Sinopsis Adalah

Sinopsis Adalah

Pengertian Sinopsis

Sinopsis Adalah – Pengertian, Contoh, Ciri, Langkah & FungsinyaDosenPendidikan.Com– Sinopsis adalah suatu ringkasan cerita atau bentuk pemendekan suatu naskah yang tetap memperhatikan unsur-unsur instrinsiknya seperti tokoh dan penokohan, alur, amanat, gaya bahasa, dll. Dalam sinopsis, keindahan gaya bahasa, iliustrasi, dan penjelasan-penjelasan dihilangkan tetapi tetap mempertahankan isi dan gagasan umum pengarangnya.

Sinopsis Adalah


Sinopsis umumnya digunakan sebagai prolog dalam suatu naskah, baik naskah pendek atau panjang untuk suatu pementasan drama, film, dan juga teater panggung. Sinopsis tersebut digunakan untuk mengetahui dan memahami secara singkat tentang sebuah naskah yang akan dipentaskan ataupun dibaca. Dalam penulisannya umumnya sinopsis dibatasi dengan jumlah halaman, contohnya 1 sampai 3 halaman atau seperlima dari naskah aslinya.


Ciri-Ciri Sinopsis

  1. Alur ataupun jalan ceritanya disusun secara berurutan ataupun kronologis serta tepat. Alur atau plot sinopsis lebih baiknya sama dengan alur cerita aslinya.
  2. Bahasa yang digunakan hendaknya mengenakan jenis persuasif ataupun berupa ajakan dan membujuk agar calon pembaca mau dan tertarik membaca.
  3. Adanya suatu ajakan ataupun motivasi bagi para pembaca, untuk membaca buku itu serta dikemas sebaik mungkin agar pembaca tertarik untuk membaca buku tersebut.
  4. Menampilkan konflik secara singkat serta yang menarik.
  5. Menimbulkan rasa penasaran bagi calon pembacanya.

Baca Juga : Fiksi adalah


Fungsi Sinopsis

Fungsi sinopsis pada umumnya, yakni:

Loading...
  1. Memberi sebuah gambaran ringkas serta singkat tentang isi cerita atau naskah.
  2. Memberi gambaran yang jelas secara sederhana mengenai urutan ataupun kronologi ceritanya.
  3. Sebagai prolog ataupun epilog dari sebuah naskah yang akan dipentaskan.
  4. Sebagai draft pedoman bagi pemain ataupun pemeran untuk melakukan improvisasi.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan sinopsis, yakni:

  1. Untuk mempermudah langkah awal tentukan terlebih dahuku temanya yang berisikan tentang gagasan utama dari cerita novel itu.
  2. Alur ataupun jalan cerita dimana tempat dan juga waktu terjadinya sebuah peristiwa.
  3. Penokohannya yakni pelaku dalam sebuah cerita.

Langkah-langkah Membuat Sinopsis

Langkah-langkah dalam membuat sinopsis yang baik dan benar, adalah:

  • Membaca terlebih dahulu naskah aslinya agar dapat mengetahui kesan paling penting dari penulis secara umum.
  • Mencatat gagasan pokok ataupun menggaris bawahi gagasan utama yang paling penting.
  • Tulislah ringkasan yang sesuai dengan gagasan utama yang di temukan sesuai dengan langkah kedua.
  • Gunakan kalimat yang jelas, mudah dipahami, efektif, dan juga menarik agar dapat membuat rangkaian cerita singkat yang dapat menggambarkan apa yang akan diceritakan di karangan aslinya.
  • Untuk menulis dialog ataupun monolog tokoh, cukup secara garis besarnya saja.
  • Sinopsis yang dibuat tak boleh menyimpang dari isi cerita secara keseluruhannya.

Baca Juga : Konjungsi adalah


Contoh Sinopsis

Contoh Sinopsis Ayat-Ayat Cinta Beserta Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik, sebagai berikut:

Identitas Novel
Judul Novel : Ayat Ayat Cinta
ISBN : 979-3604-02-6
Penulis/Pengarang : Habiburrahman El Shirazy
Penerbit : Republika
Terbit : Desember 2004
Jumlah Halaman : 419 halaman


Sinopsis singkat

Film ayat-ayat cinta ini diangkat dari novel karangan Habiburrahman El Shirazy, mengisahkan tentang seorang pemuda indonesia yang bernama Fahri, berasal dari keluarga sederhana dan sedang berkuliah S2 di universitas Al-Azhar mesir. Film ayat-ayat cinta ini diperankan oleh empat pemain utama, yaitu Fedi Nuril (Garasi mengejar sang surya) berperan sebagai Fahri, Rianti Cartwright (Pesan dari Surga) berperan sebagai Aisha, Carissa Puteri sebagai Maria dan Zaskia Adya Mecca berperan sebagai Noura, dan Melania Putria sebagai Nurul.


