Objek Biologi

Diposting pada

Ilmu biologi merupakan ilmu yang mempelajari segala hal yang berhubungan dengan makhluk hidup dan kehidupan serta lingkungannya. Yang dibahas dalam biologi tidak lain ialah yang masih berkaitan dengan makhluk hidup, seperti zat yang membentuk makhluk hidup, zat yang dibutuhkan makhluk hidup, serta berbagai hal mengenai hungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya.

Objek-Biologi

Biologi umumnya mengakui sel sebagai satuan dasar kehidupan, gen sebagai satuan dasar pewarisan dan evolusi sebagai mekanisme yang mendorong terciptanya spesies baru. Selain itu organisme diyakini bertahan dengan mengonsumsi dan mengubah energi serta dengan meregulasi keadaan dalamnya agar tetap stabil dan vital.


Pengertian Objek Biologi

Objek kajian biologi berkembang dengan ilmu pengetahuan dan teknologi “iptek” sehingga makin lama makin rumit. Untuk memudahkan dalam mempelajarinya, tema objek kajian biologi dipilah-pilah menurut tingkatan organisasi kehidupan.


Tingkatan-tingkatan organisasi kehidupan secara berurutan yang mulai dari yang paling kecil sampai dengan yang paling besar yaitu molekul, sel, jaringan, organ, sistem organ, individu, populasi, komunitas, ekosistem, bioma dan biosfer.


Tingkatan Objek Biologi

Adapun tingkatan objek biologi yang diantaranya yaitu:


  1. Objek Biologi Tingkat Molekul

Molekul

Ditemukannya mikroskop elektron yang dapat memperbesar objek pengamatan sampai dengan 500.000 kali, ahli biologi mengatasi masalah dari kerumitan organisasi kehidupan tingkat molekuler. Dengan menggunakan alat dan teknologi kimia modern, struktur dalam sel dapat dipisahkan menjadi makro-makro molekul bahkan sampai ke atom-atomnya.


Umumnya, tubuh organisme mengandung molekul yang tersusun atas atom karbon “C”, Hidrogen “H”, Oksigen “O” dan nitrogen “N”. Jenis molekul yang terdapat dalam tubuh organisme ialah karbohidrat, protein, lipid “lemak dan asam nukleat.


  1. Objek Biologi Tingkat Sel

Sel

Molekul organik membentuk organel sel yang kemudian organel berfungsi membentuk sebuah sel. Sel ialah satuan kehidupan terkecil makhluk hidup. Sel mempunyai organel dengan fungsi yang beragam, seperti inti sel “nukleus” yang berfungsi mengatur metabolisme sel, mitokondria berfungsi untuk respirasi seluler dan ribosom yang berfungsi untuk sintetis protein.


  1. Objek Biologi Tingkat Jaringan

Jaringan

Organisasi kehidupan ditingkat jaringan terjadi di organisme multiseluler “bersel banyak”. Sedangkan pada organisme uniseluler tidak ada di tingkat jaringan karena aktivitas kehidupan diatur dan dilaksanakan oleh sel itu sendiri. Aktivitas kehidupan organisme multiseluler dilaksanakan banyak sel dengan terorganisasi dengan baik dalam satu kesatuan fungsi tertentu.

  • Jaringan
    Jaringan ialah kumpulan sel yang mempunyai bentuk sama dengan fungsi tertentu. Contoh jaringan tumbuhan tingkat tinggi ialah epidermis, parenkim, palisade, parenkim spons, sklerenki, xilem, floem, kambium dan gabus. Contoh jaringan di tingkat hewan tingkat tinggi dan manusia ialah lemak, tulang, otot, saraf, darah, dan limfe “getah bening”.
  • Organ
    Organ ialah kumpulan dari beberapa macam jaringan yang melakukan fungsi tertentu. Contoh organ tumbuhan tingkat tinggi, adalah akar, batang, daun, bunga dan buah. Contoh organ hewan tingkat tinggi dan manusia ialah jantung, hati, lambung, hidung, paru-paru, telinga dan usus.
  • Sistem Organ
    Sistem organ ialah sebagian organ yang melakukan fungsi tertentu. Contoh sistem organ hewan tingkat tinggi dan manusia yaitu sistem pencernaan makanan, sistem reproduksi, sistem peredaran darah dan sistem koordinasi.

