Pengertian Bangsa Menurut Para Ahli

Diposting pada

20 Pengertian Bangsa Menurut Para Ahli, Ciri dan Faktor Pembentukan – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Bangsa yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian menurut para ahli, ciri dan faktor pembentukan, nah agar lebih memahami dan di mengerti simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian-Bangsa-Menurut-Para-Ahli

Pengertian Bangsa

Bangsa secara umum dapat diartikan sebagai “Kesatuan orang-orang yang sama asal keturunan, adat, agama, dan historisnya”. Bangsa adalah sekelompok besar manusia yang memiliki cita-cita moral dan hukun yang terikat menjadi satu karena keinginan dan pengalaman sejarah di masa lalu serta mendiami wilayah suatu Negara.


Pengertian Bangsa Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pengertian bangsa menurut para ahli, terdiri atas:


  1. Menurut Ernest Renan “1823-1892”

Yang dalam pidatonya di Universitas Sorbone Pari pada tanggal 11 Maret 1882. Bangsa ialah satu jiwa yang melekat pada sekelompok manusia yang merasa dirinya bersatu karena mempunyai nasib dan penderitaan yang sama pada masa lampau dan mempunyai cita-cita yang sama tentang masa depan.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : Pengertian Dan Isi 4 Pilar Bangsa Indonesia Sebagai Negara NKRI


  1. Menurut Otto Van Bauer

Bangsa ialah suatu kelompok manusia yang memiliki karakter “watak” yang sama yang terbentuk karena adanya perasaan senasib yang sama.


  1. Menurut Friederich Ratzel “Faham Geopolitik”

Bangsa ialah kelompok manusia yang terbentuk karena adanya hasrat “kemauan” untuk bersatu yang timbul dari adanya rasa kesatuan antara manusia dan tempat tinggalnya.


  1. Menurut Jacobsen Dan Lipman

Bangsa ialah kelompok manusia yang lahir karena adanya satu kesatuan budaya “Cultural Unity” dan satu kesatuan politik “Political Unity”.


  1. Menurut Hanz Kohn

Bangsa merupakan hasil proses perjuangan sejarah, bangsa itu merupakan golongan yang majemuk dan tidak bisa dirumuskan secara esakta. Hal tersebut terbukti dengan adanya faktor obyektif yang melatarbelakangi dan menjadi ciri khas suatu bangsa, seperti faktor persamaan ras, bahasa, wilayah, adat istiadat dan agama.


  1. Menurut Joseph Stalin

Suatu bangsa terbentuk secara historis, merupakan komunitas rakyat yang stabil yang terbentuk atas dasar kesamaan bahasa, wilayah, ekonomi, serta perasaan psikologis yang terwujud dalam budaya bersama.


  1. Menurut Benedict Anderson

Bangsa ialah suatu komunitas politik yang dibayangkan “imagined community” dalam wilayah yang jelas batasnya dan berdaulat.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : Perkembangan Teknologi Nenek Moyang Bangsa Indonesia Beserta Contoh Alat Yang Di Gunakan


  1. Menurut Anthony D. Smith

Bangsa ialah suatu komunitas manusia yang memiliki nama, menguasai suatu tanah air, memiliki mitos-mitos dan sejarah bersama, budaya politik bersama, perekonomian tunggal dan hal serta kewajiban bersama bagi semua anggotanya.


  1. Menurut Lothrop Stoddard

Bangsa ialah suatu kepercayaan yang dimiliki oleh sejumlah orang yang cukup banyak, bahwa mereka merupakan suatu bangsa.


  1. Menurut Soekarno

Suatu bangsa di samping memiliki ciri-ciri tertentu juga harus ditandai oleh adanya kesamaan rasa cinta tanah air.


  1. Menurut Ki Bagoes Hadikoesoemo

Bangsa ialah bersatunya orang dengan tempat ia berada, persatuan antara orang dengan wilayah.


  1. Menurut Guibernau

Bangsa merupakan sebuah negara kebangsaan mempunyai unsur-unsur yang penting sebagai pengikat, diantaranya seperti, Psikolog, kebudayaan, teritorial, sejarah, politik serta masa depan yang sama.


  1. Menurut KBBI

Bangsa merupakan sekelompok individu yang tinggal di dalam sebuah ikatan batin dan dipersatukan karena sama-sama mempunyai persamaan sumber sejarah serta cita-cita.


