Contoh Teks Deskripsi

Diposting pada

21 Contoh Teks Deskripsi – Tujuan, Ciri, Struktur dan Jenis – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Teks Deskripsi yang dimana dalam hal ini meliputi contoh, tujuan, ciri, struktur dan jenis, nah agar dapat lebih memahami dan dimengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Contoh-Teks-Deskripsi

Pengertian Teks Deskripsi

Teks deskripsi adalah sebuah teks atau paragraph yang berisi tentang suatu gambaran atau lukisan dari sebuah benda yang sedang diceritakan dalam bentuk tulisan. Paragraph itu sendiri merupakan kumpulan dari beberapa rangkaian kalimat.


Jadi paragraph deskriptif merupakan sebuah rangkaian kalimat yang menceritakan tentang sifat dari benda yang sedang diceritakan, paragraph tersebut dapat menggambarkan dari benda tersebut sehingga mambuat pembacanya seolah olah melihat secara langsung benda yang diceritakan tersebut.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : Teks Iklan


Tujuan Teks Deskripsi

Tujuan teks deskripsi adalah supaya orang yang membacanya dapat seolah olah melihat sendiri benda yang diceritakan tersebut. Dalam paragraph deskriptif itu sendiri memakai pola yang subjektif namun hal ini jika si penulis paragraph tersebut menambahkan opini atau kesan pada sebuah objek yang telah sedang dijelaskan tersebut.


Ciri-Ciri Teks Deskripsi

Ciri-ciri yang sangat jelas diteks deskripsi ini tentunya akan sangat mudah membedakan teks ini dengan teks lainnya, berikut ini ciri-cirinya, terdiri dari:

  1. Peragraf desskripsi menggambarkan sesuatu.
  2. Paragraf yang digambarkan dijelaskan secara sangat jelas dan rinci serta melibatkan kesan indera.
  3. Ketika pembaca membaca teks deskripsi seolah-olah merasakan langsung apa yang sedang dibahas di dalam teks.
  4. Teks deskripsi menjelaskan ciri-ciri fisik objek, seperti bentuk, ukuran, warna atau ciri-ciri psikis/keadaan suatu objek dengan rinci.

Struktur Teks Deskripsi

Adapun 3 struktur yang menyusun teks deskripsi sehingga menjadi satu keutuhan. 3 struktur tersebut yaitu :

  • Identifikasi: penentu identitas seseorang, benda, dan sebagainya.
  • Klasifikasi, penyusunan ber-sistem dalam kelompok menurut kaidah atau standar yang telah ditetapkan.
  • Deskripsi bagian: bagian teks yang berisi tentang gambaran-gambaran bagian didalam teks tersebut.

Jenis Teks Deskripsi

Dari sumber yang Yuksinau.id dapat, teks deskripsi sendiri dibedakan menjadi 3 macam yaitu :

  • Teks paragraf deskripsi subjektif : suatu paragraf deskripsi yang penggambaran objek nya menurut kesan yang dimiliki oleh penulis teks.
  • Teks paragraf spatial: dalam teks ini objek yang digambarkan hanya berupa tempat, benda, ruang dan lainnya.
  • Teks paragraf objektif: teks ini objek digambarkan apa adanya menurut keadaan objek yang sebenarnya tanpa penambahan opini dari penulis itu sendiri.

Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi

Berikut ini adalah kaidah kebahasaan teks deskripsi :

  1. Menggunakan kata benda sesuai topik yang dideskripsikan. Seperti: sekolah, rumah, guruku, teman saya, dll.
  2. Menggunakan frasa yang mengandung kata benda. Contohnya yaitu beliau adalah seorang kepala sekolah yang rendah hati, dll.
  3. Mengandung kata sifat yang bersifat menggambarkan. Seperti: satu siswa rajin, dua kaos kaki putih, dll.
  4. Mengandung kata kerja Transitif untuk memberikan informasi subjek. Seperti: siswa itu mengenakan seragam putih biru, dll.
  5. Mengandung kata kerja (perasaan, pendapat) dengan tujuan mengungkapkan pandangan pribadi penulis mengenai subjek. Seperti: saya pikir itu adalah kucing cerdas, saya yakin buku itu murah, dll.
  6. Mengandung kata keterangan untuk memberikan informasi tambahan mengenai objek. Seperti: dengan cepat, di rumah, di kantin, dll.
  7. Mengandung bahasa kiasan berupa perumpamaan atau metafora. Seperti: kulitnya lembut seperti benang sutra, dll.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : Teks Eksemplum


Langkah Membuat Teks Deskripsi

Berikut ini terdapat beberapa langkah membuat teks deskripsi, terdiri atas:


  • Menentukan atau memilih tema atau topik karangan

Menentukan atau memilih tema atau topik karangan Langkah paling awal dalam membuat suatu karangan adalah menentukan tema atau topik karangan. Tema diartikan pokok pikiran, sedangkan topik adalah pokok pembicaraan.