Fahri dalam film ini diterangkan sebagai seorang pemuda yang aktif dalam berorganisasi islam dan mempunyai iman yang kuat, Selai kerajinannya Fahri juga di hadapkan dalam permasalahan jodoh, yang orang tuanya memintanya untuk menikah, akan tetapi Fahri sendiri masih linglung akan persepsi jodoh.


Meskipun banyak sekali diantara kawan-kawan Fahri yang mengucapkan cintanya via surat terhadap Fahri, Namun Fahri masih merasa belum menemukan alternatif Allah untuknya. Fahri bertempat tinggal di lantai satu pada suatu flat di Mesir bersama dengan tiga orang kawan laki-laki. Fahri mempunyai tetangga di lantai tiga flatnya, seorang wanita Mesir bernama Maria.


Baca Juga : Contoh Teks Deskripsi


Pengertian Sinopsis Novel

Pengertian Sinopsis Novel

Sinopsis novel adalah ringkasan cerita novel. Ringkasan novel adalah bentuk pemendekan dari sebuah novel dengan tetap memperhatikan unsur-unsur intrinsik novel tersebut. membuat Sinopsis merupakan suatu cara yang efektif untuk menyajikan karangan (novel) yang panjang dalam bentuk yang singkat.


Dalam sinopsis, keindahan gaya bahasa, ilustrasi, dan penjelasan-penjelasan dihilangkan, tetapi tetap mempertahankan isi dan gagasan umum pegarangnya. Sinopsis biasanya dibatasi oleh jumlah halaman, misalnya dua atau tiga halaman, seperlima atau sepersepuluh dari panjang karangan asli.


  • Langkah-langkah membuat sinopsis

  1. Membaca naskah asli terdahulu untuk mengetahui kesan umum penulis.
  2. Mencatat gagasan utama dengan menggaris bawahi gagasan – gagasan yang penting.
    Menulis ringkasan berdasarkan gagasan-gagasan utama sebagaimana dicatat pada langkah ke 2. Kita gunakan kalimat yang padat, efektif, dan menarik untuk merangkai jalan cerita menjadi sebuah karangan singkat yang menggambarkan karangan asli.
  3. Dialog dan monolog tokoh cukup ditulis isi atau dicari garis besarnya saja.
  4. Ringkasan / sinopsis novel tidak boleh menyimpang dari jalan cerita dan isi dari keseluruhan novel.

  • Contoh sinopsis bukanlah resensi

meski berisi ajakan persuasif, namun sinopsis bukanlah resensi.

Resensi adalah menilai buku secara objektif. Resensi ini berada biasanya di rubrik sastra media massa, atau pula rubrik khusus anak dengan artikel per kolom yang minimalis kalimat.Resensi biasanya di buat untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan suatu karya.


Artinya suara pribadi atau ego hendaknya diredam dan diganti dengan suara dengan suara objektif sesuai kajian ilmu tertentu. Dengan begitu, sinopsis bukan langkah apresiasi. Pembuatan sinopsis justru salah satu cara dalam memahami sebuah karya tulis.


Baca Juga : Teks Iklan


  • Ciri-ciri sinopsis

Berikut adalah ciri-ciri sinopsis:

  1. Alur/plot/jalan cerita sebaiknya disusun secara kronologis dan tepat.Alur sinopsis sebaiknya sama dengan alur aslinya.
  2. Bahasa yang digunakan mengutamakan aspek persuasif.
  3. Terdapat ajakan/rangsangan/motifasibagi calon pembaca, untuk membaca buku tersebut.
  4. Menampilkan konflik yang menarik secara singkat membuat calon pembaca penasaran.

Berikut adalah contoh sinopsis “laskar pelangi”:


Sinopsis Novel Laskar Pelangi

Sinopsis Novel Laskar Pelangi ini takan bernilai manfaat apa-apa, kecuali kawan-kawan mau belajar untuk mandiri dan bersungguh-sungguh dalam mencapai cita-cita. Laskar Pelangi adalah sosok teladan, selama kita juga mau peduli dengan keadaan sekitar. Seperti pelangi yang hadir selepas hujan. Mulailah dari sekarang!!


