Kelebihan dan Kekurangan Topologi Ring : Cara Kerja, Fungsi Ciri, Sejarah

Kelebihan dan Kekurangan Topologi Ring : Cara Kerja, Fungsi Ciri, Sejarah

Topologi Ring : Gambar, Contoh, Ciri, Kelebihan & Kekurangan – Untuk pembahasan kali ini kami akan memberikan ulasan mengenai Topologi Ring yang dimana dalam hal ini meliputi Pengertian Topologi Ring, Ciri Topologi Ring, Kelebihan Topologi Ring, Kekurangan Topologi Ring dan Contoh Topologi Ring, nah agar lebih dapat memahami dan mengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.


Sejarah Topologi Ring

Kapan jaringan komputer dimulai? Konsep jaringan komputer lahir pada tahun 1940-an di Amerika pada sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Harvard University. Proyek ini dipimpin oleh profesor H. Aiken. Pada mulanya proyek ini hanyalah ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus digunakan bersama.


Pada tahun 1950-an ketika jenis komputer mulai membesar sampai terciptanya super komputer. Saat itu dikenalkan sebuah konsep untuk menghubungkan komputer yang saling tersebar. Konsep tersebut adalah konsep dis­tribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama Time Sharing System (TSS), maka untuk pertama kali bentuk jaringan (network) komputer diaplikasikan. Pada sistem TSS be­berapa terminal (komputer) terhubung secara seri ke sebuah host komputer. Dalam proses TSS mulai nampak perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri-sendiri.


Memasuki tahun 1970-an, setelah beban pekerjaan bertambah banyak dan harga perangkat komputer besar mulai terasa sangat mahal, maka mulailah digunakan konsep proses distribusi (Distributed Processing). Seperti yang ada pada gambar 3, dalam proses ini beberapa host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang tersam­bung secara seri disetiap host komputer. Dalam proses distribusi sudah mutlak diperlukan perpaduan yang men­dalam antara teknologi komputer dan telekomunikasi, karena selain proses yang harus didistribusikan, semua host komputer wajib melayani terminal-terminalnya dalam satu perintah dari komputer pusat.


Perjalanan sejarah komputer ukuran hardware komputer dari tahun ke tahun mengalami perkembangan pesat. Hal ini ditsaudarai dengan kemampuan yang semakin tinggi dan ukuran yang semakin kecil. Saat ini komputer dan jaringannya sudah dapat menangani proses komu­nikasi antar komputer (Peer to Peer System) tanpa melalui komputer pusat. Untuk itu, mulailah berkembang teknologi jaringan lokal yang dikenal dengan sebutan LAN. Demikian pula ketika Internet mulai diperkenalkan.

Loading...

Apakah Saudara sudah memahami tahapan sejarah perkembangan jaringan komputer? Berikut ini secara ringkas saya uraikan kembali sejarah perkembangan komputer dan simaklah baik-baik. Sejarah jaringan komputer dimulai dengan komputer terminal yang saling terhubung ke pusat komputer (host computer) lewat time sharing system kemudian berkembang menjadi terminal-terminal yang saling terhubung ke pusat komputer (host computer) dengan konsep proses distribusi (Distributed Processing) yang kemudian berakhir dengan teknologi jaringan.


Pengertian Topologi 

Topologi Jaringan Komputer Lengkap dengan Kelebihan dan Kekurangannya – Topologi jaringan Komputer merupakan hal yang menjelaskan hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusun jaringan, yaitu link, node dan station. Topologi Jaringan Komputer juga biasah disebut suatu cara atau konsep untuk menghubungkan beberapa / banyak komputer sekaligus menjadi suatu jaringan yang saling terkoneksi satu sama lain.


Pengertian lain dari Topologi Jaringan adalah suatu tehnik untuk menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lain yang membentuk menjadi sebuah jaringan, dimana penggunaan topologi jaringan didasarkan pada kecepatan akses data, biaya serta ukuran maupun tingkat konektivitas yang nantinya akan mempengaruhi kualitas maupun efiensi suatu jaringan.


Setiap topologi jaringan komputer akan memiliki perbedaan dari berbagai segi misalnya perbedaan kecepatan pengiriman data, kemudahan dalam proses maintenance nya serta biaya pembuatan (banyak nya kabel). Dan setiap jenis topologi jaringan komputer juga memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. ada banyak macam topologi seperti topologi Star, Ring, Mesh, Bus, Tree, dan Hybrid yang akan dibahas satu persatu pada postingan kali ini.