Apabila dilihat dari sudut sebuah karangan yang telah selesai tema adalah suatu amanat utama yang disampaikan oleh penulis melalui karangannya. Dalam kenyataannya untuk menulis suautu karangan, penulis harus memilih suatu topik atau pokok pembicaraan.


Dengan demikian, pada waktu menyusun sebuah tema untuk untuk sebuah karangan ada dua unsur yang paling dasar yaitu topik atau pokok pembicaraan dan tujuan yang hendak dicapai melalui topik tersebut.


Bagi pengarang pemula, penentuan topik tulisan merupakan sesuatu yang agak sulit dilakukan. Dalam menetapkan topik penulis harus menguasai betul kira-kira permasalahan apa yang akan ditulis. Jadi, agar topik benar-benar terwujud pilihlah topik yang benar-benar menarik perhatian.


  • Menetapkan tujuan

Setiap kegiatan yang dilakukan tentu memiliki tujuan. Demikian halnya dengan mengarang/menulis. Menetapkan tujuan tulisan adalah penting sebelum menulis. Karena tujuan sangat berpengaruh dalam menetapkan bentuk, panjang, sifat dan cara penyajian tulisan.


Tujuan tulisan harus jelas suatu tulisan yang tidak dilandasi dengan tujuan yang jelas dan mungkin hanya mewujudkan tulisan yang buruk atau tidak dapat dipahami oleh pembaca. Jadi penetapan tujuan itu sangat membantu penulis dalam mengembangkan tulisannya dan dapat memberikan arah kepada penulis.


Dengan menetapkan tujuan yang jelas akan membantu penulis memperoleh gambaran tentang persoalan yang akan ditulisnya dan membangkitkan semangat penulis untuk merangkaikan kata-kata yang lebih jelas dan terarah.


  • Mengumpulkan informasi/bahan

Untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, perlu mencari bahan berupa keterangan-keterangan yang berhubungan dengan topik tersebut.


Kegiatan mengumpulkan bahan dapat dilakukan dengan cara observasi atau mengadakan pengamatan terhadap satu proses atau keinginan sesuatu yang diperlukan dan akan dijadikan sumber penulisan.


  • Membuat kerangka tulisan

Kerangka tulisan adalah garis besar cerita yang akan dituangkan pada sebuah tulisan. Sebelum menulis, seorang penulis perlu menetapkan kerangka tulisan. Kerangka tulisan merupakan pedoman atau acuan penulis tentang hal-hal apa saja yang akan ditulis, sehingga dengan menggunakan kerangka tulisan alur cerita yang akan ditulis semakin jelas dan terarah.


Jarang seseorang dalam menuangkan isi pikirannya sekaligus secara teratur terperinci dan sempurna tanpa sebuah kerangka tulisan. Hal ini sesuai dengan pendapat Gorys Keraf (1994:132) bahwa; “ Kerangka karangan adalah rencana kerja yang memuat garis-garis besar dari suatu karangan yang akan digarap.”


  • Mengembangkan kerangka karangan

Setelah kerangka karangan disusun, maka tahap selanjutnya adalah mengembangkannya menjadi sebuah tulisan yang utuh. Pengembangan kerangka karangan dilakukan satu persatu.


Dalam penulisan atau pengembangan kerangka karangan ada beberapa unsur yang harus diperhatikan dan unsur-unsur tersebut merupakan penilaian baik tidaknya hasil karangan yang dibuat.


Unsur-unsur tersebut adalah isi gagasan yang dikemukakan, organisasi isi (urutan peristiwa), tata bahasa, pilihan struktur dan kosakata serta penggunaan ejaan yang tepat.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : Teks Eksplanasi : Pengertian Dan (Ciri, Struktur, Kaidah, Jenis)


Contoh Teks Deskripsi

Berikut ini terdapat 21 contoh teks deskripsi, terdiri atas:


  1. Contoh Teks Deskripsi Beserta Strukturnya


Pantun Indonesia


Identifikasi

Pantun terdiri atas dua bagian, yaitu sampiran dan isi. Sampiran adalah dua baris pertama, kerap kali berkaitan dengan alam (mencirikan budaya agraris masyarakat pendukungnya: misalnya “air, hujan, dan hulu”, dan biasanya tak punya hubungan dengan bagian kedua yang menyampaikan maksud selain untuk mengantarkan rima/sajak. Dua baris terakhir merupakan isi, yang merupakan tujuan pantun tersebut.