Cerita terjadi di Desa Gantung, Kabupaten Gantung, Belitong Timur. Dimulai ketika sekolah Muhammadiyah terancam akan dibubarkan oleh Depdikbud Sumsel jikalau tidak mencapai siswa baru sejumlah 10 anak. Ketika itu baru 9 anak yang menghadiri upacara pembukaan, akan tetapi tepat ketika Pak Harfan, sang kepala sekolah, hendak berpidato menutup sekolah, Harun dan ibunya datang untuk mendaftarkan diri di sekolah kecil itu.


Mulai dari sanalah dimulai cerita mereka. Mulai dari penempatan tempat duduk, pertemuan mereka dengan Pak Harfan, perkenalan mereka yang luar biasa di mana A Kiong yang malah cengar-cengir ketika ditanyakan namanya oleh guru mereka, Bu Mus. Kejadian bodoh yang dilakukan oleh Borek, pemilihan ketua kelas yang diprotes keras oleh Kucai, kejadian ditemukannya bakat luar biasa Mahar, pengalaman cinta pertama Ikal, sampai pertaruhan nyawa Lintang yang mengayuh sepeda 80 km pulang pergi dari rumahnya ke sekolah!


Perbedaan antara sinopsis dan resensi adalah:

  • Isi

Sinopsis berisi ringkasan isi dari sebuah buku atau novel sedangkan resensi berisi ringkasan atau ulasan dari pembaca tentang identitas, isi, harga, kelebihan dan kekurangan suatu buku.


  • Tidak semua buku memiliki sinopsis

Buku seperti buku matematika tidak memiliki sinopsis karena hanya novel atau buku yang memiliki unsur cerita yang memiliki sinopsis, namun semua buku dapat memiliki resensi.


  • Resensi memiliki tingkat kesulitan lebih dibandingkan sinopsis

Peresensi perlu menilai, menimbang, dan memberikan opininya terhadap suatu buku namun berbeda dengan sinopsis yang tidak perlu mengeluarkan pendapatnya tentang suatu buku namun hanya menceritakan kembali apa yang sudah di baca dalam bentuk yang lebih ringkas.


Baca Juga : Teks Anekdot


  • Tujuan

Tujuan sinopsis adalah meringkas sebuah buku dengan mencatat poin-poin penting didalamnya sedangkan resensi bertujuan untuk mengulas buku yang telah dibaca dengan mempertimbangkan isi buku, kelebihan, kelemahan, bahkan harga buku.


  • Subjektif

Resensi sangat kental akan unsur subjektifitas namun sinopsis umumnya bersifat objektif.


Sinopsis Film

Sinopsis Film

“Waktu Aku Sama Mika”

Film ini menceritakan tentang hubungan Mika dan Indi, gadis periang yang didiagnosa menderita scoliosis ketika SMP. Hidup Indi yang kelam berubah penuh warna setelah bertemu dengan cowok bernama Mika, namun masalah dimulai ketika Mika mengungkap rahasia dirinya yang mengidap penyakit AIDS.


Isi Cerita berawal dari seorang gadis belia yang ceria bernama Indi, yang kehidupannya berubah total setelah dia divonis dokter mengidap penyakit scoliosis. Karena kondisi kesehatannya yang semakin menurun, dia diharuskan memakai besi penyangga tubuh (brace) oleh dokter selama 23 jam dalam sehari. Indi sempat berlibur ke Jakarta sebelum masuk SMA. Di sana dia menjumpai seorang pemuda aneh. Kurus, badan bertato, berlesung pipit satu, dan selalu tersenyum padanya.


Pembawaan pemuda itulah yang membuat indi semakin tertarik padanya. Saat itu tibalah waktu mereka untuk berkenalan. Lelaki itu menyebut dirinya Mika. Tidak ada pertanyaan apapun. Tidak ada basa basi yang mereka ucapkan. Namun saat itu yang menarik perhatian Indi adalah sandal jepit Mika yang berbeda. Satu berwarna hijau sedangkan yang satunya warna orange.


Perkenalan di antara keduanya, seiring perjalanan waktu berhasil memekarkan bunga cinta. Tetapi sayang, keduanya menderita penyakit yang cukup serius. Mika mengidap penyakit HIV/AIDS. Sementara Indi menderita kelainan tulang belakang hingga harus dipapah dengan besi penyangga tubuh (brace). Mereka lalu menjadi teman dekat. Mika yang cuek, seru, berani, dan selalu memandang hidup dengan santai dan positif perlahan bisa membantu Indi untuk kembali jadi gadis periang dan berani untuk melawan penyakitnya.


