Paragraf Deskripsi – Pengertian, Cotoh, Ciri, Jenis, Tujuan Dan Unsurnya

Diposting pada

Paragraf Deskripsi – Pengertian, Cotoh, Ciri, Jenis, Tujuan Dan Unsurnya  – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai paragraf deskripsi yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, tujuan, jenis, ciri, langkah menulis dan contoh, nah agar lebih memahami dan dimengerti simak ulasannya dibawah ini.

 

Contoh Paragraf Deskripsi


Pengertian Paragraf Deskripsi

Kata deskripsi berasal dari kata bahasa Latin describere yang berarti menggambarkan atau memerikan sesuatu hal. Dari segi istilah deskripsi adalah suatu bentuk karangan yang melukiskan sesuatu sesuai dengan keadaan yang sebenarnya, sehingga pembaca dapat mencitrai (melihat, mendengar, mencium, dan merasakan) apa yang dilukiskan itu sesuai dengan citra penulisnya (Izul:2010).


Shinigami (2013), deskripsi adalah paragraf yang berisi penggambaran suatu objek, tempat, atau peristiwa tertentu kepada pembaca secara jelas dan terperinci sehingga pembaca seolah-olah melihat dan merasakan sendiri apa yang dideskripsikan oleh penulis.


Jadi berdasarkan uraian di atas deskripsi adalah gambaran mengenai suatu hal yang dilukiskan dengan kondisi atau keadaan yang sebenarnya berisi penggambarab suatu objek, tempat, atau peristiwa tertentu sehingga dapat dirasakan, dilihat, dicium, dan didengar oleh pembaca.


Ciri-Ciri Paragraf Deskriptif

  1. Menggambarkan atau melukiskan sesuatu.
  2. Penggambaran tersebut dilakukan sejelas-jelasnya dengan melibatkan kesan indera.
  3. Membuat pembaca atau pendengar merasakan sendiri atau mengalami sendiri.
  4. Menjelaskan ciri-ciri objek seperti warna, ukuran, bentuk, dan keadaan suatu objek secara terperinci.

Pola pengembangan paragraf deskripsi :

  1. Paragraf Deskripsi Spasial, paragraf ini menggambarkan objek kusus ruangan, benda atau tempat.
  2. Paragraf Deskripsi Subjektif, paragraf ini menggambarkan objek seperti tafsiran atau kesan perasaan penulis.
  3. Paragraf Deskripsi Objektif, paragraf ini menggambarkan objek dengan apa adanya atau sebenarnya.

Baca Juga22 Contoh Paragraf Narasi Lengkap


Tujuan Paragraf Deskripsi

Paragraf deskripsi bertujuan untuk menggambarkan suatu objek sehingga pembaca bisa seolah-olah melihat, mendengar, merasakan atau mengalami objek dan peristiwa yang dideskripsikan penulis.


Unsur-Unsur Paragraf Deskripsi

Berikut ini terdapat beberapa unsur-unsur paragraf deskripsi, antara lain sebagai berikut:

  • Isi
  • Dalam sebuah paragraf organisasi isi perlu diperhatikan
  • Diksi atau pilihan kata
  • Impresionisme

Pola Pengembangan Paragraf Deskripsi

Berikut ini terdapat beberapa Pola pengembangan paragraf deskripsi, antara lain sebagai berikut:

  1. Paragraf Deskripsi Spasial, paragraf ini menggambarkan objek kusus ruangan, benda atau tempat.
  2. Paragraf Deskripsi Subjektif, paragraf ini menggambarkan objek seperti tafsiran atau kesan perasaan penulis.
  3. Paragraf Deskripsi Objektif, paragraf ini menggambarkan objek dengan apa adanya atau sebenarnya.

Baca Juga : Contoh Paragraf Argumentasi – Ciri, Struktur, Langkah dan Jenis


Jenis-Jenis Paragraf Deskripsi

Secara umum paragraf deskripsi dibedakan atas tiga macam yaitu:


  • Paragraf Deskripsi Spatial

Objek yang digambarkan di dalam paragraf ini berupa benda, ruangan atau tempat tertentu.


