Profil Negara Asean

Diposting pada

11 Profil Negara Asean – Luas, Penduduk, Letak, Bentang Alam, Pemerintah & Ekonomi – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Profil Negara Asean yang dimana dalam hal ini meliputi luas, penduduk, letak, bentang alam, pemerintah dan ekonomi, nah agar dapat lebih memahami dan dimengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Profil-Negara-Asean

Profil Negara Asean

Asia Tenggara (ASEAN) kepanjangan dari Association of Southeast Asian Nations adalah suatu organisasi dibidang politik dan ekonomi yang didirikan oleh Negara-negara dikawasan Asia Tenggara yang terbentuk pada tanggal 8 Agustus 1967 di Kota Bangkok ( Thailand ) dibentuknya bertujuan untuk dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dapat mengembangkan kebudayaan negara-negara anggotanya, dapat menjaga stabilitas dan perdamaian serta dapat memberikan kesempatan kepada anggota-anggotanya untuk membahas perbedaan dengan secara damai.


Pada awal dibentuknya ASEAN berjumlah anggota ASEAN ialah 5 Negara yaitu Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura serta Filipina. Kelima negara tersebut juga merupakan pendiri ASEAN. Dalam bahasa indonesia ASEAN biasa disebut dengan PERBARA disingkat dengan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : Pengertian ASEAN


Pada tanggal 7 Januari 1984, bertambah Anggota ASEAN diantaranya Brunei Darussalam yang telah bergabung menjadi anggota ASEAN yang ke-6. Lalu Negara-Negara Asia Tenggara lainnya juga pun ikut bergabung menjadi Anggota ASEAN diantaranya Vietnam telah bergabung menjadi Anggota ASEAN pada tanggal 28 Juli 1995. Kemudian bergabung Laos dan Myanmar yakni pada tanggal 23 Juli 1997. Selanjutnya pada tanggal 16 Desember 1998 Kamboja pun ikut juga bergabung ke dalam anggota ASEAN. Jadi mulai saat ini, jumlah Anggota ASEAN telah menjadi 10 Negara yakni Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar dan Kamboja.


Dan yang seperti kita ketahui bersama bahwa Asia Tenggara atau ASEAN merupakan suatu kawasan di Asia yang memiliki jumlah penduduk yang dibilang cukup padat yaitu sekitar 625 juta jiwa atau 8,8% penduduk dunia. Berikut ini terdapat beberapa profil negara-negara di asean, terdiri atas:


  1. Indonesia

Indonesia

Nama resmi : Negara Kesatuan Republik Indonesia

Ibukota : Jakarta

Luas Wilayah : 1.922.570  km²

Jumlah Penduduk : 260.580.739 jiwa (estimasi Juli 2017)

Sistem Pemerintahan : Republik

Kepala Pemerintahan : Presiden

Bahasa Resmi : Bahasa Indonesia

Hari Kemerdekaan : 17 Agustus 1945

Lagu Kebangsaan : Indonesia Raya

Mata uang : Rupiah (Rp)

Letak Astronomis : 6º LU – 11º LS, 95º BT – 141º BT


a. Letak Geografis

  1. Utara : Negara Malaysia
  2. Selatan : Negara Australia
  3. Barat  : Samudera Indonesia
  4. Timur : Negara Papua

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : Negara Maju Dan Berkembang


Indonesia adalah negara kepulauan terbesar dunia yang mempunyai 17.508 pulau. Indonesia terbentang antara 6 derajat garis lintang utara sampai 11 derajat garis lintang selatan, dan dari 97º sampai 141º garis bujur timur serta terletak antara dua benua yaitu benua Asia dan Australia/Oceania. Posisi strategis ini mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap kebudayaan, sosial, politik, dan ekonomi.