Klasifikasi Definisi

Pantun merupakan salah satu jenis puisi lama yang dikenal luas di Nusantara. Pantun berasal dari kata pantun dalam bahasa Minangkabau yang berarti “petuntun”. Dalam bahasa Jawa dikenal sebagai parikan, dalam bahasa Sunda dikenal sebagai paparikan, dan dalam bahasa Batak dikenal sebagai umpasa (baca:uppasa).
Pantun biasanya terdiri atas empat larik (atau empat baris bila dituliskan), setiap baris terdiri atas 8-12 suku kata, bersajak akhir dengan pola a-b-a-b dan a-a-a-a (tidak boleh a-a-b-b atau a-b-b-a). Pantun pada mulanya merupakan sastra lisan, tetapi sekarang dijumpai juga pantun tulis.


Deskripsi Bagian

Bentuk Pantun
Sampiran
Ke hulu membuat pagar
Jangan terpotong batang durian
Isi
Cari guru tempat belajar
Supaya jangan sesal kemudian.
Sampiran terutama digunakan untuk menyiapkan rima dan irama untuk mempermudah pendengar memahami isi pantun. Dalam hal kata “pagar: dan “belajar” rima dan irama yang terkait, demikian juga “durian” dan “kemudian”, sehingga larik-larik dalam bait itu membentuk persajakan a-b-a-b.


Tari Saman


Identifikasi

Tari Saman adalah salah satu tarian daerah Aceh yang paling terkenal saat ini. Tarian ini berasal dari dataran tinggi Gayo. Syair saman mempergunakan bahasa Arab dan bahasa Aceh. Pada masa lalu, Tari Saman biasanya ditampilkan untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam adat dan masyarakat Aceh. Selain itu biasanya tarian ini juga ditampilkan untuk merayakan kelahiran Nabi Muhammad. Pada kenyataannya nama “Saman” diperoleh dari salah satu ulama besar Aceh, Syech Saman.


Klasifikasi

Tari Saman biasanya ditampilkan menggunakan iringan alat musik, berupa gendang dan menggunakan suara dari para penari dan tepuk tangan mereka yang biasanya dikombinasikan dengan memukul dada dan pangkal paha mereka sebagai sinkronisasi dan menghempaskan badan ke berbagai arah. Tarian ini dipandu oleh seorang pemimpin yang lazimnya disebut Syech.


Deskripsi Bagian

Karena keseragaman formasi dan ketepatan waktu adalah suatu keharusan dalam menampilkan tarian ini, maka para penari dituntut untuk memiliki konsentrasi yang tinggi dan latihan yang serius agar dapat tampil dengan sempurna. Tarian ini dilakukan secara berkelompok, sambil bernyanyi dengan posisi duduk berlutut dan berbanjar/bersaf tanpa menggunakan alat musik pengiring.


Karena kedinamisan geraknya, tarian ini banyak dibawak/ditarikan oleh kaum pria, tetapi perkembangan sekarang tarian ini sudah banyak ditarikan oleh penari wanita maupun campuran antara penari pria dan penari wanita. Tarian ini ditarikan kurang lebih 10 orang, dengan rincian 8 penari dan 2 orang sebagai pemberi aba-aba sambil bernyanyi.


Danau Toba

Danau Toba adalah danau terluas di Indonesia bahkan Asia Tenggara. Sebuah danau vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer serta kedalaman terjauh kira-kira 400 meter yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia Di tengah Danau Toba terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir yang berada pada ketinggian sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut. Dan di tengah Pulau Samosir ini masih ada lagi dua danau indah yang diberi nama Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang.


Diperkirakan Danau Toba terjadi saat letusan gunung berapi super (Gunung Toba) sekitar 73.000-75.000 yang lalu. Kira-kira 2.800 km kubik bahan-bahan vulkanik dimuntahkan gunung tersebut saat meletus, dan debu vulkanik yang ditiup angin menyebar ke separuh wilayah bumi.


Letusannya terjadi selama 1 minggu dan lontaran debunya mencapai 10 kilometer di atas permukaan laut. Menurut perkiraan, letusan gunung berapi super tersebut menyebabkan kematian massal dan menyebabkan kepunahan pada beberapa spesies mahluk hidup.


Letusan Gunung Toba mempengaruhi peradaban dunia. Diperkirakan, letusan maha dahsyat ini menyebabkan terjadinya perubahan cuaca bumi dan mulainya zaman es.


Danau Toba mendapatkan perhatian khusus dari para peneliti tingkat dunia, seperti Bill Rose dan Craig Chesner dari Michigan Technological University.


Danau bertipe vulkanik ini merupakan danau terbesar kedua di dunia sesudah Danau Victoria di Sandra Afrika. Secara administratif, Danau Toba membentang di tujuh kabupaten, yaitu Tapanuli Utara, Toba Samosir, Samosir, Humbang Hasundutan, Dairi, Karo, dan Simalungun.