  1. Objek Biologi Tingkat Individu

Individu

Individu adalah makhluk hidup tunggal, contoh individu ialah sebatang pohon kelapa, seorang manusia, seekor semut.


  1. Objek Biologi Tingkat Populasi

Populasi

Populasi adalah kumpulan individu dengan spesies sama yang berinteraksi dan hidup di wilayah tertentu. Contoh populasi ialah sekumpulan pohon kelapa dikebun dan sejumlah semut, yang hidup diluang sebatang pohon.


  1. Objek Biologi Tingkat Komunitas

Komunitas

Komunitas adalah kumpulan populasi berbagai spesies dan saling berinteraksi dalam area tertentu. Contoh komunitas ialah seluruh organisme yang hidup di suatu sawah yang terdiri dari populasi tanaman padi, serangga, ular, burung, tikus dan semut.


  1. Objek Biologi Tingkat Ekosistem

Ekosistem

Ekosistem adalah tingkatan organisasi kehidupan yang saling berinteraksi antara organisme dan lingkungan abiotiknya. Komponen-komponen organisme meliputi manusia, hewan tumbuhan, bakteri, jamur, ganggang dan lainnya. Organisme tersebut terjalin hubungan dalam suatu jaring-jaring makanan “peristiwa makan dan dimakan”. Suatu organisme dalam suatu ekositem dapat berperan sebagai produsen “penghasil makanan”, konsumen “pemakai” atau dekomposer “pengurai”. Komponen lingkungan abiotik terdiri dari air, udara, mineral, cahaya matahari, angin, tanah, suhu, batu, pH, topografi, dan salinitas.


  1. Objek Biologi Tingkat Bioma

Bioma

Bioma adalah ekositem terestrial yang umumnya dipengaruhi oleh iklim regional yang diklasifikasikan berdasarkan vegetasi dominan atau organisme dengan beradaptasi di lingkungan tertentu. Bioma meliputi daerah yang luas dan tumbuhan tertentu yang dominan. Permukaan bumi terdiri tujuh macam bioma, seperti taiga, tundra, sabana, gurun, padang rumput, hutan gugu, dan hutan hujan tropis.


Contoh Bioma:

  • Tundra adalah daerah dengan suhu lingkungan rendah dan tanpa pohon. Pada area ini, mayoritas tumbuhan yang hidup biasanya berupa lumut, rerumputan,.Tundra biasanya hidup di daerah dingin.
  • Taiga adalah hutan yang terdiri atas satu spesies seperti konifer, pinus, dan sejenisnya(tumbuhan evergreen). Semak dan tumbuhan basah sedikit sekali, sedangkan hewannya antara lain moose, beruang hitam, beruang, rubah, serigala, ajax, dan burung-burung yang bermigrasi pada musim gugur. Taiga banyak ditemukan di belahan bumi utara, contohnya di Rusia dan Kanada. Bioma Taiga merupakan bioma terluas dari bioma-boma lain yang ada di bumi.

  1. Objek Biologi Tingkat Biosfer

Biosfer

Biosfer adalah lapisan bumi yang didalamnya terdapat suatu kehidupan, bumi merupakan tempat hidup kita dengan ciri utama mengandung oksigen yang dibutuhkan untuk menunjang kehidupan organisme.


Struktur Objek Biologi

Molekul-sel-jaringan-organ-sitem organ-individu-populasi-komunitas-ekosistem-bioma-biosfer.

Struktur-Objek-Biologi


Cabang-Cabang Ilmu Biologi

Berikut ini terdapat beberapa cabang-cabang ilmu biologi, terdiri atas:

  1. Aerobiologi, adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari partikel organik yang dapat diangkut oleh udara
  2. Agroforestri,  adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari bentuk pengelolaan sumber daya yangmemadukan kegiatan pengelolaan hutan atau pohon kayu-kayuan dengan penanaman komoditas atau tanaman jangka pendek
  3. Agronomi, adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang tanaman budidaya
  4. Algologi, adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang alga
  5. Anatomi atau ilmu urai tubuh, adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang bagian-bagian tubuh
  6. Anatomi, Perbandingan, ilmu mengenai persamaan dan perbedaan anatomi dari makhluk hidup.
  7. Andrologi, adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang macam hormon dan kelainan reproduksi pria
  8. Anestesiologi, adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari penggunaan anestesi.
  9. Angiologi, adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari penyakit sistem peredaran darah dan sistem limfatik
  10. Antropologi biologi, adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari penelitian biologis dan budaya tentang keanekaragaman manusia, evolusi manusia, dan pembandingan anatomi, perilaku, sejarah, dan ekologi primat di masa lampau dan kini
  11. Apiologi, adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang lebah termasuk ternak lebah
  12. Arachnologi, adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang laba-laba.
  13. Artrologi, adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang sendi (penyakit sendi)
  14. Artropodologi, adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang hewan artropoda
  15. Astrobiologi, adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari evolusi, distribusi, dan masa depan kehidupan di alam semesta
  16. Bakteriologi, adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang bakteri
  17. Batrakologi, adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang amphibian
  18. Biofarmaka, adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari budidaya tanaman obat
  19. Bioinformatika, adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari penerapan teknik komputasional untuk mengelola dan menganalisis informasi biologis
  20. Biologi Air Tawar, adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari kehidupan dan ekosistem habitat air tawar
  21. Biologi Evolusioner, adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari asal-usul spesies yang memiliki nenek moyang sama, dan penurunan spesies, serta perubahan, pertambahan, dan diversifikasinya sejalan dengan waktu.
  22. Biologi Integratif, adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari organisme secara keseluruhan melalui fokus antarmuka antara biologi dan fisika, kimia, teknik, pencitraan, dan informatika
  23. Biologi Kelautan, adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari kehidupan di laut (makhluk hidup beserta interaksinya dengan lingkungan)
  24. Biologi Konservasi, studi tentang pelestarian, perlindungan, dan restorasi lingkungan alam, ekosistem alami, vegetasi, dan satwa liar
  25. Biologi Kuantum, adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari aplikasi dari mekanika kuantum terhadap objek biologi dan permasalahannya
  26. Biologi Lingkungan, adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari lingkungan beserta permasalahan dan solusinya, dengan mengintegrasikan akademik ilmu fisik dan biologi
  27. Biologi Molekuler, kajian biologi pada tingkat molekul
  28. Biologi Pembangunan, adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari lingkungan hidup dalam ruangan
  29. Biologi Perkembangan, adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang proses pertumbuhan dan perkembangan organism
  30. Biologi Populasi, adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang populasi organisme, terutama pengaturan jumlah populasi, ciri-ciri sejarah kehidupan populasi, dan kepunahannya

Permasalahan Biologi

Kehidupan manusia tidak terlepas dari permasalahan, diantaranya permasalahan yang berhubungan dengan biologi. Luasnya kajian ilmu biologi seperti disebutkan dalam tingkatan organisasi kehidupan menunjukkan bahwa permasalahan manusia yang berhubungan dengan biologi juga sangat luas.

Permasalahan-Biologi

Gambar di atas merupakan salah satu contoh permasalahan dalam kehidupan manusia yang berhubungan dengan biologi.


Permasalahan pada gambar di atas termasuk dalam tingkatan organisasi kehidupan apa?


Gambar di atas menunjukkan adanya penebangan pohon, hal ini menunjukkan adanya gangguan/perusakan hutan akibat ulah manusia. Perusakan hutan merupakan objek dalam tingkatan ekosistem karena tidak saja membicarakan tentang populasi pohon tetapi juga hewan-hewan yang tinggal di hutan tersebut serta menyangkut ketersediaan air (komponen abiotik).


Demikianlah pembahasan mengenai Objek Biologi – Pengertian, Tingkatan, Struktur, Cabang dan Permasalahan semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂


Baca Juga Artikel Lainnya:

  1. Penggundulan Hutan
  2. Bioma Adalah
  3. Ekosistem Adalah
  4. Bagian-Bagian Sel Dalam Ilmu Biologi ( Sitologi )
  5. Jaringan Pada Manusia
  6. Molekul Adalah
Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Butuhkan