Wilayah Indonesia terbentang sepanjang 3.977 mil antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Apabila perairan antara pulau-pulau itu digabungkan, maka luas Indonesia menjadi 1.9 juta mil persegi. Lima pulau besar di Indonesia adalah : Sumatera dengan luas 473.606 km persegi, Jawa dengan luas 132.107 km persegi, Kalimantan (pulau terbesar ketiga di dunia) dengan luas 539.460 km persegi, Sulawesi dengan luas 189.216 km persegi, dan Papua dengan luas 421.981 km persegi


b. Keadaan Alam

Wilayah Indonesia membentang sepanjang 3.977 mil, dilintasi garis khatulistiwa, berada diantara benua Asia dan Australia, antara Samudera Pasifik dan Hindia. Negara Indonesia merupakan negara kepulauan dengan 17.504 pulau besar dan kecil. Batas wilayah Indonesia diukur dari kepulauan dengan menggunakan teritorial laut 12 mil laut serta zona ekonomi eksklusif 200 mil laut searah penjuru mata angin.


c. Iklim

Iklim tropis dengan dua musim yaitu musim hujan dan kemarau.


d. Kegiatan Perekonomian

cukup stabil dengan PDB Indonesia tahun 2004 dan 2005 melebihi 5% dan dperkirakan akan terus berlanjut. Namun dampak perekonomian tersebut belum cukup besar dalam mempengaruhi tingkat pengangguran, yaitu sebesar 9.75%. Perkiraan tahun 2006 sebanyak 17.8% masyarakat hidup dibawah garis kemiskinan dan terdapat 49% masyarakat yang hidup dengan penghasilan kurang dari AS$2 per hari.


e. Pendapatan Per-Kapita

US$ 3.979


f. Komoditas

Termasuk negara agraris seperti pertanian, perkebunan, kehutanan juga pertambangan.


  1. Malaysia

Malaysia

Nama resmi : Federation of Malaysia

Ibukota : Kuala Lumpur

Bentuk Negara : Kerajaan berbentuk Federal dengan sistem pemerintahan perwakilan terdiri atas 13 negara bagian atau negeri (8 kesultanan, 1 kerajaan, 4 propinsi)

Kepala Negara : Yang Dipertuan Agung

Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri

Bahasa Resmi : Bahasa Melayu (Bahasa Malaysia)

Lagu Kebangsaan : Negaraku

Hari Kemerdekaan : 31 Agustus 1957

Mata uang : Ringgit

Luas : 329.750 km².

Letak Astronomis : 11º LU – 27º LS, dan antara 100º BT – 120º BT.

Jumlah Penduduk : 31.381.992 jiwa (estimasi Juli 2017)


a. Letak Geografis

  • Sebelah utara : Thailand, Laut Cina Selatan dan Brunei Darussalam.
  • Sebelah timur : Laut Sulu dan Laut Sulawesi.
  • Sebelah barat  : Selat Malaka.
  • Sebelah selatan : Indonesia dan Singapura.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : Kerjasama Asean


b. Keadaan Alam

Luas keseluruhan wilayah Malaysia kurang lebih sekitar 330. 434 km2. Wilayah negara Malaysia terbagi atas :

  1. Malaysia Barat dan Malaysia Timur.
  2. Wilayah Malaysia bagian barat adalah semenanjung Malaka yang terdiri atas sebelas negara bagian
  3. Wilayah Malaisia bagian Timur terletak di sebelah utara Pulau Kalimantan. Wilayah ini terdapat dua negara bagian, yaitu Serawak dan Sabah.
  4. Di Semenanjung Malakaterdapat pegunungan dengan puncaknya yang tinggi adalah Gunung Tahan (2.190 mdpl).
  5. Di wilayah Timur terdapat pegunungan dengan puncaknya yang tinggi adalah Gunung Kinabalu (4.101 mdpl)

c. Bentuk Pemerintahan

Bentuk negara Malaysia adalah kerajaan. Ibu kotanya adalah Kuala Lumpur. Kepala negaranya bergelar “Yang Di Pertuan Agong”. Kepala negara-negara bagian Malaysia adalah raja. Raja yang Di pertuan Agong dipilih dari para raja negara-negara bagian tersebut.


d. Kegiatan Ekonomi

Kegiatan ekonomi utama penduduknya adalah dibudang pertanian, pertambangan, dan perindustrian. Pertanian merhgasilkan karet, minyak sawit, kopra, teh, lada dan padi. Pertamangan menghasilkan bijih timah, bauksit, bijih besi, dan minyak bumi, malaysia merupakan negara penghasil timah terbesar di dunia. Industri Malaysia menghasilkan barang dari naja dan barang elektronik.


