Merchandise adalah

Diposting pada

Merchandise adalah – Pengertian, Fungsi, Tujuan, Manfaat, Jenis & Contoh – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Merchandise yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, fungsi, tujuan, manfaat, jenis dan contoh, nah agar dapat lebih memahami dan dimengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Merchandise-adalah

Pengertian Merchandise

Merchandise adalah segala bentuk produk yang ditujukan sebagai hadiah. Dalam hal ini merchandise diberikan secara cuma-cuma kepada orang yang telah mengikuti atau melaksanakan kegiatan yang diwajibkan oleh produsen produk tersebut, sedangkan gift ialah produk yang dibuat untuk dijual.


Dalam banyak kasus promosi misalnya sebuah film yang digemari masyarakat sedang diputar di theatre, mungkin saja ada beberapa kelompok massyarakat merupakan fans dari tokoh film sedang diputar tersebut. Jika seorang fans sudah tergila-gila pada tokoh tersebut maka kemungkinan besar dia akan mencoba mencari atribut-atribut mengenai tokoh film tersebut. Pada keadaan ini fungsi merchandise yang dijual akan membantu memberikan keuntungan bagi produsennya.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli


Fungsi Merchandise

Untuk fungsi merchandise promosi yang bisa kami jabarkan dalam pengalaman menangani client ialah beberapa hal di bawah ini:

  1. Sebagai branding perusahaan atau branding produk/jasa perusahaan tertentu. Misalnya jam meja promosi yang disablon dengan logo perusahaan dan saat itu diletakkan di meja client maka akan bisa mengingatkan perusahaan pemberi baranga promosi itu. Jadi usulan kami selain logo diharapkan ada motto/tulisan yang bisa mengingatkan client akan perusahaan.
  2. Sebagai ucapan terima kasih atas kehadiran dalam suatu event tertentu, sebagai cendera mata saat client memasuki acara/undangan perusahaan.
  3. Sebagai senjata pemasaran dari satu clieny ke calon client baru lainnya. Kita contohkan pada kertas note yang di offset/bisa jua post it biasanya digunakan oleh client dalam menulis catatan kecil dan biasanya itu berhubungan dengan pihak ke 3 dari client itu. Bisa juga agenda tahunan dimana agenda itu yang dioffset kertasnya logo/tulisan/ringkasan produk bisa mengingatkan client akan produk/jasa sebuah perusahaan.
  4. Sebagai magnet untuk kumpulan orang agar mampir ke stand pamaran/boot yang sedang dibuka disebuah pusat keramaian baik itu mall, seminar, pameran dll.
  5. Sebagai pembeda dengan perusahaan lainnya, di zaman yang persaingan usaha saat ini maka perusahaan yang cenderung berbeda baik dalam hal promosi/pemberian Souvenir Promosi akan bisa mengisi top of mind brand dalam benak konsumen.

Tujuan Merchandise

Berikut ini terdapat beberapa tujuan merchandise, terdiri atas:

  • Menarik perhatian
  • Menonjolkan salah satu keistemewaan produk
  • Memenangkan persaingan dalam menarik perhatian konsumen
  • Mendramatisir suatu kesan
  • Merangsang minat konsumen untuk membaca keseluruhan pesan
  • Menjelaskan suatu pernyataan

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : Perusahaan Dagang


Manfaat Merchandise

Berikut ini terdapat beberapa manfaat merchandise, terdiri atas:


  1. Personal touch (sentuhan personal)

Personal touch, atau sentuhan personal nampaknya menjadi alasan kuat mengapa merchandise dipilih sebagai salah satu media promosi. Adanya kedekatan antara perusahaan dengan audiens-nya melalui suatu barang bisa lebih terjalin karena adanya intensitas kontak antara audiens tersebut dengan merchandise sebagai reprsentasi perusahaan.


Apalagi jika barang yang dipilih sebagai merchandise digunakan secara kontinu oleh audiens bersangkutan, maka lambat laun akan tumbuh pula keterkaitan antara keduanya dan pada akhirnya menumbuhkan kedekatan emosial pula dengan perusahaan yang direpresentasikannya.


  1. Diferensiasi

Diferensiasi, aau pembedaan diri dengan pihak lain juga bisa ditampilkan lewat penggunaan dan pemilihan barang sebagai merchandise untuk promosi.


Alih-alih sebuah perusahaan hanya menggunakan media promosi konvesional, seperti iklan cetak di koran, perusahaan itu bisa memilih barang-barang keseharian yang unik, yang secara sadar atau tidak dipakai terus oleh konsumen dan calon konsumennya.


