Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli

Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli

41 Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli dalam Bukunya – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Organisasi yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian menurut para ahli, nah agar dapat lebih memahami dan dimengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli

Pengertian Organisasi

Organisasi adalah sekelompok orang dalam wadah untuk sebuah misi bersama. Dalam ilmu sosial, organisasi dipelajari oleh para peneliti dari berbagai disiplin ilmu, terutama sosiologi, ekonomi, ilmu politik, psikologi, dan manajemen. Studi tentang organisasi sering disebut studi organisasi (studi organisasi), perilaku organisasi (perilaku organisasi), atau analisis organisasi (analisis organisasi).


Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat 41 pengertian organisasi menurut para ahli, terdiri atas:


  1. Stoner M

Mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.


  1. James D. Mooney

Mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : Elemen Organisasi – Pengertian Menurut Para Ahli, Syarat, Bentuk Dan Jenis


  1. Chester I. Bernard

Berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.


  1. Stephen P. Robbins

Menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.


  1. Prof Dr. Sondang P. Siagian

Mendefinisi kanorganisasi ialah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja bersama serta secara formal terikat dalam rangka pencapaian suatu tujuan yang telah ditentukan dalam ikatan yang mana terdapat seseorang / beberapa orang yang disebut atasan dan seorang / sekelompok orang yang disebut dengan bawahan.


  1. Drs. Malayu S.P Hasibuan 

Mengatakan organisasi ialah suatu sistem perserikatan formal, berstruktur dan terkoordinasi dari sekelompok yang bekerja sama dalam mencapai tujuan tertentu. Organisasi hanya merupakan alat dan wadah saja.


  1. Prof. Dr. Mr Pradjudi Armosudiro

Mengatakan organisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu.


  1. James D Mooney

Berpendapat bahwa Organization is the form of every human, association for the assignment of common purpose atau organisasi adalah setiap bentuk kerjasama untuk pencapaian suatu tujuan bersama.


  1. Chester L Bernard (1938)

Mengatakan bahwa Organisasi adalah system kerjasama antara dua orang atau lebih (Define organization as a system of cooperative of two or more persons) yang sama-sama memiliki visi dan misi yang sama.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : “Komitmen Organisasi” 11 Pengertian Menurut Para Ahli & ( Bentuk – Faktor Yang Mempengaruhi – Indikator )


  1. Paul Preston dan Thomas Zimmerer

Mengatakan bahwa Organisasi adalah sekumpulan orang-orang yang disusun dalam kelompok-kelompok, yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama. (Organization is a collection people, arranged into groups, working together to achieve some common objectives).


  1. Oliver Sheldon (1923)

Organisasi adalah proses penggabungan pekerjaan yang para individu atau kelompok-kelompok harus melakukan dengan bakat-bakat yang diperlukan untuk melakukan tugas-tugas, sedemikan rupa, memberikan saluran terbaik untuk pemakaian yang efisien, sistematis, positif, dan terkoordinasi dari usaha yang tersedia.


  1. Dexter Kimball & Dexter Kimball, Jr. (1947) 

Organisasi merupakan bantuan bagi manajemen. Ini mencakup kewajiban-kewajiban merancang satuan-satuan organisasi dan pejabat yang harus melakukan pekerjaan, menentukan fungsi-fungsi mereka dan merinci hubungan-hubungan yang harus ada di antara satuan-satuan dan orang-orang. Organisasi sebagai suatu aktivitas, sesungguhnya, adalah cara kerja manajemen.


  1. J. William Schulze (1949)

Organisasi adalah penggabungan dari orang-orang, benda-benda, alat-alat perlengkapan, ruang kerja dan segala sesuatu yang bertalian dengannya, yang dihimpun dalam hubungan yang teratur dan efektif untuk mencapai tujuan yang diinginkan.


  1. Harleigh Trecker (1950)

Organisasi adalah perbuatan atau proses menghimpun atau mengatur kelompok-kelompok yang saling berhubungan dari instansi menjadi suatu keseluruhan yang bekerja.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : Pengertian Negara Menurut Para Ahli


  1. Ralp Currier Davis (1951)

Organisasi adalah sesuatu kelompok orang-orang yang sedang bekerja ke arah tujuan bersama di bawah kepemimpinan.