Contoh:

Sungai Dareh adalah sungai yang sangat bersih dan alami. Lebar sungainya yang hanya 6 meter membuatnya aman sebagai tempat berenang. Airnya pun bersih dan segar hampir tidak ada sampah satupun yang mengapung. Di sepanjang pinggiran sungai terdapat batuan-batuan yang cukup besar. Bagian kiri sungai meruapakan sawah yang sangat luas. Sedangkan bagian kanan sungai merupakan hutan. Itulah mengapa sungai ini sangat cocok untuk dijadikan tempat wisata.


  • Paragraf Deskripsi Subjektif

Paragraf ini mendeskripsikan objenya dengan tafsiran dan kesan dari penuis itu sendiri.


Contoh:

Taman Buah Argo adalah tempat wista yang sangat baik buat keluarga. Tempatnya yang nyaman dan juh dari kebisingan kota membuat acara kumpul keluarga menjadi lebih bermakna. Di taman buah ini banyak terdapat fasilitas-fasilitas yang disediakan seperti wisata air, wisata panen buah dan out bond. Di taman ini Anda akan menemukan sebuah kolam buatan yang sengaja di bangun tepat di tengah-tengah taman. Tak hanya itu tempat wisata ini memiliki ratusan pohon buah yang bermacam-macam berbaris dengan sangat rapih.


  • Paragraf Deskripsi Objektif

Paragraf ini menggambarkan suatu objek dengan keadaan yang sebenarnya dan tanpa kesan atau opini penulis.

Baca Juga : “Teks Deskripsi” Pengertian & ( Tujuan – Ciri – Struktur – Jenis – Contoh )


Contoh:

Sepak bola adalah permainan team, Olahraga ini membutuhkan sebelas orang pemain, yang terdiri dari 1 penjaga gawang, 4 pemain belakang, dan sisanya pemain tengah dan penyerang. Olahraga ini membutuhkan sebuah bola dan gawang sebagai alat pelengkap permainan. Tidak hanya itu, sepak bola juga memerlukan wasit sebagai pengadil di atas lapangan. Olahraga ini berlangsung selama 90 menit dan terbagi menjadi 2 babak di mana setiap babak memerlukan waktu 45 menit.


Langkah Menulis Paragraf Deskripsi

Adapun langkah menulis paragraf deskripsi yang perlu diperhatikan yaitu:


1. Cari Sebuah Topik

Untuk menulis paragraf deskripsi dengan baik, pertama kali yang harus kalian lakukan ialah:

  • Mencari topik yang bagus
  • Mempelajari dengan baik topik tersebut

Agar lebih mudah pada langkah awal ini cara terbaik untuk mendapatkan ide topik yang akan diangkat atau ditulis dalam bentuk paragraf deskripsi ialah melihat apa yang ada disekelilingmu. Coba berjalan-jalan dirumah, ruang tamu, sampai ke dapur lihat semua hal yang ada, tentu kalian akan mendapatkan hal atau objek yang baik untuk ditulis deskripsi. Sepatu baru, tas kesayangan, meja belajar dan lain-laian ialah ide manarik yang bisa ditulis secara deskripsi.


Selanjutnya pelajri objek yang sudah kalian dapatkan, untuk mempermudah coba ikuti beberapa pertanyaan berikut untuk mempelajari objek yang akan ditulis.

  • Bagaimana rasa, suara, bau objek ini?
  • Berapa ukurannya?
  • Bagaimana bentuknya?
  • Berapa beratnya?
  • Apa warnanya?
  • Bagaimana kondisinya?

Kembangkan terus pertanya lanjutan sampai kalian benar-benar memahami objek tersebut.


2. Rancanglah Sebuah Paragraf Deskripsi

Setelah kalian memilih sebuah topik dan telah mengoleksi beberapa detail topik tersebut kalian sudah siap untuk menyusun paragraf deskripsi dengan merancang paragraf deskripsi secara kasar. Tulis saja topik utamanya dan semua detail yang telah kalian ketahui.


