Marketing Plan adalah

Diposting pada

Marketing Plan – Pengertian Menurut Para Ahli, Karakterisitk, Tujuan, Ruang Lingkup, Manfaat, Masalah, Langkah & Contoh – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Marketing Plan yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian menurut para ahli, karakteristik, tujuan, ruang lingkup, manfaat, masalah, langkah dan contoh, nah agar lebih dapat memahami dan dimengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Marketing-Plan

Pengertian Marketing Plan

Rencana pemasaran ialah penerapan yang sudah direncanakan dari sumber daya pemasaran untuk mencapai tujuan pemasaran. Dengan demikian perencanaan pemasaran merupakan sebuah proses sistematis dalam merancang dan mengkoordinasi keputusan pemasaran.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Internet Marketing adalah


Pengertian Marketing Plan Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pengertian marketing plan menurut para ahli, terdiri atas:


  1. Menurut Mc Donald

Rencana pemasaran adalah proses manajemen yang mengarah pada perencanaan pemasaran. Perencanaan ini merupakan urutan logis dan serangkaian aktivitas ke arah penetapan tujuan pemasaran dan perumusan rencana untuk mencapai tujuannya.


  1. Adzaniah Dinda : 2013

Rencana pemasaran adalah sebuah strategi untuk mencapai misi atau tujuan perusahaan. Sedangkan pemasaran ialah sebagai suatu sistem aktivitas bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menetapkan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa untuk kepentingan pasar, baik pasar konsumen rumah tangga dan atau pasar industry.


  1. Muhammad Tandri

Rencana pemasaran adalah sebuah strategi untuk mencapai misi atau tujuan perusahaan.


Ruang Lingkup Marketing Plan

Perencanaan pemasaran adalah penerapan yang sudah direncanakan dari sumber daya pemasaran untuk mencapai tujuan pemasaran. Dengan demikian perencanaan pemasaran merupakan sebuah proses sistematis dalam merancang dan mengkoordinasi keputusan pemasaran.Rencana pemasaran ini memberikan fokus bagi pengumpulan informasi, format bagi penyebarluasan informasi, dan struktur bagi pengembangan dan pengkoordinasian respon strategik dan taktikal perusahaan.


Perencanaan yang harus disiapkan seperti yang dijelaskan oleh Bygrave yaitu analisa analisa situasi perusahaan dan lingkungannya, anallisa dan penilaian peluang, kekuatan, kelemahan, dan kendala yang dihadapi oleh pasar.


Sebelum menyusun Rencana Pemasaran maka wirausaha harus mengetahui seluk-beluk atau konsep-konsep pemasaran dan informasi telahdikumpulkan, maka seorang wirausahawan baru menulis Rencana Pemasarannya.


Untuk menyusun Rencana Pemasaran maka perlu dijawab tiga pertanyaan berikut :

  • Where have we been?
  • Where do we want to go?
  • How do we get there? (Hisrich-Peters 1905: 139)

Pertanyaan di atas perlu diidentifikasi dan dijawab dari mana kita berangkat?Untuk itu perlu diperhatikan latarbelakang perusahaan, kekuatan dan kelemahan perusahaan, dan kendala yang dihadapi.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : “Experiential Marketing” Pengertian & ( Karakteristik – Strategi – Fungsi )


Kemudian kemana arah yang dituju? Disini perlu ditetapkan sasaran marketing untuk masa yang akan datang.


Lalu bagaimana mencapai sasaran itu ?Di sinilah perlu ditetapkan strategi pemasaran.Mungkin juga perlu dilakukan penelitian pemasaran. Anggaran belanja perlu disiapkan untuk pelaksanaan rencana ini.


Apa yang dimaksud dengan marketing plan? The marketing plan in­cludes a situation analysis that in large part comprises a market opportunity analysis and an assessment of the existing or potential businesses’ strength, weaknesses, threats, and opportunitunities in the marketplace. (Bygrave, 1994: 73)


Rencana Pemasaran ini adalah merupakan bagian dari Bussiness Plan.Perencanaan yang harus disiapakan seperti dijelaskan oleh Bygrave adalah analisa situasi perusahaan dan lingkungannya analisa dan penilaian peluang, kekuatan, kelemahan, kendala, yang dihadapi di pasar. Juga harus digambarkan sasaran konsumen dan strategi pemasaran yang digunakan. Jadi inti dari kegiatan Rencana Pemasaran ini ialah : (BuchariAlma : 2007)

  1. Analisa situasi lingkungan dan peluang pasar
  2. Mengembangkan sasaran pemasaran
  3. Menerapkan strategi pemasaran
  4. Menciptakan taktik atau tindakan pelaksanaan

Seperti yang diketahui bahwa pemasaran merupakan kegiatan yang amat penting dalam operasional bisnis.Tidak perduli apakah bisnis anda bergerak dalam sektor industri kecil, tingkat menengah apalagi industry besar.Atau anda bergerak dalam bidang perdagangan besar, perdagangan eceran, pertokoan, atau mungkin pula anda bergerak dalam bidang penjualan jasa, transportasi, penginapan, biro perjalanan, kegiatan rekresi dan sebagainya, pemsaran menempati posisi utama.