  1. Thailand

Thailand

Nama resmi : Ratcha Anachak Thai; atauPrathēt Thai

Ibukota : Bangkok

Sistem Pemerintahan : Monarki konstitusional

Kepala Negara : Raja

Kepala Pemerintahan : Perdana Meneteri

Bahasa Resmi : Thai dan Cina

Mata uang : Baht

Luas Wilayah : 514,000 km2

Letak Astronomis : 5°-21° LU dan 97°-106° BT

Jumlah Penduduk : 68.414.135 jiwa (estimasi Juli 2017)


a. Letak Geografis

  1. Sebelah utara : Laos
  2. Sebelah selatan : Malysia, teluk Syam
  3. Sebelah barat : Myanmar, laut Andaman
  4. Sebelah timur : Laos dan Kamboja

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : Lambang ASEAN dan Artinya


b. Keadaan Alam

Luas negara Thailand (Muangthai) lebih kurang 513.118 km2. Wilayah negara Thailand terbagi menjadi empat bagian, yaitu sebagai berikut :

  • Dataran rendah di bagian tegah dialiri sungai Chao-Phraya. Daerah ini sangat subur di Thailand.
  • Daerah pegunnnungan di bagian utara dan barat. Puncaknya yang tinggi adalah Gunung Doi Inthanon (2.594 mdpl)
  • Pegunungan kapur di bagian timur
  • Semenanjung Thailand Selatan yang berupa  bukit renadah yang meluas sampai keperbatasan dengan Malaysia.

c. Bentuk Pemerintahan

Bentuk pemerintahan negara Thailand adalah kerajaan. Ibu kota negara hailand adalah Bbangkok. Sedangkan kepala pemerintahannya adalah perdana menteri. Mata uang negara Thailand adalah Bhat. Lagu kebangsaannya adalah “Phleng Chat”. Thailand merupakan satu-satunya negara aia tenggara yang tidak pernah di jajah oleh bangsa manapun.


d. Kegiatan Ekonomi

Kegiatan ekonomi penduduk Thailand adalah pertanian, kehutaan, pertambangan dan industri. Hasil pertanian yang terbesar negara Thailand adalah beras. Thailand merupakan lumbung padi di Asia tenggara. Hasil hutannya adalah kayu jati. Sektor pertambangannya menghasilkan timah dan mangan. Industri Thailand menghasilkan Tekstil, semen, dan baang elektronik. Penghasilan evisa utama negara Thailand berasal dari industri pariwisata.


  1. Filipina

Filipina

Nama resmi : Republik Philipina

Ibukota : Manila

Luas Wilayah : 300.000  km²

Sistem Pemerintahan : Republik

Kepala Pemerintahan : Presiden

Bahasa Resmi : Bahasa Tagalog, Inggris

Hari Kemerdekaan : 4 Juli 1946

Lagu Kebangsaan : Lupang Hinirang

Mata uang : Peso

Letak Astronomis : 4º LU – 5º LU, 114º BT – 115,5º BT

Jumlah Penduduk : 104.256.076 jiwa (estimasi Juli 2017)


a. Letak Geografis

  1. Selatan : Laut Sulawesi
  2. Barat : Laut China Selatan
  3. Timur : Laut Filipina

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : Kerjasama Regional


b. Keadaan Alam

Luas wilayah Filipina kurang lebih 300.000 km2. Filipina merupakan negara kepulauan, jumlah pendduknya kurang lebih 7.100 buah. Pulau Lauzon dan Pulau Mindanao adalah pulau-pulau terbesar negara Filipina kepulauan Filipina termasuk daerah pegunungan Lipatan pasifik. Filipina memiliki banyak gunung api yang masih aktif. Gunung tertinggi di Pulau Luzn adalah Gunung Mayon (2.421 mdpl) dan gunung tertinggi di Pulau Mindanao adalah Gunung Apo (1.954 mdpl)