Baca Juga :  Pengetahuan Tentang Jaringan Tumbuhan


Pengertian Topologi Ring

Topologi Ring atau Topologi Cincin adalah sebuah tipe topologi jaringan yang setiap simpulnya terhubung dengan dua simpul lainnya di dalam jaringan dan simpul pertama dan terakhir saling berhubungan satu dengan yang lainnya membentuk sebuah cincin. Semua data dikirimkan diantara simpul di dalam jaringan dan berjalan dari satu simpul ke simpul berikutnya dalam secara sirkuler dan secara umum data mengalir dalam satu arah saja Jaringan cincin lebih tidak efisien jika dibandingkan dengan jaringan bintang karena data harus berjalan melalui beberapa titik sebelum mencapai titik yang dituju.


Contohnya, jika sebuah Jaringan Cincin memiliki 8 komputer, maka untuk mengirim data dari komputer kesatu ke komputer keempat maka data harus berjalan melewati komputer kedua dan ketiga dan akhirnya mencapai computer keempat. Selain itu, data tersebut juga berjalan melalui komputer kedelapan, ketujuh, keenam dan kelima dan akhirnya mencapai computer keempat, tetapi metode ini lebih lambat karena melewati lebih banyak komputer. Jaringan Cincin juga memiliki kekurangan yaitu jika salah satu atau lebih simpul di dalam jaringan mengalami kegagalan maka semua jaringan akan gagal karena tipe ini harus memiliki satu putaran penuh untuk bekerja.


Tipe Cincin ternyata memiliki tipe khusus yaitu Tipe Cincin Ganda (Dual Ring). Tipe ini bekerja berdasarkan prinsip Cincin biasa tetapi di dalam tipe ini simpul pertama dan terakhir berhubungan antara satu dengan yang lainnya dengan dua hubungan membentuk cincin ganda. Data mengalir secara berlawanan sepanjang kedua cincin. Walaupun demikian, secara umum hanya satu cincin yang membawa data dalam kondisi normal dan dua cincin berada dalam keadaan independen sampai ada kegagalan yang terjadi di dalam cincin, lalu kedua cincin tersebut bersatu untuk menjalankan kembali aliran data menggunakan bagian dari cincin kedua untuk melewati bagian yang gagal di dalam cincin utama.

Baca Juga : Penjelasan Struktur Filum Coelenterata ( Hewan Berongga ) Lengkap


Fungsi Topologi Ring

Untuk fungsi topologi ring, ini sebanding dengan semua topologi pada komputer yang menghubungkan dua atau lebih komputer untuk berkomunikasi satu sama lain dan mentransfer data. Bentuk topologi cincin seperti cincin, ini dapat mengurangi kepadatan lalu lintas data dalam topologi ini.


Ciri-Ciri Topologi Ring

Topologi ini sering digunakan di banyak perusahaan. Karakteristik topologi ring ini dapat dilihat dimana token akan melewati titik-titik atau node kemudian memberikan apakah informasi dari sumber digunakan pada titik yang akan dilewati, maka jika iya token akan memberikan data dari sumber tersebut dan kembali berjalan.


Namun, jika tidak maka token hanya melewati titik saja dengan membawa informasi. Kemampuan sinyal untuk membawa data selama perjalanan sangat menentukan keberhasilan data tersebut sampai pada komputer yang membutuhkan.


Dilihat dari pengertian topologi ring diatas, maka dalam penerapannya pada jaringan informasi perusahaan memiliki ciri-ciri dan karakteristik berikut:

  • Setiap komputer atau perangkat terhubung secara langsung satu dengan yang lainnya dalam satu jaringan.
  • Dalam proses pengiriman data pada suatu waktu hanya bisa dilakukan oleh satu titik dengan proses pengiriman satu jalur.
  • Pada penerapannya menggunakan jenis kabel UTP ataupun Patch Cable dan setiap titik dihubungkan secara seri pada kabel dengan membentuk jaringan yang menyerupai lingkaran.
  • Setiap paket data atau informasi bisa mengalir melalui kanan atau kiri titik sehingga hal ini dapat menghindari collision.
  • Kerusakan satu titik bisa mengakibatkan kerusakan pada titik-titik lainnya yang terhubung dalam satu jaringan.
  • Setiap terminal dalam Topologi Jaringan Ring adalah repeater yang mampu melakukan 3 fungsi yaitu Penyelipan data yaitu proses data dimasukkan kedalam saluran transmisi, penerimaan data yaitu proses data dimasukkan kedalam saluran transmisi, penerimaan data yaitu proses terminal yang dituju telah mengambil data dari saluran, pemindahan oleh terminal pengirim karena tidak ada terminal yang menerimanya.