Lihatlah bagaimana perkembangan posisi bagian pemasaran dalam sebuah perusahaan mulai sejak berdiri sampai menjadi besar. (Lihat gambar perubahan pandangan terhadap pemasaran).

perubahan pandangan terhadap pemasaran

Pada tahap perusahaan baru didirikan posisi bagian produksi, keuangan, personalia, dan pemasaran kira-kira sama pentingnya. Akan tetapi, begitu perusahaan mengalami kemajuan, maka porsi perhatian lebih besar diberikan ke bagian pemasaran, dan lebih khusus lagi fokusnya ialah “langganan”. Ini bukan berarti bagian-bagian lain di dalam perusahaan tidak penting, semua bagian adalah penting, tetapi perhatian utamanya ialah bagian pemasaran yang akan berhadapan langsung dengan publik, yang sangat menentukan keberhasilan/kegagalan suatu usaha.


Karakteristik Rencana Pemasaran

Karakteristik dari suatu rencana pemasaran yang baik harus memenuhi beberapa kriteria (Buchari Alma : 2007) yaitu :

  • Harus didasarkan pada fakta dan asumsi yang benar tentang siapa target market, dimana lokasi mereka, berapa besar kemungkinan daya serapnya.
  • Bagaimana teknik promosi yang efektif
  • Bagaimana perubahan harga di pasar
  • Bagaimana saluran distribusi
  • Bagaimana keadaan saingan
  • Bagaiman S W O T dari perusahaan
  • Siapkan sumber-sumber yang diperlukan seperti sumber daya manusia, keuangan, fasilitas perawatan dan sebagainya

Tujuan Rencana Pemasaran

Ialah identifikasi dan kreasi dari keunggulan kompetetif. Perencanaan pemasaran ini merupakan bentuk nyata dari perusahaan untuk memberikan tanggapan strategis terhadap pola persaingan global yang berubah terdiri atas:

  • Penyesuaian ukuran bisnis.
  • Perubahan lingkup produk dan/atau pasar.
  • Atau penciptaan hubungan jaringan kerja yang baru dengan organisasi-organisasi lain.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : “Green Marketing” Pengertian Menurut Para Ahli & ( Tujuan – Manfaat – Komponen )


Masalah-Masalah Yang Muncul Akibat Kurangnya Rencana Pemasaran

Adapun masalah-masalah yang muncul akibat kurangnya perencanaan pemasaran yang diantaranya yaitu:

  1. Peluang-peluang yang hilang untuk mendapatkan laba.
  2. Angka-angka yang tak berarti dalam rencana jangka panjang.
  3. Tujuan yang tidak realistis.
  4. Kurangnya informasi pasar yang dapat dilakuakan.
  5. Perselisihan antar fungsional.
  6. Frustasi manajemen.
  7. Perkembangbiakan produk dan pasar.
  8. Pengeluaran promosi yang sia-sia.
  9. Penentuan harga yang terlalu membingungkan.
  10. Semakin melemah terhadap perkembangan bisnis.
  11. Hilangkan kendali terhadap bisnis minimum marketing plan memuat unsur-unsur sebagai berikut:

1. Tujuan pemasaran dan strategi pemasaran.
2. Strategi bauran pemasaran.
3. Deskripsi mengenai produk.
4. Strategi penetapan harga.
5. Rencana promosi.
6. Penetapan produk “penjualan dan distribusi”.


Langkah-Langkah Rencana Pemasaran

Adapun langkah-langkah pokok dalam rencana pemasaran meliputi:

  • Melakukan analisis situasi analisis yang dilakukan dalam tahap ini ialah analisis SWOT “Streghts, weaknesses, opportunities dan threats”. Analisis ini mencakup peluang dan masalah yang ditimbulkan oleh trend an situasi pembeli, pesaing, biaya dan regulasi. Selian itu, termasuk pula didalamnya ialah kekuatan dan kelemahan yang dimiliki perusahaan.
  • Menetapkan tujuan/sasaran tujuan dirumuskan secara spesifik dan mengidentifikasi tingkat kinerja yang diharapkan untuk dicapai organisasi pada waktu tertentu di masa datang, dengan mempertimbangkan realitas masalah dan peluang lingkungan serta kekuatan dan kelemahan perusahaan.
  • Menyusun strategi dan program berdasarkan tujuan yang telah ditetapkan, pengambil keputusan kemudian merancang strategi “tindakan jangka panjang untuk mencapai tujuan” dan program “tindakan jangka pendek spesifik untuk mengimplementasikan strategi”.

