Rekomendasi Paket Usaha Franchise Barbershop Terbaik

Diposting pada

Saat ini tengah ada gelombang trend di kalangan para pria yaitu potong rambut di Barbershop. Trend ini kemudian dilirik oleh orang-orang yang melek bisnis. Banyak orang yang akhirnya mencari franchise Barbershop terbaik supaya bisa menjalankan bisnis Barbershop.

paket-usaha-barbershop


Selain karena trend, orang-orang tertarik menjalankan bisnis ini karena sejumlah alasan.

Bisnis ini relatif mudah pengelolaannya. Terlebih lagi jika menjalankan usaha Barbershop franchise. SDM berkompeten sudah disediakan, Anda tidak perlu turun tangan langsung, hanya perlu mengawasi.

Selain karena pengelolaannya mudah dan Barbershop bukanlah bisnis musiman. Setiap orang butuh potong rambut. Dalam jangka waktu tertentu, rambut akan memanjang dan jasa Barbershop akan sangat dibutuhkan.

Barbershop juga dipercaya jadi salah satu investasi bisnis terbaik. Membeli franchise barbershop dengan modal yang cukup besar berani dilakukan karena potensi balik modalnya cukup cepat.

 

Memilih Franchise Barbershop Terbaik

Ada banyak penyedia franchise Barbershop di Indonesia. Anda perlu hati-hati dalam memilihnya. Semua pasti menjanjikan hal-hal indah, namun apakah ada jaminannya?

Banyak pertimbangan yang perlu Anda perhatikan supaya tidak salah memilih franchise. Membeli franchise Barbershop membutuhkan dana yang besar. Sangat disayangkan jika dana yang dikeluarkan tidak sebanding dengan apa yang didapatkan.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan.

  • Popularitas Brand

Menjalankan bisnis franchise harus mempertimbangkan seberapa populer nama brand yang ingin Anda beli franchise-nya. Jika sudah berniat membeli franchise, lebih baik memilih brand yang sudah cukup punya nama.

Orang-orang cukup terikat dengan nama brand. Secara psikologis, orang-orang cenderung lebih percaya pada brand yang cukup familiar.

Misal nama brand tersebut belum cukup populer di daerah Anda, setidaknya di social media brand tersebut cukup aktif dan memiliki image positif. Hal ini untuk memudahkan proses promosi.

  • Sistem Kemitraan

Setiap brand Barbershop mengusung sistem kemitraan yang bervariasi.

Tapi yang Anda perlu pastikan adalah bagaimana training SDM, konsep usaha Barbershop, perlengkapan, supply chain, dekorasi atau desain barbershop, materi promosi (desain), dan bagaimana penyelenggaraan manajemennya.

Anda bisa mengecek hal-hal detail seputar sistem kemitraan ini di website official. Pastikan sistem kemitraan tersebut sesuai dengan harapan dan menguntungkan bagi pihak Anda.

  • Modal yang Dikeluarkan

Besarnya modal yang perlu dikeluarkan juga harus Anda pertimbangkan. Hal tersebut berkaitan dengan kemampuan finansial Anda.

Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan besaran uang yang dikeluarkan untuk membeli franchise apakah worth it atau tidak. Jangan asal memilih franchise Barbershop murah jika potensi keuntungannya tidak optimal.

 

Rekomendasi Franchise Barbershop Terbaik

Rekomendasi-Franchise-Barbershop-Terbaik

Salah satu brand Barbershop yang sudah cukup terpercaya dengan pelayanannya adalah Giovani Barbershop.

Giovani Barbershop tidak hanya menyediakan pelayanan potong rambut. Ada sejumlah layanan lain seperti: hair wash, hair color, hair tattoo, shave, creambath, facial, dan back massage. Giovani Barbershop juga memiliki produk pomade sendiri.

Dengan membeli franchise Giovani Barbershop, Anda akan mendapatkan paket usaha Barbershop dengan seluruh layanan yang disediakan Giovani Barbershop.

Franchise yang memberi layanan terbaik, akan lebih menguntungkan secara bisnis.

Giovani Barbershop menyediakan franchise dengan sistem kemitraan yang akan menguntungkan buat Anda. Dengan modal 70 juta untuk membeli franchise, Anda sudah mendapatkan SDM yang kompeten, penggunaan nama brand Giovani Barbershop, desain untuk materi promosi, perencanaan setup Barbershop, dan komitmen sebagai penyelenggara manajemen (Direct Management).

Komitmen Giovani Barbershop sebagai mitra franchise adalah:

  • Direct Management. Menjalankan manajemen Barbershop secara langsung mulai dari manajemen pemasaran, keuangan, SDM, operasional, resiko, control & monitoring, dan asset.
  • Business Development. Bermitra secara berkelanjutan mulai dari perencanaan hingga saat bisnis sudah berjalan.
  • Analisa Desain & Konstruksi. Membantu menganalisa lokasi, desain tempat Barbershop, dan kebutuhan dana pada proses renovasi tempat.
  • Training SDM. Menyiapkan SDM yang kompeten dan memiliki attitude.
  • Supply chain. Menyediakan pasokan kebutuhan Barbershop secara berkelanjutan.
  • Product & Sales Support. Menjamin kualitas produk dan layanan sehingga bisa mengoptimalkan keuntungan bisnis.