  • Cincin berfungsi hampir sama dengan concentrator sebagai pusat berkumpul ujung kabel untuk setiap komputer terhubung.


Cara Kerja Topologi Ring

  • Cara kerja dari Topologi Ring adalah sebagai berikut:
  • Mudah dibuat dan sederhana
  • Mempunyai performa yang lebih tinggi dibandingkan dengan topologi bus.
  • Konfigurasi ulang dan instalasi perangkat jaringan baru lebih mudah dan ringan dilakukan.
  • Jika terdapat kesalahan lebih mudah untuk melacak dan mengisolasi kesalahan tersebut didalam jaringan karena memakai konfigurasi point to point
  • Lebih hemat biaya dan pemakaian kabel
  • Tidak ada terjadi tabrakan pengiriman data, dikarenakan pada waktu pengiriman data dalam satu waktu hanya node yang bisa mengirimkan data.
  • Instalasi topologi ini sederhana sehingga bisa dilakukan sendiri tanpa harus menjadi ahli IT.
  • Tidak membutuhkan Hub, Switch dan bridge untuk membuat topologi ini.

Baca Juga : Fungsi Topologi Mesh : Karakteristik, Ciri,, Sejarah,Cara Kerja dan Jenis


Untuk Kekurangan Dalam Topologi Ring Yaitu:

  1. Jika terjadi kesalahan pada suatu node akan berakibat terganggunya semua jaringan tersebut. Tetapi hal ini bisa diatas dengan memakai cincin ganda atau dual ring.
  2. Jaringan ini jarang dipakai karena tidak efisien
  3. Pengembangan jaringan ini lebih susah, dikarenakan memindahkan, menambah, dan mengubah perangkat jaringan dan mempengaruhi seluuruh jaringan
  4. Kinerja komunikasi dalam jaringan bergantung dari jumlah titik/node yang ada pada jaringan tersebut.
  5. Konfigurasi jaringan ini lebih susah daripada topologi star.
  6. Setiap transfer data atau paket harus melewati masing-masing komputer diantara pengirim dan penerima data, sehingga proses ini lebih lama.
  7. Dibutuhkan penanganan dan maintanance khusus bandles.

Kelebihan Dan Kekurangan Topologi Ring

Setiap model desain topologi jaringan komputer memiliki keuntungan dan keterbatasan, tak terkecuali pada topologi model Ring.

Keuntungan / Kelebihan Topologi Jaringan Ring

  1. Biaya instalasi cukup murah (Hemat kabel)
  2. Tingkat kerumitan pemasangan rendah (Mudah dirancang dan diinstalasi)
  3. Memiliki performa yang lebih baik daripada topologi jaringan Bus.
  4. Mudah untuk melakukan konfigurasi ulang dan instalasi perangkat baru.
  5. Transmisi data yang relatif sederhana seperti perjalanan paket dalam satu arah saja.
  6. Tidak akan terjadi tabrakan pengiriman data (collision), karena pada satu waktu hanya satu node yang dapat mengirimkan data.
  7. Mudah untuk melakukan pelacakan dan pengisolasian kesalahan dalam jaringan karena menggunakan konfigurasi point to point

Kelemahan / Kekurangan Topolgi Jaringan Ring

  1. Peka kesalahan jaringan, Sehingga jika ada masalah di suatu node mengakibatkan terganggunya seluruh jaringan. tapi hal ini dapat diantisipasi dengan menggunakan cincin dual ring (Cincin Ganda).
  2. Sulit untuk Pengembangan jaringan, karena menambah, mengubah dan memindahkan perangkat jaringan akan mempengaruhi keseluruhan jaringan.
  3. Lebih sulit untuk dikonfigurasi daripada Topologi bintang
  4. Kinerja komunikasi dalam jaringan sangat bergantung pada jumlah node/titik yang terdapat pada jaringan.
  5. Diperlukan pengelolaan serta penanganan khusus bandles
  6. Troubleshooting bisa dibilang cukup rumit.
  7. Paket data harus melewati setiap komputer antara pengirim dan penerima Oleh karena ini membuatnya lebih lambat.

