Restoran adalah

Diposting pada

Restoran adalah – Pengertian, Aspek, Tujuan, Fasilitas, Jenis & Produk – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Restoran yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, aspek, tujuan, fasilitas, jenis dan produk, nah agar lebih dapat memahami dan dimengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Restoran-adalah

Pengertian Restoran

Industri jasa perhotelan yang juga dinamakan hospitality industri dengan menjual jasa keramah-tamahan yang terdiri dari akomodasi, food and beverage service.Maju mundurnya usaha perhotelan ditentukan oleh kedua unsur tersebut. Bahkan sebuah perusahaan perhotelan dapat dikatakan berhasil bila dalam mencapai tujuan pendapatan yang didapat dari food service lebih besar dari penjualan kamar.


Salah satu sarana untuk melaksanakan food service industry  adalah restoran. Dalam  hal ini restoran yang ada dalam suatu hotel bukan hanya untuk memenuhi tamu-tamu hotel, tetapi juga menerima tamu-tamu dari luar hotel yang tidak ada kaitannya dengan akomodasi yang tersedia. Dalam penulisan ini penulis menitik beratkan pada pelayanan yang diberikan oleh sebuah restoran mengenai ruang lingkup dan permasalahan.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Kelas Maya adalah


Restoran juga merupakan yang berdiri sendiri dimana sekarang ini banyak ditemukan berbagai macam restoran, seperti rumah makan, cafetaria dan lain-lain. Ciri pelayanan disesuaikan dengan jenis restoran, sedang-kan harga harus bersaing, maka disini peranan sebuah restoran semakin sangat penting dan saling berlomba untuk meningkatkan mutu makanan serta pelayanan dengan sebaik-baiknya dengan harapan dapat meraih tamu sebanyak-banyaknya.


Untuk mencapai hal tersebut pelayanan yang diberikan harus benar-benar diperhatikan mulai dari persiapan kerja sampai pada penyajiannya kepada tamu selain didukung oleh aspek aspek lain, seperti penampilan fisik restoran, penampilan menu, kebersiahn makanan dan peralatannya, untuk melengkapi penyajian pelayanan dalam menjual hasil pengelohan di restoran yang diperlukan pramusaji yang dapat memberikan pelayanan yang baik kepada tamunya. Mengingat pelayanan yang diberikan kepada tamu adalah kunci utama keberhasilan operasional restoran disamping aspek-aspek lainnya.


Restoran secara umum dapat didefinisikan sebagai ruang atau tempat yang diorganisir secara komersial untuk menyelenggarakan pelayanan berupa makan dan minum yang tersedia di dalamnya, maka restoran dalam sebuah perusahaan hotel merupakan sarana penjualan dan penyajian makanan dan minuman dalam sebuah hotel.


Aspek-Aspek Restoran

Restoran yang dioperasikan di masing-masing hotel tidak selalu sama, baik dari segi jumlah maupun jenisnya. Hal ini tergantung dari besar kecilnya hotel yang didirikan, kemampuan perusahaan serta persyaratan-persyaratan yang dikeluarkan oleh pemerintah, keberhasilan restoran dapat dilihat bila restoran tersebut telah memenuhi aspek-aspek utama yang dapat menentukan keberhasilan operasional suatu restoran. Adapun aspek yang dimaksud adalah G.Factor yang terdiri atas:


  1. G-1 : Good

Makanan yang disajikan kepada tamu dalam keadaan fresh dan sistem pengelolaan yang baik, penyimpanan bahan baik, peralatan dan pelengkapan berkualitas tinggi dan higienis, cita rasa makanan baik dan sesuai dengan lidah pemesananya.


  1. G-2 : Good Location & Parking Fasilities

Lokasi restoran harus stretegis, dimana faktor mengenai lokasi ini dijadikan pedoman bila mendirikan usaha restoran. Namun untuk restoran yang dibuka sebagai fasilitas, kerena itu hotel juga tidak dapat mengabikan faktor-faktor ini, begitu keamanan kenderaan yang diparkir di luar hotel. Oleh sebab itu harus mudah terlihat, mudah dijumpai, memeliki daya tarik dengan pemilihan warna atau ornamen khusus serta tidak berada pada lokasi yang jauh.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Telepon adalah


  1. G-3 : Good

Suasana yang nyaman dan menyenangkan perlu diciptakan melalui penampilan interior dan eksterior yang seimbangan serta dekorasi yang digunakan, pemelihan warna dan fasilitas yang lengkap, seperti toilet, kursi dan meja yang berkualitas baik, table set-up yang lengkap dan sebagainya.


  1. G-4 Good Reputation

Restoran harus memiliki reputasi yang baik yang meliputi pelayanan, pengelolaan, prestasi dan lain-ain, sehinga menjadi buah bibir masyarakat / tamu.


