Hotspot adalah

Diposting pada

Hotspot adalah – Pengertian, Fungsi, Hardware, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Hotspot yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, fungsi, hardware, cara kerja, kelebihan dan kekurangan, nah agar lebih dapat memahami dan mengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Hotspot-adalah

Pengertian Hotspot

Hotspot adalah suatu istilah bagi sebuah area dimana orang atau user bisa mengakses jaringan internet, asalkan menggunakan PC, laptop atau perangkat lainnya dengan fitur yang ada WiFi “Wireless Fidelity” sehingga dapat mengakses internet tanpa media kabel.


Pengertian lain dari Hotspot lain adalah area seorang client dapat terhubung dengan internet secara wireless “nirkabel atau tanpa kabel” dari PC, Laptop, notebook ataupun gadget seperti Handphone dalam jangkauan radius kurang lebih beberapa ratus meteran tergantung dari kekuatan frekuensi atau signalnya.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Internet adalah


Fungsi Hotspot

Fungsi Hotspot yaitu dengan Hotspot kalian bisa melakukan koneksi internet seperti browsing, berkirim email, chatting transaksi bank, mendownload, sambil menunggu seseorang, hangout, maupun saat bertemu dengan rekan bisnis kalian dan lain-lain.


WiFi ialah kependekan dari “Wireless Fidelity” merupakan sebutan untuk standar jaringan atau network nirkabel “tanpa kabel” dengan menggunakan Frekuensi Radio yang sering dikenal dengan Radio Frequency “RF”. Dimana ketika awalnya Wi-Fi hanya ditujukan untuk penggunaan perangkat nirkabel “jaringan tanpa kabel” dan Local Area Network “LAN”, namun pada saat ini WiFi lebih banyak digunakan untuk mengakses jaringan internet.


Sehingga dalam hal ini sangat memungkinan jika seseorang dengan komputer yang berisikan fitur wireless card ataupun PDA “Personal Digital Assistant” untuk bisa terhubung dengan internet dengan menggunakan titik akses atau yang lebih dikenal dengan sebutan istilah “hotspot”.


Hardware (Perangkat Keras) Hotspot

Berikut ini terdapat beberapa perangkat keras hotspot, terdiri atas:


  1. Komputer

Komputer merupakan komponen utama untuk dapat mengkases internet.Spesifikasi computer yang digunakan dalam koneksi internet sangat mentukan cepat atau lambatnya kinerja akses internet.semakin tinggi spesifikasi sebuah komputer, semakin cepat kinerja akses internet, begitu pula sebaliknya. Spesifikasi minimal sebuah komputer dalam akses internet anatra lain sebagi berikut: Processor, merupakan otak dari komputer untuk menjalankan aplikasi-aplikasi dalam komputer.


Processor minimal pentium III 500Mhz. RAM (Random Access Memory) berfungsi sebagai media penyimpanan sementara. RAM minimal 64MB Harddisk digunakan untuk media penyimpanan data secara magnetik. Harddisk minimal 10GB VGA card, merupakan perangkat keras untuk menampilakan gambar pada layar monitor. VGA card minimal 4MB. Monitor, merupajan perangkat output untuk menampilkan proses kerja dari komputer.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Hardware Adalah


  1. Modem

Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik.


Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Secara singkatnya, modem merupakan alat untuk mengubah sinyal digital komputre menjadi sinyal analog dan sebaliknya.Komputer yang melakukan koneksi dengan internet dihubungkan dengan saluran telpon melalui modem. Berdasarkan fungsinya modem dibagi menjai tiga jenis. Antara lain:


  • Modem Dial Up

Modem dial Up biasa digunakan oleh Personal Computer (PC) yang langsung dihubungkan melalui saluran telpin. Jenis modem dial up ada dua macam yaitu:


(a) Modem Internat

Merupakan modem yang dipasang dalam komputer terutama pada slot ekspansi yang tersedia dalam mainboard komputer. Rata-rata kecepatan modem internal untuk melakukan download adalah 56 Kbps. Adapun keuntungan penggunakan modem internal adalah lebih hemat tempat dan harga lebih ekonomis, dan tidak membutuhkan adaptor sehingga terkesan lebih ringkas tanpa ada banyak kabel.


