Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

33 Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli dalam Bukunya – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Globalisasi yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian menurut para ahli, nah agar dapat lebih memahami dan dimengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

Pengertian Globalisasi

Globalisasi adalah proses integrasi internasional yang terjadi akibat pertukaran pandangan dunia, produk, ide-ide, dan aspek budaya lainnya. Kemajuan transportasi dan infrastruktur telekomunikasi, termasuk munculnya telegraf dan internet, faktor utama dalam globalisasi lebih lanjut mendorong saling ketergantungan saling ketergantungan dan kegiatan ekonomi budaya.


Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pengertian globalisasi menurut para ahli, terdiri atas:


  1. Menurut John Huckle (Miriam Steiner, 1996)

Globalisasi adalah suatu proses dengan mana kejadian, keputusan dan kegiatan di salah satu bagian dunia, menjadi konsekuensi yang signifikan bagi individu dan masyarakat yang jauh.

Loading...

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : Globalisasi Dalam Bidang Budaya Beserta Contohnya


  1. Menurut Albrow (Yaya, 1998)

Globalisasi adalah keseluruhan proses di mana manusia di bumi ini (dimasukkan) diinkoporasikan ke dalam masyarakat dunia tunggal, masyarakat global. Oleh sebab itu, proses ini bersifat majemuk sehingga kita pun memandang globalisasi di dalam kemajemukan. Globalisasi mengandung unsur dari proses, individu/manusia yang heterogen, tetapi memiliki kebutuhan yang sama.


  1. Menurut A.G. McGrew

Globalisasi mengacu pada keseragaman hubungan dan saling keterkaitan antarmasyarakat yang membentuk sistem dunia modern. Globalisasi adalah proses di mana berbagai peristiwa keputusan dan kegiatan di belahan dunia yang satu dapat membawa konsekuensi penting bagi berbagai individu dan masyarakat di belahan dunia yang lain.


  1. Menurut M. Waters

Globalisasi adalah sebuah proses sosial di mana halangan-halangan bersifat geografis pada tatanan sosial dan budaya semakin menyusut dan setiap orang kian sadar bahwa mereka semakin dekat satu sama lain.


  1. Menurut Emmanuel Richter

Jaringan kerja globalisasi yang secara bersamaan menyatukan masyarakat yang sebelumnya terpencar-pencar dan terisolasi dalam planet ini ke dalam ketergantugan dan persatuan dunia.


  1. Menurut Bank Dunia

Globalisasi berarti kebebasan dan kemampuan individu dan perusahaan untuk memprakarsai transaksi ekonomi dengan orang-orang dari negara-negara lain.


  1. Menurut International Monetary Fund (IMF)

Globalisasi berarti meningkatnya saling ketergantungan ekonomi antara negara-negara di dunia yang ditandai oleh meningkat dan bergamnya volume transaksi barang dan jasa lintas negara dan penyebaran teknologi yang meluas dan cepat.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : Globalisasi Di Bidang Politik – Pengertian, Dampak, Pengaruh Dan Contohnya


  1. Menurut Lodge

Globalisasi adalah suatu proses yang menempatkan masyarakat dunia dapat menjangkau satu dengan yang lain atau saling terhubungkan dalam semua aspek kehidupan mereka, baik dalam aspek budaya, ekonomi, politik, teknologi, maupun lingkungan.


  1. Menurut Ichlasul Amal

Globalisasi adalah proses munculnya masyarakat global, yaitu suatu dunia yang terintegrasi secara fisik dengan melampaui batas-batas negara, baik ideologis dan lembaga-lembaga politik dunia.


  1. Menurut Sri Budi Eko Wardani

Globalisasi adalah suatu proses di mana hubungan-hubungan atau transaksi ekonomi, politik, dan sosial kultural makin tak memperhitungkan batas-batas negara dan mengaburkan batas kedaulatan suatu negara.


  1. Menurut Laurence E. Rothenberg

Globalisasi adalah kecepatan dan intensifikasi interaksi dan integrasi antara orang-orang, perusahaan dan pemerintahan dari negara-negara yang berbeda.


  1. Menurut Selo Soemardjan

Globalisasi adalah suatu proses terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antarmasyarakat seluruh dunia.


  1. Menurut Achmad Suparman

Globalisasi adalah suatu proses menjadikan sesuatu (benda atau perilaku) sebagai ciri dari setiap individu di dunia ini tanpa dibatasi oleh wilayah suatu negara.


  1. Menurut Scholte

Globalisasi diartikan sebagai meningkatnya hubungan internasional. Dalam hal ini tiap-tiap negara tetap mempertahankan identitasnya masing-masing, namun semakin tergantung satu sama lain.