Daerah sekitar Danau Toba memiliki hutan-hutan pinus yang tertata asri
Di Tomok (Pulau Samosir) terdapat Makam Raja Sidabutar, yang usianya sudah 500 tahun. Juga terdapat Patung Sigale-Gale (Patung yang bisa menari)


Di pinggiran Danau Toba terdapat beberapa air terjun yang sangat mempesona
Danau Toba punya legenda yang hidup sejak ribuan tahun lalu dan itu membawa
berkah bagi penduduk yang berdomisili di sekitar Danau Toba dengan berbagai aktivitas keseharian.
Danau Toba merupakan tempat berkembang biaknya ikan batak (Neolissochillus thienemanni) yang punya nilai sejarah dan budaya tinggi. Setahun sekali diadakan Pesta Rakyat Danau Toba.


Di era 1990-an, tepatnya sebelum tahun 1997, Danau Toba menjadi destinasi favorit para turis-turis luar negeri, terutama berasal dari Belanda, Malaysia, Singapura, Jerman, Jepang, Korea, bahkan ada juga yang berasal dari Amerika.


Pantai Suwuk

Pantai Suwuk, tempat wisata yang menakjubkan. Pantai ini berlokasi di desa Suwuk, kecamatan Puring, kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Gapura “Selamat Datang” dengan cat orangenya selalu menyambut ramah kunjunganku ke pantai ini. Pohon-pohon kelapa sawit berjajar sepanjang jalan menemani langkah kakiku menapak hamparan pasir putih berkilauan. Segeralah tersajikan ciptaan Sang Hyang Wenang sebagai seniman paling Agung.


Birunya air laut dan perahu-perahu nelayan bagaikan komposisi yang membentuk noktah-noktah kecil di batas cakrawala. Ombak putih berbuih, bergulung-gulung menjadi lambang kesucian alam yang harus tetap dijaga. Di sebelah barat, terdapat batu-batu besar yang disusun memanjang menuju bibir pantai sebagai wahana bagi para pengunjung yang ingin memancing. Yang menarik adalah pemandangan pegunungan kapur yang memanjang dari utara sampai selatan dan pegunungan itu berakhir di pantai ini.


Bagi para pengunjung yang ingin berlayar menuju ke pegunungan tersebut, dapat menyewa perahu-perahu yang telah disediakan. Sepasang pemuda-pemudi terlihat sedang berlayar, mengarahkan perahu ke pegunungan tersebut, menudingkan jari ke atas, ke arah matahari yang terbenam di antara awan berwarna emas, ungu, dan merah terang yang menandakan hari telah sore.


Warung-warung bambu dengan jajanan khas mereka berjajar di tepi pantai siap menggoda perut-perut yang sedang lapar. Berkunjung ke pantai Suwuk menjadi tidak sempurna jika tidak menyempatkan untuk mampir sekedar menikmati makanan khas di pantai ini. Para pengunjung seperti disuguhkan jamuan sembari menikmati lukisan alam yang menakjubkan.


  1. Contoh Teks Deksripsi Tentang Hewan


Harimau


Harimau (Panthera tigris) digolongkan ke dalam mamalia, yaitu binatang yang menyusui. “Kucing besar” itu adalah hewan pemangsa dan pemakan daging. Harimau dapat mencapai tinggi 1,5 meter, panjang 3,3 meter, dan berat 300 kilogram. Bulunya berwarna putih dan cokelat keemas-emasan dengan belang atau loreng berwarna hitam. Gigi taringnya kuat dan tajam untuk mengoyak daging.


Kakinya berjumlah empat dengan cakar yang kuat untuk menerkam mangsanya. Harimau mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Harimau dapat hidup di hutan, padang rumput, dan daerah payau atau hutan bakau. Di Indonesia harimau dapat ditemukan di hutan dan hutan bakau di Pulau Sumatera dan Jawa.


Berdasarkan teks “HARIMAU” di atas, kalimat deskripsinya adalah sebagai berikut :

  1. Harimau dapat mencapai tinggi 1,5 meter, panjang 3,3 meter, dan berat 300 kilogram.
  2. Bulunya berwarna putih dan cokelat keemas-emasan dengan belang atau loreng berwarna
    hitam.
  3. Kakinya berjumlah empat dengan cakar yang kuat untuk menerkam mangsanya.

Kucing

Di rumahaku mempunyai dan memeliharak ucing yang bernama Vino, warna kucing yang aku rawat di rumah ini ialah berwarna abu-abu pekat dengan bola matanya yang berwarna agak kekuning dan kecoklat-coklatan. Kucing yang aku pelihara ini mempunyai bentuk tubuh dan ekor panjang dengan bulunya yang sangat halus dan harum.


