Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

31 Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli dalam Bukunya – Kewirausahaan atau (Entrepreneurship) adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi hidup.  Visi ini mungkin ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik untuk menjalankan hal-hal. Hasil akhir dari proses ini adalah penciptaan usaha baru dibentuk dalam kondisi risiko atau ketidakpastian. Kewirausahaan memiliki arti yang berbeda di antara para ahli atau sumber acuan untuk gravitasi yang berbeda dan penekanan.

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pengertian kewirausahaan menurut para ahli, terdiri atas:


  1. Menurut Richard Cantillon (1775)

Kewirausahaan sebagai pekerjaan itu sendiri (wirausaha). Seorang pengusaha membeli barang saat ini pada harga tertentu dan menjualnya pada masa yang akan datang dengan harga tidak menentu. Jadi definisi ini lebih menekankan pada bagaimana seseorang beresiko atau ketidakpastian.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : Penjelasan Tahap-Tahap Dalam Kewirausahaan Menurut Para Ahli


  1. Menurut Arif F. Hadipranata

Kewirausahaan adalah orang yang mengambil risiko yang diperlukan untuk mengelola dan mengatur semua urusan, dan menerima sejumlah keuntungan keuangan dan non-keuangan.


  1. Menurut Thomas W. Zimmerer

Kewirausahaan adalah penerapan inovasi dan kreativitas untuk memecahkan masalah dan memanfaatkan peluang yang orang lain hadapi setiap hari.


  1. Menurut Andrew J Dubrin

Kewirausahaan adalah seseorang yang menjalankan dan membangun bisnis yang inovatif.


  1. Menurut Robbin dan Coulter

Kewirausahaan adalah suatu proses dimana seseorang atau sekelompok individu menggunakan upaya terorganisir dan sarana untuk mencari kesempatan dan menciptakan nilai yang tumbuh untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui inovasi dan keunikan, tidak peduli apa sumber daya yang digunakan saat ini.


  1. Menurut Jean Baptista Say

Seorang pengusaha adalah agen yang menggabungkan berbagai alat produksi dan menemukan nilai dari produk tersebut.


  1. Menurut Penrose (1963)

Kegiatan kewirausahaan mencakup berbagai peluang yang diidentifikasi dalam sistem ekonomi. Kemampuan kewirausahaan atau kapasitas berbeda dari kapasitas manajerial.


  1. Menurut Raymond

Kewirausahaan adalah seseorang yang inovatif, kreatif dan mampu kreativitas mewujudkanya untuk meningkatkan kesejahteraan diri dalam lingkungan dan masyarakat.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : Inflasi Dan Deflasi


  1. Menurut Kain Dr Wol Halus

Kewirausahaan yang merupakan jiwa pemberani yang berani mengambil risiko untuk membuka usaha dalam berbagai kesempatan.


  1. Menurut Harvey Leibenstein (1968, 1979)

Kewirausahaan adalah mencakup kegiatan yang dibutuhkan untuk membuat atau melaksanakan perusahaan ketika semua pasar belum atau belum teridentifikasi dengan jelas, atau komponen fungsi produksi tidak diketahui sepenuhnya.


  1. Menurut Peter F Drucker

Kewirausahaan adalah Kemampuan untuk membuat atau menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda.


  1. Menurut Kathleen

Kewirausahaan adalah orang yang menjalankan, mengatur, dan mengambil risiko untuk pekerjaan yang dilakukan selama dunia bisnis.


  1. Menurut Acmad Sanusi

Kewirausahaan adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku dasar tujuan, trik, taktik, propulsi, proses dan hasil bisnis.


  1. Menurut Soeharto Prawiro

Kewirausahaan adalah suatu nilai yang diperlukan untuk memulai pengembangan bisnis dan bisnis.


  1. Menurut Frank Ksatria

Kewirausahaan adalah seorang pengusaha mencoba untuk mengatasi dan memprediksi perubahan di pasar. Penjelasan ini menekankan peran pengusaha dalam menghadapi ketidakstabilan di dinamika pasar. Seorang pengusaha diperlukan untuk melakukan semua fungsi manajerial dasar seperti pengawasan dan bimbingan.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : Budaya Organisasi – Pengertian, Fungsi, Karakteristik, Pentingnya, Tujuan & Jenisnya


  1. Menurut Mas’ud Machfoedz dan Mahmud Machfoedz

Kewirausahaan adalah salah satu yang memiliki kesempatan untuk berubah menjadi sebuah ide yang bisa dijual, mampu memberikan nilai plus lewat usaya, biaya, waktu dan keterampilan yang bertujuan untuk membuat keuntungan.