Mika selalu punya cara untuk membuat Indi merasa bahagia di tengah siksaan penyakit yang diidapnya. Indi menutupi hubungannya dengan Mika dari Ibunya karena dia tahu ibunya tidak suka dengan Mika yang jauh lebih tua dan bertato. Terkadang Indi harus berbohong kepada ibunya ketika ia akan bertemu dan pergi dengan Mika. Ketika hubungan mereka semakin dekat, Mika mengungkapkan satu rahasia tentang dirinya. Ia mengidap penyakit AIDS. Indi tak mempermasalahkan hal itu. Menurutnya, Mika adalah pria yang baik yang mampu menerima keadaan Indi yang menderita skoliosis.


Hari – hari Indi kini terasa lebih berwarna dengan kehadiran Mika. Mika selalu memotivasi Indi walau dirinya pun sedang sakit. Masalah mulai muncul ketika kondisi kesehatan Mika mulai memburuk dan masa lalunya mulai terungkap. Ayah, ibu dan teman-teman Indi mulai mengetahui tentang penyakit Mika dan masa lalunya. Namun mereka tidak tahu bahwa ada kenangan-kenangan indah yang pernah dilalui oleh Mika dan Indi.


Setelah kematian sahabatnya (Fred), Mika mundur dan meninggalkan Indi dengan penuh pertanyaan. Mika tahu waktunya telah dekat dan tidak mau Indi nanti merasa lebih sakit. Di balik kesedihan Indi setelah ditinggal Mika, dia tahu bahwa Mika justru membuatnya semakin hidup dan berusaha untuk mengalahkan kondisi kesehatannya. Setelah peristiwa itu, hari – hari Indi kini dilaluinya tanpa ada Mika.


Hingga suatu ketika Indi telah lulus SMA dan kini mulai kuliah di sebuah universitas. Namun, Indi tak pernah melupakan Mika. Mika selalu menjadi inspirasi dan penyemangat baginya. Namun, kini kondisi Mika semakin memburuk. Penyakitnya semakin parah dan Mika tidak kuat lagi. Untuk itu, ia memanggil Indi dan melihatnya untuk terakhir kalinya.


Sepeninggal Mika, Indi tak luput dalam kesedihan karena ia selalu ingat nasihat dari Mika bahwa setiap orang itu akan meninggal. Indi menganggap bahwa Mika itu adalah malaikatnya dan akan selalu menemani hari – harinya. Seiring waktu berjalan, brace yang dipakai Indi sudah dapat dilepas karena kondisi tulang belakang sudah pulih seperti sedia kala.


Kini, Indi pun semakin menunjukkan bakatnya di bidang desainer. “Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi dalam hidup ini. Kadang hidup ini memang aneh. Ternyata orang yang sudah meninggal dapat membuat orang yang ditinggalkannya merasa lebih hidup”.


Baca Juga : Apresiasi adalah


Kekurangan Dan Kelebihan Dari Film “Waktu Aku Sama Mika”

  • Kekurangan Film
  1. Latar tempat dan waktu agak membingungkan
  2. Backsound dengan adegan kurang sesuai (menit ke – 82)
  3. Terdapat penggunaan kata yang terlalu kasar sepeti anjing dan bangsat.
  4. Penggunaan kata dalam bahasa asing tanpa disertai penjelasan yang mendukung seperti peterpan dan neverland.
  5. Ada adegan ketika mika sedang meminum obat menggunakan air berwarna atau berasa, seharusnya ketika minum obat tidak boleh menggunakan air berwarna atau berasa melainkan air putih, karena dalam air putih tidak terdapat kandungan yang dapat menghambat penyerapan obat oleh tubuh.
  • Kelebihan Film
  1. Memberi pelajaran agar kita tidak mudah menyerah dalam menjalani hidup walaupun sedang mengidap penyakit yang parah.
  2. Menambah pengetahuan akan bahaya narkoba bagi kehidupan.
  3. Penderita AIDS seharusnya tidak dijauhi. Yang harus dijauhi itu adalah penyakitnya, bukan orangnya.
  4. Banyak pesan dan kesan yang disampaikan kepada para orang tua terhadap perkembangan anak khususnya para remaja.
  5. Kisah ini memberi informasi penting karena masih banyak masyarakat yang belum paham akan penyakit skoliosis.
  6. Film ini juga dibintangi oleh para pemain yang sangat menjiwai peran sehingga penonton pun merasa menyaksikan langsung ke dalam film tersebut dan selain itu juga banyak kata-kata mutiara yang bisa kita ambil untuk dijadikan semangat dalam menjalani kehidupan.

Demikianlah penjelasan artikel diatas tentang Sinopsis Adalah – Pengertian, Contoh, Ciri, Langkah & Fungsinya semoga bermanfaat bagi pembaca setia DosenPendidikan.Com

Send this to a friend