Vino ialah kucing yang kegemarannya bermain bola dan juga suka sekali memakan ikan asin yang memakai nasi. Vino ialah salah satu peliharaan yang sangat pintar sekali, dia senantiasa menjaga kebersihannya dengan pipis tepat pada tempat yang telah aku sediakan sebelumnya. Itulah kelebihan dari kucing yang aku pelihara di rumah.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : 20 Contoh Teks Eksplanasi Beserta Strukturnya [LENGKAP]


Ada suatu ketika seseroang teman datang berkunjung kerumahku, dan ia melihat kucing (vino) tak lama kemudian dia pun menawarkucingnya kepadaku “Lik, kucing ini mau lu jual nggak?,jawabanku “Sorry bro kalosi vino gak akan gua jual, karena gua udah ngerawat dia dari dia masih kecil sampe segede ini, jadi sorry yoo”. jawabanku.


Bukan hanya temanku saja yang menawar kucing jpeliharaanku, namuntetangga-tetanggarumah juga ikutsertamenawarsi vino inidenganharga yang memangterbilangcukuptinggi, tapiitusemuaakutolakkarenasi vino inimerupakan salah satubinatangkesayanganku.


  1. Contoh Teks Deksripsi Tentang Alam


Sungai Serayu


Sungai Serayu adalah sungai yang bersih dan juga alami. Lebar dari sungai serayu bisa lebih dari 10 meter, sungai ini sangat luas dan juga panjang. Sungai serayu memiliki air yang bersih dan juga sangat segar.


Sungai yang satu ini merupakan sungai yang sangat bersih dan juga indah, karena di sekitar sungai serayu tidak terdapat sampah dan di pinggir pinggri sungai serayu terdapat tumpukan bebatuan yang ditumpuk secara rata dan rapi.


Bebatuan bebatuan tersebut sering digunakan sebagai tempat duduk untuk orang orang yang sedang memancing ikan di pinggir sungai serayu tersebut. Sungai serayu merupakan salah satu sungai yang sering dijadikan sebagai tempat mancing.


Pantai Sari Dewi


Pantai Sari Dewi adalah pantai yang baru dibuka sebagai tempat wisata umum di daerah Bandar Karang. Pantai ini terletak di wilayah Kota Indah dan menghadap langsung ke arah Samudera Hindia. Seperti pantai-pantai tropis pada umumnya, pantai Sari Dewi memiliki pasir yang berwarna putih dan bebatuan karang yang tersebar di daerah pinggiran pantai.


Selain menyajikan keindahan pantainya, Sari Dewi juga memiliki spot diving, dan olahraga air seperti banana boat, dan speed boat, dan lain-lain. Pantai ini memiliki penginapan-penginapan yang langsung menghadap lautan yang bisa disewa oleh para pengunjungnya.


Candi Borobudur


Borobudur adalah candi Hindu-Budha. Candi ini dibangun pada abad ke-19 oleh dinasti Sailendra yang berasal dari kerajaan Mataram kuno. Borobudur terletak di Magelang, Jawa Tengah Indonesia.


Borobudur terkenal ke seluruh penjuru dunia. Konstruksinya mendapat pengauh oleh arsitektur Gupta India. Candi ini dibangun di atas sebuah bukit setinggi 46 meter dan delapan tangga yang berbentuk undakan batu. Lima tangga yang pertama berbentuk kotak, dikelilingi oleh tembok yang penuh pahatan yang membentuk gambar Budha. Tiga tangga di atasnya berbentuk melingkar.


Pada tiap tangga melingkar tersebut terdapat stupa berbentuk lonceng. Keseluruhan gedung ditutupi oleh stupa besar yang terletak di tengah-tengah lingkaran teratas. Jalan menuju puncak borobudur yang berbentuk gang terbentang sejauh 4,8 kilometer. Desain Borobudur yang menyimbolkan struktur alam semesta mempengaruhi gaya pembuatan candi Angkor di Kamboja.


Gunung Semeru

berada di puncak gunung merupakan momen pas untuk menyaksikan matahari terbit. Begitu pun saat berada di Gunung Semeru, matahari terbit bisa dilihat dengan indah.Pemandangan langit pagi, perpindahan bumi dari gelap ke terang. Banyak awan yang menghiasi langit seiring naiknya matahari.


Banyak orang yang mengabadikan momen tersebut.Banyak orang yang memasak makanan, misalnya mie atau menggoreng sosis. Sehingga hal ini mungkin menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.


  1. Contoh Teks Deskripsi Tentang Makanan


Nasi Goreng


Nasi goreng merupakan salah satu makanan khas yang Sering ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Disajikan dalam berbagai varian rasa yang dapat disesuaikan dengan keinginan para konsumen. Aroma khas dari bumbu nasi goreng akan membuat siapapun yang menciumnya merasa kelaparan.


Nasi Goreng pada umumnya memiliki warna coklat khas dari kecap, namun ada juga yang memiliki warna kuning, ungu, merah, kuning dan hitam warna-warna tersebut baru-baru ini muncul di public. Biasanya nasi goreng dihidangkan dengan telor ceplok dan tambahan sayuran pemanis seperti tomat dan mentimun.