  1. John M. Pfiffner & S. Owen Lane (1951)

Organisasi adalah proses menggabungkan pekerjaan yang orang-orang atau kelompok-kelompok harus melakukan dengan kekuasaan yang diperlukan untuk pelaksanaannya, sehingga kewajiban-kewajiban yang dilaksanakan demikian itu memberikan saluran-saluran terbaik bagi penyelenggara usaha yang efisien, teratur, positif, dan terkoordinasikan.


  1. Ernest Dale (1952)

Organisasi adalah suatu proses perencanaan. Ini bertalian dengan hal menyusun, mengembangkan dan memelihara suatu struktur atau pola hubungan-hubungan kerja dari orang-orang dalam suatu badan usaha.


  1. John D. Millet (1953)

Organisasi adalah kerangka struktur dalam mana pekerjaan dari banyak orang dilakukan untuk pencapaian maksud bersama. Sebagai demikian itu adalah suatu sistem mengenai penugasan pekerjaan di antara kelompok-kelompok orang yang mengkhususkan diri dalam tahap-tahap khusus dari suatu tugas bersama.


  1. John D. Millet (1954)

Sebagai tambahan, organisasi adalah orang-orang yang bekerja sama, dan dengan demikian ini mengandung ciri-ciri dari hubungan-hubungan manusia yang timbul dari aktivitas kelompok.


  1. William R. Spiegel & Richard H. Lansburgh (1955)

Organisasi adalah hubungan-hubungan struktur di antara bermacam-macam faktor dalam suatu badan usaha.


  1. Dwight Waldo (1956)

Organisasi adalah struktur hubungan-hubungan di antara orang-orang berdasarkan wewenang dan bersifat tetap dalam suatu sistem administrasi.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : Pengertian, Jenis Dan Unsur Diskusi Untuk Pemahaman Bersama


  1. Herbert A. Simon, Donald W. Smithburg and Victor A. Thompson (1956)

Organisasi adalah suatu sistem terencana mengenai usaha kerjasama dalam mana setiap peserta mempunyai peranan yang diakui untuk dijalankan dan kewajiban-kewajiban atau tugas-tugas untuk dilaksanakan.


  1. Henry G. Hodges (1956)

Organisasi didirikan sebagai proses pembentukan bagi macam-macam badan usaha, suatu kerangka yang akan memberikan pembagian aktivitas-aktivitas yang dilakukan dan untuk pengaturan aktivitas-aktivitas ini dalam suatu kerangka yang menunjukkan kepentingan tingkatan mereka dalam hubungan fungsional.


  1. James G. March & Herbert A. Simon (1957)

Organisasi adalah himpunan-himpunan saling pengaruh manusia dan mereka merupakan himpunan-himpunan paling luas di dalam masyrakat kita yang memiliki sesuatu yang sama sistem koordinansi pusat.


  1. Luther Gulick (1957)

Organisasi adalah alat saling hubungan satuan-satuan kerja yang memberikan mereka kepada orang-orang yang ditempatkan dalam struktur wewenang, sehigga pekerjaan dapat dikoordinasikan oleh perintah para atasan kepada para bawahan, yang menjangkau dari puncak sampai ke bawah dari seluruh badan usaha.


  1. Louis A. Allen (1958)

Organisasi formal adalah suatu sistem dari pekerjaan-pekerjaan yang dirumuskan dengan baik, masing-masing pekerjaan itu mengandung sejumlah wewenang, tugas dan tanggung jawab tertentu, keseluruhannya disusun secara sadar untuk memungkinkan orang-orang dari badan usaha itu bekerja sama secara paling efektif dalam mencapai tujuan mereka.


