Media Komunikasi

Diposting pada

Media Komunikasi

Media Komunikasi – Pengertian, Makalah, Jenis, Audio Dan Contoh – Sebagai manusia kita tidak pernah lepas dari media komunikasi, apalagi pada zaman ini media teknologi begitu canggih, dan media adalah sarana atau saluran yang mendukung pesan bila komunikan jauh tempatnya atau banyak jumlahnya. Komunikasi bermedia juga komunikasi tidak lansung (indirect communication), dan sebagai konsekuensinya arus balik pun tidak terjadi pada saat komunikasi dilancarkan. Komunikator tidak mengetahui tanggapan komunikan pada saat ia berkomunikasi.

Media-Komunikasi


Oleh sebab itu, dalam melancarkan komunikasi dengan menggunakan media, komunikator harus lebih matang dalam perencanaan dan persiapannya sehingga ia merasa pasti bahwa komunikasinya itu akan berhasil. Dalam berkomunikasi kita harus memperhitungkan berbagai faktor, kita harus mengetahui sifat-sifat komunikan yang dituju dan memahami sifat-sifat media yang digunakan.


Komunikasi

Komunikasi adalah suatu proses yang berhubungan dengan manusia terhadap lingkungan disekitarnya. Bila tidak ada komunikasi, manusia akan terisolir dari lingkungan disekitarnya. Tetapi jika tidak ada lingkungan, komunikasi akan menjadi sebuah kegiatan yang tidak penting.


Pengertian Media Komunikasi

Media komunikasi adalah suatu alat atau sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada khalayak. Media dominan dalam berkomunikasi adalah pancaindera manusia seperti telinga dan mata.Media juga merupakan jendela yang memungkinkan kita untuk dapat melihat lingkungan yang lebih jauh, sebagai penafsir yang membantu memahami pengalaman, Sebagai landasan penyampai informasi, Sebagai komunikasi interaktif yang meliputi opini audiens.


Secara sederhana media komunikasi dapat di jelaskan dari dua kata yakni media dan komunikasi yang mana masing masing kata memiliki arti tertentu yang dapat di jelaskan secara luas.

Media adalah sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun audio visual, termasuk tekhnologi perangkat kerasnya. Komunikasi adalah proses yang menyangkut hubungan manusia dengan lingkungan sekitarnya.

Baca Juga : 30 Dampak Positif Dan Negatif Teknologi Informasi Dalam Bidang Pemerintahan


Di kehidupan sosial, pastinya kita tidak lepas dari yang namanya komunukasi, dalam hal ini komunikasi bisa kita lakukan dengan keluarga, tetangga, teman dan lingkungan sosial sekitar. Namun, komunikasi ini juga bisa dilakukan dengan menggunakan media seperti internet, tv, radio dan sebagainya. Nah kali ini kami akan menyajikan mengenai Media Komunikasi yang dimana meliputi fungsi, jenis, bentuk dan jangkauan, agar lebih dapat memahami dan mengerti simak ulasan dibawah ini.


Dengan kata lain manusia berkomunikasi dikarenakan untuk melakukan hubungan dengan lingkungan. Saat manusia berkomunikasi, pastinya memerlukan media komunikasi, yang dimaksud dengan media komunikasi ialah seluruh sarana yang digunakan untuk memproduksi, mereproduksi, menyalurkan atau menyebarkan dan juga menyajikan informasi. Dalam kehidupan bermasyarakat dewasa ini media komunikasi memiliki peran yang sangat penting, karena berbagai informasi yang ada seluruh dunia ini dapat kalian dicari dengan cepat, akurat, tepat, mudah, murah, efektif dan efisien.


Fungsi Media Komunikasi

Adapun fungsi media komunikasi yaitu:

  • Efektifitas
    Media komunikasi sebagai sarana untuk mempermudah dalam penyampaian informasi.
  • Efesiensi
    Media komunikasi sebagai sarana untuk mempercepat dalam penyampaian informasi.
  • Konkrit
    Media komunikasi sebagai sarana untuk membantu mempercepat isi pesan yang mempunyai sifat abstrak.
  • Motivatif
    Media komunikasi sebagai sarana agar lebih semangat melakukan komunikasi.