3. Revisi Paragraf Deskripsi

Kini saatnya kalain merevisi paragraf kasar yang telah kalian tulis. Konsentrasi saja pada penyusunan gambaran detail yang kalian buat. Apakah kalimatnya sudah jelas, logis, dan setiap detail dapat tersusun dengan baik.

Baca Juga : “Paragraf Generalisasi” Pengertian & ( Macam – Contoh )


4. Cek Dan Baca Kembali Paragraf Deskripsi

Peragraf deskripsi hasil revisimu sudah selesai, kini saatnya membaca kembali, ajak teman kalian untuk membacanya dan minta pendapatnya untuk memperbaiki tulisanmu. Kalian bisa menggunakan beberapa pertanyaan ini untuk cek apakah paragraf deskripsi telah memenuhi syarat.

  • Apakah paragrafmu sudah dimuali dengan sebuah kalimat utama? sebuah kalimat utama mengenai objek yang akan jelaskan detailnya.
  • Apakah paragraf sudah konsisten, jelas dan spesifik?
  • Apakah paragraf sudah tersusun dengan kalimat yang lengkap?
  • Apakah semua kalimat pendukung yang berisi gambaran dan penjelasan sudah menjelaskan kalimat utama di awal peragraf?
  • Apakah kalian sudah mengurutkan deskripsinya dengan baik dan logis?
  • Apakah kalian sudah menutup paragraf dengan kalimat yang mengesankan bahwa objek yang kalian deskripsikan itu ialah hal yang spesial, istimewa atau unik yang menarik pembaca?

Bila pertanyaan-pertanyaan dasar tersebut telah dapat kalian aplikasikan pada paragraf yang baru kalian buat, maka kalian sudah mendapatkan sebuah paragraf deskripsi yang baik.


Contoh Paragraf Deskripsi

Berikut ini terdapat beberapa contoh paragraf deskripsi, antara lain sebagai berikut:


1. Contoh Paragraf Deskrpsi Tentang Sekolah

Contoh Sekolah Ke-1

Taman Depan Sekolahku
Taman depan sekolahku tampak sederhana. Bentuknya seperti parabola yang disandarkan miring ke pagar depan. Pada posisi tengah dibentuk kolam kecil, arena bermain ikan emas dan gurame, sedangkan di kanan kiri kolam ada batu bulatan yang menyerupai pagupon. Amat unik.

Taman ini tidak luas, bahkan bisa dikatakan sangat kecil jika dibandingkan luas pekarangan sekolah. Lebih kurang 40m2 terlihat semakin indah dengan aneka ragam bunga yang menghuninya.


Sebelah kiri dan kanan pohon palm, 4 m tingginya. Daunnya cukup lebat berdampingan dengan batu pagupon. Tepat di samping kiri, hampir batas taman terdapat pohon cemara. Setiap pohon palm dan pohon cemara termasuk batu pagupon tadi, dikelilingi bunga-bunga yang berwarna-warni.


Contoh Sekolah Ke-2

Keadaan Sekolah di Pagi Hari
Ruangan itu masih tampak sepi ketika aku datang. Hanya ada tiga orang murid, termasuk aku. Di luar sana, tepatnya di halaman, hanya ada beberapa anak sedang ngobrol.

Pak Samin, tukang kebun sekolahku, terlihat sedang menyapu halaman. Sementara, Pardi, anaknya yang baru berumur lima tahun, terlihat ikut membantu ayahnya menyiram tanaman.

Makin siang, makin banyak murid yang datang. Beberapa diantaranya langsung masuk keruangan mereka. Ada juga yang mampir ke kantin atau sekadar duduk di taman sambil membaca buku.

2. Contoh Paragraf Deskrpsi Tentang Hewan

Jojo

Aku memiliki kucing bernama Jojo, dia berwarna putih abu-abu dengan mata yang sangat putih. Memiliki ekor panjang dan bulu yang halus.


Jojo sangat suka bermain bola dan gemar memakan makanan seperti Royal Canin. Jojo selalu menjaga kebersihan dengan pipis di tempat yang sudah disediakan. Itulah Jojo kucing Kesayanganku.