  1. Contoh Teks Deskrispi Tentang Sekolah


Sekolahku

Sekolahku mempunyai lingkungan yang sangat bersih dengan halaman parkir dan lapangan upacara yang luas.


Sekolahku mempunyai 3 gedung utama sebagai tempat pembelajaran siswa, yaitu Gedung A, B, dan C.Lokasi sekolahku tepat berada di tengah-tengah sawah, sehingga membuat suasana sekolah tampak segar dan sejuk.


Semua lantai kelas menggunakan keramik.Sekolahku mempunyai aula yang besar yang biasanya digunakan untuk acara-acara seperti wisuda, nikah, olahraga, dan lainnya.


Selain itu, sekolahku mempunyai ruang laboratorium komputer yang cukup banyak.Warna merah dengan kombinasi abu-abu menjadi dominasi warna yang sangat mencolok di sekolahku, masjid dan kantin tidak lupa menambah lengkap keindahan sekolahku.


  1. Contoh Teks Deskripsi Tentang Bencana Alam


Gempa Bumi

Saat itu pagi hari pukul 05.30 WIB. Setiap anggota keluargaku sibuk dengan urusannya masing-masing. Aku pun sedang bersiap mandi untuk berangkat ke sekolah. Ketika aku sudah di dalam kamar mandi dan bersiap mandi tiba-tiba ada guncangan hebat. Untuk beberapa detik pertama aku belum sadar bahwa itu adalah gempa bumi.


Goncangan semakin keras dan aku memutuskan keluar kamar mandi. Di luar kamar mandi sudah terlihat ibu dan kakakku sedang berpegangan pada tembok. Terlihat rumah tingkat dua di sebelah kirinya goyang. Hanya hitungan detik bangunan gudang di sebelah kanan kamar mandi ambruk.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : Paragraf Deskripsi – Pengertian, Cotoh, Ciri, Jenis, Tujuan Dan Unsurnya


Sumur yang tepat berada di sebelah kananku pun roboh seketika. Guncangan berlangsung sekitar 5 menit. Setelah guncangan selesai, kami bergegas keluar rumah melihat keadaan tetangga. Betapa terkejutnya kami saat melihat semua orang lari tunggang langgang sambil berteriak-teriak ada tsunami.


Bahkan ada seorang warga yang lari dengan darah mengucur deras dari kepalanya. Semua berlarian mencari tempat yang aman. Rumah dan harta benda mereka tinggalkan.


  1. Contoh Teks Deskripsi Bahasa Indonesia


Contoh 1

Tiang bendera yang berdiri tegak di pinggir lapangan upacara itu terbuat dari besi. Tinggi tiang itu sekitar 7 meter. Tiang tersebut dicat putih. Di ujung tiang terlihat sang merah putih berkibar. Bendera tersebut baru saja dikibarkan pada upacara Senin pagi.


Contoh 2

Ketika berada di pantai, tentu ada keinginan untuk menyaksikan matahari terbit dan matahari terbenam. Begitu pula, ketika berada di Pantai Pangandaran, Jawa Barat, matahari terbit dan terbenam dapat disaksikan dengan Indah. Bentuk semenanjung dari Pantai Pangandaran membuat kita bisa menikmati matahari terbit di sisi pantai timur dan tenggelam di sisi pantai barat.


Pemandangan Pantai Pangandaran sangat memesona. Di sebelah kanan terlihat perbukitan yang memanjang. Sementara itu, di sisi kiri terdapat perkampungan nelayan dengan beraneka perahu tradisional. Selain itu, di sisi kanan pun terdapat hutan cagar alam Pananjung yang dipakai sebagai penyangga ekosistem sekaligus tujuan wisata.


Di pantai ini pun banyak dipenuhi kios cinderamata, penginapan, dan took kelontong. Hal ini sangat menarik jika mengabdikan pantai dengan teman atau keluarga dalam media foto atau video. Selain itu, hal ini pun dapat dijadikan pengalaman yang tidak akan terlupakan.


Contoh 3

Jangan terkecoh membeli ikan. Kadang-kadang kita kecewa membeli ikan. Disangka masih baru ternyata sudah busuk. Caranya supaya tidak terkecoh? Ikan yang segar dagingnya masih keras kalau dipegang. Sisiknya atau kulitnya masih mengilap, insangnya berdarah merah segara. Matanya masih bening. Kalau sudah tidak sesuai dengan ciri-ciri berarti ikan itu sudah busuk.


  1. Contoh Teks Deksripsi Tentang Tokoh


Ir. Sukarno

Ir. Sukarno lahir di Blitar, Jawa Timur, 6 Juni 1901 (meninggal di Jakarta pada tanggal 21 Juni 1970 pada umur 69 tahun) adalah Presiden Indonesia pertama yang menjabat 1945-1966 ia memainkan peran penting untuk membebaskan bangsa Indonesia dari kolonialisme Belanda. Sukarno Pancasila karena ia adalah penggali yang pertama kali mencetuskan konsep dasar dari bangsa Indonesia dan ia sendiri bernama Pancasila. Dia adalah seorang Proklamator Kemerdekaan Indonesia (bersama dengan Mohammad Hatta) yang terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945.


