13 Pengertian Aplikasi Menurut Para Ahli

Diposting pada

Definisi Aplikasi

Aplikasi berasal dari kata application yang artinya penerapan, lamaran, penggunaan. Secara istilah aplikasi adalah program siap pakai yang dibuat untuk melaksanakan suatu fungsi bagi pengguna atau aplikasi yang lain dan dapat digunakan oleh sasaran yang dituju.


Aplikasi bisa dikatakan suatu perangkat lunak yang siap pakai dengan menjalankan instruksi-instruksi dari pengguna (user), aplikasi banyak diciptakan untuk membantu berbagai keperluan, seperti contoh: membuat laporan, percetakan dan lain-lain.

Pengertian-Aplikasi-Menurut-Para-Ahli


Pengertian Aplikasi

Aplikasi berasal dari kata Aplication yang menurut kamus Komputer Eksekutif (1993:9), Aplication adalah masalah yang memakai teknik pemrosesan data aplikasi biasanya mengacu pada komputasi yang diinginkan, atau pemrosesan data.


Pengertian aplikasi menurut Yan Tirtobisono (1999:21) adalah istilah yang digunakan untuk pengguna komputer bagi pemecahan masalah. Biasanya istilah aplikasi dipasangkan atau digabungkan dengan suatu perangkat lunak misalnya Microsoft Visual Basic 6.0, akan dapat memberikan makna atau arti baru yaitu suatu program yang ditulis atau dibuat untuk menangani masalah tertentu.


Baca Juga : White Box Testing adalah


Beberapa aplikasi yang digabung bersama menjadi suatu paket kadang disebut sebagai suatu paket atau suite aplikasi (application suite). Contohnya adalah Microsoft Office dan OpenOffice.org, yang menggabungkan suatu aplikasi pengolah kata, lembar kerja, serta beberapa aplikasi lainnya. Aplikasi-aplikasi dalam suatu paket biasanya memiliki antarmuka pengguna yang memiliki kesamaan sehingga memudahkan pengguna untuk mempelajari dan menggunakan tiap aplikasi. Sering kali, mereka memiliki kemampuan untuk saling berinteraksi satu sama lain sehingga menguntungkan pengguna. Contohnya, suatu lembar kerja dapat dibenamkan dalam suatu dokumen pengolah kata walaupun dibuat pada aplikasi lembar kerja yang terpisah.


Klasifikasi Aplikasi

Aplikasi dapat digolongkan menjadi beberapa kelas, antara lain:

  1. Perangkat lunak perusahaan (enterprise)

  2. Perangkat lunak infrastruktur perusahaan

  3. Perangkat lunak informasi kerja

  4. Perangkat lunak media dan hiburan

  5. Perangkat lunak pendidikan

  6. Perangkat lunak pengembangan media

  7. Perangkat lunak rekayasa produk

Pada pengertian umumnya, aplikasi adalah alat terapan yang difungsikan secara khusus dan terpadu sesuai kemampuan yang dimilikinya.


13 Pengertian Aplikasi Menurut Para Ahli

1. Menurut Jogiyanto

Aplikasi merupakan penggunaan dalam suatu komputer, instruksi (instruction) atau pernyataan (statement) yang disusun sedemikian rupa sehingga komputer dapat memproses input menjadi output.


2. Menurut Kamus Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Aplikasi adalah penerapan dari rancang sistem untuk mengolah data yang menggunakan aturan atau ketentuan bahasa pemrograman tertentu. Aplikasi adalah suatu program komputer yang dibuat untuk mengerjakan dan melaksanakan tugas khusus dari user (pengguna).


Baca Juga : Rekayasa Perangkat Lunak


3. Wikipedia

Aplikasi adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna.

4. Menurut Rachmad Hakim S

Aplikasi Aplikasi adalah perangkat lunak yang digunakan untuk tujuan tertentu, seperti mengolah dokumen, mengatur Windows &, permainan (game) dan sebagainya.


5. Menurut Harip Santoso

Aplikasi adalah suatu kelompok file (form, class, report) yang bertujuan untuk melakukan aktivitas tertentu yang saling terkait, misalnya aplikasi payroll, aplikasi fixed asset, dll.


6. Menurut Ibisa

Aplikasi adalah alat bantu untuk mempermudah dan mempercepat proses pekerjaan dan bukan merupakan beban bagi penggunanya.


