat. Dengan mata di sisi kepala mereka dan telinga besar, herbivora dapat meningkatkan kesempatan mereka untuk menghindari predasi dan bertahan untuk merumput di hari lain.


Gigi herbivora juga dirancang khusus untuk pola makan tumbuhan. Meskipun semua karnivora memiliki gigi seri dan gigi taring untuk merobek dan memotong, hanya beberapa herbivora saja, seperti kelinci dan berang-berang, memiliki gigi tersebut. Herbivora yang memiliki jenis gigi graham yang dibutuhkan untuk makan tanaman keras dan pohon-pohon dan tida perlu gigi tajam untuk membantu mereka memotong tumbuhan.


Kebanyakan herbivora tidak memiliki gigi seri dan gigi taring karena mereka menggunakan bibir mereka untuk merobek bahan tanaman sebagai gantinya. Rata-rata mulut herbivora dipenuhi gigi geraham yang datar dan bulat. Gigi ini dirancang untuk menggiling bahan tanaman menjadi potongan kecil sehingga herbivora dapat lebih mudah mencerna bahan yang mereka konsumsi. Herbivora adalah hewan yang menarik karena mereka telah mengembangkan berbagai adaptasi untuk bertahan hidup dan berkembang. Adaptasi herbivora berkisar dari ukuran telinga mereka, bakteri yang hidup dalam usus mereka serta bagaimana mereka berinteraksi satu sama lain.


Baca Juga : Persebaran Fauna Indonesia


Beberapa herbivora telah mengembangkan sistem pencernaan yang unik untuk memproses sejumlah besar bahan tanaman sebelum ditelan. Beberapa spesies hewan, seperti sapi dan pemakan daun atau monyet, memiliki bakteri dalam perut mereka yang membantu mencerna bahan tanaman. Bakteri pemecah bahan tanaman menjadi produk yang lebih mudah dicerna bagi herbivora. Tanpa bakteri, herbivora tidak akan mampu secara efektif memecah bahan tanaman dan tidak akan mendapatkan energi apapun dari makanan yang mereka konsumsi.


Adaptasi Perilaku Herbivora

Selain adaptasi fisik, beberapa herbivora juga telah mengembangkan adaptasi perilaku untuk meningkatkan kelangsungan hidup mereka. Yang paling mencolok perbedaan antara perilaku karnivora dan herbivora adalah kehidupan sosial mereka. Karnivora cenderung untuk melakukan perjalanan dan berburu sendirian, sementara banyak spesies herbivora melakukan perjalanan dan makan dalam kelompok. Perilaku sosial ini meningkatkan kelangsungan hidup karena setiap anggota kelompok dapat melihat punggung satu sama lain dan dapat saling melindungi dari predator.


Contoh Hewan Herbivora

  • Sapi

Sapi

Hewan ini sama halnya seperti kambing, di indonesia banyak orang yang berternak sapi. Dengan tujuan yang sama yaitu bisa dimanfaatkan daging, susu, dan kulitnya. Hewan ini memiliki banyak sekali manfaat bagi manusia dari kotoranya yang bisa dibuat pupuk kompos sampai dagingnya.


Pada jaman dahulu sapi bukan hanya dimanfaatkan untuk diambil susu dan dagingnya. Melainkan digunakan untuk alat pembajak sawah dan menarik barang. Makan utama dari hewan yang satu ini adalah rumput. Hewan ini tergolong hewan herbivora denganmemakan tumput dan juga tumbuhan.


Ternyata sapi sama halnya dengan kambing memiliki jenis yang tersebari di seluruh dunia. Berikut adalah jenis-jenis sapi & asal negaranya. Sapi Limousin dari prancis, sapi brahman dari Amerika Serika, sapi simetal berasal dari Australia. Masih banyak lagi jenis sapi yang sekarang berada di negara Indonesia.


Baca Juga : Hewan Mamalia


  • Kelinci

Kelinci

Pada jaman sekarang banyak orang yang menjual hewan pemakan tumbuhan ini. Dijadikan sebagai hewan peliharaan di rumah, kelinci termasuk golongan hewan mamalia. Kelinci terbagi menjadi 2 jenis yang berbeda. Kelinci jenis pertama adalah yang hidup di alam liar sedangkan yang kedua kelinci peliharaan. Makanan utama dari hewan yang satu ini adlah buah wortel. Bisa juga banyam, sawi asal masih sejenis tumbuhan dan buah-buahan.