Perusahaan yang jeli akan memaksimalkan potensi tersembunyi dari suatu barang guna memasukkan pesan-pesan promosinya ke benak konsumen. Di sinilah diferensiasi dengan merchandise dibanding dengan pomosi menggunakan media konvesional.


  1. Unconsciousness brand development

Penting juga diingat bahwa ada kecenderungan saat ini bahwa sudah terlalu banyak iklan-iklan bertebaran di mana-mana dan semuanya menyampaikan pesannya kepada konsumen. Iklan di media konvensional secara jelas menunjukkan penawaran dan janji-janji akan suatu brand, di mana lama kelamaan konsumen akan jenuh dengan bombardir pesan tiada hentinya.


Dengan memanfaatkan merchandise sebagai sarana promosi, kita bisa membangun kesadaran akan suatu brand tanpa memaksa konsumen untuk menelan pesan-pesan yang kita sampaikan.


Kita menggunakan alam bawah sadar konsumen yang sering melakukan kontak dengan merchandise tersebut guna membangun kesadaran akan keberadaan dan positioning brand kita.


  1. Long lasting

Ketahanan dan jangka waktu juga bisa dijadikan pertimbangan mengapa perlu dipertimbangkan penggunaan merchandise sebagai sarana promosi. Jika kita beriklan di media konvesional, jangka waktu penayangan sangat jelas, di mana ada patokan-patokan waktu iklan kita bisa tampil. Semisal di koran penayangan iklan adalah harian, sementara di televisi atau radio berdasarkan kontrak—biasanya dengan hitungan berapa kali dalam waktu tertentu.


Nah, dengan menggunakan merchandise, Anda bisa mengharapkan jangka waktu yang lebih lama, sesuai dengan penggunaan barang merchandise itu sendiri. Selama barangnya masih digunakan oleh konsumen, Anda akan terus beriklan kepadanya dan juga ke khlayak ramai di sekitarnya.


  1. Easy to use

Penggunaan merchandise juga mudah untuk dilakukan. Barang seperti pulpen, notes, mousepad adalah beberapa item yang bisa digunakan sebagai sarana promosi dan juga barang kebutuhan sehari-hari.


Kemudahan pakai semacam ini juga musti Anda jadikan bahan pertimbangan saat memilih item barang apa sebagai media promosi.


  1. Biaya ekonomis

Secara ekonomis, biaya pembuatan merchandise untuk promosi terhitung relatif murah, dan sangat terjangkau untuk berbagai tipe perusahaan, bahkan untuk usaha kecil dan menengah.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : “Lisensi” Pengertian & ( Macam – Manfaat – Contoh )


Jenis-Jenis Merchandise

Berikut ini terdapat beberapa jenis-jenis merchandise, terdiri atas:


  • Merchandise – Kaos Promosi

Kaos Promosi

Kaos merupakan jenis pakaian yang sangat populer di kalangan masyarakat dan disukai oleh segala jenis usia mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa. Selain sebagai alat penutup tubuh, kaos menjadi bagian dari fashion yang mencerminkan gaya hidup (lifestyle) seseorang.


Tak salah, jika kaos dapat dimanfaatkan untuk aktivitas promosi perusahaan. Caranya, yaitu dengan menampilkan logo perusahaan disertai dengan teks atau gambar pendukung yang menarik sebagaisouvenir yang biasanya dibagikan secara gratis atau cuma-cuma pada event-event tertentu.


Jenis-jenis kaos promosi bermacam-macam. Yang paling populer dan sering dipakai yaitu kaos oblong (t-shirt) promosi dan kaos polo. Melalui kaos oblong, perusahaan dapat menampilkan logonya dengan teknik sablon maupun bordir dengan bahan yang enak dan nyaman dipakai.


  • Merchandise – Tas Promosi

Tas Promosi

Media lain yang dapat digunakan untuk kegiatan branding perusahaan yaitu tas promosi. Tas merupakan media yang sangat banyak kegunaannya. Selain sebagai alat untuk menyimpan barang, tas bisa menjadi media promosi yang efektif. Pada event-event perusahaan, tas promosi sering dipakai dengan menggunakaan berbagai jenis dan bahan yang bervariasi.