c. Bentuk Pemerintahan

Bentuk negara Filipina adalah rpublik. Iu kota Filipina adalah Manila. Kepala negara Filipina adalam presiden. Mata uang Filipina adalah Peso. Lagu kebangsaannya adalah “Lupang Hinirang”


d. Kegiatan Ekonomi

Mata pencaharian sebagian besar penduduknya adalah di bidang pertanian, mata pencaharian lainnya adlaah yaitu di bidang pertambangan dan perindustrian, hasil pertanian Filipina antara lain padi, kelapa, serat abaka, nanas dan gula. Negara ini dijuluki “Home of the green Revolution” (Rumah Revolusi Hijau). Revolusi hjau adalah gerakan perubahan dalam sistem pertanian agar mengasilkan padi yang berkualitas tinggi dalam waktu ang cpat. Di Laos Banos, terdapat Balai penelitian padi Internasional. Hsail tambang Filipina adalah kobalt, tembaga, emas, nikel, bijih besi, dan minyak bumi.


  1. Singapura

Singapura

Nama resmi : Republik Singapura

Ibukota : Singapore (Downtown Core, Central)

Sistem Pemerintahan :  Republik parlementer

Kepala Negara : Presiden

Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri

Bahasa Resmi : Inggris (utama),Melayu (nasional), Cina Mandarin, Tamil

Lagu Kebangsaan : Majulah Singapura

Hari Kemerdekaan : 31 Agustus 1963

Mata uang : Dolar Singapura

Luas : 710.2 km2

Letak Astronomis : 10º LU – 29º LU dan 102º BT – 104º BT

Jumlah Penduduk : 5.888.926 jiwa (estimasi Juli 2017)


a. Letak Geografis

  • Sebelah Barat :  Bangladesh, India, dan Teluk Benggala
  • Sebelah timur : Laos, Thailand, dan Cina;
  • Sebelah utara : Laut Andaman
  • Sebelah selatan : Cina

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : Afta Adalah


b. Keadaan Alam

Negara Singapura terdiri atas pulau-pulau kecil. Luas Singapura kurang lebih 704 km2.  Singapura adalah negara terkecil di kawasan Asia Tenggara dan negara termaju di atantara negara-negara berwilayah kecil di dunia.
Letak Singapura sangat strategis, Singapura terletak pada posisi silang jalur lalu lintas pelayaran dari negara-negara di Asia Timur, Asia Barat, Afrika, Eropa, Amerika, dan Australia. Possinya yang strategis tersebut imanfaatkan Pemerintah Singapura sebagai pelabuhan transit Internasional.


Pemerintah Singapura membangun pelabuhan modern dengan sarana dan prasarana lengkap. Seperti pengangkutan dan gudang. Pelayanan Pemerintah Singapura sangat baik sehingga banyak kapal singgah di Singapura. Saat ini, Singapura merupakan pelabuhan transit paling ramai se Asia.


c. Bentuk Pemerintahan

Bentuk negara Singapura adalah Republik. Ibukota singapura adalah Singapura. Kepala negara Singapura adalah seorang presiden dan kepala pemeerintahannya adalah perdana menteri, lagu kebangsaan bagi negara Singapura adalah “Majulah Singapura” . dan mata uang yang dipakai oleh negara Singapura adalah dolar Singapura.


d. Kegiatan Ekonomi

Perekonomian singapura sangat bergantung pada jasa perbankan, perdagangan, perhubungan, perindustrian, dan pariwisata. Industri Singapura menghasilkan kapal, barang elektronik dan bahan makanan untuk di ekspor. Untuk memenuhi kebutuhan bahan baku industrinya, Singapura mengimpornya dari negara lain, termasuk juga negara Indonesia.


