Ekonomi Deskriptif adalah

Diposting pada

Setiap individu pasti mempunyai kebutuhan, dalam mencukupi kebutuhan hidupnya pastilah individu mempertimbangkan secara rasional mengenai cara menggunakan sumber daya atau pendapatan tertentu agar penggunaa tersebut dapat memberikan kepuasan dan kemakmuran yang maksimum kepada individu dan masayarakat.

Ekonomi-Deskriptif

Pengertian Ekonomi Deskriptif

Ekonomi deskriptif adalah ilmu ekonomi yang menggambarkan keadaan perekonomian yang sebenarnya terjadi di masyarakat. Ilmu ekonomi deskriptif bertugas mengumpulkan keterangan-keterangan nyata yang relevan dengan suatu permasalahan ekonomi.


Ekonomi deskriptif juga diartikan suatu pandangan yang menggambarkan tentang hubungan prediksi dari kondisi ekonomi yang akan terjadi dengan sifat-sifat ekonomi yang telah terwujud dalam kegiatan ekonomi sebelumnya, serta pengaruh-pengaruh yang mempengaruhi perubahan tersebut. Sekaligus teori ekonomi ini juga memberikan informasi tentang sifat utama dari sistem ekonomi dan apa yang menjadikan berfungsinya ekonomi itu.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Kegiatan Ekonomi adalah


Ilmu ekonomi deskriptif ialah kajian yang memparkan secara apa adanya tentang kehidupan ekonomi suatu daerah atau negara pada suatu masa tertentu misalnya:

  • Ekonomi Indonesia pada tahun 70-an.
  • Ekonomi Jepang pasca perang dunia II.

Ciri-Ciri Ekonomi Deskriptif

Berikut ini terdapat beberapa ciri-ciri ekonomi deskriptif, terdiri atas:

  1. Nyata/faktual/bukan rekayasa
  2. Memiliki beberapa instrumen dalam penggambarannya seperti grafik, kurva, dll.

Teori Ekonomi Deskriptif

Teori ekonomi adalah bagian ilmu ekonomi yang menjelaskan mekanisme kegiatan ekonomi. Teori ekonomi ini dibagi menjadi 2, yaitu teori ekonomi mikro dan teori ekonomi makro.


  1. Teori ekonomi mikro

Teori ekonomi mikro adalah bagian ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku unit-unti ekonomi secara individual, seperti perilaku konsumen, produsen, pasar, penerimaan, biaya, dan keuntungan perusahaan.


  1. Teori ekonomi makro

Teori ekonomi makro adlah bagian ilmu ekonomi memplajari unit-unit ekonomi secara agregat (keseluruhan), seperti pendapat nasional, inflasi, pengangguran, dan kebijakan pemerintah.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Ekonomi Industri


Contoh Ekonomi Deskriptif

Industri katun di India, sistem pertanian di Bali dan seperti keadaan petani di Jawa Tengah, inflasi yang meningkat pada tahun 1998 dan lain-lain.


Untuk hal ini pada intinya pemerintah harus ikut serta dalam kegiatan perekonomian supaya menanggulangi kegagalan pasar sehingga tidak tidak ada eksternalitas yang merugikan banyak pihak. Adapun bentuk dari peran pemerintah yakni dengan melakukan intervensi baik secara langsung maupun tidak langsung.


Cara Mempelajari Ekonomi Deskriptif

Alasan penting dalam mempelajari ilmu ekonomi deskriptif ialah semakin pentingnya peranan ekonomi dalam kehidupan, mulailah banyak ahli yang terkait untuk memecahkan persoalan ekonomi, karena filsafat tidak lagi sanggup memcehkan seluruh masalah yang berkembang di masyarakt dan perbuatn manusia sebagai besar ditujukan untuk memenuhi kebutuhan hidup.


Maka ilmu ekonomi dapat dikatakan memegang peranan penting dalam kehidupan sosial. Selain itu alasa orang mempelajari ilmu ekonomi ialah agar manusia berfikir praktis dan efisien, memahami perilaku masyarakat, memahami masalah global dan sebagai sumber informasi.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli


Fungsi Ekonomi Deskriptif

Untuk mengetahui semua kenyataan yang penting tentang pokok pembicaraan “topik” yang tertentu artinya mendiskripsikan data-data yang menjelaskan berbagai fenomena dan kenyataan yang terjadi dan dapat berfungsi sebagai:

  • Sarana pendorong untuk melakukan produksi.
  • Cara atau metode untuk mengorganisasi kegiatan individu.
  • Mencipatakan mekanisme tertentu supaya distribusi barang dan jasa terlaksana dengan baik.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Otoritas Jasa Keuangan


Demikianlah pembahasa mengenai Ekonomi Deskriptif – Pengertian, Ciri, Teori, Contoh, Cara dan Fungsi semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Butuhkan