Contoh Gambar Topologi Ring

Bentuk topologi ring atau topologi cincin ialah seperti cincin dimana setiap komputer dalam jaringan ini dihubungkan oleh kabel hingga membentuk lingkaran. Nah berikut ini ialah ilustrasi gambar contoh topologi ring.

Contoh Topologi Ring

Dari gambar diatas kita dapat menyimpulkan bahwa aliran data pada topologi ring harus melewati node dan menggunakan token untuk transmisi data.


Topologi Dual Ring (Cincin Ganda)

Merupakan pengembangan dari topologi Ring dimana pada topologi ini terdapat beberapa LAN yang sambungan secara Ring. Dibandingkan dengan ring, DUAL RING masih lebih bagus karena memiliki dua kabel utama sebagai jalur lalulintas data, sehingga jika satu node mengalami kerusakan komunikasi masih tetap berjalan.

Satu-satunya perbedaan antara dual ring dan topologi ring adalah bahwa ada cincin kedua di sekitar cincin pertama. Berkat cincin luar ini, setiap stasiun dapat bertukar data dengan stasiun lain yang terletak di level yang sama. Dengan demikian, setiap perangkat menjadi perangkat komunikasi umum dari dua dering yang independen sendiri untuk menyediakan fleksebelitas dan keandalan  jaringan

Baca Juga : Pengertian Dan Tujuan Millennium Development Goals (MDGs) Indonesia


Kelebihan Topologi Dual Ring (Cincin Ganda)

  • Jika satu cincin gagal, cincin kedua bisa berfungsi sebagai cadangan, untuk menjaga jaringan tetap terjaga

Kekurangan Topologi Dual Ring (Cincin Ganda)

  • Pemasangan yang sulit dan ribet
  • Harga pemasangan juga maha

Karakteristeik Topologi Dual RIng

Setiap Topologi memiliki karakteristik masing-masing. Beberapa karakteristik Topologi Ring antara lain :

  • Setiap komputer / node terhubung secara langsung satu sama lain.
  • Proses pengiriman data pada satu waktu hanya dapat dilakukan oleh satu node dan proses pengiriman satu jalur.
  • Jenis Kabel Jaringan yang digunakan umumnya twisted pair
  • Kerusakan pada salah satu node berpengaruh terhadap node yang lain.
  • Rumit dan relatif mahal jika diimplementasikan pada jaringan kecil

Baca Juga :  Pengertian, Klasifikasi Dan Identifikasi Taksonomi Tumbuhan Dalam Biologi


Prinsip Koneksi Topologi Ring

  • Prinsip-prinsip koneksi Topologi Ring adalah sebagai Berikut :
  • Penyelipan data adalah proses dimana data dimasukkan kedalam saluran transmisi oleh terminal pengirim setelah diberi alamat dan bit-bit tambahan lainnya.
  • Penerimaan data adalah proses ketika terminal yang dituju telah mengambil data dari saluran, yaitu dengan cara membandingkan alamat yang ada pada  paket data dengan alamat terminal itu sendiri. Apabila alamat tersebut sama maka data kiriman disalin.
  •  Pemindahan data adalah proses dimana kiriman data diambil kembali oleh terminal pengirim karena tidak ada terminal yang menerimanya (mungkin akibat salah alamat). Jika data tidak diambil kembali maka data ini akan  berputar-putar dalama saluran. Pada jaringan bus hal ini tidak akan terjadikarena kiriman akan diserap oleh “terminator”.
  •  Pada hakekatnya setiap terminal dalam jaringan cincin adalah “repeater”, danmampu melakukan ketiga fungsi dari topologi cincin.
  • Sistem yang mengatur bagaimana komunikasi data berlangsung pada jaringan cincin sering disebut token-ring

Kesimpulan Topologi Jaringan Ring

Biasanya, semua perjalanan pesan melalui topologi ring menggunakan arah yang sama. Topolgi ring memiliki skema kabel jaringan di mana satu kabel secara berurutan menghubungkan semua node dan membentuk loop tertutup.

Jarak yang jauh merupakan tantangan pada topologi ring dibanding topologi jaringan komputer lainnya. Sebuah kegagalan dalam perangkat kabel atau loop yang rusak akan menurunkan seluruh segmen. Kelemahan utama dari topologi ring adalah jika salah satu komponen ditambah atau dipindahkan dari ring, ring akan rusak dan segmen menjadi gagal.

Demikianlah pembahasan mengenai Kelebihan dan Kekurangan Topologi Ring : Cara Kerja, Fungsi Ciri, Sejarah semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Send this to a friend