  1. Brunei Darussalam

Brunei Darussalam

Nama resmi : Negara Brunei Darussalam ( yang berarti Negara Brunei yang penuh kedamaian )

Ibukota : Bandar Seri Begawan

Bentuk Negara : Kerajaan

Sistem Pemerintahan : Kesultanan Konstitusional

Kepala Negara : Sultan

Bahasa Resmi : Bahasa Melayu dan Inggris

Lagu Kebangsaan : Allah Peliharalah Sultan

Hari Kemerdekaan : 1 Januari 1984

Luas : 5.765 km²

Mata uang : Dollar Brunei ( B$)

Letak Astronomis : 4º LU – 5º LU, 114º BT – 115,5º BT

Jumlah Penduduk : 443.593 jiwa (estimasi Juli 2017)


a. Letak Geografis

  1. Utara : Laut Cina Selatan
  2. Selatan : Malaysia
  3. Barat : Malaysia
  4. Timur : Malaysia

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : Siklus Ekonomi adalah


b. Keadaan Alam

Brunei Darussalamterletak di Kalimantan Utara. Luas wilayah kurang bih 5.765 km2. Luas wlayah tergolong kecil, sebanding dengan luas wilayah Kabupaten Aceh Tengah. Negara brunei Darussalam dibagi atas dua wilayah, yaitu wilayah barat dan wilayah timur. Wilayah barat brunei Darussalam merupakan daerah dataran rendah dengan rawa-rawa, namun pedalamannya sedikit berbukit-bukit. Adapun wilayah rimur merupakan daerah berbukit-bukit. Ketinggian gunung Pagon di Brunei Darusalam mencapai 1.850 km2.


c. Bentuk Pemerintahan

Brunei Darusalam adalah negara yang berbentuk kesultanan. Ibu Kota negara Brunei Darussalam adalah bandar Seri Begawan. Kepala negara dan kepala pemerintahan Brunei Darusalam adalah Sultan. Mata uang Brunei Darussalam adalah Dolar brunei (Br$). Lagu kebangsaan brunei Darussalam adalah “Allah Peliharakan Sultan”.


d. Kegiatan Ekonomi

Brunei Darussalam terkenal sebagai negara pengekspor minyak bumi dan gas alam. Barang yang diimpor negara brunei Darussalam adalah mesin, mobil, barang elektronik, beras dan gula. Brunei Darussalam termasuk ngara Asia Tenggara yang kaya, dengan pendapatan per kapita penduduknya paling tinggi. Negara ini mempunyai istana yang besar dan megah.


  1. Vietnam

Vietnam

Nama resmi : Republik Sosialis Vietnam

Ibukota : Hanoi

Bentuk Negara : Republik

Sistem Pemerintahan : Republik Sosialis

Kepala Negara : Presiden

Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri

Bahasa Resmi : Vietnam

Lagu Kebangsaan : Tien Quan Ca

Hari Kemerdekaan : 2 September 1945

Mata uang : Dong

Luas Wilayah : 331,689 km2

Letak Astronomis : 9º LU – 23º LU dan 102º BT- 110º BT

Jumlah Penduduk : 96.160.163 jiwa (estimasi Juli 2017)


a. Letak Geografis

  • Sebelah utara :  Republik Rakyat Cina
  • Sebelah barat : Laos, Kamboja,
  • Sebelah timur  : laut China selatan

b. Keadaan Alam

Negara vietnam terletak di semenanjung Indocina. Negara vietnam meliputi seluruh pantai semenanjung indocina. Luas vietnam kurang lebih 331.689 Km2. Wilayah vietnam dapat di bagi menjadi daerah-daerah sebagai berikut :

