“Surat Izin Tempat Usaha ( SITU )” Pengertian & ( Fungsi – Syarat / Cara Membuatnya )

“Surat Izin Tempat Usaha ( SITU )” Pengertian & ( Fungsi – Syarat / Cara Membuatnya )

“Surat Izin Tempat Usaha ( SITU )” Pengertian & ( Fungsi – Syarat / Cara Membuatnya )

DosenPendidikan.Com – SITU yang disingkat Surat Izin Tempat Usaha merupakan izin yang paling sangat penting bagi yang ingin mendirikan suatu perusahaan. Hal demikian sangatlah berperan penting bagi keberlangsungan perusahaan. Betapa tidak, SITU ialah hal yang dipersyaratkan diperlukan bagi setiap perusahaan. Selain agar menghindari adanya kerugian atau suatu masalah kedepannya, juga SITU atau Surat Izin Tempat Usaha, juga ialah tertulis dalam Undang-Undang.

Dalam hal ini, jika tidak memiliki SITU maka akan mendapat sanksi, perlu diketahui bahwa SITU merupakan satu dokumen dalam Surat Izin Usaha Perdagangan “SIUP”. Yang sehingga dalam tata cara atau syarat membuat SITU diperlukan SIUP juga. Begitu pula sebaliknya, olehnya itu terkait cara membuat SITU terdapat syarat-syarat yang perlu diperhatikan dalam membuat SITU.

Namun jika tidak memiliki  keduanya baik SITU dan SIUP maka akan berdampak atau berakibat pada perusahaan kalian, salah satunya dengan diberikan sanksi atau denda berupa pemberhentian perusahaan. Olehnya itu ada baiknya dan memang semestinya, setiap kalangan yang ingin membentuk suatu usaha atau perusahaan diperlukan adanya SITU atau SIUP yang mana memiliki prosedur atau tata cara yang diperlukan dalam melengkapi syarat-syarat membuat SITU.

Perizinan sendiri ialah pemberian legalitas kepada seseorang atau pelaku usaha atau kegiatan tertentu yang dilakukan dalam bentuk izin maupun yang tanda daftar usaha. Izin ialah salah satu instrumen yang paling banyak digunakan dalam hukum administrasi untuk mengemudikan tingkah laku para warga. Tidak hanya itu izin kerap diartikan sebagai dispensasi atau pelepasan atau pembahasan dari suatu larangan.

Dan Lisensi ialah suatu izin yang memberikan hak untuk menyelenggarakan suatu perusahaan. Lisensi sendiri digunakan untuk menyatakan adanya suatu izin dalam memperkenankan seseorang untuk menjalankan suatu perusahaan dengan izin khusus ataupun istimewa.

Pengertian Surat Izin Tempat Usaha “SITU”

Sedangkan untuk pengertian Surat Izin Tempat Usaha “SITU” ialah surat untuk memperoleh ujian sebuah usaha di sebuah lokasi usaha dengan maksud agar tidak menimbulkan gangguan atau kerugian kepada pihak-pihak tertentu.

Surat demikian memiliki dasar hukum yakni didasarkan pada peraturan daerah dari domisili perusahaan terkait. Adapun dasar hukum kepemilikan SITU diatur dalam peraturan daerah yang terdapat di setiap daerah. Pemegangan izin tempat usaha “SITU” ialah setiap orang atau badan atas nama siapa izin tempat usaha diberikan.

Pengertian Surat Izin Tempat Usaha menurut peraturan daerah nomor 7 tahun 2000 tentang izin tempat usaha ialah suatu yang digunakan untuk meningkatkan sumber-sumber pendapatan asli daerah, maka pemberian izin bagi tempat usaha perlu dikenakan retribusi. Adapun retribusi tempat usaha ialah suatu pungutan yang harus dibayat/dilunasi oleh pengusaha atau memegang izin yang memberikan dan atau keperluan tempat usaha.

