Kondusif : Pengertian, Contoh Dan Dalam Sosiologi, Pembelajaran

Kondusif : Pengertian, Contoh Dan Dalam Sosiologi, Pembelajaran

Kondusif : Pengertian, Contoh Dan Dalam Sosiologi, Pembelajaran

DosenPendidikan.Com – Penggunaan istilah “kondusif” cukup sering digunakan dalam banyak kesempatan. Arti kata kondusif dalam bahasa Indonesia untuk menjelasakan secara singkat tentang situasi yang mendukung.

Secara etimologi, kata kondusif sendiri berasal dari bahasa Latin yaitu “Con + ducere” yang artinya:

  • Con = bersamaan dengan,,,
  • Ducere = menuntun atau mengarahkan,,,

Lantas apa yag dimaksud dengan kondusif..?? Arti Kondusif adalah suatu situasi atau kondisi yang mendukung terlaksananya sesuatu hal, atau situasi yang mengarahkan kemungkinan terjadinya sesuatu sesuai yang diinginkan.

Misalnya seperti, keadaan di kota Jakarta sudah cukup kondusif pasca terjadinya serangan bom. Pada kalimat tersebut menjelaskan secara singkat tentang situasi kota Jakarta yang sudah cukup aman sesuai dengan harapan setelah terjadinya serangan bom.

Pengertian Kondusif Menurut KBBI “Kamus Besar Bahasa Indonesia”

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia “KBBI” arti kondusif ialah suatu kondisi yang tenang dan tidak kacau balau, serta mendukung untuk terjadinya suatu aktivitas atau tujuan tertentu.

Contoh:

  • Proses belajar dan mengajar siswa berjalan lancar karena suasana di ruang kelas sangat kondusif.

Pengertian Kondusif Dalam Sosiologi

Dalam sosiologi arti kata kondusif didefinisikan sebagai suatu ketenangan dan ketertiban dalam masyarakat dalam menjalankan aktivitasnya.

Contoh:

  • Lalu lintas di jalan raya dalam situasi kondusif.
  • Proses pembelian tiket mudik berjalan kondusif.

Pengertian Kondusif Dalam Pembelajaran

Definisi kondusif dalam pembelajaran ialah suatu sikap tenang dalam melakukan aktifitas belajar, tertib dalam pelaksanaan berbagai tugas dan mendukung semua kegiatan yang termasuk di dalam proses pembelajaran.

Contoh:

  • Siswa-siswa di kelas tersebut melakukan aktifitas belajar dengan tenang di kelas.

Kondusif : Pengertian, Contoh Dan Dalam Sosiologi, Pembelajaran

Dari penjelasan diatas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa istilah kondusif sangat erat hubungannya dengan ketenangan dan dukungan. Dengan kata lain, sifat-sifat kondusif merupakan syarat agar sesuatu tujuan dapat tercapai dan situasi tidak kondusif merupakan penghalang tujuan.

Situasi kondusif tersebut dapat terjadi karena faktor dari luar dan juga faktor dari diri sendiri. Nah bila kalian ingin mempunyai kualitas hidup yang lebih baik, kalian dapat menciptakan situasi kondusif bagi diri sendiri dan lingkungan di sekitar.

Demikianlah pembahasan mengenai Kondusif : Pengertian, Contoh Dan Dalam Sosiologi, Pembelajaran semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga:

Send this to a friend