Jaring-Jaring Kubus

Jaring-Jaring Kubus

Pengertian Kubus

Jaring Jaring Kubus – Pengertian, Cara Membuat, Rumus & Gambarnya – DosenPendidikan.Com– Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendapati bangun – bangun yang berbentuk kubus, diantaranya adalah dadu, dan lain-lainnya. Pada pembahasan ini kami akan membahas tentang pengertian kubus secara lengkap, yang disarikan dari berbagai sumber yang dapat dipertanggungjawabkan.


Menurut kamus besar bahasa Indonesia, kubus adalah ruang yang berbatas enam bidang segi empat (seperti dadu).

Pengertian kubus menurut penulis adalah bangun ruang yang terbentuk dari enam sisi yang berbentuk persegi.

Pengertian lain dari kubus adalah bangun ruang yang semua sisinya berbentuk persegi dan semua rusuknya sama panjang.

Dari beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa pengertian kubus adalah bangun ruang yang memiliki enam sisi yang semua sisinya berbentuk persegi dan memiliki 12 rusuk yang semua rusuknya sama panjang.


Pengertian Jaring-Jaring Kubus

Jaring-jaring kubus adalah beragam variasi kerangka yang dapat membentuk bangun kubus. Atau dapat pula diartikan bahwa jaring-jaring kubus adalah sisi-sisi suatu kubus yang jika dipadukan akan membentuk suatu kubus.


Jaring-Jaring Kubus

Selamat datang adik-adik pelajar SMP yang pintar dan jenius. Kali ini kita akan belajar bersama mengenai jaring-jaring bangun ruang, diantaranya adalah jaring jaring kubus, jaring jaring balok, jaring jaring kerucut, jaring jaring tabung, jaring jaring limas, dan jaring jaring prisma.


Jaring jaring ialah bidang datar yang berupa gabungan dari bangun datar yang menyusun sebuah bangun ruang seperti balok, kubus, limas dan lain-lain. Jaring-jaring dapat diperoleh dengan cara membelah sebuah bangun ruang dengan mengikuti rusuk-rusuknya.


Biasanya pada saat adik-adik belajar mengenai bangun ruang akan ada tugas dari Bapak/Ibu Guru untuk membuat salah satu jaring jaring bangun ruang. Dan umumnya yang paling sering dibuat adaah jaring jaring kubus. Baiklah, tanpa banyak basa-basi, berikut ini adalah cara membuat jaring jaring kubus dan bangun ruang lainnya. Silakan disimak dan dipelajari.

Loading...

Baca Juga : Transformasi Geometri


Gambar Jaring Jaring Kubus

Jaring-jaring kubus terdiri atas enam buah bangun datar persegi atau bujur sangkar.

Berikut ini penampakan dari gambar bangun kubus.

Bangun ruang kubus
Bangun ruang kubus

Gambar di atas adalah gambar sebuah kubus yang akan kita cari jaring-jaringnya, Warna hijau merupakan tutup sedangkan warna biru merupakan alasnya. Ada 11 jaring-jaring kubus berbeda yang dapat dibuat, yaitu:


Jaring-jaring kubus 1
Jaring-jaring kubus 1

Jaring-jaring kubus 2
Jaring-jaring kubus 2

Jaring-jaring kubus 3
Jaring-jaring kubus 3

Baca Juga : Pertidaksamaan Nilai Mutlak


Jaring-jaring kubus 4
Jaring-jaring kubus 4

Jaring-jaring kubus 5
Jaring-jaring kubus 5

Jaring-jaring kubus 6
Jaring-jaring kubus 6

Jaring-jaring kubus 7
Jaring-jaring kubus 7

Jaring-jaring kubus 8
Jaring-jaring kubus 8

Jaring-jaring kubus 9
Jaring-jaring kubus 9

Jaring-jaring kubus 10
Jaring-jaring kubus 10

Jaring-jaring kubus 11
Jaring-jaring kubus 11

Itulah 11 Gambar Jaring-jaring Kubus yang dapat anda buat. Berikutnya adalah cara membuatnya.


Baca Juga : Sin Cos Tan


Cara membuat Jaring Jaring Kubus

  1. Sediakan pensil, penggaris, dan gunting.
  2. Gambarkan jaring-jaring kubus sesuai gambar yang di atas pada kardus maupun kertas karton.
  3. Setelah gambar jadi, sekarang tinggal gunting gambar jaring-jaringnya.
  4. Setelah digunting, sekarang bagian yang bergaris masing-masing ditekuk.
  5. Setelah ditekuk-tekuk, tinggal hubungkan saja masing-masing tekukannya maka akan terbentuk kubus.
  6. Jaring-jaring kubus yang sudah jadi seperti di atas.