Sedangkan kelemahan modem internal adalah modem ini tidak memerlukan lampu indikator sehingga sulit untuk memantau status modem dan modem ini tidak menggunakan sumber tegangan sendiri sehingga membutuhkan daya dari power supply. Hal ini mengakibatkan suhu dalam kotak CPU bertambah panas.


(b) Modem Eksternal

Modem eksternal merupakan modem yang letaknya diluar CPU komputer. Modem ekternal dihubungkan ke komputer melalui port com atau USB. Pemasangan modem ini adalah dengan cara menghubungkan modem ke power dan menghubungkannya lagi ke adaptor lalu disambungkan kembali ke listrik. Keuntungan modem eksternal:

  1. Portabilitas yang cukup baik sehingga bisa pindah-pindah untuk digunakan pada komputer lain
  2. dilengkapi lampu indikator sehingga mudah untuk memantau status dari modem.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Modem adalah


Kelemahan dari modem eksternal.

  1. harga lebih mahal dari pada modem internal
  2. membutuhkan tempat atau lokasi tersendiri untuk menaruh modem tersebut.

(c) Modem Kabel Modem Kabel (Cable Modem)

Modem kabel adalah perangkat keras yang menyambungkan PC dengan sambungan TV kabel. Jaringan TV kabel ini dapat dipakai untuk koneksi ke internet dengan kecepatan lebih tinggi dibandingkan dengan modem dialup atau modem ADSL, kecepatan modem kabel maksimum 27Mbps downstream (kecepatan download ke pengguna) dan 2,5Mbps upstream (kecepatan upload dari pengguna). Sebelum dapat terkoneksi dengan internet, maka pengguna diharuskan untuk melakukan pendaftaran kepada penyedia jasa TV kabel dan ISP (internet Service Provider).


(d) Modem ADSL (asymmetric Digital Subscriber line) ADSL atau Asymmetric Digital Subscriber Line

Modem ADSL adalah salah satu bentuk dari teknologi DSL. Ciri khas ADSL adalah sifatnya yang asimetrik, yaitu bahwa data ditransferkan dalam kecepatan yang berbeda dari satu sisi ke sisi yang lain. Ide utama teknologi ADSL adalh untuk memecah sinyal line telpon menjadi dua bagian untuk suara dan data.Hal ini memungkinkan pengguna untuk melakuakn atau meneima panggilan telpon dan melakukan koneksi internet secara simultan tanpa saling menggangu 3.


Saluran Telpon Saluran telpon juga merupakan perangkat keras yang penting dan diperlukan untuk menghubungkan komputer dengan internet. Penggunaan sauran telpon ini juga diikuti dengan penggunan modem dial up. Selain saluran telpon, untuk melakukan akses internet juga bisa dilakukan dengan menggunakan TV kabel. Untuk bisa mengakses internet menggunakan jaringan TV kabel maka modem yang dipakai adalah modem kabel.


Cara Kerja Hotspot

Hotspotmerupakan Bisnis Internet BroadBand yang banyak di minati semua kalangan saat ini. Membangun hotspot adalah suatu konsep dimana beberapa komputer dalam suatu perumahan atau blok dapat saling berhubungan dan dapat berbagi data serta informasi. Konsep lain dari hotspot adalah memberdayakan pemakain internet dimana fasilitas internet tersedia selama 24 jam sehari selama sebulan agar biaya yang akan dikeluarkan akan murah.