Bahan-bahan tas promosi yang banyak digunakan dengan harga yang terjangkau misalnya tasgoodie bag dengan bahan spunbound, flexi, kain blacu, kain kanvas, dan furingGoodie bag adalah salah satu jenis tas promosi yang populer karena sangat praktis dan mampu memuat barang yang banyak. Jenis tas promosi lain yaitu paper bag dengan bahan utama kertas samson, kraft atau art carton.


  • Merchandise – Jam Promosi

Jam Promosi

Fungsi utama jam yaitu sebagai penunjuk waktu yang ditempelkan di dinding, diletakkan di meja atau dipakai sebagai jam tangan. Karena fungsinya yang sangat vital, jam bisa menjadi media promosi yang efektif. Umumnya, jam promosi yang biasa dipakai yaitu jam dinding atau jam meja dengan menampilkan logo perusahaan di bagian dalamnya.


Jam promosi mempunyai berbagai macam variasi bentuk yang unik dan menarik sebagai hiasan atau dekorasi ruangan. Model-model jam promosi bisa sobat pilih dan tentunya disesuaikan dengan selera dan budget pemasaran.


  • Merchandise – Flash Disk/USB Promosi

Flashdisk

Dalam dunia bisnis, perkantoran maupun pendidikan, alat penyimpan data dengan bentuk yang kecil ini sangat bermanfaat. Flash disk atau USB sering dipakai dalam berbagai kesempatan terutama yang berkaitan dengan aktivitas penyimpanan atau transfer data. Bentuknya yang relatif kecil membuat flash disk mudah disimpan dan dibawa ke mana saja.


Mereka yang memakai flash disk adalah audiens yang banyak menggunakan komputer atau laptop dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Misalnya di perkantoran, flash disk merupakan media yang tak bisa dilupakan. Oleh karena itu, flash disk menjadi media promosi yang efektif bagi audiens dengan latar belakang profesi sebagai pekerja profesional, pekerja kantoran, anak sekolah atau mahasiswa.


  • Merchandise – Kipas Promosi

Kipas Promosi

Sobat mencari merhandise promosi yang unik dan memiliki banyak manfaat? Kipas promosi adalah media yang bisa menjadi alternatif untuk kegiatan promosi perusahaan. Jenis kipas yang dimaksud adalah kipas tangan yang ringan dan bisa dibawa kemana saja. Tak cuma sebagai alat untuk menghasilkan angin, kipas promosi merupakan media promosi yang bisa digunakan pada event-event perusahaan.


Kipas promosi dengan bahan yang berkualitas memiliki berbagai macam bentuk dan model yang unik, misalnya plastic hand fan yang berbahan dasar plastik yang sangat ringan. Jenis kipas promosiyang lain, yaitu folded hand fan yang terbuat dari bahan kertas yang bisa dilipat.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : Seni Anyaman adalah


  • Merchandise – Ballpoint Promosi

Ballpoint Promosi

Pada event-event seperti seminar, konferensi, meeting, atau pameran, bolpoin merupakan media promosi yang tak bisa dilupakan. Selain bermanfaat untuk menulis, bolpoin promosi sangat relevan dan bisa dipakai oleh siapa saja. Tak heran, media promosi yang satu ini banyak dimanfaatkan oleh perusahaan untuk mempopulerkan namanya.


Bolpoin promosi memiliki berbagai jenis dan bentuk dengan warna yang sangat beragam. Ada jenis bolpoin yang dilengkapi dengan tali yang bisa digantung di leher dan banyak pula jenis lainnya. Sebagai media promosi, bolpoin tersebut tentu harus menampilkan logo perusahaan yang dicetak dengan teknik sablon atau ditempeli stiker.


  • Merchandise – Payung Promosi

Payung Promosi

Payung tak cuma sebagai pelindung panas maupun hujan. Media ini adalah alternatif yang dapat dipakai untuk media promosi yang efektif. Payung promosi merupakan salah satu bentukmerchandise yang dibagikan kepada audiens pada event-event perusahaan.

Jenis-jenis payung promosi yaitu payung lipat, payung golf, dan payung parasol dengan bahan polyestersilver atau nylon. Payung promosi dilengkapi dengan rangka ruji dan pegangan (handle) dari kayu atau plastik. Pencetakan logo perusahaan bisa memakai teknik sablon atau menggunakan mesin cetak untuk gambar full color.


  • Merchandise – Handuk Promosi

Handuk Promosi

Handuk merupakan alat yang biasa dipakai untuk membersihkan dan mengeringkan tangan dan badan. Jenis-jenis handuk bermacam-macam tergantung fungsi dan kegunaannya. Misalnya, handuk wajah, handuk tangan, handuk dapur, handuk kimono, handuk keset, dan handuk handuk golf. Macam-macam handuk tersebut dapat dilengkapi dengan logo perusahaan sebagai media promosi.