Unsur-Unsur Kubus Dan Penjelasannya

Pada postingan yang sebelumnya telah dibahas tentang pengertian kubus, yaitu disimpulkan bahwa kubus adalah bangun ruang yang memiliki enam sisi berbentuk persegi dan memiliki 12 rusuk yang penjangnya sama. Pada kesempatan postingan kali ini, kami akan membahas secara lengkap dan detail tentang unsur – unsur dari kubus.

Unsur-Unsur Kubus

Gambar: Kubus ABCD.EFGH


Unsur-Unsur kubus

Berikut ini termasuk unsur-unsur kubus yaitu :

  • Sisi atau Bidang

Sisi kubus adalah bidang yang membatasi kubus. Jika kita perhatikan gambar kubus ABCD.EFGH secara seksama, maka dari gambar tersebut kita dapat menyimpulkan bahka kubus merupakan bangun ruang yang memiliki 6 buah sisi yang semuanya berbentuk persegi.


Baca Juga : Integral Trigonometri


Sisi-sisi dari kubus tersebut adalah

  1. Sisi bawah (ABCD)
  2. Sisi atas (EFGH)
  3. Sisi depan (ABFE)
  4. Sisi belakang (DCGH)
  5. Sisi samping kiri (BCGF)
  6. Sisi samping kanan (ADHE)
  • Rusuk

Rusuk kubus adalah garis potong antara dua sisi bidang kubus dan terlihat seperti kerangka yang menyusun kubus. Masih pada gambar kubus yang sama yaitu kubus ABCD.EFGH yang memiliki 12 rusuk, yaitu; AB, BC, CD, DA, AE, BF, CG, DH, EF, FG, GH, dan HE.


  • Titik sudut

Titik sudut adalah titik potong antara dua atau tiga rusuk. Pada gambar kubus yang sama yaitu kubus ABCD.EFGH terlihat bahwa kubus tersebut memiliki 8 sudut, yaitu; A, B, C, D, E, F, G dan H.

  • Diagonal bidang atau diagonal sisi

Sekali lagi marilah kita perhatikan gambar kubus ABCD.EFGH di atas, jika kita menginginkan menarik garis pada masing-masing sudut yang berhadapan pada setia sisi atau bidang maka kita akan menemukan garis yang akan membentuk segitiga sama kaki, garis tersebut disebut diagonal bidang atau diagonal sisi. Pada kubus ABCD.EFGH memiliki 12 diagonal bidan atau diagonal sisi yaitu AF, BE, BG, FC, CH, DG, AH, DE, BD, AC, EG dan HG.


  • Diagonal ruang

Diagonal ruang adalah garis yang menghubungkan dua titik sudut yang saling berhadapan dalam satu ruang. Pada kubus ABCD.EFGH tersebut terdapat 4 diagonal ruang, yaitu garis BH, DF, AG, dan EC.

  • Bidang diagonal

Bidang diagonal adalah bidang yang dibentuk dari dua garis diagonal bidang dan dua rusuk kubus yang sejajar. Pada kubus ABCD. EFGH tersebut memiliki 4 bidang diagonal, yaitu; bidang diagonal ACGE, DBFH, ABGH dan EFCD.


Sifat-Sifat Kubus

Pada gambar kubus ABCD.EFGH tersebut di atas memiliki sifat-sifat sebagai beriktu:

  • Semua sisi kubus berbentuk persegi

Jika diperhatikan, sisi ABCD, EFGH, ABFE, DCGH, BCGF dan seterusnya memiliki bentuk persegi dan me miliki luas yang sama.


Baca Juga : Keliling Lingkaran


  • Semua rusuk kubus beukuran sama panjang

Rusuk-rusuk kubus AB, BC, CD, DA, EF, FG, GH, HE dan seterusnya memiliki ukuran yang sama panjang.

  • Setiap diagonal bidang pada kubus memiliki ukuran yang sama panjang

Perhatikan ruas garis BG dan CF pada Gambar kubus ABCD.EFGH tersebut di atas. Kedua garis tersebut merupakan diagonal bidang kubus ABCD.EFGH pada bidang BCGF yang memiliki ukuran sama panjang.


  • Setiap diagonal ruang pada kubus memiliki ukuran yang sama panjang

Dari gambar kubus ABCD.EFGH tersebut di atas , terdapat 4 diagonal ruang, yaitu HB,DF, AG dan CE yang semuanya berukuran sama panjang.

  • Setiap bidang diagonal pada kubus memiliki bentuk persegi panjang

Perhatikan bidang diagonal ACGE pada Gambar kubus ABCD.EFGH di atas. Terlihat dengan jelas bahwa bidang diagonal tersebut memiliki bentuk persegipanjang.


Untuk lebih memahami tentang sifat-sifat dari kubus di atas, silahkan baca-baca lagi pembahasan tentang pengertian kubus dan unsur-unsur kubus.


Demikianlah pembahasan artikel diatas tentang Jaring Jaring Kubus – Pengertian, Cara Membuat, Rumus & Gambarnya semoga bermanfaat bagi semua pembaca DosenPendidikan.Com

Send this to a friend