Topologi Bus – Karakteristik, Cara, Kelebihan & Kekurangan

Topologi Bus – Karakteristik, Cara, Kelebihan & Kekurangan

Topologi Bus – Karakteristik, Cara, Kelebihan & Kekurangan – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai topologi bus yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, karakteristik, Cara, kelebihan dan kekurangan, nah agar lebih memahami dan dimengerti simak ulasannya dibawah ini.

Topologi Bus - Karakteristik, Cara, Kelebihan & Kekurangan

Pengertian Topologi Bus

Apakah itu topologi bus..?? yang dimaksud topologi bus ialah jenis topologi pada jaringan komputer yang menggunakan kabel tunggal sebagai media transmisinya atau menggunakan kabel pusat sebagai tempat dimana semua client dan server dihubungkan. Atau arti lain dari topologi bus yakni jenis topologi yang menggunakan kabel tunggal sebagai media transmisinya yang dimana seluruh client yang menggunakan topologi ini akan dihubungkan ke server.


Penggunaan topologi bus pada jaringan komputer digunakan untuk memudahkan koneksi antara client dengan server yang ada dalam satu jaringan supaya lebih mudah saat berbagai data. Terutama jika hanya terdapat satu server yang ditugaskan untuk memberikan pelayanan pada client yang jumlahnya tidak banyak, maka topologi bus dapat digunakan sebagai salah satu pilihan.


Jadi jenis topologi ini setiap komputer akan terhubung pada satu kabel utama yang panjang dengan beberapa terminal dan kabel utama tersebut digunakan juga sebagai lalu lintas data. Saat ini topologi bus sudah jarang digunakan pada jaringan komputer karena alasan tertentu.

Loading...

Baca Artikel Terkait Tentang Materi : Topologi Star – Karakteristik, Cara, Kelebihan & Kekurangan


Karakteristik Topologi Bus

Adapun karakteristik dari topologi bus yang diantaranya sebagai berikut:

  1. Node-node dihubungkan secara serial sepanjang kabel, dan pada kedua ujung kabel ditutup dengan terminator. Terdapat kabel utama sebagai pusat lalu lintas data.
  2. Sangat sederhana dalam instalasi
  3. Sangat ekonomis dan dalam segi pembiayaan.
  4. Paket‐paket data saling bersimpangan pada suatu kabel
  5. Tidak diperlukan hub atau switch, yang banyak diperlukan adalah Tconnector dan konektor BNC pada setiap Ethernet card.
  6. Problem yang sering terjadi adalah jika salah satu node rusak, maka jaringan keseluruhan dapat down, sehingga seluruh node tidak bisa berkomunikasi dalam jaringan tersebut.

Ciri-Ciri Fisik Topologi Bus

Topologi jaringan bus mempunyai ciri fisik yang paling utama adalah adanya kabel tunggal sebagai pusat lalu lintas data, selain itu topologi jaringan juga menggunakan konektor BNC dan TConector untuk menghubungkan antar komputer.


Dengan mengetahui keuntungan dan kerugian pada topologi jaringan ini maka kita bisa menyimpulkan apakah topologi ini pas atau sesuai dengan jaringan yang akan kita bangun.

Baca Artikel Terkait Tentang Materi : Topologi Mesh : Pengertian, Karakteristik, Cara Kerja, Jenis, Kelebihan Dan Kekurangannya


Fungsi Topologi Bus

Fungsi topologi jaringan bus adalah untuk menghubungkan komputer sehingga masing-masing komputer atau node dapat saling berkomunikasi.


Topologi bus akan menggunakan kabel utama sebagai pusat lalu lintas data.

Fungsi Topologi Bus


Cara Kerja Topologi Bus

Cara Kerja topologi jaringan bus menghubungkan sesuatu ke setiap komputer di jaringan yang disebut trunk segmen. Bus biasanya disebut kabel yang menghubungkan ujung ke ujung dan ini digunakan untuk mengirimkan sinyal dari satu ujung ke ujung lainnya.


Pada akhir setiap terminator ditempatkan ia mengenali kemana arah data bepergian dan juga terminator digunakan untuk menyerap sinyal.


Jika terminator tidak menyerap sinyal kemudian sinyal yang sama tercermin kembali ke bus, hal ini mengacaukan aliran seluruh data. Topologi tipe Bus dianggap sebagai jaringan pasif karena komputer sebagian besar tergantung pada sinyal yang ditransmisikan.

Baca Artikel Terkait Tentang Materi : “Topologi Bus” Pengertian & ( Ciri – Kelebihan – Kekurangan )


Kelebihan Dan Kekurangan Topologi Bus

Adapun kelebihan dan kekurangan topologi bus sebagai berikut:


1. Kelebihan Topologi Bus

Berikut beberapa kelebihan dari topologi bus yang diantaranya yaitu:

  • Irit kabel, karena menggunakan kabel tunggal sebagai media transmisinya sehingga terpusat.
  • Instalasi tergolong cukup mudah karena layout yang cukup simple.
  • Mudah untuk dikembangkan karena jika akan menambah client maupun server tidak akan mengganggu komputer lain.
  • Kecepatan pengiriman data yang tinggi.
  • Irit biaya karena irit kabel.

2. Kekurangan Topologi Bus

Berikut ini beberapa kekurangan topologi bus yang diantaranya yaitu:

  • Jika terjadi kesalahan dapat mengganggu komputer lain yang terhubung dengan kabel utama.
  • Sulitnya melakukan perawatan jaringan jika skalanya besar.
  • Karena menggunakan kabel tunggal sebagai media transmisinya maka lalu lintas data cukup padat.
  • Jika kabel utama mengalami gangguan maka seluruh komputer yang terhubung dengan jaringan-pun akan mengalami gangguan.
  • Dibutuhkannya repeater untuk memperkuat sinyal jika jaraknya jauh.
  • Sering terjadi tabrakan data.
  • Sulit untuk menidentifikasi kesalahan atau gangguan.

Baca Artikel Terkait Tentang Materi : Topologi Ring : Pengertian, Ciri, Cara Kerja, Kelebihan, Kekurangan Dan Contohnya


Demikianlah pembahasan mengenai Topologi Bus – Karakteristik, Cara, Kelebihan & Kekurangan semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Send this to a friend