Sukarno menandatangani Surat Perintah 11 Maret 1966 Supersemar yang kontroversial, yang isinya – berdasarkan versi yang dikeluarkan Markas Besar Angkatan darat – menugaskan Letnan Jenderal Soeharto untuk mengamankan dan menjaga keamanan negara dan institusi kepresidenan. Supersemar menjadi dasar Letnan Jenderal Soeharto untuk membubarkan Partai Komunis Indonesia (PKI) dan mengganti anggota yang duduk di parlemen.


Setelah jawabannya ditolak Majelis Permusyawaratan Rakyat Sementara kewajiban ini (MPRS) pada sidang umum ke empat tahun 1967, Presiden Soekarno diberhentikan dari jabatannya sebagai presiden pada Sidang Istimewa Majelis Permusyawaratan pada tahun yang sama dan mengangkat Soeharto sebagai pejabat Presiden Republik Indonesia.


Ketika lahir, Soekarno Kusno Sosrodihardjo diberikan nama oleh orang tuanya. Tetapi karena ia sering sakit ketika ia berusia lima tahun kemudian namanya diubah oleh ayahnya, Soekarno. Nama itu diambil dari seorang panglima perang dalam kisah Bharata Yudha yaitu Karna. Nama “Karna” menjadi “Karno” karena dalam bahasa Jawa huruf “a” berubah menjadi “o” sedangkan awalan “su” berarti “baik.”


Ki Hadjar Dewantara

Raden Mas Soewardi Soerjaningrat lahir di Yogyakarta, pada tanggal 2 Mei 1889. Ia juga dikenal sebagai Ki Hadjar Dewantara. Dia tinggal di era kolonial. Ki Hadjar Dewantara bisa mendapat pendidikan yang lebih baik karena ia berasal dari keluarga kerajaan. Dia adalah menteri pertama pendidikan nasional Republik Indonesia.


Dia meninggal di Yogyakarta, pada tanggal 26 April 1959. Dia adalah pendiri Taman Siswa Sekolah. Ia merasa terhormat untuk menjadi Pahlawan Nasional Indonesia. Tanggal lahirnya diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional.


Ki Hadjar Dewantara terkenal dengan pepatah untuk pendidikan. Pepatah tersebut adalah Ing ngarso sung tulodo, ing Madyo Mangun Karso, tut wuri handayani. Ing ngarso sung tulodo berarti (bagi mereka) di depan menjadi contoh, (bagi mereka) di tengah membangkitkan semangat, dan (bagi mereka) di belakang memberi dorongan.


Saat ini, bagian dari peribahasa tersebut, Tut Wuri Handayani, digunakan sebagai motto Departemen Pendidikan Indonesia. Hal itu dimaksudkan untuk menggambarkan seorang guru yang ideal, setelah transmisi pengetahuan kepada siswa mereka, guru akan berdiri di belakang siswa mereka dan memberi mereka dorongan.


R. A. KARTINI

Setiap 21 April masyarakat di Indonesia memperingati hari kartini. Ini adalah hari yang indah untuk wanita karena kita merayakan kelahiran wanita hebat R.A. Kartini. Semua orang tahu siapa Kartini. Dia adalah pahlawan nasional kami dan seorang wanita hebat dengan ide cemerlang.


Kartini lahir pada tahun 1879 21 April di Mayong Jepara. Ayahnya adalah Rama Sosroningrat seorang Wedana (asisten Bupati) di Mayong. Ibunya, Ma Ngasirah adalah seorang gadis dari desa Teluk Awur di Jepara yang merupakan putri dari keluarga bangsawan, dia merasa beruntung karena dia mendapat lebih dari pada orang biasa.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait :  Contoh Karangan Deskripsi


Dia mendapat pendidikan yang lebih baik daripada anak-anak lain. Pada tanggal 12 November 1903 ia menikah dengan adipati djoyodiningrat, kepala Kabupaten Rembang. Menurut tradisi Jawa Kartini harus mengikuti suaminya. Kemudian ia pindah ke Rembang.


Pada 13 September 1904 ia melahirkan anaknya. Namanya Singgih. Tapi setelah melahirkan seorang putra, kondisinya semakin parah dan dia akhirnya meninggal dunia pada 17 September 1904 berusia 25 tahun.


Sekarang Kartini telah tiada. Tapi semangat dan mimpi nya akan selalu berada di hati kita. Saat ini kemajuan perempuan Indonesia dipengaruhi oleh semangat kartini yang diyatakan dalam koleksi surat “Habis Gelap terbitlah Terang” yang ditulisnya.