  1. Menurut Joseph Schumpeter

Kewirausahaan adalah salah satu yang mendapat kesempatan dan menciptakan sebuah organisasi untuk mengejar kesempatan seperti itu.


  1. Menurut Stein dan John F.Burgess

Kewirausahaan adalah salah satu yang mengatur, mengelola dan berani mengambil risiko untuk menciptakan peluang bisnis dan bisnis baru.


  1. Menurut J.B Say

Kewirausahaan adalah bahwa pengusaha dapat mengelola berbagai sumber daya yang mereka miliki secara ekonomi dan meningkatkan produktivitas rendah menjadi tinggi.


  1. Menurut Soeparman Spemahamidjaja

Kewirausahaan adalah suatu kemampuan (ability) dalam berfikir kreatif dan berperilaku inovatif yang dijadikan dasar, sumber daya, tenaga penggerak tujuan, siasat kiat dan proses dalam menghadapi tantangan hidup.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : Tujuan UMKM : Jenis, Ciri, Kriteria, Karakteristik dan Pengertian


  1. Menuru S. Wijandi

Kewirausahaan adalah suatu sifat keberanian, keutamaan dalam keteladanan dalam mengambil resiko yang bersumber pada kemampuan sendiri.


  1. Menurut Norman M. Scarborough dan Thomas W. Zimmerer

Kewirausahaan adalah merupakan proses menciptakan sesuatu yang berbeda dengan mengabdikan seluruh waktu dan tenaganya disertai dengan menanggung resiko keuangan, kejiwaan, sosial, dan menerima balas jasa dalam bentuk uang dan kepuasan pribadinya.


  1. Menurut Robbin & Coulter

Kewirausahaan merupakan suatu proses dimana seseorang ataupun suatu kelompok individu menggunakan upaya yang terorganisir & sarana untuk mencari sebuah peluang dan menciptakan suatu nilai yang tumbuh dengan memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui sebuah inovasi & keunikan, tidak mempedulikan apapun sumber daya yang digunakan pada saat ini.


  1. Menurut Kasmir

Kewirausahaan adalah seorang yang berjiwa pemberani yang berani mengambil resiko untuk membuka sebuah usaha di berbagai kesempatan yang ada.


  1. Menurut Israel Kirzner

Wirausahawan mengenali dan bertindak terhadap peluang pasar. Entrepreneurship Center at Miami University of Ohio: Kewirausahaan sebagai proses mengidentifikasi, mengembangkaan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu.


  1. Menurut Frank Knight

Wirausahawan mencoba untuk memprediksi dan menyikapi perubahan pasar. Definisi ini menekankan pada peranan wirausahawan dalam menghadapi ketidakpastian pada dinamika pasar. Seorang worausahawan disyaratkan untuk melaksanakan fungsi-fungsi manajerial mendasar seperti pengarahan dan pengawasan.


  1. Menurut Wikipedia

Kewirausahaan (bahasa Inggris: entrepreneurship) atau Wirausaha adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : “Pasar Input” Pengertian & ( Ciri – Macam )


  1. Menurut Syamsudin Suryana

Kewirausahaan adalah seseorang yang memiliki karakteristik percaya diri, berorientasi pada tugas dan hasil, pengambil resiko yang wajar, kepemimpinan yang lugas, kreatif menghasilkan inovasi, serta berorientasi pada masa depan.


  1. Menurut Prawirokusumo

Kewirausahaan adalah mereka yang melakukan upaya-upaya kreatif dan inovatif dengan jalan mengembangkan ide dan meramu sumber daya untuk menemukan peluang dan perbaikan hidup.


  1. Menurut Raymond W.Y. Kao

Kewirausahaan adalah orang yang mampu menciptakan dan merancang suatu gagasan menjadi realita.


Demikian Pembahasan Tentang 31 Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli dalam Bukunya Semoga Bermanfaat Buat Para Sahabat Setia Dosenpendidikan.Com … 😀

Send this to a friend