  1. Menurut Leonor Briones

Demokrasi bukan hanya dalam bidang perniagaan dan ekonomi namun juga mencakup globalisasi institusi-institusi demokratis, hak asasi manusia, pembangunan sosial, dan pergerakan perempuan.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : 7 Faktor Pendorong Terjadinya Globalisasi


  1. Menurut Steger

Globalisasi adalah kondisi sosial yang ditandai dengan adanya interkoneksi ekonomi, politik, budaya dan lingkungan global dan arus yang membuat banyak dari perbatasan saat ini sudah ada dan batas-batas yang tidak relevan.


  1. Menurut Anthony Giddens

Proses peningkatan kesalingtergantungan masyarakat dunia dinamakan dengan globalisasi. Globalisasi ditandai oleh kesenjangan tingkat kehidupan antara masyarakat industri dan masyarakat dunia ketiga ( yang pernah dijajah barat dan mayoritas hidup dari pertanian).


  1. Menurut Tom G. Palmer

Globalisasi sebagai “penyusutan atau penghapusan negara diberlakukan pembatasan pertukaran lintas batas dan sistem global yang semakin terintegrasi dan kompleks produksi dan pertukaran yang telah muncul sebagai sebuah akibat.


  1. Menurut Lucian W. Pye

Globalisasi sebagai sebuah gejala tersebarnya nilai-nilai dan budaya tertentu keseluruh dunia (sehingga menjadi budaya dunia atau worldculture).


  1. Menurut Takis Fotopoulos

Globalisasi ekonomi “sebagai pembukaan dan deregulasi pasar komoditas, modal dan tenaga kerja yang menyebabkan globalisasi neoliberal”. Globalisasi politik “munculnya elit transnasional dan keluar bertahap dari negara-bangsa”. Globalisasi budaya “adalah homogenisasi budaya di seluruh dunia”.


  1. Menurut Joseph Stiglitz

Globalisasi adalah integrasi lebih dekat dari negara dan penduduk dunia dibawa oleh pengurangan besar biaya transportasi dan komunikasi, dan dipatahkannya rintangan buatan untuk arus barang, jasa, modal, pengetahuan, dan orang diseluruh perbatasan.


  1. Menurut Thomas L. Friedman

Globalisasi memiliki dimensi ideologi dan tekonologi. Dimensi teknologi yaitu kapitalisme dan pasar bebas, sedangkan dimensi ideologi adalah teknologi informasi yang menyatukan dunia.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : “Globalisasi” Pengertian, Penyebab & ( Dampak Postif – Dampak Negatif )


  1. Menurut Merriam Webster Dictionary

Perkembangan ekonomi global yang semakin terintegrasi ditandai terutama oleh perdagangan bebas, arus modal yang bebas, dan menekan lebih murah pasar tenaga kerja asing.


  1. Menurut Dr. Nayef R.F. Al-Rodhan

Globalisasi adalah proses yang meliputi penyebab, kasus dan konsekuensi dari integrasi transnasional dan transkultural kegiatan manusia dan non-manusia.


  1. Menurut Peter Drucker

Globalisasi adalah zaman transformasi sosial.


  1. Menurut Wikipedia Ensiklopedia

Globalisasi adalah proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya.


  1. Menurut Princenton N. Lyman

Globalisasi adalah pertumbuhan yang sangat cepat atas saling ketergantungan dan hubungan antara Negara-negara didunia dalam hal perdagangan dan keuangan.


  1. Menurut Laurence E. Rotenberg

Globalisasi adalah percepatan dan intensifikasi hubungan dan integrasi antara orang-orang, perusahaan dan pemerintah dari negara yang berbeda.


  1. Menurut Informasiana

Globasisasi adalah sebagai sebuah proses dimana batas-batas dalam suatu negara menjadi bertambah sempit karena terdapatnya kemudahan dalam berubungan antar negara baik perdagangan, gaya hidup, informasi dan dalam bentuk hubungan.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : “Globalisasi Terhadap Nasionalisme” Pengaruh & ( Membuka Peluang )


  1. Menurut Agung Feriyanto

Globalisasi adalah sebagai sebuah proses terintegrasinya bangsa-bangsa di dunia dalam sebuah sistem global yang melintasi batas-batas negara.


  1. Menurut Edison A. Jamli dkk

Globalisasi adalah sebuah proses yang timbuk dari sebuah ide, lalu ditawarkan supaya ikut serta oleh bangsa lain yang pada akhirnya akan sampai pada sebuah titik kesepakatan bersama dan menjadi pedoman bersama bagi bangsa-bangsa yang berada di seluruh dunia.


  1. Menurut Ryan Robertson

Globalisasi adalah proses mengecilnya dunia dan mengembangnya kesadaran akan dunia sebagai satu kesatuan, kesaling tergantungan dan kesadaran global akan dunia yang menyatu pada abad ke-20.


  1. Menurut A.G. Mc Grew

Globalisasi adalah suatu proses di mana beraneka macam kejadian, keputusan dan aktivitas di belahan dunia yang satu bisa membawa konsekuensi penting bagi beraneka macam seseorang dan masyarakat di belahan dunia yang lain.


Demikianlah pembahasan mengenai 33 Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli dalam Bukunya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Send this to a friend