B.J. Habibie

Presiden ketiga Republik Indonesia, Jusuf Habibie Bacharuddin atau panggilan umum BJ Habibie, lahir di Pare-Pare, Sulawesi Selatan, pada 25 Juni 1936. Ia adalah anak keempat dari delapan bersaudara, pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan RA . Tuti Marini Puspowardojo. Habibie, yang menikah dengan Hasri Ainun Habibie pada 12 Mei 1962 dikaruniai dua putra yaitu Ilham Akbar dan Thareq Kemal.


Habibie melewati masa kecilnya dengan saudara-saudaranya di Pare-Pare, Sulawesi Selatan. Alam yang berpegang teguh pada prinsip Habibie telah ditunjukkan sejak kecil. Habibie, yang memiliki kecenderungan untuk perjalanan ini, harus kehilangan ayahnya yang meninggal pada 3 September 1950 karena serangan jantung.


Tak lama setelah ayahnya meninggal, Habibie pindah ke Bandung untuk belajar di School Gouvernments Middlebare. Di sekolah menengah, ia mulai melihat prestasi luar biasa, terutama dalam pelajaran sains yang tepat. Habibie menjadi sosok favorit di sekolahnya.


Setelah lulus SMA di bandung pada tahun 1954, ia masuk Universitas Indonesia di Bandung (sekarang ITB). Ia menerima diploma dari Technische Hochschule, Jerman pada 1960 yang kemudian mendapatkan Doktor gekar dari tempat yang sama pada 1965. Habibie menikah pada 1962, dan memiliki dua anak. Pada tahun 1967, menjadi Profesor Kehormatan (Profesor) di Institut Teknologi Bandung.


Langkah Habibie sangat dikagumi, penuh kontroversi, banyak pengagum tetapi tidak sedikit tidak setuju dengannya. Setiap kali, memenangkan Penghargaan Theodore Van Karman yang bergengsi, dikembalikan dari “habitat” Jerman, ia selalu membuat berita.


Habibie hanya satu tahun belajar di ITB Bandung, 10 tahun kuliah di Ph.D. konstruksi pesawat terbang di Jerman dengan summa cum laude. Kemudian bekerja di industri pesawat terbang terkemuka MBB GmbH Jerman, sebelum panggilan Presiden Soeharto untuk kembali ke Indonesia.


Di Indonesia, Habibie menjabat 20 tahun sebagai Menteri Riset dan Teknologi Negara atau Kepala BPPT, yang memimpin 10 perusahaan BUMN Industri Strategis. Pada 10 Maret hingga 20 Mei 1998, ia menjadi Wakil Presiden, dan dilantik oleh Ketua Mahkamah Agung untuk menggantikan Presiden Suharto.


Suharto menyerahkan kursi kepresidenan kepada Habibie berdasarkan Pasal 8 UUD 1945. Dan pada 21 Mei 1998 – Oktober 1999, Jusuf Habibie Bacharuddin menjadi Presiden Republik Indonesia. Hingga akhirnya dipaksa Habibie juga mundur dari refrendum Timor Timur memilih kemerdekaan.


Pidato akuntabilitas ditolak MPR. Dia kembali ke warga biasa, juga bermigrasi menetap kembali ke Jerman. Beberapa karyanya dalam menghitung dan merancang beberapa proyek pembuatan pesawat adalah Militer Transport Pesawat C-130 Transall, Hansa Jet 320 (Eksekutif Pesawat), CN – 235 dan lain-lain.


  1. Contoh Teks Deskripsi Tentang Benda


Sepeda

Aku memiliki sepeda yang berwarna biru laut, yang sering aku gunakan untuk pergi ke sekolah. Selain aku gunakan untuk pergi kesekolah, sepeda itu juga sering aku gunakan untuk bermain dengan kawan-kawanku. Sepeda tersebut adalah salah satu hadiah yang diberrikan orang tuaku saat aku juara kelas.


Lemari

Ayahku adalah penggemar lemari antik. Ada satu lemari antik yang cantik yang diletakkan di ruang tamu. Lemari itu terbuat dari kayu besi. Lemari itu memiliki warna gelap dan agak kusam. Mungkin warna kusam itu karena umur lemari yang memang sudah tua. Meski pun sedikit kusam, tapi lemari itu tetap terlihat menarik.


Lemari itu memiliki dua pintu. Di pintu sebelah kanan, terdapat cermin berbentuk oval. Di tepian lemari juga terdapat ukir-ukiran yang cantik. Ukiran itu berbentuk seperti lekukan bunga dan naga. Setiap hari, ayahku membersihkan lemari itu dengan kain basah.


Demikianlah pembahasan mengenai 21 Contoh Teks Deskripsi – Tujuan, Ciri, Struktur, dan Jenis semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.