  1. G-5 : Good Pleasant & Courteous

Tata saji dilakukan dengan begitu mengesankan, menyenangkan serta memuaskan pramusaji dapat memberikan sugesti bagi tamu mereka yang kurang memahami keinginannya dan menyajikan makanan dengan tata saji yang berkualitas, sopan dan ramah. Melalui faktor Good tersebut diharapkan tujuan yang ingin dicapai di dalam pengelolaan suatu restoran yakni mendapatkan keuntungan dan memberikan kepuasan bagi para tamu dapat tercapai.  Kemampuan karyawan untuk memberikan pelayanan yang bermutu dan memuaskan tamu dapat digunakan untuk mengangkat citra dan mempertinggi reputasi hotel disamping kelengkapan fasilitasnya.


Tujuan Restoran

Tujuan operasional restoran adalah untuk mencari keuntungan dan membuat puas para konsumennya. Berdasarkan aspek dasar keberadaan, restoran memiliki empat tujuan sebagai berikut:

  • Perdagangan
    Restoran berfungsi sebagai jasa penjualan dan pelayanan kepada pelanggan dari jenis produknya.
  • Keuangan
    Restoran menjaga kelancaran dari berlangsungnya kegiatan merupakan perputaran dari biaya penanaman modal.
  • Kedudukan
    Pengoperasian restoran yang utama adalah menyajikan berbagai jenis makanan dan penampilan suasana ruang restoran.
  • Kepraktisan
    Restoran dalam penyusunannya menarik perhatian, penyajian dan pelayanan dari jenis usaha tersebut diharapkan dapat memberikan kepuasan.

Fasilitas Restoran

Pada dasarnya peralatan-peralatan yang digunakan pada setiap restoran baik yang berada diluar maupun dalam hotel adalah sama. Dalam sebuah restoran harus tersedia perlengkapan dan peralatan dalam jumlah yang memadai yang akan menunjang kelancaran operasional di restoran, serta mempunyai mutu dan penampilan yang baik karena citra restoran dapat dibangun melalui kualitas perlengkapan dan peralatan yang disediakan. Dari jumlah peralatan yang begitu banyak dijumpai di restoran, dapat digolongkan menjadi beberapa jenis berikut:

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Kelapa adalah


  1. Perlengkapan Restoran

Perlengkapan yang mutlak yang harus disediakan adalah :

  • Meja dengan berbagai ukuran dan bentuk yang bervariasi
  • Kursi yang disesuaikan dengan jenis restoran
  • Side stand/board adalah perlengkapan yang berbentuk meja atau lemari/ rak,sebagai alat bantu pelayanan yaitu tempat penyimpanan pelayanan dan bumbu-bumbu.Memiliki kotak atau laci dan dikelompokkan menurut
  • Dispencer counter berupa sebuah meja panjang yang biasanya diletakkan ditempat yang strategis di sudut ruangan restoran.Fungsinya juga sebagai tempat meletakkan sementara makanan yang baru diterima dari dapur atau meletakkan peralatan kotor sebelum dikirim ke dishwashing
  • Gueridon adalah kereta dorong untuk membawa makanan dalam jumlah yang banyak,juga untuk keperluan clear-up peralatan dari meja

  1. Perlengkapan Meja Makan (Table Accessories)

Yang termasuk perlengkapan meja makan ini adalah salt and pepper shaker, ashtray,flower vase, table number, creamer/milk jug, napkin, sugar bowl dan sugar spoon,tootholder, candle holder, jam dish and spoon.


  1. Peralatan Makan (Equipment)

Peralatan makan yang dipergunakan pada bagian restoran cukup banyak jenisnnya sehingga dapat digolongkan menjadi beberapa jenis, yaitu :

  • Silver ware/cutlery adalah alat-alat sejenis pisau yang digunakan untuk kepentingan potong memotong. Silver ware terbuat dari bahan stainless steel atau bahan perak,bentuknya berupa garpu,sendok makan dan
  • China ware adalah peralatan pecah belah yang terbuat dari keramik, porselin atau tembikar dan untuk keperluan operasional restoran. Pada suatu restoran digunakan satu model china ware saja, tapi tidak tertutup kemungkinan sebuah restoran menggu nakan beberapa china ware.Alat ini berupa piring (plate), cangkir (cup & saucer).
  • Glass ware adalah peralatan restoran yang digunakan untuk minum dan terbuat dari bahan jenis kaca. Adapun jenisnnya adalah seperti champagne, wine glass,high ball glass,water goblet. 4 . Linen Meja Makan

Macam-macam linen meja makan adalah :

  • Moulton/silincer. Fungsinya untuk :

1. Agar permukaan meja tidak rusak akibat hidangan yang disajikan dalam keadaan panas. Ø Meredam bunyi yang timbul akibat terbenturnya alat makan dengan permukaan meja.


