Pengertian Komunitas Menurut Para Ahli

Diposting pada

10 Pengertian Komunitas Menurut Para Ahli, Nama, Macam, Struktur, Manfaat & Contoh – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Komunitas yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian menurut para ahli, nama, macam, struktur, manfaat dan contoh, nah agar lebih memahami dan di mengerti simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian-Komunitas-Menurut-Para-Ahli

Pengertian Komunitas

Komunitas adalah sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama. Dalam masyarakat manusia, individu-individu di dalamnya dapat memiliki maksud, kepercayaan, sumber daya, preferensi, kebutuhan, risiko, mengumbar dan sejumlah kondisi lain yang serupa. Komunitas berasal dari communitas Latin yang berarti “kesamaan”, kemudian dapat diturunkan dari communis yang berarti “sama, publik, dibagi oleh semua atau banyak”.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : Masyarakat Multikultural


Pengertian Komunitas Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pengertian komunitas menurut para ahli, terdiri atas:


  1. Menurut George Hillery Jr.

Komunitas adalah sekelompok orang yang tinggal di daerah dan memiliki hubungan untuk berinteraksi dengan satu sama lain.


  1. Menurut Christensson dan Robinson

Menurut kami, Komunitas adalah orang-orang yang tinggal di darah yang terbatas secara geografis, mereka berkomunikasi dengan satu sama lain dan memiliki ikatan antara orang-orang yang tinggal di sana dan daerah tempat tinggal.


  1. Menurut Fairi

Komunitas adalah hasil dari pertemuan masyarakat dalam jumlah kecil dan terlibat di tempat yang ditunjuk.


  1. Menurut Zakapedia

Komunitas adalah kumpulan dari berbagai populasi yang hidup pada suatu waktu dan daerah tertentu yang berinteraksi dan saling mempengaruhi. Komunitas memiliki tingkat integrasi yang lebih kompleks daripada individu dan populasi. Dalam masyarakat, semua organisme merupakan bagian dari masyarakat dan antarkomponennya saling berhubungan melalui keragaman interaksi mereka.


Tempat hewan atau tumbuhan yang disebut habitat. Aktivitas organisme dalam pemanfaatan sumber daya alam dan bagaimana sumber daya dan bagaimana organisme alami mempengaruhi organisme lain, berkaitan dengan niche atau ceruk. Ekologi Charles Elton menjelaskan relung ekologis dari suatu organisme sebagai jabatan fungsional di masyarakat.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : 70 Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli


  1. Menurut Vanina Delobelle

Komunitas merupakan sarana berkumpulnya orang-orang yang memiliki kepentingan bersama, komunitas yang dibentuk oleh empat faktor:

  • Keinginan untuk berbagi dan berkomunikasi di antara anggota sesuai dengan kepentingan bersama
  • Basecamp atau wilayah di mana mereka biasanya berkumpul
  • Berdasarkan kebiasaan di antara anggota yang selalu hadir

  1. World Health Organization – WHO (1974)

Menurut WHO, komunitas merupakan kelompok sosial yang ditentukan oleh batas-batas wilayah, nilai-nilai keyakina dan minat yang sama, serta adanya saling mengenal dan interaksi antara anggota masyarakat yang satu dengan yang lainnya.


  1. Spradley (1985)

Menurut Spradley, komunitas merupakan sekumpulan orang yang saling bertukar pengalaman penting dalam hidupnya.


  1. Koentjaraningrat (1990)

Menurut Koentjaraningrat, komunitas merupakan suatu kesatuan hidup manusia yang menempati suatu wilayah nyata dan yang berinteraksi menurut suatu sistem adat-istiadat serta terikat oleh suatu rasa identitas dalam komunitas.


  1. Sounders (1991)

Menurut Sounders, komunitas merupakan tempat atau kumpulan orang-orang atau sistem sosial.


  1. Wahit (2005)

Menurut Wahit, komunitas merupakan sekelompok individu yang tinggal pada wilayah tertentu, memiliki nilai-nilai keyakinan dan minat yang relatif sama, serta adanya interaksi satu sama lain untuk mencapai tujuan.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : Kerjasama Asean


Nama Komunitas

Nama komunitas harus dapat memberikan keterangan mengenai sifat-sifat komunitas tersebut. Cara yang paling sederhana, memberi nama itu dengan menggunakan kata-kata yang dapat menunjukkan bagaimana wujud komunitas seperti padang rumput, padang pasir, hutan jati.


Cara yang paling baik untuk menamakan komunitas itu adalah dengan mengambil beberapa sifat yang jelas dan mantap, baik hidup maupun tidak. Ringkasannya pemberian nama komunitas dapat berdasarkan :

  1. Bentuk atau struktur utama seperti jenis dominan, bentuk hidup atau indikator lainnya seperti hutan pinus, hutan agathis, hutan jati, atau hutan Dipterocarphaceae, dapat juga berdasarkan sifat tumbuhan dominan seperti hutan sklerofil
  2. Berdasarkan habitat fisik dari komunitas, seperti komunitas hamparan lumpur, komunitas pantai pasir, komunitas lautan,dll
  3. Berdasarkan sifat-sifat atau tanda-tanda fungsional misalnya tipe metabolisme komunitas. Berdasarkan sifat lingkungan alam seperti iklim, misalnya terdapat di daerah tropik dengan curah hujan yang terbagi rata sepanjang tahun, maka disebut hutan hujan tropik.

Macam-Macam Komunitas

Di alam terdapat bermacam-macam komunitas yang secara garis besar dapat dibagi dalam dua bagian yaitu:


  • Komunitas akuatik

Komunitas ini misalnya yang terdapat di laut, di danau, di sungai, di parit atau di kolam.


