Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli

Diposting pada

26 Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli Terlengkap – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Pembelajaran yang dimana dalam hal ini meliputi 26 pengertian menurut para ahli, nah agar lebih memahami dan dimengerti simak ulasannya dibawah ini.

Pengertian-Pembelajaran-Menurut-Para-Ahli


Pengertian Pembelajaran

Pembelajaran adalah proses pemerolehan maklumat dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat serta pembentukan sikap dan kepercayaan. Dalam pengertian konteks pendidikan, guru biasanya berusaha mengajar supaya peserta didik dapat belajar menguasai isi pelajaran demi mencapai suatu objektif yang ditentukan.


Pembelajaran akan membawa pada perubahan pada seseorang. Pembelajaran adalah suatu kata yang memiliki arti sama dengan kata mengajar. Kata mengajar memiliki arti yang kompleks dan beraneka macam sesuai dengan zaman dan perkembangan ilmu pengetahuan.

Baca Artikel Terkait Tentang Materi“Pembelajaran Probing Prompting” Pengertian – Langkah & ( Kelebihan – Kekurangan )


Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pengertian pembelajaran menurut para ahli, terdiri atas:


  1. Menurut Munif Chatib

Pembelajaran merupakan proses tranfer ilmu dua arah, antara guru sebagai pemberi informasi dan siswa sebagai penerima informasi.


  1. Menurut Warsita

Pembelajaran merupakan suatau usaha untuk membuat peserta didik belajar atau suatu kegiatan untuk membelajarkan peserta didik.


  1. Menurut Corey

Pembelajaran merupakan suatu proses dimana lingkungan seseorang secara disengaja dikelola untuk memungkinkan ia turut serta dalam tingkat laku tertentu dalam kondisi-kondisi khusus atau menghasilkan respons terhadap situasi tertentu, pembelajaran merupakan subset khusus dari pendidikan.


  1. Menurut Sudjana

Pembelajaran dapat diartikan sebagai setiap upaya yang sistematik dan sengaja untuk menciptakan agar terjadi kegiatan interaksi edukatif antara dua pihak yaitu antara peserta didik “warga belajar” dan pendidik “sumber belajar” yang melakukan kegiatan membelajarkan.

Baca Artikel Terkait Tentang Materi“Model Pembelajaran CIRC ( Cooperative Integrated Reading And Composition )” Pengertian – Tujuan – Unsur & ( Kelebihan – Kekurangan )


  1. Menurut Oemar Hamalik

Pembelajaran merupakan kombinasi yang tertata meliputi segala unsur manusiawi, perlengkapan, fasilitas, prosedur yang saling mempengaruhi dalam mencapai tujuan dari pembelajaran. Beliau mengemukakan tiga rumusan yang dianggap penting tentang pembelajaran yaitu:

  • Pembelajaran merupakan upaya dalam mengorganisasikan lingkungan pendidikan untuk menciptakan situasi dan kondisi belajar bagi siswa.
  • Pembelajaran merupakan upaya penting dalam mempersiapkan siswa untuk menjadi warga masyarakat yang baik dan diharapkan.
  • Pembelajaran merupakan proses dalam membantu siswa untuk menghadapi kehidupan atau terjun di lingkungan masyarakat.

  1. Menurut Dimyati Dan Mudjiono

Pembelajaran merupakan kegiatan guru secara terprogram dalam desain instruksional, untuk membuat siswa belajar aktif, yang menekankan pada penyediaan sumber belajar.


  1. Menurut Trianto

Pembelajaran merupakan aspek kegiatan manusia yang kompleks yang tidak sepenuhnya dapat dijelaskan. Pembelajaran secara simpel dapar diartikan sebagai produk interaksi berkelanjutan antara pengembangan dan pengalaman hidup. Pembelajaran dalam makna kompleks adalah usaha sadar dari seorang guru untuk membelajarkan siswanya “mengarahkan interaksi siswa dengan sumber lainnya” dalam rangkan mencapai tujuan yang diharapkan.


  1. Menurut Knowles

Pembelajaran merupakan cara pengorganisasian peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan.


  1. Menurut UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas Pasal 1 Ayat 20

Pembelajaran merupakan proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.


  1. Menurut Slavin

Pembelajaran didefinisikan sebagai perubahan tingkah laku individu yang disebabkan oleh pengalaman.

Baca Artikel Terkait Tentang Materi“Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL )” Pengertian & ( Karakteristik – Tujuan )


  1. Menurut Woolfolk

Pembelajaran berlaku apabila sesuatu pengalaman secara relatifnya menghasilkan perubahan kekal dalam pengetahuan dan tingkah laku.


  1. Menurut Rahil Mahyuddin

Pembelajaran merupakan perubahan tingkah laku yang melibatkan ketrampilan kognitif yaitu penguasaan ilmu dan perkembangan kemahiran intelek.


  1. Menurut Achjar Chalil

Pembelajaran merupakan proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.