2. Agar permukaan meja terhindar dari noda akibat dari saus yang tumpah.

  • Place Mats, adalah berfungsi sebagai pengganti table cloth tetapi adakalanya dipergunakan sebagai alas table set-up
  • Table Cloth
  • Guest napkin yang berfungsi sebagai pembersih mulut
  • Skirting biasanya dipergunakan pada buffet table sebagai penutup meja samping
  • Cleaning towels dan glass towel

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Pengertian Panca Usaha Tani


Jenis-Jenis Restoran

Berdasarkan kegiatan dan makanan atau minuman yang disajikannya, restoran diklasifikasikan menjadi beberapa jenis yaitu sebagai berikut “Atmodjo, 2005”:

  • A’la carte restaurant, menu lengkap dan merupakan restoran tanpa aturan mengikat atau bebas.
  • Table d’hotel, restoran dengan menu yang lengkap dan menyajikan setiap menu berurutan dari menu pembuka sampai penutup, biasanya erat hubungannya dengan hotel.
  • Coffe shop, merupakan tempat makan dan minum yang menyuguhkan suasana santai tanpa aturan yang mengikat dan biasanya menyuguhkan racikan kopi sebagai menu spesial di luar makanan-makanan kecil atau makanan siap saji.
  • Cafeteria, merupakan tempat makan dan minum yang terbatas menyajikan roti atau sandwich serta minuman-minuman ringan yang tidak beralkohol, biasanya erat hubungannya dengan kantor.
  • Canteen, merupakan tempat makan dan minum yang menyajikan berbagai makanan-makanan instan dengan harga yang terjangkau.
  • Continental restaurant, restoran yang memberikan kebebasan bagi pengunjungnnya untuk memilih bahkan mengiris makanan yang dipesannya sendiri.
  • Carvery, merupakan restoran yang biasanya terdapat di motel kecil dan menyajikan makanan dan minuman sederhana.
  • Discotheque, merupakan tempat makan dan minum yang menyuguhkan suasana hingar bingar musik sebagai daya tariknya, biasanya menyuguhkan makanan dan minuman cepat saji.
  • Fish and chip shop, restoran yang menyajikan menu ikan dan kripik atau snack sebagai menu utama.
  • Grill room, restoran dengan menu masakan panggang atau barbekyu sebagai menu andalan.
  • Intavern, restoran kecil dipinggiran kota yang biasanya menyuguhkan makanan cepat saji dan minuman kopi.
  • Pizzeria, restoran dengan menu pizza dan pasta sebagai menu utama.
  • Creeperie, restoran yang menyajikan berbagai menu kreps dan manisan.
  • Pub, restoran yang menjual minuman beralkohol.
  • Cafe, tempat untuk makan dan minum dengan sajian cepat saji dan menyuguhkan suasana yang santai atau tidak resmi.
  • Specialty restaurant, merupakan tempat untuk makan dan minum yang memiliki tema khusus atau kekhususan menu masakan yang akan disajikan dan biasanya memiliki cita rasa yang berbeda dengan restoran lain.
  • Terrace restaurant, merupakan tempat makan dan minum yang umumnya terletak di luar ruangan dan biasanya erat hubungannya dengtan fasilitas hotel. Di negara-negara barat terrace restaurant biasanya hanya buka saat musim panas saja.
  • Gourment restaurant, merupakan tempat untuk makan dan minum yang biasanya diperuntukkan bagi orang-orang yang sangat mengerti akan cita rasa sehingga banyak menyediakan makanan-makanan lezt dengan pelayanan yang megah dan harga yang mahal.
  • Family restaurant, merupakan restoran sederhana untuk makan dan minum keluarga atau rombongan dengan harga yang tidak mahal serta menyuguhkan suasana nyaman dan santai.
  • Main dining room, merupakan ruang makan besar atau restoran yang umumnya terdapat di hotel, penyajinan makanannya secara resmi, servis yang diberikan dapat menggunakan gaya prancis maupun rusia, sedangkan orang-orang yang datang pada umumnya juga menggunakan pakaian resmi formal.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : “Banner” Pengertian & ( Tujuan – Jenis Ukuran – Pembuatan – Fungsi )


Produk Restoran

Produk yang dihasilkan restoran adalah totalitas dari makanan, minuman dan seperangkat atribut lainnya, termasuk didalamnya rasa, warna, aroma makanan, harga, nama makanan dan minuman, reputasi restoran, serta jasa pelayanan dengan keramah-tamahan yang diterima guna memuaskan keinginan pelanggan “Soekresno, 2000:8”, secara umum, terdapat tiga komponen produk yang dipasarkan oleh restoran yaitu:

  1. Makanan dan minuman
  2. Pelayanan “service” termasuk cara pelayanan, keramah-tamahan karyawan, valet parking, perhatian khusus seperti ulang tahun, hiburan dan komplimentari foto untuk pelanggan.
  3. Suasana “ambience”, termasuk: tema, lighting, seragam, furniture, kebersihan, perlengkapan, dekorasi dan penataan meja.

Demikianlah pembahasan mengenai Restoran adalah – Pengertian, Aspek, Tujuan, Fasilitas, Jenis & Produk semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,,terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Butuhkan