Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

41 Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli dalam Bukunya – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Ilmu Ekonomi yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian menurut para ahli, nah agar dapat lebih memahami dan dimengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

Pengertian Ilmu Ekonomi

Kata “ekonomi” sendiri berasal dari kata Yunani οἶκος (oikos) yang berarti “keluarga, rumah tangga” dan νόμος (nomos), atau “peraturan, aturan, hukum,” dan secara garis besar diartikan sebagai “aturan rumah tangga” atau “manajemen rumah tangga.” Sementara yang dimaksud dengan ahli ekonomi atau ekonom adalah orang menggunakan konsep ekonomi dan data dalam bekerja.


Jadi, Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Inti masalah ekonomi adalah adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas. Permasalahan itu kemudian menyebabkan timbulnya kelangkaan.


Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli, terdiri atas:


  1. Menurut Paul A. Samuelson

Menyatakan bahwa ilmu ekonomi adalah suatu studi tentang cara orang-orang dan masyarakat membuat pilihan, dengan atau tanpa menggunakan uang, dalam menggunakan sumber daya produksi yang terbatas tetapi dapat dipergunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai jenis komoditas dari waktu ke waktu dan mendistribusikannya untuk keperluan konsumsi saat ini atau di masa datang, kepada berbagai orang atau kelompok dalam masyarakat.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : Penjelasan Sistem Upah Menurut Ilmu Ekonomi


  1. Menurut Adam Smith

Mengatakan bahwa ekonomi ialah penyelidikan tentang keadaan dan sebab adanya kekayaan negara.


  1. Menurut J . B. Say

Menyatakan bahwa ekonomi sebagai suatu kajian tentang peraturan yang bisa menentukan kekayaan.


  1. Menurut J . S. Mill

Menyatakan bahwa ekonomi adalah ilmu praktis tentang produksi dan distribusi kekayaan.


  1. Menurut Alfred Marshall

Mengatakan bahwa ekonomi adalah studi tentang umat manusia dalam usaha mengkaji bagian dari tindakan individu dan sosial yang paling dekat dengan pencapaian dan penggunaan kesejahteraan material.


  1. Menurut Penson

Mengatakan bahwa ekonomi adalah ilmu kesejahteraan material.


  1. Menurut Lionel Robbins

Mengatakan bahwa ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia sebagai kaitan antara tujuan (ends) dan sarana yang langka (scarce means) yang mempunyai banyak alternatif kegunaan.


  1. Menurut Richard G. Lipsey

Menyatakan bahwa ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari pemanfaatan sumber daya yang langka untuk memenuhi keinginan manusia yang tidak terbatas.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : Asumsi : Pengertian Dalam Ekonomi, Filsafat, Penelitian Dan Penyampaian


  1. Menurut N. Gregory Mankiw

Menyatakan bahwa ilmu ekonomi adalah studi tentang cara masyarakat mengelola sumber-sumber daya yang langka.


  1. Menurut Robert B. Ekelund Jr. dan Robert D. Tollison

Mengatakan bahwa ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari cara individu dan masyarakat yang mempunyai keinginan yang tidak terbatas memilih untuk mengalokasikan sumber daya yang terbatas untuk memuaskan keinginan mereka.


  1. Menurut Suherman Rosydi

Mengatakan bahwa Ilmu ekonomi adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang berdaya upaya untuk memberikan pengetahuan dan pengertian tentang gejala-gejala masyarakat yang timbul karena perbuatan manusia dalam usahanya untuk memenuhi kebutuhan atau untuk mencapai kemakmuran.


  1. Menurut Ensiklopedi Indonesia

Mengatakan bahwa Ilmu ekonomi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari usaha-usaha manusia untuk mencapai kemakmuran serta gejala-gejala dan hubungan yang timbul dari usaha tersebut.


  1. Menurut Jack Hirshleifer

Mengatakan bahwa Ilmu ekonomi merupakan studi tentang keputusan dalam memilih di antara berbagai tindakan yang mungkin di ambil, atau ilmu ekonomi juga mempelajari apa yang terjadi bila keputusan bermacam-macam orang saling mempengaruhi satu dengan yang lainnya.