Untuk media promosi, handuk menggunakan bahan katun yang memiliki daya serap yang tinggi. Pilihlah jenis bahan katun yang ringan dengan tekstur yang lembut agar nyaman ketika dipakai untuk membersihkan tubuh. Jenis usaha yang sesuai untuk media promosi handuk yaitu bisnis hotel dan penginapan, restoran dan kafe, fitness centre/gym, salon dan spa kecantikan, agen perjalanan (travel agent), atau instansi/lembaga pemerintah.


  • Merchandise – Jaket Promosi

Jaket Promosi

Jaket adalah jenis pakaian yang sangat populer dan cocok untuk segala usia. Oleh karena itu, jaket bisa bisa menjadi media yang efektif untuk memperkenalkan dan mempromosikan merek atau perusahaan. Selain dipakai oleh perusahaan atau lembaga, jaket promosi juga banyak digunakan oleh komunitas tertentu, misalnya komunitas motor atau mobil, komunitas hobi, komunitas olahraga, dan komunitas musik.


Jenis-jenis bahan dan model jaket promosi sangat bervariasi. Contohnya jaket varsity, jaket jeans, jaket fleece, jaket casual, jaket kantor, sweater, jaket motor, dan sejenisnya. Untuk itu, sobat perlu merancang model jaket promosi dengan desain yang bagus dan keren serta mempertimbangkan bahan yang enak dan nyaman dipakai.


  • Merchandise – Topi Promosi

Topi Promosi

Topi, media ini dipakai sebagai penutup kepala yang melindunginya dari panas matahari. Selain itu, topi juga berguna sebagai aksesoris agar orang bisa tampil gaya (fashion) yang melengkapi penampilan. Dalam berbagai kesempatan, topi adalah alat yang harus dipakai secara resmi misalnya dalam upacara bendera di sekolah.


Topi dapat menjadi alternatif pilihan untuk media promosi. Jenis-jenis dan model topi disesuaikan dengan selera dan kebutuhan. Contohnya topi trucker, topi pantai, topi kampanye, topi olahraga, topi golf, topi koki, topi polos, dan sejenisnya.


  • Merchandise – Mug/Gelas Promosi

Gelas Promosi

Mug adalah semacam gelas atau cangkir yang berfungsi sebagai tempat minum. Bedanya dengan gelas biasa, mug berkesan lebih eksklusif dan memiliki ciri khusus yaitu pegangan yang memudahkan orang ketika hendak meminum air minum yang hangat atau panas. Bahan yang dipakai untuk pembuatan mug bermacam-macam, misalnya dari keramik, stainless steel, dan kaca.


Mug promosi dicetak dengan menggunakan mesin sablon manual maupun digital untuk menyertakan logo perusahaan. Selain sebagai tempat minum, mug juga biasa dipakai sebagaisouvenir yang dipakai untuk pajangan yang menghiasi ruangan dan diletakkan di lemari kaca atau rak. Jenis-jenis mug promosi di antaranya yaitu: mug standar, mug v-shape, mug doughnut, mug korning, mug nescafe, mug olala, mug olulu, mug cinta, mug juice, mug piala, dan sejenisnya.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : Pengertian Pariwisata Menurut Para Ahli


  • Merchandise – Pin Promosi

Pin Promosi

Pin atau dikenal juga dengan sebutan bros merupakan alat yang digunakan sebagai aksesoris. Media promosi ini umumnya ditempelkan pada pakaian atau tas dengan penjepit atau peniti. Pin sering digunakan untuk keperluan promosi perusahaan, kampanye sosial, kampanye pilkada atau kampanye pemilu.


Pin promosi umumnya berbentuk lingkaran dan sering dipakai karena harganya cukup murah dengan berbagai macam desain yang unik dan menarik.


  • Merchandise – Gantungan Kunci Promosi

Gantungan Kunci Promosi

Media promosi berupa gantungan kunci berfungsi sebagai dekorasi atau hiasan. Desain gantungan kunci bisa bervariasi dengan bahan karet, besi, dan akrilik. Umumnya, gantungan kunci promosi dapat dipesan dengan jumlah ratusan untuk menghemat biaya produksi.


Demikianlah pembahasan mengenai Merchandise adalah – Pengertian, Fungsi, Tujuan, Manfaat, Jenis & Contoh semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Butuhkan