3. Contoh Paragraf Deskrpsi Tentang Lingkungan

Keindahan Kota Makassar

Aku adalah seorang penduduk dari salah satu kota yang ada di Indonesia. Kota yang aku tempati adalah sebuah kota kecil tetapi sangat indah yaitu bernama kota Makassar. Mungkin karena saking kecilnya kota ini membuat nama ini begitu asing bagi telinga kalian. salah satu kota yang menjadi batas antara Sulawesi Selatan dan Palu.


Yang berada tepat di wilayah pesisir pantai, karena termasuk dalam wilayah pantai kota ini sangat segar dan sejuk. Sehingga kota ini memiliki julukan ASRI yaitu Aman, Segar, Rindang dan Indah. Selain itu kota ini juga memiliki salah satu tempat wisata andalan.


Kota Makassar adalah salah satu kota yang ramai penduduk, apabila telah memasuki malam setelah Isya kota ini akan malam. Walaupun kalian sedang berada di daerah perkotaan, kecuali untuk hari sabtu malam, khususnya di alun-alun. Kota ini memiliki satu alun-alun dengan luas sekitar 800 m persegi yang berada tepat di depan Masjid Agung.


4. Contoh Paragraf Deskrpsi Tentang Kampus

Ruang Kuliahku

Ruang kuliah mahasiswa Ilmu Komputer UNS terletak di gedung B Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNS lantai 4, ruangan dengan ukuran yang cukup besar ini menjadi tempat mahasiswa Ilmu Komputer UNS menuntut ilmu, di uangan inilah mahasiswa Ilmu Komputer UNS menghabiskan waktunya demi mencapai cita-citanya. Pintu ruangan dengan permukaan kaca transparan harus dilalui mahasiswa ilmu komputer sebagai pintu masuk melakukan kegiatan perkuliahan.


Selain itu ada pintu yang ada di belakang ruangan ini yang menghubungkan ruangan ini dengan ruangan yang ada di sebelahnya. Ruangan dengan lantai berkeramik putih membuat ruangan ini kelihatan bersih, tembok dengan cat putih tanpa ada corat-coret menunjukkan peran mahasiswa ilmu komputer dalam menjaga kebersihan sekaligus memelihara fasilitas UNS. Lampu-lampu ruangan akan membantu penerangan pada saat ruangan terasa gelap.


Fasilitas yang dimiliki ruangan ini cukup lengkap, meja kursi yang terbuat dari besi ini telah disediakan sesuai dengan jumlah kapasitas mahasiswa, semua meja kursi yang di sediakan oleh UNS dimanfaatkan dengan tepat guna. Meja kursi tersusun rapi saat perkuliahan dimulai. Tak ketinggalan meja dan kursi dosen berada paling depan menghadap para mahasiswa. Tiga pasang jendela kaca telah di sediakan untuk tempat keluar masuknya udara,selain itu ruang kuliah mahasiswa Ilmu Komputer UNS dilengkapi fentilasi, ruang kuliah dengan sirkulasi udara yang baik akan menambah suasana perkuliahan menjadi nyaman.


Mahasiswa tidak akan merasakan panas maupun kegerahan karena telah di sediakan beberapa kipas angin elektrik dan AC di dalam ruangan, White board yang terbuat dari tripleks dengan permukaan bewarna putih telah disiapkan sebagai sarana dosen untuk menjelaskan mata kuliah kepada mahasiswa. LCD Proyektor pun telah disediakan untuk mempermudah penjelasan dosen. Ruangan yang bersih dan nyaman membuat mahasiswa Ilmu Komputer UNS semangat mengikuti kegiatan perkuliahan.


5. Contoh Paragraf Deskrpsi Tentang Pantai

Pemandangan Pantai Mojopahit – Mojokerto sangat mempesona. di sebelah kiri terlihat tebing yang amat sangat tinggi dan di sebelah kanan kita bisa melihat batu karang besar yang seolah-olah siap menjaga gempuran ombak yang datang setiap saat.


Banyaknya wisatawan yang selalu mengunjungi Pantai Mojopahit ini membuat pantai ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Di pantai Mojopahit ini keta bisa bermain pasir dan merasakan hembusan segar angin laut.