  1. Menurut Case and Fair

Mengatakan bahwa Ilmu ekonomi adalah studi tentang bagaimana individu dan masyarakat mengambil pilihan untuk menggunakan sumber daya yang langka yang telah disediakan oleh alam dengan generasi sebelumnya.


  1. Menurut M. Manullang

Ilmu ekonomi merupakan suatu ilmu yang mempelajari masysrakat dalam usahanya untuk mencapai kemakmuran (kemakmuran suatu keadaan dimana manusia dapat memenuhi kebutuhannya, baik yang berupa barang-barang maupun jasa).


  1. Menurut Aristoteles

Menyatakan bahwa Ilmu ekonomi merupakan sebagai sutau cabang dapat digunakan dengan dua jalan yaitu kemungkinan untuk dipakai dan kemungkinan untuk ditukarkan dengan barang. Nilai pemakaian dan nilai pertukaran.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : Sistem Ekonomi Islam : Pengertian Menurut Para Ahli Dan ( Tujuan – Ciri – Prinsip )


  1. Menurut Khursid ahmad

Menyatakan bahwa Ilmu ekonomi merupakan suatu upaya sistematis yang mencoba memahami permasalahan ekonomi dan perilaku manusia dalam hubungan dengan permasalahan tersebut dari sudut pandang islam.


  1. Menurut M. Akram Khan

Menyatakan bahwa Ilmu ekonomi merupakan ilmu yang bertujuan mempelajari kesejahteraan manusia (falah) yang dicapai dengan mengorganisir sumber-sumber daya bumi atas dasar kerjasama dan pertisipasi.


  1. Menurut Amwal

Menyatakan bahwa Ilmu ekonomi merupakan salah satu cabang ilmu atau studi yang memjelaskan tentang bagaimana menentukan keputusan yang efektif dalam mengelola sumber daya yang ada dalam rangka memenuhi kebutuhan individu/masyarakat.


  1. Menurut Willian Beveridge

Menyatakan bahwa Ilmu ekonomi adalah suatu kajian tentang cara manusia bekerjasama untuk mendapatkan keperluan material


  1. Menurut Louis Cantori

Mendefinisikan ilmu ekonomi dari segi Islam, menurutnya ekonomi adalah: “masalah menjamin berputarnya harta diantara manusia, sehingga manusia dapat memaksimalkan fungsi hidupnya sebagai hamba Allah untuk mencapai falah di dunia dan akherat (hereafter).


  1. Menurut A. C. Pigou

Menyatakan bahwa Ilmu ekonomi adalah satu kajian untuk menambahkan jumlah pengeluaran untuk meningkatkan taraf hidup.


  1. Menurut Edwin Cannan

Menyatakan bahwa Ilmu ekonomi adalah suatu studi yg bertujuan untuk menerangkan faktor-faktor umum yang menentukan kabajikan material.


  1. Menurut Lionel Robbins (1995)

Menyatakan bahwa ilmu ekonomi adalah suatu ilmu yang mengkaji tingkah laku manusia yang berhubungan dengan kehendak mereka yang tidak terbatas dengan sumber-sumber terbatas dengan memaksimalkan kegunaan (utility).

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : “Ruang Lingkup Ekonomi Industri” Pengertian & ( Struktur – Perilaku – Kinerja )


  1. Menurut Hennpman

Bagian terbesar dari pada teori ekonomi,terutama teori nilai,bertugas untukm menganalisa manusia dan reaksinya dalam kehidupan ekonomi


  1. Menurut Dr. Soelistijo, MBA

Ilmu yang mempelajari tentang bagaimana manusia atau masyarakat menentukan pilihan mengenai penggunaan sumberdaya yang langka dan pempunyai kemungkinan penggunaan alternatif untuk menghasilkan berbagai barang dan jasa serta mendistribusikannya untuk konsomsi berbagai-bagai orang dan kelompok orang yang terdapat dalam masyarakat, baik kini maupun masa yang akan datang dan dengan menggunakaan uang maupun tidak.