  1. Pegunungan utara terletak di bagian barat laut. Puncak tertingginya adalah Van-Si-Pan (3.143 mdpl)
  2. Delta sungai merah membentang dari pegunungan utara sampai teluk tonkin. Wilayah ini merupakan daerah pertanian.
  3. Peggunungan annam merupakan rangkaian pegunungan di wilayah barat dari pegungunggan utara sampai 80 km di utara di Ho Chi Minh City.
  4. Dataran pantai meliputi wilayah timur, dan bagian tengah, membentang dari Delta dari sungai Merah sampai
  5. Sungai Mekong. Delta mekong terbentuk oleh Sungai Mekong. Sungai mekong merupakan sungai yang sering di landa banjir setiap tahunnya. Vietnam beriklim teropis musim

c. Bentuk Pemerintahan

Bentuk negara Vietnam adalah Repoblik Sosialis dengan kepala negara adalah Presiden. Kepala pemerintahanya adalah Perdana Mentri. Ibu kota Vietnam adalah Hanoy, Mata uang Vietnam adalah Dong. Bahasa Nasionalnya adalah bahasa Vietnam


d. Kegiatan Ekonomi

Mata pencarian penduduk Vietnam sebagian besar adalah pertanian. Hasil utama pertanian Vietnam adalah padi. Hasil pertanian lainya, jagung, kapas, ubi jalar, teh dan tembakau. Hasil industri Vietnam antara lain, Tekstil, semen, Pupuk dan Ban. Hasil pertambangannya adalah emas, bijih besi, timah, gamping, fispat dan seng.


  1. Laos

Laos

Nama resmi : Rep. Demokratik Rakyat Laos

Ibukota :  Vientiane

Sistem Pemerintahan : Republik Partai Satu

Kepala Negara : Presiden

Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri

Bahasa Resmi : Laos (bahasa resmi), Palaungwa, dan Tai

Lagu Kebangsaan : Pheng Xat Lao

Hari Kemerdekaan : 19 Juli 1949

Mata uang : Kip

Luas : ± 236.800 km²

Letak Astronomis : 14º LU – 22º LU dan 100º BT – 107º BT

Jumlah Penduduk : 7.126.706 jiwa (estimasi Juli 2017)


a. Letak Geografis

  • Sebelah Barat :  Myanmar,  Thailand
  • Sebelah timur : Vietnam
  • Sebelah utara : Republik Rakyat Cina
  • Sebelah selatan : Kamboja

b. Keadaan Alam

Laos terletak di semenanjung indocina. Luas negara laos sekitar 236.800 km2. Negara laos di kelilingi pegunungan dan hutan lebat. Pegunungan dan dataran tinggi terdapat di sebelah utara yang membentang di sepanjang batas timur. Puncaknya adalah gunung Bia. Sungai mekong merupakan sungai penting di laos. Sungai mekong mengalir dari barat daya ke arah tenggara di sepanjang perbatasan dengan negara thailand. Sungai mekong juga di manfaatkan sebagai sarana transportasi.

Negara ini memiki iklim musim. Laos merupakan satu satunya negara di kawasan asia tenggara yang tidak memiliki wilayah laut. Negara ini populer dengan sebutan the land locked country, yaitu tanah yang terkunci karena terkeepung oleh 5 negara.


c. Bentuk Pemerintahan

Bentuk negara laos adalah repoblik dengan ibu kotanya Vientiane. Kepala negaranya adalah presiden. Kepala pemberintahanya adalah perdana mentri. Mata uang laos adalah new kip. Bahasa nasional laos adalah bahasa laos.


d. Kegiatan Ekonomi

Mata pencarian utama penduduk laos adalah di bidang pertanian. Kegiatan pertanian banyak di lakukan di sepanjang sungai mekong. Hasil utama pertanian laos adalah padi dan jagung. Hasil lainya berupa sayuran, pisang, pepaya dan kelapa. Selain pertanian, kegiatan ekonomi penduduk laos adalah berternak. Hasil ternak laos antara lain, sapi, babi, kerbau dan unggas.


  1. Myanmar

Myanmar

Nama resmi : Pyidaungzu Myanmar Naingngandaw

Ibukota : Naypyidaw

Sistem Pemerintahan : Junta Militer

Kepala Negara : Presiden

Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri

Bahasa Resmi : Bahasa Myanmar

Lagu Kebangsaan : Gba Majay Bma

Hari Kemerdekaan : 4 Januari 1948

Mata uang : Kyat

Luas : 678,500 km2

Letak Astronomis : 11º LU – 28º LU dan 92º BT – 101º BT.