Hasil dari perencanaan pemasaran yang berfokus pada konsumen dapat menghasilkan sebuah keunggulan bersaing melalui:

  1. Harga yang lebih rendah dibandingkan dengan para pesaing untuk manfaat yang sama keunikan manfaat yang dapat menutupi harga tinggi.
  2. Analisis keunggulan bersaing menunjukkan perbedaan dan keunikannya di antara para pesaing. Bagi perusahaan yang ingin menikmati keunggulan bersaing di pasar, antara produknya dan produk pesaing harus dapat dirasakan di pasaran. Keunggulan bersaing diperoleh dengan mencari aspek-aspek diferensiasi yang akan di nilai superior oleh konsumen sasaran dan yang tidak mudah diduplikasikan oleh pesaingnya.

Manfaat Recana Pemasaran

Adapun rencana pemasaran yang diantaranya yaitu:

  • Mencapai koordinasi aktivitas yang lebih baik.
  • Mengidentifikasi perkembangan yang diharapkan.
  • Meningkatkan kesiapan organisasi untuk berubah.
  • Meminimalkan respon tak rasional sampai respon yang tak diharapkan.
  • Mengurangi konflik tentang ke mana seharusnya organisasi bergerak.
  • Meningkatkan komunikasi.
  • Mendesak manajemen untuk berpikir ke depan secara sistematis.
  • Memperluas penyesuaian sumber daya yang tersedia untuk mendapatkan peluang pilihan.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Pengertian Promosi


Contoh Rencana Pemasaran

Pegasus Sport Internasional

Pegasus Sports Internasional adalah produsen aksesoris inline skating  purnapasar (aftermarket) yang baru berdiri dan sedang mengembangkan Skatetours layanan yang membawa pelanggan untuk berpergian. Bekerja sama dengan toko skate lokal, Pegasus Sports menumbuhkan peluang yang sangat besar. Berseluncur adalah olahraga yang sangat digandrungi dewasa ini. Pegasus Sports akan memulai dengan menjual produk melalu Web-nya. Pendekatan konsumen ala “Dell” ini memungkinkan Pegasus Sports mencapai margin yang lebih tinggi dan mempertahankan hubungan erat dengan pelanggan.


Pegasus memasuki tahun pertama operasinya. Produknya diterima dengan baik dan pemasaran menjadi kunci bagi pengembangan merk dan kesadaran produkserta pertumbuhan basis pelanggan. Pegasus memiliki informasi yang baik tentang pasar, informasi ini akan ditingkatakan untuk lebih memahami siapa yang dilayani, apa kebutuhan khusus mereka dan bagaimana dapat berkomunikasi dengan baik.


Pasar sasaran Pegasus :

  1. Rekreasi
  2. Kebugaran
  3. Kecepatan
  4. Hoki
  5. Ekstrem

Profil pelanggan Pegasus secara umum terdiri dari:


  • Geografis

Pegasus tidak menentukan wilayah sasaran geografis namun total populasi yang ditargetkan adalah 31 juta pengguna.


  • Demografi

Ada rasio yang hampir sama antara pengguna pria dan wanita. Usia 13-46, dengan 48% kelompok berusia sekitar 23-24 tahun.


  • Faktor perilaku

Pengguna menikmati kegiata kebugaran sebagai kegiatan yang dapat dinikmati secara intrinsik oleh dirinya sendiri.


Pegasus menyedikan komunitas seluncur dengan kisaran aksesoris yang luas untuk semua variasi seluncur. Ada 3 hal yang diutamakan oleh Pegasus, yaitu kualitas pengerjaan, desain yang terbaik dan layanan pelanggan.


Pegasus akan mendiferensiasikan dirinya dengan memasarkan produk yang sebelumnya tidak tersedia bagi pemain skate. Jumlah pemain skate tidak terbatas hanya pada orang di suatu tempat, atau kelompok usia, jadi ada pasar dunia. Segmen yang paling cepat tumbuh untuk olahraga ini adalah segmen kebugaran jadi Pegasus akan mengupayakan pemasaran pada kelompok ini.


Tren lain adalah berseluncur secara kelompok. Tren pasar memperlihatkan pertumbuhan berkelanjutan di semua arah skating. Pertumbuhan pasar cenderung stabil di sleuruh dunia dikarenakan banyaknya perusahaan skate, dan harga skate  yang turun.


Analisis SWOT berikut ini menggambarkan kekuatan dan kelemahan utama yang ada di dalam perusahaan dan juga menggambarkan ancaman dan peluang yang ada.


  1. Kekuatan

Pengalaman dan pandangan industri yang sangat baik dan ahli, desain produk yang kreatif juga praktis, dan penggunaan modal bisnis yang efisien dan efektif.