Baca Juga:  Pengertian,10 Komponen Dan Model Komunikasi


Jenis-Jenis Media Komunikasi Berdasarkan Fungsinya

Adapun jenis-jenis media komunikasi berdasarkan fungsinya yaitu:

  • Fungsi Produksi
    Media komunikasi yang bermanfaat sebagai penghasil berbagai macam informasi, contohnya: komputer/PC pengolah kata “word processor”.
  • Fungsi Reproduksi
    Media komunikasi yang bermanfaat untuk mencetak ulang dan menggandakan informasi, contohnya: audio tapes recorder serta video tapes.
  • Fungsi Penyampaian Informasi
    Media komunikasi yang berdaya guna untuk dipakai menyebarluaskan serta menyapaikan pesan kepada komunikasi yang menjadi sasarannya, contohnya: Handphone, telephone, faximile dan lain sebagainya.

Media Komunikasi Berdasarkan Bentuknya

Adapun media komunikasi berdasarkan bentuknya yaitu:

  • Media Cetak
    Merupakan berbagai macam barang yang dicetak dan bisa dipakai sebagai sarana untuk menyampaikan suatu pesan informasi, seperti: surat kabar/koran, brosur, buletin dan lain sebagainya.
  • Media Audia
    Merupakan suatu bentuk media komunikasi yang penerimaan informasinya hanya dapat tersampaikan melalui indra pendengaran, contohnya: radio.
  • Media Visual
    Merupakan suatu bentuk media komunikasi yang penerimaan pesan informasinya hanya dapat tersampaikan melalui indra penglihatan, contohnya: foto.
  • Media Audia Visual
    Merupakan suatu bentuk media komunikasi yang dapat dilihat sekaligus didengar, jadi untuk mengakses pesan informasi yang disampaikan memakai indra penglihatan dan juga indra pendengaran, contohnya: televisi, video.

Berdasarkan Jangkauannya

Media komunikasi eksternal merupakan suatu media komunikasi yang dipakai untuk menjalin hubungan dan menyampaikan pesan informasi dengan pihak-pihak luar, misalnya: Media komunikasi tertulis/cetak, radio, televisi/TV, telepon, telepon selular “Handphone”, surat dan internet.


Sedangkan media komunikasi internal ialah seluruh sarana penyampaian dan penerimaan pesan informasi dikalangan publik internal dan pada umumnya mempunyai sifat non-komersial. Penerima atau pengirim informasinya ialah orang-orang publik internal. Media yang bisa dipakai sebagai komunikasi internal yaitu seperti: surat, telephone, papan pengumuman, majalah bulanan, media komunikasi cetakan “printed material”, media pertemuan dan pembicaraan dan lain-lain.


Sebagai penanda pemberi intruksi atau petunjuk , Sebagai penyaring atau pembagi pengalaman dan fokus terhadap orang lain, cermin yang merefleksikan diri kita dan penghalang yang menutupi kebenaran. Media komunikasi juga dijelaskan sebagai sebuah sarana yang dipergunakan sebagai memproduksi, reproduksi, mengolah dan mendistribusikan untuk menyampaikan sebuah informasi. Media komunikasi sangat berperan penting bagi kehidupan masyarakat. Secara sederhana, sebuah media komunikasi adalah sebuah perantara dalam menyampaikan sebuah informasi dari komunikator kepada komunikan yang bertujuan agar efisien dalam menyebarkan informasi atau pesan.


Komunikasi merupakan bentuk percakapan yang berlangsung atas dasar persamaan persepsi. Komunikasi dalam bahasa inggris communicationberasal dari kata latin communicatio dan berasal dari kata communis yang berarti sama. Menurut (Danim, 1995) media komunikasi dapat diartikan sebagai seperangkat alat bantu yang digunakan oleh pendidik dalam rangka berkomunikasi dengan sasaran didik. Alat bantu yang digunakan tersebut. Dikenal dengan istilah “media”, sedangkan “komunikasi” merupakan cara penyampaiannya.