Kita juga bisa naik kuda ataupun angkutan sejenis andong yang bisa membawa kita ke area karang laut yang sungguh sangat indah. Disore hari, kita bisa melihat matahari terbenam yang merupakan momen sangat istimewa melihat matahari yang seolah-olah amsuk ke dalam hamparan air laut.


6. Contoh Paragraf Deskrpsi Tentang Taman

Sore hari itu aku sedang duduk di taman bunga di depan rumahku. Aku duduk di sebuah kursi yang terbuat dari semen tepat di tengah-tengah taman yang berkuran 7 X 8 meter. Taman bungaku dibuat oleh ayah sekitar satu tahun yang lalu sebagai tanda cintanya akan tumbuh-tumbuhan.


Aku bersantai di sana sejenak sambil melihat-lihat bunga yang sedang bermekaran indah dan tersusun rapi menurut jenis mereka. Keindahan-keindahan tersebut memaksa diriku untuk mengitari dan mengagumi keindahan tamanku yang penuh dengan bunga.


Ketika aku berjalan di atas rerumputan hijau, langkahku terhenti pada barisan tumbuhan bunga mawar yang berada di barisan pertama taman bungaku. Tumbuhan ini memiliki duri-duri yang banyak tajam di seluruh tangkainya, meskipun begitu mereka memiliki bunga yanga sangat indah dan beragam seperti, merah, hitam dan putih.


Saat aku mangagumi keindahan bunga mawar itu, hidungku merasakan suatu bau yang sangat harum datang dari baris ke du ataman bungaku. Karena penasaran, aku pun mencari-cari asal bau harum tersebut dan ternyata bau itu berasal dari tumbuhan melati.


Tumbuhan ini berukuran kecil sehingga tertup oleh tumbuhan mawar yang ada di depannya. Meskipun berukuran kecil, wangi bunganya yang sangat harum seolah-olah ingin menunjukan keeksistensian dirinya.

Baca Juga : 20 Contoh Teks Eksposisi Beserta Strukturnya [LENGKAP]


7. Contoh Paragraf Deskrpsi Tentang Rumah

Rumah Dina

Rumah Dina terletak di depan rumahku, yang mana di halaman rumahnya terdapat pohon mangga yang membuat suasana terasa segar. Bunga-bunga indah menghiasi depan rumah Dina.


Dinding rumah Dina berwarna putih dengan pintu dan jendela yang berwarna hijau. Serta lantai keramik yang berwarna putih bersih membuat rumah Dina sangat enak dipandang.


Di dalam rumah Dina posisi barang-barang sangat diperhatikan sehingga semua tertata rapi. Lantainya bersih serta harum ruangannya membuat orang yang singgah mau berlama-lama di dalamnya.

Baca Artikel Terkait Tentang Materi :


8. Contoh Paragraf Deskrpsi Tentang Manusia

Dina

Gadis yang berambut lurus panjang dan berkulit putih itu bernama Dina. Ia dilahirkan di Kota Banda Aceh, 7 September 1992. Umurnya 26 tahun. Kedua orang tuanya menjulukinya si kancil yang pintar, karena selain pintar ia pun sangat lincah dan periang.


Hobinya membaca, menulis surat, dan bermain sepatu roda. Ia juga suka bermain lompat tali dan congklak dengan teman-temannya. Kemudian, hal yang paling berkesan dalam hidupnya adalah ketika ia menjadi juara menyanyi. Adapun pandangan hidupnya, kejujuran adalah mata uang yang berlaku di mana-mana.


9. Contoh Paragraf Deskrpsi Bahasa Inggris

Flagpole

My school has a flag pole about 7 meters high. It is located on the west side of the field.


The pole is made of iron and painted white. Beneath it is a large podium with granite material. It is said that the junior at this school is prohibited from stepping on the podium.


If it violates, it will be penalized by the school student council. Every Monday a flag ceremony is held. The flag was then lowered in the afternoon.