  • Komunitas terestrial

Yaitu kelompok organisme yang terdapat di pekarangan, di hutan, di padang rumput, di padang pasir, dll.


Struktur Komunitas

Berikut ini terdapat beberapa struktur komunitas, terdiri atas:

  1. Kualitatif, seperti komposisi, bentuk hidup, fenologi dan vitalitas.
    Vitalitas menggambarkan kapasitas pertumbuhan dan perkembangbiakan organisme.
  2. Kuantitatif, seperti Frekuensi, densitas dan densitas relatif.
    Frekuensi kehadiran merupakan nilai yang menyatakan jumlah kehadiran suatu spesies di dalam suatu habitat. Densitas (kepadatan) dinyatakan sebagai jumlah atau biomassa per unit contoh, atau persatuan luas/volume, atau persatuan penangkapan
  3. Sintesis adalah proses perubahan dalam komunitas yang berlangsung menuju ke satu arah yang berlangsung lambat secara teratur pasti terarah dan dapat diramalkan. Suksesi-suksesi terjadi sebagai akibat dari modifikasi lingkungan fisik dalam komunitasnya dan memerlukan waktu. Proses ini berakhir dengan sebuah komunitas atau ekosistem yang disebut klimas. Dalam tingkat ini komunitas sudah mengalami homoestosis. Menurut konsep mutahir suksesi merupakan pergantian jenis-jenis pioner oleh jenis-jenis yang lebih mantap yang sangat sesuai dengan lingkungannya.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : Interaksi Desa Dan Kota


Suksesi dapat dibagi menjadi dua, yaitu :

  • Suksesi primer yaitu bila ekosistemØ mengalami gangguan yang berat sekali, sehingga komunitas awal (yang ada) menjadi hilang atau rusak total, menyebabkan ditempat tersebut tidak ada lagi yang tertinggal dan akhirnya terjadilah habitat baru.
  • Suksesi sekunder yaitu prosesnya sama dengan yang terjadi pada suksesi primer, perbedaannya adalah pada keadaan kerusakan ekosistem atau kondisi awal pada habitatnya. Ekologi tersebut mengalami gangguan, akan tetapi tidak total, masih ada komunitas yang tersisa.

Manfaat Komunitas

Berikut ini terdapat beberapa manfaat komunitas, terdiri atas:


  1. Media Penyebaran Informasi, manfaat yang pertama adalah sebagai media penyebaran informasi. Di komunitas, setiap anggota yang tergabung dapat saling bertukar informasi (baik membagikan atau pun menerima) yang terkait dengan tema komunitas yang terbentuk.
  2. Terbentuk Jalinan/Hubungan, selain sebagai media penyebaran informasi, komunitas juga bermanfaat sebagai media untuk menjalin relasi/hubungan antar sesama anggota komunitas yang memiliki hobi atau pun berasal dari bidang yang sama.
  3. Saling Bantu/Dukung, karena berasal dari bidang yang sama, komunitas dapat dijadikan sebagai media untuk kegiatan saling bantu antar sesama anggota komunitas atau pun ke luar anggota komunitas.

Contoh Komunitas

Berikut ini terdapat beberapa manfaat komunitas, terdiri atas:


  • Contoh Komunitas Sosial

Contoh yang dapat disebutkan dalam komunitas sosial, misalnya, adalah bantuan yang diberikan kepada orang yang tidak mampu. Untuk menampungnya saat ini banyak orang yang membentuk sikap peduli bersama, upaya ini dilakukan dengan memberikan bantuan kepada masyarakat melalui saluran bantuan yang ditububusi diberikan.


  • Contoh Komunitas Ekosistem

Penatagunaan lingkungan mendorong berbagai pihak untuk menciptakan ekosistem yang baik, upaya ini dilakukan dengan membawa komunitas yang melakukan studi dan kemudian menginformasikan kepada publik. Sebagai contoh, itu adalah komunitas pecinta alam yang melakukan studi kerusakan gunung.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : 6 Pengertian Psikologi Klinis Menurut Para Ahli Beserta Ciri Dan Sifatnya


  • Contoh Komunitas Hewan

Contoh lain yang dapat disebutkan adalah komunitas berdasarkan hobi, lahir dari sifat manusia yang memiliki perbedaan. Perbedaan-perbedaan ini sering dapat ditegakkan dengan hobi, misalnya Komunitas Cat Lover yang saat ini sedang beredar di internet.


  • Contoh Komunitas di Sekolah

Sekolah sebagai salah satu lembaga pendidikan di Indonesia juga banyak dijumpai di masyarakat, kondisi ini dilakukan dalam rangka menciptakan persatuan di antara masyarakat. Contoh nyata dalam komunitas di sekolah adalah Komunitas Penulis Muda.


  • Contoh Komunitas Religius

Contoh pembentukan komunitas juga sering dilakukan dalam Agama, masing-masing agama memiliki karakteristik tertentu dalam mengendalikan penyimpangan sosial. Tindakan ini misalnya hanya keberadaan Komunitas Anti-Kencan, di mana Kencan dalam Islam dilarang.


  • Contoh Komunitas Terlarang

Komunitas yang dilarang oleh berbagai pihak, terutama di Indonesia, adalah komunitas yang melanggar norma dan hukum, bentuk komunitas ini, misalnya tentang Komunitas LGBT, yang tentu saja pembentukan persatuan ini tidak akan diterima oleh publik di manapun waktu.


Demikianlah pembahasan mengenai 10 Pengertian Komunitas Menurut Para Ahli, Nama, Macam, Struktur, Manfaat & Contoh semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Butuhkan