Baca Juga: Baca Juga : 100 Pengertian Teknik Komunikasi Data Digital


Jenis dan klasifikasi media komunikasi

Menurut heinich, dkk (1996 dalam Pribadi dan Putri, 2005), media dapat diklasiikasikan menjadi beberapa jenis, yaitu:

  1. Media yang tidak diproyeksikan (non projected media), media ini sering disebut dengan media pameran (displayed media). Contoh media ini antara lain realita, model, bahan grafis, dan display.
  2. Media yang diproyeksikan (projekted media), yaitu media yang cara penyajiannya memerlukan alat proyeksi (proyektor), sebagai contohnya adalah OHT,slide dan powerpoint.
  3. Media audio, media ini sering digunakan pada pembelajaran bahasa, misalnya dalam pengucapan kata kata, sering pula digunakan pada latihan musik, drama, dan sejenisnya. Rekaman audio dapat dibuat dalam bentuk kaset pita atau CD.
  4. Media vidieo,memiliki kemampuan memanipulasi ruang dan waktu, objek terkecil maupun terbesar, berbahaya ataupun aman, dapat dikunjungi oleh sasaran melalui media vidio ini. Melalui pesan yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan, cocok digunakan media vidio, karena mampu menampilkan gerak lambat dan mampu menjelaskan prosedur terentu secara rinci.
  5. Media berbasis komputer, banyak keuntungan yang diperoleh, seperti memungkinkan terjadinya interaksi langsung dengan materi, pembelajaran dapat berlangsung secara individual, mampu menampilkan audio visual, dan lain lain.
  6. Multi media kit, merupakan seperangkat bahan ajar yang terdiri dari beberapa jenis media yang digunakan untuk menjelaskan suatu materi tertentu yang dilengkapi dengan study guide, lembar kerja moduler.

Menurut Ayshar (2011), media dapat dikelompokkan menjadi empat, yaitu:


Media Komunikasi Berdasarkan Bentuknya

  1. Media cetak: merupakan berbagai macam barang yang dicetak dan bisa dipakai sebagai sarana untuk menyampaikan suatu pesan informasi, seperti: surat kabar/koran, brosur, buletin, dan lain sebagainya.
  2. Media audio: merupakan suatu bentukmedia komunikasi yang penerimaan informasinya hanya dapat tersampaikan melalui indra pendengaran, contohnya: radio
  3. Media visual: merupakan suatu bentuk media komunikasi yang penerimaan pesan informasinya hanya dapat tersampaikan melalui indra penglihatan, contohnya: foto
  4. Media audio visual:merupakan suatu bentuk media komunikasi yang dapat dilihat sekaligus didengar, jadi untuk mengakses pesan informasi yang disampaikan memakai indra penglihatan dan juga indra pendengaran, contohnya: televisi, video.

Jenis-Jenis Media Komunikasi, Berdasarkan Fungsinya

  1. Fungsi produksi: media komunikasi yang bermanfaat sebagai penghasil berbagai macam informasi, contohnya: komputer/PC pengolah kata (word processor)
  2. Fungsi reproduksi: media komunikasi yang bermanfaat untuk mencetak ulang dan menggandakan informasi, contohnya: audio tapes recorder serta video tapes
  3. Fungsi penyampaian informasi: media komunikasi yang berdaya guna untuk dipakai menyebarluaskan serta menyampaikan pesan kepada komunikan yang menjadi sasarannya, contohnya: Handphone, telephone, faximile, dan lain sebagainya.

Baca Juga : 1000 Pengertian Komunikasi Lengkap Menurut Para Ahli


Kelebihan dan Kekurangan Media Komunikasi

Media Audio

  • Kelebihan

  1. Dalam hal penyampaian informasi atau berita lebih cepat bahkan bisa saat itu juga.
  2. Media ini dapat dinikmati sambil melakukan aktifitas yang lainnya. Jadi pendengar tidak harus memantau di depan radio, tetapi bisa menemani aktifitas ini di mana pun.
  3. Biaya produksi ataupun biaya yang diperlukan untuk mendengarkan relatif murah.Bahkan bisa di dengar tanpa menggunakan listrik tetapi menggunakan baterai(radio).
  4. Pendengar yang kesulitan membaca/melihat bisa memahami pembelajaran dengan mudah dengan disampaikan oleh media audio.
  5. Bahasa yang digunakan bersifat bahasa tutur, jadi mudah dimengerti oleh pendengarnya.
  6. Media audio dapat mencangkup audiens yang banyak dan ruangan yang luas.
  7. Dapat memusatkan perhatian siswa seperti membaca puisi, sastra, mendengarkan musik dan bahasa.
  8. Dapat digunakan bersama – sama dengan alat perekam radio, sehingga dapat diulang atau diputar kembali.