10. Contoh Paragraf Deskrpsi Tentang Kesehatan

Kesehatan tubuh kita sendiri harus dijaga dengan cara olahraga, makan, dan istirahat yang teratur. Jika kita terserang penyakit itu adalah tanda bahwa kesehatanmu terganggu, jika itu terjadi maka kita harus segera ke rumah sakit dan meminta dokter untuk menyembuhkan kita agar penyakit kita pulih.


Agar tidak ada kerancuan dari setiap jenis paragrafnya, berikut disajikan contoh dari masing-masing jenis paragraf:

11. Contoh Paragraf Deskripsi Spasial

Ruangan berukuran 5m x 5m ini terlihat tidak layak untuk ditempati. Tidak ada dinding. Hanya ada anyaman bambu untuk menghalau angin yang menusuk ke tulang. Tidak ada penyekat. Hanya ada sebuah kasur ukuran single di pojok depan. Terdapat kompor dan alat memasak lainnya di pojok belakang, berdampingan dengan pintu yang mengarah ke kamar mandi.


Almari yang sudah tidak kokoh lagi merapat ke dinding dan di isi penuh dengan pakaian. Sajadah, mukena, dan Al Quran diletakkan berjejer di atas almari. Karpet direntang di sekitar kasur dengan satu meja kecil di samping kasur itu. Buku-buku tertata rapi di atas meja. Tidak ada foto atau hiasan dinding apapun yang digantung, kecuali satu buah kaligrafi perak dengan gambar Ka’bah. Tempat tinggal bapak dan ibu Anis ini memperlihatkan sebuah kesederhanaan dalam hidup.


12. Contoh Paragraf Deskripsi Subjektif

Ibu Sri adalah guru paling tegas di sekolahku. Selain itu, beliau adalah guru yang paling ditakuti oleh hampir semua murid dari kelas 1 sampai kelas 6. Beliau mengajar mata pelajaran matematika. Beliau memiliki tinggi sekitar 165 cm dengan berat badan sekitar 60 kg. Ibu Sri berkulit sawo matang dan berambut hitam ikal. Ke manapun beliau pergi selalu membawa pulpen tinta hitam di tangan kanannya.


Ketika mengajar beliau selalu menggunakan kacamata berlensa kecil dengan frame warna putih. Walaupun hampir semua murid takut kepada beliau, akan tetapi beliau tidak pernah marah-marah ke murid tanpa alasan yang jelas. Beliau selalu mengajarkan matematika dengan sabar sampai semua mengerti. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata nilai ujian matematika sekolahku menduduki peringkat pertama se-provinsi.


13. Contoh Paragraf Deskripsi Objektif

Pantai Parangtritis merupakan pantai yang terkenal di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Dibandingkan dengan pantai lainnya di sepanjang pantai selatan, pantai ini lebih dikenal turis. Pantai Parangtritis terletak sekitar 25 km sebelah selatan kota Yogyakarta. Tepatnya pantai ini terletak di desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul. Sepanjang perjalanan menuju pantai, Anda akan disuguhi pemandangan sawah , sungai, dan bukit. Pantai Parangtritis memiliki ombak yang besar. Ombak pantai dapat mencapai ketinggian 2 – 3 meter pada musim kemarau. Daya tarik lainnya adalah terdapat gunung-gunung pasir di sekitar kawasan pantai. Gunung-gunung pasir ini lebih dikenal dengan nama gumuk.


Di pinggir pantai disediakan payung-payung besar yang dapat digunakan pengunjung untuk beristirahat sambil menikmati pemandangan. Selain itu terdapat wisata naik kuda, dokar, ataupun motor ATV (All Terrain Vehicle) di sepanjang pinggir pantai. Warung makan dan pakaian berjejer rapi dengan hidangan khas laut. Bagi anak-anak  disediakan pula pemandian umum dengan aneka permainan yang menarik. Bagi pengunjung yang ingin menikmati sensasi mandi air hangat, maka tak jauh di sebelah utara pantai terdapat Pemandian Parang Wedang.


Demikianlah pembahasan mengenai Paragraf Deskripsi – Pengertian, Cotoh, Ciri, Jenis, Tujuan Dan Unsur semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Butuhkan