Jumlah Penduduk : 55.123.814 jiwa (estimasi Juli 2017)


a. Letak Geografis

  1. Sebelah utara : Cina (RRC).
  2. Sebelah selatan : Laut Andaman.
  3. Sebelah timur : Laos dan Thailand.
  4. Sebelah barat : Teluk Benggala dan India.

b. Keadaan Alam

Dulu negara ini di kenal dengan nama burma. Pada tahun 1989 pemertintahan militer mengganti negara ini menjadi myanmar. Luas negara ini kurang lebih 676.578 km2. Bagian selatan myanmar terdapat pada garis pantai sepanjang teluk benggala dan laut andaman. Di bagian utara yang berbatasan dengan india dan cina merupakan peggunungan yang tinggi. Pegunungan ini merupakan bagian dari peggunungan himalaya.


Di bagian timur terdapat dataran tinggi yang memisahkan antara myanmar dan thailand. Bagian tengah merupakan dataran rendah yang di aliri sungai riawadi.


Seperti thailand, myanmar memiliki tiga musim utama yakni, musim dingin(oktober-febuari), musim panas(maret-juni), dan musim hujan(juni-september).


c. Bentuk Pemerintahan

Myanmar adalah salah satu naegara di asia tenggara yang berbentuk republik.kepala negara dan kepala pemerintahanya pemarinatahanya aadalah ibu kotanya adalah naypyitawsjak maret 2006sebalumnya,ibukkota myanmaradalah yangoon.mata uang nya adalah kyat.


d. Kegiatan ekonomi

Mata pencarian penduduk myanmar adalah di bidang pertanian , perkebunan ,dan pertambangan.hasil utama pertanian myanmar adalalah dibadang pertanian. Myanmar merupakan salah satu negara penghasil padi terbesar di asia tenggara.hasil perkebunanya antara lain tebu dan kayu jati. Hasil pertambanganya antara lain seng, tembaga, emas, perak, timah dan minyak bumi.


  1. Kamboja

Kamboja

Nama resmi : Kingdom of Cambodia

Ibukota : Phnom Penh

Luas Wilayah : 181.035 sq km²

Sistem Pemerintahan : Kerajaan Konstitusional / Monarki Konstitusional Demokratik

Kepala Negara : Raja

Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri

Bahasa Resmi : Khmer

Lagu Kebangsaan : Nokoreach

Hari Kemerdekaan : Diproklamasikan tgl 19 Juli 1949, baru diakui tgl 9 November 1953

Mata uang : Riel

Letak Astronomis : 10º LU – 14º LU, 102º BT – 108º BT

Jumlah Penduduk : 16.204.486 jiwa (estimasi Juli 2017)


a. Letak Geografis

  1. Sebelah Utara : Thailand, Laos
  2. Sebelah Selatan : Teluk Thailand
  3. Sebelah Barat : Thailand
  4. Sebelah Timur : Vietnam

b. Keadaan Alam

Luas wilayah kambija kurang lebih 181.035 km2. Negara Kamboja terletak di Semenanjung Indo Cina. Di Kamboja mengalir Sungai Mekong. Daerah di sekitar Sungai Mekong merupakan daerah yang subur. Pegunungan Cardamon panjangnya 160 km dan melintasi perbatasan dengan thailand. Tinggi puncak Pengunungan Cardamon adalah 1.813 mdpl. Di bagian barat laut terdapat danau tonie Sap. Sungai tonie sap beruara di Danau Tonie Sap. Kamboja beriklim tropis.


c. Bentuk Pemerintahan

Bentuk negara Kamboja adalah Republik dengan ibu kotanya Phnom Penh. Kepala negaranya adalah raja. Sedangkan kepala pemerintahannya adalah perdana menteri. Mata uang kamboja adalah reil. Bahasa kamboja adalah Khmer, sedangkan lagu kebangsaannya adalah “Nokoreach”.


d. Kegiatan Ekonomi

Mata pencarian utama penduduk Kamboja adalah di bidang pertanian. Daerah pertanian banyak terdapat di sepanjang Sungai mekong dan sekitar Danau Tonie sap. Padi termasuk hasil pertanian kamboja yang terbesar. Di samping tanaman padi, Kamboja juga menghasilkan karet dalam jumlah yang sangat besar.


