“Review” Pengertian & ( Tujuan – Contoh – Cara Membuat )

“Review” Pengertian & ( Tujuan – Contoh – Cara Membuat )

“Review” Pengertian & ( Tujuan – Contoh – Cara Membuat )

DosenPendidikan.Com – Dalam hal ini Review dapat berarti suatu hal yang positif atau negatif, hal ini tergantung dari tujuan dari penulis review tersebut. Review dibuat setelah penulis mendapatkan informasi atau menggunakan produk atau karya tersebut.

Untuk review film berarti penulis telah menonton film tersebut, untuk rewiew produk berarti penulis telah menggunakan produk tersebut. Saat menonton atau menggunakan produk tersebut, pasti ada hal positif dan negatif yang dirasakan, nah disinilah tugas penulis untuk menginformasikan semua hal yang dia dapatkan. Untuk hal demikian agar lebih memahami dan jelas simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Review

Review ialah sebuah ringkasan, tinjauan dari beberapa sumber entah dari film, buku, berita dan lainnya. Tentunya kalian sudah sering mendengar kata rewiew. Seperti review buku, review film, review produk dan lainnya.

Dengan adanya review kita bisa tahu kelebihan, kekurangan dan kualitas dari suatu karya atau produk. Tujuannya digunakan untuk memberi informasi ke pembaca tentang suatu hal dan mengajaknya atau membuat pembeca semakin penasaran, review ini sangat penting untuk pemasaran suatu produk tertentu.

Tujuan Review

Sebenarnya apa tujuan review?? setiap penulis memiliki tujuan yang berbeda-beda, tetapi tujuan utamanya untuk memberikan informasi, gambaran atau gagasan di sebuah produk atau karya yang dibuat. Kini review jangkauannya lebih luas, tidak hanya pada review buku saja, tetapi termasuk review film, review produk dan masih banyak lainnya, hal ini bisa dilihat dari banyaknya forum-forum yang menjelaskan tentang review suatu produk atau karya.

Contoh Review

Misalnya kalian membuat review sebuah film, tujuan kalian untuk membagikan informasi kepada pembaca tentang kualitas dari film tersebut. Sehingga pembaca penasaran untuk menontonnya, atau dijadikan sebagai referensi, apakah film tersebut bagus atau tidak.

Saat ini banyak orang mencari review produk atau karya terlebih dahulu, sebelum membeli atau menonton hal tersebut. Di belakang buku, juga sering terdapat review dari pembaca, sehingga pembeli bisa lebih tertarik untuk membeli buku tersebut.

Cara Membuat Review Buku

Ada beberapa tahap yang harus diperhatikan saat akan membuat review buku, sehingga pembaca bisa menerima review tersebut dengan baik, inilah beberapa cara yang harus dilakukan yaitu:

  • Review buku dengan kalimat yang bisa mendeskripsikan isi dari buku tersebut.
  • Tulis hal-hal yang kalian sukai dari buku tersebut.
  • Tulis hal-hal yang tidak kalian sukai dari buku tersebut.
  • Tulis secara ringkas pemikiran kalian terhadap isi buku tersebut, kalian juga bisa menulis rekomendasi ke pembaca, kenapa harus membaca atau tidak membaca buku tersebut.
  • Tambahkan rating untuk buku yang sudah kalian baca.

Saat menulis review produk atau film pun, tata caranya hampir sama, saat membuat review juga harus disesuaikan dengan kondisinya. Apakah dibuat untuk formal atau tidak. Karena kini banyak orang yang membuat review di blog pribadinya. Dengan kata-kata yang lebih santai, mereka membuat tulisan review tentang film, produk, buku atau apapun yang dia inginkan. Bahkan kalian bisa mendapatkan penghasilan dari menulis review.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menulis review, kalian harus tahu produk tersebut dengan pasti. Jika review film berarti kalian harus menonton film tersebut, sehingga pembaca bisa menerima review tersebut dengan baik, bangun kreditibilitas tulisan dengan baik. Pastikan kalian menggunakan teknik penulis yang baik, sehingga pembaca semakin tertarik untuk membaca review kalian, jika alur penulisannya kuran menarik, akan membuat pembaca tidak tertarik dengan review yang kalian buat.

"Review" Pengertian & ( Tujuan - Contoh - Cara Membuat )

Selain itu pastikan menulis review sesuai pengalaman, pembaca bisa membedakan tulisan review mana yang sesuai pengalaman dan hanya pengarang saja, karena detail yang dijelaskan terlihat berbeda. Pengertian review berarti menulis ulasan secara detail. Inilah alasan kenapa kalian harus mempunyai pengalaman mengenai produk tersebut. Untuk review film atau buku, kalian tidak bisa menulis secara detail karena mungkin ada spoiler, tetapi untuk review produk kalian harus menulis secara detail, tulis kelebihan dan kekurangan produk tersebut dengan detail.

Kalian bisa menulis dengan teknik piramida, tulisa suatu hal yang paling umum terlebih dahulu, kemudian mengerucut ke hal yang lebih detail. Jangan lupa untuk menambahkan tips dan saran di akhir review. Ini akan membuat pembaca semakin tertarik untuk membaca keseluruhan review kalian. Berikan saran apakan produk tersebut layak digunakan atau tidak, film tersebut layak di tonton atau tidak.

Demikianlah pembahasan mengenai “Review” Pengertian & ( Tujuan – Contoh – Cara Membuat ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Send this to a friend