  1. Menurut Wikipedia

Bangsa ialah suatu kelompok manusia yang dianggap nasional memiliki identitas bersama dan mempunyai kesamaan bahasa, agama, ideologi, budaya dan sejarah. Mereka umumnya dianggap memiliki asal-usul keturunan yang sama.


  1. Menurut Ahli Ilmu Sosiologis Dan Antropologis

Bangsa merupakan dianggap sebagai persekutuan kehidupan yang dapat berdiri sendiri, di mana setiap anggota dari persekutuan kehidupan tersebut akan merasa satu agama, bahasa, ras, serta istiadat. Namun di lain pihak, ada anggapan persekutuan kehidupan ialah suatu wadah perkumpulan dari semua orang yang saling memerlukan dan bekerja sama guna memperoleh tujuan yang sama di wilayah tertentu.


  1. Menurut Rawink

Bangsa merupakan sekumpulan dari manusia yang bersatu padu atas sebuah wilayah dan juga memiliki keterikatan terhadap wilayah tersebut, bagi kumpulan manusia tersebut, batas teritorial tertentu adalah hal yang paling penting dapat dilihat dari letaknya dalam geografis atas wilayah tertentu.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : Pengertian Guru Menurut Para Ahli


  1. Menurut Rudolf Kjellen

Bangsa merupakan sebuah analisis atau analogi yang membandingkan antara bangsa dan suatu organisme biotik dengan cara menyemakan dari jiwa bangsa berdasarkan nafsu hidup organisme tersebut. Maka hasilnya akan terciptalah satu bangsa memiliki dorongan terhadap kehendaknya untuk hidup, bertahan, serta untuk bertindak sesuka hati mereka “berkuasa”.


  1. Menurut Muhammad Hatta

Bangsa adalah suatu persatuan yang ditentukan oleh keinsyafan, sebagai suatu persekutuan yang tersusun menjadi satu yaitu terbit karena percaya atas persamaan nasib dan tujuan.


  1. Menurut Kranenburg

Bangsa adalah suatu organisasi kekuasaan yang diciptakan oleh sekelompok manusia pada Negara.


  1. Menurut Jalobsen dan Libman

Bangsa adalah suatu kesatuan budaya (cultural unity) dan kesatuan (Politic unity).


Ciri-Ciri Bangsa

Berikut ini terdapat beberapa ciri-ciri bangsa, terdiri atas:
  • Memiliki nama,
  • Wilayah tertentu,
  • Mitos leluhur bersama,
  • Kenangan bersama,
  • Satu atau beberapa budaya yang sama dan solidaritas tertentu.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : Penjelasan Ciri Beserta Hakikat Sosiologi Menurut Para Ahli


Faktor-Faktor Pembentukan Bangsa

Berikut ini terdapat beberapa faktor-faktor pembentukan bangsa, terdiri atas:


  1. Primordial yang termasuk dalam faktor ini yaitu ikatan kekerabatan, kesamaan suku bangsa, daerah, bahasa dan adat istiadat.
  2. Sakral dalam faktor ini yaitu adanya kesamaan agama yang dianut oleh masyarakat dan dalam hal ini agama dapat membentuk suatu ideologi doktrin yang kuat dalam masyarakat, sehingga keterkaitannya dapat menimbulkan bangsa.
  3. Tokoh menjadi salah satu faktor pembentuk bangsa karena bagi masyarakat, tokoh dijadikan sebagai panutan untuk mewujudkan misi-misi bangsa.
  4. Sejarah merupakan salah satu faktor pembentukan bangsa karena sejarah dan pengalaman masa lalu seperti penderitaan akan melahirkan solidaritas sehingga memungkinkan untuk membentuk satu tekad dan satu tujuan antar kelompok masyarakat.
  5. Perkembangan Ekonomi dikatakan sebagai faktor pembentukan bangsa karena semakin meningkatnya perkembangan ekonomi semakin beragam pula kebutuhan masyarakatsehingga membuat masyarakat semakin ketergantungan satu sama lain dan secara tidak langsung akan membuat masyarakat ingin membentuk satu kesatuan yaitu bangsa sebagai jalan untuk memenuhi kebutuhan satu sama lain.

Demikianlah pembahasan mengenai 20 Pengertian Bangsa Menurut Para Ahli, Ciri dan Faktor Pembentukan semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Butuhkan