  1. Timor Leste

Timor Leste

Nama resmi : Republika Democratika de Timor Leste

Ibu kota : Dilli

Luas wilayah : ± 14.874 km²

Jumlah penduduk : ± 1.040.880 jiwa (2005)

Kepadatan : ± 69 jiwa/km²

Agama : Katolik (90%), Kristen Protestan (5%), Islam (3%), dan sisanya Buddha, Hindu, serta aliran kepercayaan (2%)

Suku bangsa : campuran antara suku bangsa Melayu dan Papua

Mata uang : saat ini masih menggunakan Dolar Amerika dan Rupiah dalam perdagangan

Bahasa : Tetun (resmi), Portugis, dan Indonesia

Lagu kebangsaan : Pátria

Kemerdekaan : Diproklamasikan 28 November 1975 (dari Portugal) dan diakui 20 Mei 2002 setelah berada di bawah naungan Indonesia


Secara astronomis, Timor Leste terletak antara 8°LS -10°LS dan 124°BT – 127°30’BT. Negara ini berbatasan langsung dengan Indonesia (Provinsi Nusa Tenggara Timur) di sebelah Barat. Sementara itu, di sebelah Utara dibatasi oleh Selat Wetar dan di sebelah Timur dan Selatan dibatasi oleh Laut Timor. Negara ini juga memiliki sedikit wilayah yang terpisah dan berada di kawasan Pantai Utara Provinsi Nusa Tenggara Barat.


Dilihat dari kondisi topografinya, sebagian besar wilayah Timor Lestemerupakan daerah pegunungan, sedangkan tanahnya berupa endapan kapur dan tanah liat.Timor Leste hanya memiliki satu danau, yaitu Danau Surubel.Adapun puncak tertinggi terdapat di Gunung Tatamaliau (2.963 m). Selain itu, Timor Leste juga memiliki banyak sungai, namun pada umumnya sungai-sungai tersebut kering pada musim kemarau.


Republik Demokratis Timor Timur (dalam bahasa Indonesia), Timor Leste (dalam bahasa Portugis), atau Timor Lorosae (dalam bahasa Tetun) merupakan sebuah negara yang memisahkan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.Timor Timur secara resmi merdeka pada tanggal 20 Mei 2002. Ketika Timor Timur menjadi anggota PBB, mereka memutuskan untuk memakai nama dalam bahasa Portugis “Timor Leste” sebagai nama resmi negara mereka.


Kepala Negara Republik Timor Leste yaitu seorang presiden yang dipilih secara langsung dengan masa bakti selama 5 tahun. Meskipun fungsinya hanya seremonial, ia juga memiliki hak veto undang-undang. Perdana menteri dipilih dari pemilihan multipartai dan diangkat atau ditunjuk dari partai mayoritas sebuah koalisi mayoritas.Sebagai kepala pemerintahan, perdana menteri mengepalai dewan negara atau kabinet.


a. Potensi Alam

  1. Mempunyai garis pantai yang cukup panjang dan wilayah perairan (laut) yang cukup luas.
  2. Wilayah daratannya bervariasi, dari dataran pantai hingga pegunungan, namun mayoritas ketampakan alamnya berupa pegunungan.
  3. Mempunyai banyak aliran sungai.
  4. Mempunyai wilayah hutan yang cukup luas, terutama di kawasan pegunungan.
  5. Memiliki kekayaan barang-barang mineral, baik di daratan maupun di lautan.

Demikianlah pembahasan mengenai 11 Profil Negara Asean – Luas, Penduduk, Letak, Bentang Alam, Pemerintah & Ekonomi semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Butuhkan