Izin Tempat Usaha “SITU” berlaku untuk jangka waktu selama 5 tahun atau jangka waktu tertentu “kurang dari 5 tahun”. Izin Tempat Usaha “SITU” berlaku untuk jangka waktu, dikeluarkan atas dasar beberapa pertimbangan tertentu selain persyaratan yang telah ditetapkan.

Diketahui izin tempat usaha “SITU” dimana pengusaha atau pemegang tempat usaha, wajib melakukan pendaftaran ulang setiap 1 “satu” tahun sekali dan membayar retribusi yang telah ditetapkan. Dan sedangkan untuk kepentingan penertiban dan pengawasan, walikota melakukan pemeriksaan tahunan terhadap setiap izin tempat usaha yang telah dikeluarkan dan memberikan surat pemeriksaan tahunan kepada pengusaha atau pemegang izin tempat usaha sebagai tanda telah dilakukan pemeriksaan tahunan.

Menurut Peraturan Menteri Perdagangan RI Nomor: 46/-DAG/PER/9 tentang penerbitan Izin Usaha menurut Surat Izin Tempat Usaha “SITU” ialah surat untuk memperoleh ijin sebuah usaha di sebuah lokasi dengan maksud agar tidak menimbulkan adanya gagasan atau kerugian kepada pihak-pihak tertentu.

Surat demikian memiliki dasar hukum yakni yang berdasarkan peraturan daerah dari domisili perusahaan terkait. Dasar hukum kepemilikan SITU diatur dalam peraturan daerah yang terdapat disetiap daerah.

"Surat Izin Tempat Usaha ( SITU )" Pengertian & ( Fungsi - Syarat / Cara Membuatnya )

Syarat Pembuatan Surat Izin Tempat Usaha “SITU”

Adapun untuk syarat-syarat dalam pembuata SITU diantaranya yaitu:

  • Mengisi formulir permohonan.
  • Surat keterangan domisili perusahaan dari desa.
  • Surat pernyataan tetangga.
  • Surat keterangan status tanah atau bangunan.
  • Copy KTP pemilik.
  • Menghadirnya rekomendasi izin tempat usaha dari kecamatan.
  • Copy akta pendirian bagi perusahaan yang berstatus badan hukum atau juga badan usaha atau rekaman anggaran dasar yang telah disahkan bagi koperasi.
  • Foto permohonan ukuran 3 X 4 cm sebanyak 2 buah.
  • Fotocopy pelunasan PBB tahun berjalan.
  • Denah lokasi tempat usaha.
  • Surat pernyartaan tidak keberatan dari tetangga “Izin Tetangga” yang diketahui RT/RW.
  • Fotocopy IMB “Izin Mendirikan Bangunan”.

Adapun untuk syarat yang lainnya yaitu:

Syarat Keamanan

  • Perusahaan menyediakan alat pemadam kebakaran.
  • Menyediakan bahan yang mudah dan penyimpanan barang tersebut dengan aman.
  • Bangunan perusahaan terdiri dari bahan yang tidak mudah terbakar.
  • Ikut dan taat pada undang-undang keselamatan kerja.

Syarat Ketertiban

  • Harus menjaga ketertiban.
  • Dilarang menyiapkan barang-barang di pinggir jalan umum.
  • Melebihi ketentuan jam kerja dapat dilakukan dengan izin khusus.

Syarat Kesehatan

  • Dengan memelihara dan juga menjaga kebersihan.
  • Menyediakan tempat pembuangan sampah .
  • Menyediakan pencegahan kemungkinan terjadinya pencemaran lingkungan hidup.
  • Penyediaan alat-alat pertolongan pertama pada kecelakaan.

Syarat-Syarat Lain

  • Perusahaan diwajibkan mengutamakan tenaga kerja dan pendidikan sekitar yang memiliki KTP.
  • Menjaga keindahan lingkungan dan menjaga penghijauan terkait perusahaan yang melanggar syarat-syarat tersebut.

Demikianlah pembahasan mengenai “Surat Izin Tempat Usaha ( SITU )” Pengertian & ( Fungsi – Syarat / Cara Membuatnya ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Send this to a friend