7. Menurut Hengky W. Pramana

Aplikasi merupakan suatu unit perangkat lunak yang dibuat untuk melayani kebutuhan akan beberapa aktivitas seperti sistem perniagaan, game palayanan masyarakat, periklanan, atau semua proses yang hampir dilakukan manusia.


8. Menurut Hendrayudi

Aplikasi adalah kumpulan perintah program yang dibuat untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan tertentu.


9. Yuhefizar (2012)

Aplikasi merupakan program yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pengguna dalam menjalankan pekerjaan tertentu.


Baca Juga : CMOS adalah


10. Menurut Eko. I & Djokopran

Aplikasi merupakan proses atau prosedur aliran data dalam infrastruktur teknologi informasi yang dapat dimanfaatkan oleh para pengambil keputusan yang sesuai dengan jenjang dan kebutuhan (relevan).


11. Menurut Shelly

Aplikasi ialah seperangkat intruksi khusus dalam perangkat lunak komputer yang di rancang agar kita menyelesaikan tugas-tugas tertentu.


12. Menurut Cashman

Aplikasi merupakan intruksi khusus dalam seperangkat komputer yang di rancang agar kita menyelesaikan tugas-tugas tertentu.


13. Verman (2009, p57)

Aplikasi adalah seperangkat intruksi khusus dalam komputer agar kita menyelesaikan tugas-tugas tertentu.


Baca Juga : Repeater adalah


Jenis- Jenis Aplikasi Software

Jenis-jenis Program Aplikasi Sistem Komputer dan penggolongannya :

Program aplikasi adalah program komputer yang ditulis dalam suatu bahasa pemrograman dan dipergunakan untuk menyelesaikan masalah tertentu dan melakukan pekerjaan-pekerjaan sesuai kebutuhan user (yang menggunakan). Dibawah ini adalah berbagai jenis program aplikasi sistem komputer :


  • Aplikasi Kantor

Aplikasi Kantor merupakan program aplikasi yang digunakan untuk mengerjakan pkerjaan kantor, tapi sebenarnya tidak Cuma untuk kantor saja melainkan bisa untuk pekerjaan kampus, sekolahan, dan lain-lain. Beberapa macam aplikasi kantor :


  • Microsoft Office

    Microsoft-Office

Ms. Word
Ms. Excel
Ms. Power Point
Ms. Access
Ms. Front Page
Ms. Outlook Express

  • Star Office

Star-Office

Star Writer
Star Calc
Star Impress
Star Draw Star Image
Star Math
Star Chart
Star Schedule
Star Base
Star Mail
Star Discussion

  • Open Office

Open-Office

Open Office Writer
Open Office Calc
Open Office Impress
Open Office Base
Open Office Draw
Open Office Math


Baca Juga : Software Adalah


  • Aplikasi Multimedia

Aplikasi multimedia merupakan aplikasi yang dapat untuk mendengarkan musik, gambar bergerak, video. Contohnya :


Winamp
Media Player Classic
Gom Player
Jet Audio


  • Aplikasi Desain Grafis

Merupakan aplikasi untuk mendesain atau mengolah gambar yang ada. Sehingga dapat menghasilkan perpaduan gambar yang diinginkan. Macam-macamnya :


Corel
Adobe Photoshop
Paint
Macromedia Flash
Swiss
3D Max
Dream Weaver


  • Aplikasi Video Editing

Merupakan aplikasi untuk mendesain atau mengolah video hasil dari shoot (pengambilan gambar) yang ada. Sehingga dapat menghasilkan perpaduan video yang akhirnya disebut video klip. Macam-macamnya :


Ulead Studio Video Editing
Pinnacle Studio Video Editing
Adobe Premiere
Vegas


  • Aplikasi Permainan

Adalah aplikasi untuk bermain atau dapat dikatakan sebagai aplikasi hiburan. Macam-macamnya :

Game Strategi
Game Petualangan
Game Simulasi
Game Online


  • Alikasi Web

Program Browser merupakan aplikasi yg ada untuk berselancar didunia maya. Maka dari itu keberadaan program browser sangat membantu didalam membuka situs atau alamat domain tertentu. Macam-macam program browser yaitu :


Baca Juga : Internet, Intranet dan Ekstranet


Mozilla Firefox
Internet Explore
Google Chrome
Opera
Netscape Navigator
Safari


  • Aplikasi Jaringan Komputer

Merupakan aplikasi untuk membangun sebuah jaringan komputer serta mengatur struktur jaringan komputer yang ada. Macam-macam aplikasinya :


Paket Tracer
Net Cut
Net Tool
Netop My Class

Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Butuhkan