  • Kekurangan

  1. Informasi yang disampaikan hanya sekilas dan tidak bisa diulang, jadi pendengar tidak bisa mengerti secara detail tentang berita yang disampaikan, karena memang bahasanya sederhana dan tidak didukung oleh visualisasi. Pendengar hanya bisa membayangkan saja.
  2. Jika audiens mengalami kesulitan mendengar (kerusakan pada alat pendengaran). Akan sangat sulit menerima pembelajaran.
  3. Jika siswa/audiens memiliki gaya belajar visual dan kinestetik akan sulit menerima pembelajaran dengan menggunakan media audio.
  4. Media ini hanya akan mampu melayani secara baik bagi mereka yang sudah mempunyai kemampuan dalam berfikir abstrak.(kelas tinggi anak SD).

Media Visual

  • Kelebihan

  1. Lebih menarik karena ada gambar, sehingga memberikan pengalaman nyata untuk siswa.
  2. Lebih mudah mengingat dengan visual peta konsep, maid mapping dan singkatan.
  3. Media visual dapat memperlancar pemahaman (misalnya melalui elaborasi struktur dan organisasi) dan memperkuat ingatan siswa.
  4. Visual dapat pula menumbuhkan minat siswa dan dapat memberikan hubungan antara isi materi pelajaran dengan dunia nyata.

  • Kekurangan

  1. Akan terjadi kesulitan jika siswa mengalami masalah pada indra penglihatannya.
  2. Siswa tidak akan memahami gambar jika gambar tidak jelas atau tidak sama dengan bentuk nyatanya.
  3. Tidak dapat melayani siswa dengan gaya belajar auditif dan kinestetik.
  4. Membutuhkan waktu yang lama untuk membuat gambar dan ketrampilan khusus menyajikan gambar sesuai wujud aslinya.

Baca Juga : 14 Pengertian Media Menurut Para Ahli Terlengkap


Media Audio Visual

  • Kelebihan
  1. Lebih efektif dalam menerima pembelajaran karena dapat melayani gaya bahasa siswa auditif maupun visual
  2. Dapat memberikan pengalaman nyata lebih dari yang disampaikan media audio maupun visual.
  3. Siswa akan lebih cepat mengerti karena mendengarkan disertai melihat langsung, sehingga tidak hanya membayangkan.
  4. Lebih menarik dan menyenangkan menggunakan media audio visual.

  • Kekurangan
  1. Pembuatan media audio visual memerlukan waktu yang lama, karena memadukan 2 elemen yakni audio dan visual.
  2. Membutuhkan ketrampilan dan ketelitian dalam pembuatannya
  3. Biaya yang digunakan dalam pembuatan media audio visual cukup mahal.
  4. Jika tidak terdapat piranti pembuatannya akan sulit untuk membuatnya(terbentur alat pembuatannya).

Media Berbasis Teknologi Informatika (Multimedia)

  • Kelebihan
  1. Menarik karena dapat menampilkan gambar-gambar maupun suara.
  2. Mudah diatur dalam menyampaian informasi, jadi informasi yang disampaiakan dapat di sesuaikan dengan anak SD yang lebih menyukai gambar-gambar lucu dan menarik.
  3. Dapat menampilkan tampilan yang luar biasa(audio maupun visual) yang jelas sehingga seperti melihat nyata.
  4. Memberikan pengalaman nyata untuk siswa dengan jelas, hal-hal yang belum pernah diketahui bisa dengan mudah diketahui.
  5. Mudah mengaksesnya untuk mencari informasi yang dibutuhkan.
  6. Media yang lengkap menyediakan banyak informasi.

  • Kekurangan
  1. Biaya untuk membuat maupun mengakses media berbasis informatika mahal.
  2. Belum tentu semua siswa dapat mengaksesnya maupun menikmatinya.
  3. Pembuatannya susah dan memakan banyak waktu dalam proses pembuatannya.
  4. Harus didukung oleh daya penyalur, listrik maupun jaringan internet.
  5. Belum bisa diakses dengan mudah dan murah di tempat-tempat tertentu.

Baca Juga: 10 Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer


DAFTAR PUSTAKA
https://books.google.co.id/books/about/Teori_Teori_Komunikasi.html?id=1uQsJ_jIEFEC&redir_esc=y
https://books.google.co.id/books/about/Pengantar_Teori_Manajemen_Komunikasi.html?id=xtHs4pLWdqAC&redir_esc=y

Demikianlah pembahasan mengenai Media Komunikasi – Pengertian, Makalah, Jenis, Audio Dan Contoh semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak. 🙂 🙂 🙂