Karena semua biaya pembangunan infrastruktur, operasional dan biaya langganan akan ditanggung bersama. Konsep hotspot sebetulnya sama dengan konsep Warnet, pemilik warnet akan membeli atau menyewa pulsa atau bandwith dari penyedia internet / ISP (Internet Service Provider) misalkan Telkom, Indosat atau Indonet, lalu dijual kembali ke pelanggan yang datang menyewa komputer untuk bermain internet baik untuk membuka Email, Chating, Browsing, Main Game dll.


Cara kerja hotspot yaitu Merupakan perangkat memancarkan gelombang radio yang akan ditangkap oleh laptop atau personal digital assistant (PDA) milik pengguna yang telah dilengkapi teknologi Wi-Fi.Apabila pengguna membuka browser internetnya dalam kawasan hotspot, maka akan muncul halaman utama hotspot penyedia layanan. Kemudian pengguna harus memasukkan username dan login password-nya. Setelah proses verifikasi selesai, pengguna terhubung ke dunia maya.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Bandwidth adalah


Kelebihan dan Kekurangan Hotspot

Berikut ini terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan hotspot, terdiri atas:


1. Kelebihan Hotspot

Kelebihan dari hotspot adalah sebagai berikut :


  • Tingginya minat masyarakat

Tingginya minat masyarakat terhadap jaringan nirkabel (wireless) tidak terlepas dari banyak terdapatnya  di berbagai tempat umum yang sudah menyediakan Hotspot. Kapan dan dimanapun pengguna dapat mengaksesnya serta cara pengkoneksiannya yang tidak ribet.


  • Mudah aksesnya

Artinya, para pengguna dalam satu area dapat mengakses Internet secara bersamaan tanpa perlu direpotkan dengan kabel. Pengguna yang ingin melakukan surfing atau browsing berita dan informasi di Internet, cukup membawa PDA (pocket digital assistance) atau laptop berkemampuan Wi-Fi ke tempat dimana terdapat access point atau hotspot.


Menjamurnya hotspot di tempat-tempat tersebut yang dibangun oleh operator telekomunikasi, penyedia jasa Internet bahkan orang perorangan dipicu faktor kedua, yakni karena biaya pembangunannya yang relatif murah atau hanya berkisar 3.000.000 Rupiah Juga salah satu kelebihan dari Wi-Fi adalah kecepatannya yang beberapa kali lebih cepat dari modem kabel yang tercepat.


Jadi pemakai Wi-Fi tidak lagi harus berada di dalam ruang kantor untuk bekerja Wi-fi Hardware Hardware wi-fi yang ada di pasaran saat ini ada berupa Wi-fi dalam bentuk PCI Wi-fi dalam bentuk USB Ada 2 mode akses koneksi Wi-fi, yaitu Ad-Hoc Mode koneksi ini adalah mode dimana beberapa komputer terhubung secara langsung, atau lebih dikenal dengan istilah Peer-to-Peer.


Keuntungannya, lebih murah dan praktis bila yang terkoneksi hanya 2 atau 3 komputer, tanpa harus membeli access point Infrastruktur Menggunakan Access Point yang berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data, sehingga memungkinkan banyak Client dapat saling terhubung melalui jaringan (Network).


2. Kekurangan Hotspot

Kekurangan hotspot adalah sebagai berikut :

  1. Mudahnya dihacking oleh para hacker untuk mencuri password pengguna wi-fi.
  2. Tidak tahan terhadap serangan flooding.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Dial-Up adalah


Cara Menggunakan Hotspot Agar Aman

Adapun cara menggunakan Hotspot agar aman diantaranya yaitu:

  • Jangan mengaktifkan file sharing folder PC/Laptop kalian, jika kalian terhubung dengan jaringan publik, karena memungkinkan orang lain juga dapat mengakses folder yang kalian sharing.
  • Matikan juga sharing printer PC/Laptop kalian.
  • Selalu mengaktifkan anti virus dengan update yang terbaru.
  • Jangan sekali-kali berikan username dan juga password kalian kepada orang lain.

Demikianlah pembahasan mengenai Hotspot adalah – Pengertian, Fungsi, Hardware, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Butuhkan