  1. Menurut Frank Knfht

Studi mengenai ilmu ekonomi, adalah studi mengenai cara bertindak ekonomis.


  1. Menurut Prof. Dr. J.L Mey Jr.

Ilmu Ekonomi adalah Ilmu Pengetahuan Yang Mempelajari Usaha Manusia Kearah Kemakmuran.


  1. Menurut Von Neumann dan Morgenstern

Ilmu ekonomi adalah disiplin ilmu yang sayang sekali bila tidak diperlakukan secara tidak ilmiah karena para tokoh terkemukanya sibuk mengurusi solusi-solusi untuk menghadapi masalah-masalah mendesak zaman itu


  1. Menurut Samuekon

Ilmu ekonomi adalah sebuah studi yang menganalisis kerugian dan keuntungan meningkatkan pola-pola tertentu dalam pemakaian sumber daya.


  1. Menurut Ruenez

Ilmu ekonomi adalah Ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dalam menghadapi kebutuhan-kebutuhannya dengan sarana-sarananya yang terbatas yang memmpunyai berbagai macam fungsi.


  1. Menurut Alfred W. Stonier

Alfred W. Stonier membagi ilmu ekonomi menjadi 3 kelompok, yaitu :


  • ilmu ekonomi deskriptif

ilmu ekonomi mendiskripsikan data-data yang menjelaskan berbagai fenomena dan kenyataan yang terjadi.


  • teori ekonomi

ilmu ekonomi memberikan penjelasan yang disederhanakan tentang caranya suatu sistem ekonomi bekerja dan ciri-ciri yang penting dari sistem seperti itu.


  • ilmu ekonomi terapan

ilmu ekonomi mempergunakan rangka dasar umum dan analisis yang diberikan oleh ekonomi teori untuk menerangkan sebab-sebab dan arti pentingnya kejadian-kejadian yang dilaporkan oleh para ahli ekonomi deskriptif.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : “Ekonomi Manajerial” Pengertian & ( Ruang Lingkup – Sifatnya )


  1. Menurut Rostow

Rostow membagi ekonomi dalam lima tahap pertumbuhan, yaitu :

  • masyarakat tradisional
  • prasyarat untuk tinggal landas
  • tinggal landas
  • dewasa (mastury)
  • masa konsumsi missal

  1. Menurut J.S. Mill

Ilmu ekonomi adalah suatu ilmu yang berhubungan dengan pengeluaran hasil negara.


  1. Menurut David Ricardo

Ilmu ekonomi adalah suatu kajian tentang hukum berbagai jenis golongan masyarakat.


  1. Menurut F.A. Walke

Ilmu ekonomi adalah suatu cabang ilmu yang berhubungan dengan kekayaan.


  1. Menurut KBBI

lmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari mengenai produksi, distribusi dan konsumsi barang. Serta berbagai masalah yang berhubungan dengan itu.


  1. Menurut Rosyidi

Ilmu ekonomi adalah sebuah cabang ilmu sosial yang mempelajari tentang memfokuskan objeknya pada seseorang dan masyarakat.


  1. Menurut Albert L. Meyers

Ilmu ekonomi adalah suatu ilmu yang mempelajari mengenai apa saja keperluan yang harus dimiliki dan diperlukan oleh manusia serta bagaimana cara memuaskan keperluan tersebut dengan cara apa manusia dapat memenuhi keperluan hidupnya.


  1. Menurut Gunnar Myrdal

Ilmu ekonomi adalah cabang ilmu yang mempelajari dari ilmu sosial, sehingga ilmu ekonomi tidak terlepas hubungannya dengan ilmu sosial lainnya, misalnya politik, psikologi, geografi, antropologi dan lain-lainnya.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : “Ekonomi Moneter” Pengertian & ( Tujuan – Ruang Lingkup – Konsep Dasar )


  1. Menurut Frank Knight

Ilmu ekonomi adalah sebuah cabang ilmu yang mempelajari pengetahuan dan pandangan bagi semua orang mengenai cara hidup yang ekonomis.


Demikianlah pembahasan mengenai 41 Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli dalam Bukunya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Send this to a friend