  1. Menurut David Ausubel

Menurutnya teori belajar yaitu teori belajar bermakna, belajar dapat diklasifikasikan dalam dua dimensi yaitu:

  • Dimensi yang berhubungan dengan cara informasi atau materi pelajaran disajikan kepada siswa melalui penerimaan atau penemuan.
  • Dimensi yang menyangkut cara bagaimana siswa dapat mengabaikan informasi pada struktur kognitif yang ada, Struktur kognitif adalah fakta, konsep, dan generalisasinya yang telah dipelajari dan diingat siswa.

Dalam implementasinya teori ini terdiri dari dua fase, yaitu mula-mula ia menyangkut pemberian “the organizer” atau materi pendahuluan diberikan sebelum kegiatan berlangsung dan dalam tingkat abstraksi, fase berikutnya dimana organisasinya lebih spesifik dan terarah.


  1. Menurut G.A Kimbleg

Pembelajaran merupakan perubahan kekal secara relatif dalam keupayaan kelakukan akibat latihan yang diperkukuh.


  1. Menurut Syaiful Sagala

Pembelajaran merupakan membelajarkan siswa menggunakan asas pendidikan maupun teori belajar yang merupakan penentu utama keberhasilan pendidikan. Pembelajaran merupakan proses komunikasi dua arah. Mengajar dilakukan pihak guru sebagai pendidik, sedangkan belajar oleh peserta didik.

Baca Artikel Terkait Tentang Materi“Pembelajaran Berbasis Proyek” Pengertian – Prinsip & ( Kelebihan – Kekurangan )


  1. Menurut Briggs

Pembelajaran merupakan seperangkat peristiwa yang mempengaruhi si belajar sedemikian rupa sehingga si belajar itu memperoleh kemudahan dalam berinteraksi berikutnya dengan lingkungan.


  1. Menurut Komalasari “2013:3”

Pembelajaran merupakan suatu sistem atau proses membelajarkan pembelajar yang direncanakan, dilaksanakan dan dievaluasi secara sistematis agar pembelajar dapat mencapai tujuan-tujuan pembelajaran secara efektif dan efesien.


  1. Menurut Syah “2010:215”

Pembelajaran merupakan upaya yang dilakukan seseorang agara orang lain belajar.


  1. Menurut Arifin “2010:10”

Pembelajaran merupakan suatu proses atau kegiatan yang sistematis dan sistemik yang bersifat interaktif dan komunikatif antara pendidik “guru” dengan siswa, sumber belajar, dan lingkungan untuk menciptakan suatu kondisi yang memungkinkan terjadinya tindakan belajar siswa.


  1. Menurut Sanjaya “2011:13-14”

Pembelajaran merupakan suatu sistem yang kompleks yang keberhasilannya dapat dilihat dari dua aspek yaitu aspek produk dan aspek proses. Keberhasilan pembelajaran dilihat dari sisi produk adalah keberhasilan siswa mengenai hasil yang diperoleh dengan mengabaikan proses pembelajaran.

Keberhasilan pembelajaran dilihat dari sisi hasil memang mudah dilihat dan ditentukan kriteriannya, akan tetapi hal ini dapat mengurangi makna proses pembelajaran sebagai proses yang mengandung nilai-nilai pendidikan.


  1. Menurut Ahmad Sugandi dkk

Pembelajaran adalah terjemahan dari kata “instruction” yang berarti seperangkat peristiwa (events) yang mempengaruhi si belajar sedemikian rupa sehingga si belajar itu memperoleh kemudahan. Seperangkat peristiwa itu membangun suatu pembelajaran yang bersifat internal jika si belajar melakukan “self instruction” dan mungkin juga bersifat eksternal (external instruction) dari sumber lain seperti guru. Menurut Omar Hamalik, pembelajaran adalah suatu kombinasiyang tersusun meliputi unsur-unsur manusia, material, fasilitas, perlengkapan, dan prosedur yang saling mempengaruhi untuk tujuan belajar.

Baca Artikel Terkait Tentang Materi“Seminar Pendidikan” Pengertian & ( Tujuan – Yang Terlibat – Yang Perlu Diperhatikan – Fungsi )


  1. Menurut Mulyasa

Pembelajaran adalah proses interaksi antara peserta didik dengan lingkungannya, sehingga terjadi perubahan perilaku ke arah yang lebih baik. Dalam interaksi tersebut banyak sekali faktor yang mempengaruhinya, baik faktor internal yang datang dari dalam diri individu, maupun eksternal yang datang dari lingkungan.


  1. Menurut Dalam UU Sisdiknas Tahun 2003 Bab I Pasal 1

Pembelajaran adalaj proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Dari beberapa teori di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran adalah proses interaksi antara peserta didik dengan guru atau sumber belajar untuk perubahan yang lebih baik.


  1. Menurut Djamarah

Pembelajaran adalah suatu sistem yang terdiri atas komponen-komponen yang berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran.


  1. Menurut Gagne (dalam Anni,dkk, 2011: 192)

Pembelajaran adalah suatu kumpulan proses yang bersifat individual, yang merubah  stimuli dari lingkungan seseorang kedalam sejumlah informasi, yang selanjutnya dapat menyebabkan adanya hasil belajar dalam bentuk ingatan jangja panjang.


Demikianlah pembahasan mengenai 26 Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli Terlengkap semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