 

Merencanakan Bisnis Franchise Barbershop

 

Buat Anda yang masih awam dengan bisnis ini dan bingung harus mulai dari mana, berikut ini adalah hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk memulai bisnis ini.

Seperti pada bisnis lainnya, menjalankan bisnis franchise Barbershop juga perlu perencanaan. Dengan skema franchise, perencanaan terkait produk atau layanan tidak perlu lagi Anda lakukan, namun masih ada beberapa hal lain yang perlu direncanakan.

Perencanaan yang matang akan memudahkan proses setup bisnis. Jangan hanya modal nekat, jadilah pengusaha bijak yang mampu mengukur resiko dan bisa membuat perencanaan usaha dengan tepat.

Dalam business plan, hal-hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:

  • Lokasi

Usaha semacam Barbershop butuh lokasi yang strategis. Bisnis ini fokusnya pada jasa yang dilakukan di tempat. Maka dari itu, lokasi adalah elemen penting yang harus jadi bahan pertimbangan.

Franchisor yang baik pasti akan membantu menganalisis lokasi.

  • Target Market

Target market untuk bisnis Barbershop biasanya menyasar kalangan B-A. Anda bisa menyasar anak muda gaul maupun pria dewasa yang trendy. Sesuaikan saja layanannya untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan target market tersebut.

Menentukan target market juga berkaitan dengan pemilihan lokasi. Lihat karakter orang-orang yang potensial di sekitar lokasi. Pilih lokasi yang sekiranya dekat dengan sekolah elit, area perkantoran, area tongkrongan anak muda, dll.

  • Modal Usaha

Siapkan modal sesuai yang dibutuhkan. Selain membeli franchise, Anda masih membutuhkan modal untuk sewa tempat, dekorasi ruangan, penyediaan fasilitas Barbershop, biaya operasional setidaknya untuk 3 bulan pertama, dll.

Anda juga harus tahu dari mana modal tersebut bisa didapatkan. Apakah dari pinjaman bank atau tabungan.

Bermitralah dengan frinchisor yang bisa melakukan analisa bisnis secara terbuka. Hal tersebut akan memudahkan Anda dalam perencanaan setup Barbershop. Analisa seluruh kebutuhan perlengkapan, peralatan, dan pembiayaan akan dilakukan oleh tim franchisor. Anda hanya perlu menyediakan dananya saja.

  • Promosi

Suatu bisnis tentu saja membutuhkan suatu promosi. Kemudahan bisnis franchise adalah materi promosi yang sudah disediakan. Anda tidak perlu lagi membuat desain untuk promosi.

Anda hanya perlu melakukan perencanaan bagaimana promosi yang efektif untuk menarik minat target konsumen.

Marketing digital harus lebih dioptimalkan. Setup social media secara maksimal, daftarkan Barbershop ke Google Bisnis, dan daftarkan layanan Barbershop ke Go Life (layanan Gojek).

Dengan promosi atau marketing yang baik, bisnis Barbershop Anda akan lebih cepat naik pamornya.

  • Manajemen

Anda akan dimudahkan jika memilih franchise yang mengusung konsep direct management. Anda tidak perlu repot-repot lagi membuat perencanaan manajemen.

Seluruh pengelolaan mulai dari manajemen pemasaran, keuangan, operasional, SDM, asset, dll, bisa dibantu oleh tim franchisor.

Jika Anda memilih franchise yang hanya memberi pendampingan usaha, merencanakan manajemen bisnis adalah hal krusial supaya bisnis bisa berjalan dengan baik.

  • Optimasi Pelayanan

Saat membeli franchise bisnis, pasti ada paket usaha atau layanan yang diberikan. Hal ini lebih memudahkan Anda dalam merencanakan dan menjalankan bisnis. Supaya bisnis bisa lebih optimal, Anda bisa menyiapkan optimasi layanan yang mungkin diterapkan.

Dalam bisnis Barbershop, optimasi layanan yang bisa diberikan misalnya sinyal WiFi yang kencang, menyediakan snack dan minuman, layanan potong rambut panggilan, menyediakan produk perawatan rambut pria, dll.

Bisnis Barbershop sangat mengutamakan experience pelanggan. Selain mengoptimasi layanan, dekorasi ruangan yang unik juga bisa memberi experience menarik.

Anda yang benar-benar serius ingin membangun bisnis Barbershop, bermitra dengan Giovani Barbershop perlu Anda pertimbangkan. Giovani Barbershop siap terlibat sejak perencanaan hingga bisnis mulai beroperasi.

Anda akan dimudahkan karena Giovani Barbershop akan mengelola manajemennya dengan tim yang kompeten. Jika Anda mencari franchise Barbershop terbaik, brand ini adalah pilihan tepat.