  • Panda

Panda

Binatang pemakan tumbuhan ini banyak di temukan di wilayah Cina Barat-Tengah. Mereka adalah hewan yang suka memakan bambu yang masih berusia muda. Perburuan liar yang lagi-lagi menjadi alasan salah satu hewan yang satu ini manjadi langka. Hewan ini hidup secara berkelompok dan tinggal satu wilayah. Panda Raksasa sudah ditetapkan menjadi spesies yang terancam kepunahanya.


  • Rusa

Rusa

Kalian pasti sudah pernah melihat hewan yang satu ini. Binatang ini berasal dari negara Australia dan Antartika. Hewan ini termsauk jenis golongan spesies cerviade, makanan utamanya adalah rumput & gulma. Rusa sendiri memiliki banyak spesies yang tersebar diseluruh penjuru dunia. Ada beberapa dari spesies hewan pemakan tumbuhan ini yang terancam punah. Karena adanya perburuan liar di berbagai hutan.


Baca Juga : Sumber Daya Alam Hayati


  • Kambing

Kambing

Contoh hewan herbivora yang pertama adalah kambing. Kambing (Capra aegagrus sp.) merupakan hewan memamah biak berukuran sedang yang banyak diternakan sebagai sumber daging, susu, dan kulit. Hewan ini diperkirakan berasal dari daratan Eropa ini mempunyai ciri-ciri antara lain mempunyai janggut, ekor ke atas, berambut lurus, dahinya cembung dan mempunyai sepasang tanduk. Tanduk kambing jantan umumnya lebih besar dibandingkan yang betina. Gigi kambing lebih banyak yang berbentuk geraham, menyesuaikan dengan makanannya yang berupa rerumputan.


  • Gajah

Gajah

Persebaran dari binatang gajah tersebar di seluruh wilayah Afrika sub-Sahara, Asia Selatan dan juga di Asia Tenggara. Jika membahas mengenai ciri-ciri khusus dari gajah, yang paling mencolok seperti belalai yang bisa digunakan untuk banyak hal contohnya dalam bernapas, menghisap air serta mengambil benda.


  • Kuda

Kuda

Kuda (Equus caballus) adalah contoh hewan herbivora yang telah lama dibudidayakan manusia untuk diambil daging dan kulitnya. Kuda juga menjadi alat transportasi dan pengangkutan pada masa silam. Diperkirakan hewan yang makanannya berupa rerumputan dan dedaunan ini diperkirakan telah diternakan manusia semenjak 6500 tahun lalu.


Baca Juga : Makalah Kingdom Animalia


  • Anoa

Anoa

Semenjak tahun 1920-an, hewan yang satu ini termasuk ke dalam status hewan yang terancam punah. Diperkirakan, pada saat ini hanya terdapat populasi kecil saja, yakni kurang dari 5000 ekor yang masih bertahan hidup.


  • Badak

Badak

Badak termasuk ke dalam hewan herbivora karena makanannya seperti dedaunan, buah-buahan, rumput dan lain sebagainya. Walaupun badak ini adalah hewan yang termasuk ke dalam kelompok hewan herbivora, akan tetapi perlu diwaspadai juga karena badak menjadi hewan yang cukup berbahaya. Biasanya, yang menjadi incaran orang-orang akan badak ini adalah culanya karena jika cula sudah berhasil didapatkan, bisa dijual dengan harga yang sangat tinggi.


  • Ulat

Ulat

Ulat bisa dengan mudah kita temukan di daun daun tumbuhan. Jadi tidak salah jika hewan ini masuk kedalam contoh hewan herbivora.


  • Tapir

Tapir

Tapir (Tapirus bairdii) adalah hewan herbivora yang hidup dalam habitat ekosistem hutan hujan tropis. Ciri khas hewan ini dapat dilihat dari bentuk tubuhnya yang seperti babi, telinganya mirip badak, dan mulutnya seperti mulut trenggiling. Tapir termasuk hewan langka. Keberadaan jumlahnya di alam liar sudah sangat terbatas.


  • Jerapah

Jerapah

Jerapah (Giraffa camelopardalis) adalah contoh hewan herbivora berkuku genap yang merupakan hewan endemik Afrika. Jerapah adalah spesies hewan tertinggi yang hidup di darat. Tinggi jantan bisa mencapai 5,5 meter dengan berat mencapai 1,3 ton. Leher jerapah sangat panjang menyesuaikan makanannya yang berupa daun-daunan dari pohon-pohon besar.


Demikian penjelasan artikel diatas tentang Hewan Herbivora – Pengertian, Ciri, Contoh, Gambar & Penjelasan semoga dapat bermanfaat bagi pembaca setia Lahan.Co.Id

Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Butuhkan