  1. Louis A. Allen (1959)

Kami dapat merumuskan organisasi sebagai proses menetapkan dan mengelompok-kelompokkan pekerjaan yang akan dilakukan, merumuskan serta melimpahkan tanggung jawab dan wewenang, dan menyusun hubungan-hubungan dengan maksud untuk memungkinkan orang-orang bekerja sama secara paling efektif dalam mencapai tujuan-tujuan.


  1. PFIFFNER dan SHERWOOD

Organisasi sebagai suatu pola dari cara-cara dalam mana sejumlah orang yang saling berhubungan, bertemu muka, secara intim dan terkait dalam suatu tugas yang bersifat kompleks, berhubungan satu dengan yang lainnya secara sadar, menetapkan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan semula secara sistematis.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli


  1. BAKKE

Organisasi merupakan sebuah sistem yang kontinue dari penggunaan, pemindahan aktivitas-aktivitas manusia yang dibebankan dan dikoordinasikan, sehingga membentuk suatu kumpulan tertentu yang terdiri dari manusia, material, kapital, gagasan, dan sumber daya alam ke dalam suatu keseluruhan pemecahan persoalan.


  1. John Price Jones (1954)

Dalam kata-kata yang lebih sederhana, organisasi adalah sekelompok orang yang bersatupadu bekerja untuk satu tujuan bersama di bawah kepemimpinan bersama dengan alat-alat yang tepat.


  1. John Price Jones (1955)

Organisasi telah dilukiskan sebagai sistem. Organisasi adalah struktur dan peralatan yang tersusun dari orang-orang dan benda-benda dengan mana suatu usaha berencana yang teratur dijalankan.


  1. Dahlan Al Barry

organisasi adalah suatu pengaturan dan penyusunan pada bagian-bagian sampai menjadi satu kesatuan, aturan dan susunan yang bersumber pada bagian sampai menjadi satu kesatuan yang teratur dan bergabung untuk bekerja dalam mencapai tujuan bersama.


  1. Prof. Dr. Sondang P. Siagian

Organisasi adalah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang saling bekerjasama dan terikat secara formal dalam rangka menjalankan untuk memperoleh tujuan yang telah ditetapkan dalam hubungan yang terdapat pada seseorang ataupun beberapa orang yang dikenal sebagai atasan dan seorang atau kelompok orang yang dikenal sebagai bawahan.


  1. Mistiani

Organisasi adalah suatu bentuk formal dari perkumpulan, kelompok dan sekumpulan seseorang yang memiliki tujuan yang bersifat pribadi.


  1. Janu Murdiyatmoko

Organisasi adalah satu sistem sosial yang mempunyau jati diri kolektif dengan cara yang tegas, program kerja yang pasti, prosedur dan langkah-langkah dalam bekerja yang pasti.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : Pengertian Dan Macam-Macam Bentuk Pengendalian Sosial


  1. Drs.H. Malaya S.p Hasibuan

Organisasi adalah sebagai proses penentuan, pengelompokan dan pengaturan beraneka macam jenis kegiatan yang dibutuhkan untuk memperoleh tujuan bersama.


  1. W. J. S. Poerwadarminta

Organisasi adalah susunan dan ketetapan dari beraneka macam sisi (orang atau grup) sampai menjadi satu kesatuan yang teratur.


  1. Rosenweigh

Menurut Rosenweigh, meliputi beberapa hal, yaitu:

  • Sistem sosial adalah orang-orang dalam kelompok
  • Integrasi dari kegiatan-kegiatan orang-orang yang bekerja sama
  • Orang-orang yang berorientasi atau berpedoman pada tujuan bersama

  1. Matthias Aroef

Organisasi akan terlaksana, jika sekelompok orang bekerja bersama-sama untuk memperleh tujuannya.


  1. Kochler

Organisasi adalah suatu sistem yang memiliki kaitan secara tersistematis, terkoordinasi lewat usaha pada suatu kelompok orang yang sedang bergerak dengan mempunyai tujuan tertentu.


  1. J.R. Schermehorn

Organisasi adalah segolongan seseorang yang bekerja sama dalam memperleh tujuan organisasi.


Demikianlah pembahasan mengenai 41 Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli dalam Bukunya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Send this to a friend