  1. Kelemahan

Ketergantungan tehadap modal luar, kurangnya sales promotion, dan kesulitan mengembangkan kesadaran merk

  1. Peluang

Partisipasi dalam industri yang sedang tumbuh, penurunan biaya produk dan kemampuan untuk mendongrak usaha.


  1. Ancaman

Persaingan dari perusahaan lain yang lebih mapan, penurunan ekonomi, dan peluncuran hasil studi yang mempertanyakan keamanan produk.


Pegasus Sports membentuk pasarnya sendiri. meskipun ada beberapa perusahaan yang membuat layar dan foil yang digunakan beberapa pemain skate, Pegasus Sports adalah satu-satunya merk yang khusus dirancang untuk para peain skate. Jadi perusahaan lain yang membuat foil atau laya belum diperhitungkan sebagai saingan Pegasus Sports.


Untuk saat ini Pegasus Sport menawarkan beberapa produk. Produk pertama yang dikembangkan adalah Blade Boots, penutup roda dan kerangka inline skate, yang memungkinkan para pemain skate menjangkau daerah bermain skate lebih banyak. Produk kedua adalah SkateSails layar yang dirancang khusus untuk berseluncur . Produk ketiga SkateAid yang akan diproduki pada akhir tahun.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Strategi Pemasaran


Kunci keberhasilan yang dipegang oleh Pegasus adalah meracang dan meproduksi produk yang sesuai dengan keinginan pelanggan dan kepuasan pelanggan adalah yang paling utama. Sebagai bisnis yang baru berdiri ada beberapa isu penting bagi Pegasus yaitu untuk memantapkan dirinya sebagai perusahaan skattig  terkemuka, mengejar pertumbuhan terkendali yang mengatur bahwa beban gaji tidak akan pernah melebihi basis pendapatan dan senantiasa selalu mengamati kepuasan pelanggan.


Kunci strategi pemasaran adalah berfokus kepada pemain skate, kecepatan, kesehatan, kebugaan dna rekreasi. Pegasus dan mencakup sekitar 80% dari keseluruhan pasar karena Pegasus membuat produk untuk berbagai segmen. Pegasus mampu melayani hampir semua segmen.


Misa Pegasus Sports Internasional daan menyediakan aksesoris skating terbaik bagi pelanggan.  Tujuan pemasaran Pegasus adalah mempertahakan pertumbuhan positif dan kuat pada setiap kuartal, mencapai peningkatan penetrasi pasar yang stabil, dan meurunkan biaya akuisisi pelanggan sebesar 1.5% per kuartal. Tujuan keuangan Pegasusadalah meningkatkan margin laba sebesar 1% per kuartal melalui efisiensi dan penetapan skala ekonomis, mempertahankan anggaran riset dan pengembangan yang signifikan, dan mencapai tingkat pertumbuhan dua sampai tiga digit untuk tiga tahun pertama.


Pasar target untuk produk Pegasus adalah kelompok kebugaran dan rekreasi karena dua kelompok tersebut adalah kelompok dengan pertumbuhan tercepat. Pegasus akan memposisikan diriya sebagai perusahaan aksesoris skating terkemuka. Pegasus adalah perusahaan dari pelanggan untuk pelanggan. Tujuan tunggal Pegasus adalah memposisikandiri sebagai perusahaan terkemuka di bidang skate yang melayani pasar domestik dan internasional.


Strategi pemasaran akan terlebih dahulu menciptakan kesadaran pelanggan menyangkut produk dan jasa yang ditawarka dan kemudian dikembangkan bersama pelanggan. Metode pemasaran yang kedua adalah iklan yang ditempatkan di berbagai majalah industri.


Bauran pemasaran Pegasus meliputi penetapan harga yang didasarkan pada harga eceran per produk, distribusi yang langsung kepada pelanggan setelah itu akan menggunakan pengecer, iklan dan promosi dengan menggunakan metode yang berbeda, dan layanan pelanggan yang akan dicapai sesuai target.


Pegasus mempunyai keuntungan yang bagus karena terletak di pusat dunia skating, Venice, California. Pegasus akan mampu mengangkat lokasi menguntungkan melalui kerja sama dengan banyak pemain skate yang tinggal di wilayah tersebut.


Bagian keuangan akan menawarkan tinjauan keuangan Pegasus yang berhubungan dengan kegiatan pemasaran. Pegasus merasa bahwa angka-angka peramalan penjualan bersifat konservatif. Pegasuskan meningkatkan penjualan jika anggaran iklan memungkinkan. Peramlan beban akan digunakan sebagai alat untuk mempertahankan target departemen dan memberikan indkator ketika diperlukan.


Demikianlah pembahasan mengenai Marketing Plan – Pengertian Menurut Para Ahli, Karakterisitk, Tujuan, Ruang Lingkup, Manfaat, Masalah, Langkah & Contoh semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Butuhkan